Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
pada ngeri-ngeri ya ceritanya
dengan kondisi sering banjir gini, masih worth ga kalo mau nyari mobkas di jakarta?
selama ini pasaran mobkas di jkt selalu lebih murah dari daerah (krn otr barunya lebih rendah n depresiasi lebih tinggi). tapi dengan semakin seringnya banjir n luasnya area terdampak jadi was-was juga.
Jakarta, KompasOtomotif – Hujan lebat di wilayah Jakarta dan sekitarnya diperkirakan masih terus berlanjut, ancaman banjir bisa terjadi di mana saja. Buat pemilik yang masih beraktivitas dan terpaksa menerjang banjir dengan mobil, perlu waspada potensi kerusakan komponen apa saja yang bisa terjadi.
Mulyono, Technical Instructor Kia Mobil Indonesia menjelaskan beberapa komponen mobil yang mesti diawasi lebih ekstra.
ECU
Kala banjir, sistem injeksi dinilai lebih aman ketimbang konvensional. Meski begitu pemilik perlu memperhatikan lokasi ECU. Secara umum tempat ECU bisa di dua tempat, dalam kabin atau di ruang mesin. Peranti elektronik ini berbahaya bila terkena air, terutama bila ECU terdapat di ruang mesin. “Perhatikan ketinggian air, letak ECU di bawah kap mesin memang di tempat tinggi, tapi tidak bisa menjamin tidak terkena cipratan air,” jelas Mulyono.
Ia menambahkan, sensor pengapian di beberapa mobil injeksi ada di bagian bawah dekat transmisi. Dikatakan sistemnya sudah dibuat anti air, namun tidak menutup kemungkinan air masuk lewat soket yang rusak, sehingga bisa menimbulkan korsleting.
Radiator
Air kotor saat banjir menghanyutkan banyak benda padat yang bisa nyangkut di kisi-kisi radiator. Kotoran yang tertinggal bisa merusak dan mengurangi performa kerja radiator. Cara membersihkan cukup mudah, hanya disemprot menggunakan air bersih. Paling aman lagi, dibersihkan ketika tune up.
Mulyono menambahkan, saat melintasi banjir dengan ketinggian air mencapai bemper, lebih baik tidak menyalakan AC. “Saat AC menyala cooling fan ikut bekerja, kalau normal tanpa beban kerja relatif ringan, tapi ketika banjir dia tertahan air kerja makin berat dan bisa membuat usia motor fan cepat rusak.
Saringan udara
Fungsinya menyaring kotoran dari udara, bila lembab terkena air lebih baik diganti sebab fungsinya akan hilang. Masuknya air ke ruang bakar mesin lewat saringan udara bisa berbahaya, resiko terburuk, water hammer.
Kabel busi
Pemilik juga perlu perhatikan kebocoran pada kabel busi. Bila terkena air bisa menimbulkan korslet.
Kaki-kaki
Setelah melintasi banjir, bahaya yang mengancam adalah korosi. Air bisa masuk ke bagian dalam pelindung engsel komponen kaki-kaki mobil. Setelah kering kotorannya tertinggal, dan menyebabkan bunyi decitan. Setelah menerjang banjir, pemilik disarankan langsung mencuci hingga bagian kolong mobil.
djia wrote:pada ngeri-ngeri ya ceritanya
dengan kondisi sering banjir gini, masih worth ga kalo mau nyari mobkas di jakarta?
selama ini pasaran mobkas di jkt selalu lebih murah dari daerah (krn otr barunya lebih rendah n depresiasi lebih tinggi). tapi dengan semakin seringnya banjir n luasnya area terdampak jadi was-was juga.
Sebetulnya point utamanya bukan mslh bnjr, oom.....
Dr semua populasi mbl d jkt, hanya sebagian kecil yg kebanjiran.....mungkin <20% imho.......
Tapi ane brani bilang, mbl2 yg buat perang d jkt 100% kondisinya "cape" walaupun usia terbilang muda dan km relatif rendah......ane setiap hari nyetir total rata2 5-8jam/hari.....untuk jarak tempuh total +-100km/hari
Sebagai gambaran: dari mbl2 yg ane pake, kalo manual: kopling abis setiap 60-70rb km......sedangkan kalo matic: kampas rem drive axle (kalo rwd brarti kampas rem blkg dan sebaliknya untuk fwd) abis tiap 20-25rb km.....silahlan bandingkan dgn mbl2 d daerah laen.......rata2 kopling & rem 2x lipat lbh awet....
Pengecualian untuk mbl2 garage queen yg biasanya mbl hobi atau mbl exotis yah
Gw di sini punya mobil di-sayang2. Kalau hujan/salju kalau bisa tidak dipakai mobil2-nya. Kalaupun sampai dipakai waktu hujan/salju, begitu sampai rumah (dan tidak dipakai lagi hari itu), paling tidak kolong mobil langsung dibilas air (kecuali kalau temperatur terlalu rendah); terutama kalau waktu musim dingin karena pemakaian garam. Bodi mobil juga dibilas supaya garamnya turun.
Kalau sampai banjir? Gw berhenti dan balik badan; konsekuensi2-nya terlalu berat dan banyak. Mobil2 di sini kalau sampai terendam banjir langsung jadi besi tua/loakan. Lagian air banjir itu jijay gila, amit2 mobil gw buat nerjang banjir.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
lg banjir gini jualan snorkel bwat citycar kayanya laku........ wkwkwk
eniwei........ mobil full Electric vehicle, tidak memerlukan air intake dan udara untuk berkerja........ udara ada di brakevacuum saja, dan mungkin AC. imho selama seal2 electrical masih rapat,.... sepertiny justru bisa lebih sakti dari Internal combustion engine..... gasoline biasa juga harus jaga seal electrical. tegangan gasoline biasa tidak lebih rendah dr ev, coil2 aftermarket kaya mallory bisa sampai 60.000V cmiiw
well selama water sealnya masih bagus.
toh submarine pke electric motor saat submerged. except nuke submarine.
cmiiw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Pernah kejadian pas nerjang banjir di pekanbaru pake mazda2 punya kolega...
Pas nerjang, air udh kira kira diatas foglamp, cukup tinggi jg mengingat ini hatch... Gue udh deg deg serrr takut kelelep ini mbl, tp akhirnya lewat dgn lancar...[emoji28]
Berarti saluran udara M2 ini cukup tinggi... Bagi yg ga percaya silakan aja soalnya bukan mbl gw koq ini... [emoji16]
ricz wrote:Pernah kejadian pas nerjang banjir di pekanbaru pake mazda2 punya kolega...
Pas nerjang, air udh kira kira diatas foglamp, cukup tinggi jg mengingat ini hatch... Gue udh deg deg serrr takut kelelep ini mbl, tp akhirnya lewat dgn lancar...[emoji28]
Berarti saluran udara M2 ini cukup tinggi... Bagi yg ga percaya silakan aja soalnya bukan mbl gw koq ini... [emoji16]
ricz wrote:Yup, cakep lah utk ukuran mbl ceper & kecil kyk gitu... Tapi jgn dipercaya mentah mentah ya, harus user langsung br boleh dipercaya... [emoji16]
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Huss gaboleh sindir2 ah ric, kayak ibu ibu arisan ntar
ricz wrote:Yup, cakep lah utk ukuran mbl ceper & kecil kyk gitu... Tapi jgn dipercaya mentah mentah ya, harus user langsung br boleh dipercaya... [emoji16]
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Huss gaboleh sindir2 ah ric, kayak ibu ibu arisan ntar
ricz wrote:Yup, cakep lah utk ukuran mbl ceper & kecil kyk gitu... Tapi jgn dipercaya mentah mentah ya, harus user langsung br boleh dipercaya... [emoji16]
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Huss gaboleh sindir2 ah ric, kayak ibu ibu arisan ntar