Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
wuihh om haris banyak info2 nehh ttg penerbangan...
tlg di share d marih donk om... penasaran jg ane...
apalagi soal SQ dan jetstar... ane ckup sering pake tuh 2 maskapai utk kl pergi ke rute singapore atau perth soalnya...
tlg di share d marih donk om... penasaran jg ane...
apalagi soal SQ dan jetstar... ane ckup sering pake tuh 2 maskapai utk kl pergi ke rute singapore atau perth soalnya...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Bbrp tahun yg lalu pernah naik Jetstar SIN - KUL.....interior a320 nya udah kayak Taxi biru tahun lama......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
hehehe...tipikal pesawat perusahaan Singapore (rata2)...begitu serah terima dari pabrik..langsung disuruh kerja rodi habis2an sampe rontok...Bbrp tahun yg lalu pernah naik Jetstar SIN - KUL.....interior a320 nya udah kayak Taxi biru tahun lama......

Jetstar Asia Fleet Age (Singapore)
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Makin bingung aja ni mo pergi mo naik pesawat apa
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo
Any idea?
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo
Any idea?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
yang mana aja oom... soal nyawa tinggal berserah ama Yang di Atas....evolution21 wrote:Makin bingung aja ni mo pergi mo naik pesawat apa
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo
Any idea?

maskapai dengan track record bagus pun belom tentu aman dari bencana koq oom... AirAsia ntu contohnya, sepanjang perjalanannya nggak pernah ada accident, QZ8501 merupakan accident pertama mereka.
wa rasa kalau mau maskapai Indo yang bener-bener reliable sih masih Garuda yah...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
kalau saya sih bedakan antara maskapai yg Full Service VS yg LCC aja dahevolution21 wrote:Makin bingung aja ni mo pergi mo naik pesawat apa
Kalo luat dr track record aja yg ga pernah kejadian misal seperti korean air, japan air, brittish air
tp itu semua jarang melayani rute2 sekifar indo
Any idea?
Jika melihat dari pemakaian pesawatnya, LCC itu udah ibarat Taxi atau PO Bus, sebisa mungkin pesawat lebih banyak terbang daripada diem.....logikanya ya fatigue komponen2-nya yaa........
Sy gak bilang LCC bahaya ya, semua juga tergantung maintenance / Policy management Persh & operational
SQ juga policy-nya pesawat diupayakan terbang sebanyak mungkin, perawatan sih OK utk pesawat baru atau yg masih lama dipakainya.......tapi coba naekkin pesawatnya SQ yg udah berumur / yg sebentar lagi mau "dibuang".......perhatikan deh

* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Betul, Om, info ratingnya belum tentu menggambarkan kondisi sebenarnya.Turboman wrote:
Ratingnya itu aneh ah
http://www.airlineratings.com/ratings/3 ... ia-airways
Transasia rating di atas GA, tapi rekor keselamatan / kecelakaan dlm 10 tahun terakhir ??
Jetstar pesawat2 butut begitu rating juga tinggi ?
wah wah wah
Saya cek dua maskapai yang sampai sekarang masih rutin saya naiki yang ratingnya di situ lebih tinggi dari GA. Dalam sebuah penerbangan, pramugari maskapai (asing) tersebut--yang kebetulan cewek Indonesia--ditanya oleh supervisornya apakah pintu sudah ditutup dengan benar. Dijawab, sudah. Ketika ditanya lagi darimana dia tahu bahwa pintu sudah ditutup dengan benar, sang pramugari tidak bisa menjawab.

Hadeeuhhh... langsung pray mode: ON.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Bener dong.haristk7 wrote: hehehe...tipikal pesawat perusahaan Singapore (rata2)...begitu serah terima dari pabrik..langsung disuruh kerja rodi habis2an sampe rontok...
Jetstar Asia Fleet Age (Singapore)
Kan pesawat ga hasilin duit kalo di darat. Utilisasinya pentokin 6 jam doang istrahatnya

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
gw masih gemeteran tiap lihat Youtube kecelakaan pesawat Transair/ATR. Kabarnya pilot, kopilot, dan teknisinya meninggal. Mereka dicap pahlawan karena sudah berusaha membawa pesawat ke posisi yg aman dari pemukiman, walaupun ya nyawa mereka yg hilang. Kabarnya mesin pesawat tersebut salah satunya rusak, tapi pilot "salah mematikan" engine sehingga engine yg masih berfungsi malah dimatikan. Sori lupa baca hal tsb dimana, jadi ga ada kutipan.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Germanwings Airbus crashes in French Alps, 150 dead


sumber : twitter om Gerry S


sumber : twitter om Gerry S
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Tadi baca berita itu sambil nunggu flight SRG-SUB... sesuatu banget
Deep condolences buat para korban....
Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.
Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu...
setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?

Deep condolences buat para korban....
Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.
Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Itu biasa kayanya mods kl utk rute2 yg ga tralu rame... ane d sulawesi jg kdg kaya gt... bahkan utk sekelas lion aj bsa kya gt utk flight plg pagi nya... cgk-plw paling awal jem 5 dini hari... pnumpang turun plg cuman 10- 15 menit.. palagi lcc.. ibaratnya kaya abis naek angkot aj
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Sebabnya:ChZ wrote:Tadi baca berita itu sambil nunggu flight SRG-SUB... sesuatu banget![]()
Deep condolences buat para korban....
Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.
Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu...setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
- Gak shutting down engine, engine kanan tetep nyala, checklist gak harus dimulai dari awal, istilah resminya Short Transit.
- Prosedur checklist ATR itu 'do then read', jadi beberapa checklist memang dilakukan setelah dikerjakan (kyk Taxi Checklist, Before Takeoff Checklist, dll)
- Yang agak lama itu Take Off Briefing, tapi pilotnya bisa ngakalin melakukan briefing saat waktu lenggang sebelumnya.
Baca dan melakukan Checklist gak selama yang dibayangkan kok..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
itu vertical speed kaya roller coaster
serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki,

serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki,

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Semakin kecil pesawatnya checklist semakin sedikit, perangkat yg di check juga gak sebanyak di pesawat kelas 737.. Lagian yg lama itu kalau memang di mulai dari engine mati alias coldstart, sambungin satnav dan read data itu bisa sampai 20 menit sendiri.. Kalau SMG-SUB sih nyantai, itu cuma transit isi bbm cek hal lain nya.. Pilot sepertinya juga msh didalam pesawat jd istilahnya udh gak perlu babibu alias lgsg brkt juga bisa..ChZ wrote:Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.
Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu...setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Mmm..NYoman wrote:Semakin kecil pesawatnya checklist semakin sedikit, perangkat yg di check juga gak sebanyak di pesawat kelas 737.. Lagian yg lama itu kalau memang di mulai dari engine mati alias coldstart, sambungin satnav dan read data itu bisa sampai 20 menit sendiri.. Kalau SMG-SUB sih nyantai, itu cuma transit isi bbm cek hal lain nya.. Pilot sepertinya juga msh didalam pesawat jd istilahnya udh gak perlu babibu alias lgsg brkt juga bisa..ChZ wrote:Ngomong-ngomong soal airline safety, tadi naik Wings Air ATR72-600, ada hal yang ane notice cukup aneh... di bandara notifikasi pesawat barusan mendarat dari Bandung sekitar jam 18.40, 10 menit kemudian udah boleh masuk pesawat dan beberapa menit kemudian berangkat.
Masa iya checklist pesawat sblm berangkat secepet itu...setau ane checklistnya cukup lama biasanya , Jumat lalu pakai Sriwijaya B737-500 prasaan cukup lama dari mendarat sampe pilotnya menyatakan siap jalan lalu baru penumpang boleh masuk... ini bentar banget. Anyone can explain?
Nganu om..
Kl sampe refuel rasanya Engine #2 udah pasti mati ya..
Jd itungannya start dari awal lagi, bukan Short Transit with Prop Brake engage.
Maksudnya SRG (Semarang) - SUB (Surabaya) kah..?
Kl SMG kejauhan om di Santa Maria, hehehe..
AFAIK, ATR72-600 itu checklist ada di dalem FMCnya.
Jadi gak mungkin di-skip pilot kl mau ke prosedur selanjutnya.
CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Itu grafik perubahan Vertical Speed Indicator, om.kunaskun wrote:itu vertical speed kaya roller coaster![]()
serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki,
Bukan grafik perubahan Altitude (ketinggian).
Jadi pesawatnya gak naik turun kayak rollercoaster.
Melainkan terus turun dengan kecepatan vertikal yang gak stabil antara 2.000 kaki/menit sampai 5.500 kaki/menit.
Kecepatan turun vertikal pada penerbangan normal berkisar 1.000 sampai 2.000 kaki/menit.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ahh begitu yah... ane kirain saking mau kejar setoran jadi periksanya cepet cepetan.
my bad.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
ohhh salah duga sayaandrijet wrote:Itu grafik perubahan Vertical Speed Indicator, om.kunaskun wrote:itu vertical speed kaya roller coaster![]()
serem banget dalam 2 menit naik turun 4x ga kira2 sekali descent 2000 kaki, nanjak lagi 2000 kaki,
Bukan grafik perubahan Altitude (ketinggian).
Jadi pesawatnya gak naik turun kayak rollercoaster.
Melainkan terus turun dengan kecepatan vertikal yang gak stabil antara 2.000 kaki/menit sampai 5.500 kaki/menit.
Kecepatan turun vertikal pada penerbangan normal berkisar 1.000 sampai 2.000 kaki/menit.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Kalo checklist udah kelar dan cabin ready gak masalah kok untuk early boarding..common practice..
refuel juga bisa pas engine nyala, istilahnya "hot refuel"..
refuel juga bisa pas engine nyala, istilahnya "hot refuel"..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Hot.... [emoji177] [emoji177]
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Lama2 kok rasanya jadi waswas kalo mau naek A320
*without Boeing I'm not Going*

*without Boeing I'm not Going*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
tenang aja om turbo, accident rate nya belom ada yang bisa mengalahkan MD11 kok..A320 masih dibawah angka 1 koma..
MD11 ada di 3.78 per sejuta keberangkatan (2.1 dengan fatalities, terbanyak untuk modern widebody) (source: Boeing & Lufthansa Cargo Flight Safety Department)..udah gitu total produksi nya juga gak sebanyak DC10..populasi dikit tapi banyak accident..

MD11 ada di 3.78 per sejuta keberangkatan (2.1 dengan fatalities, terbanyak untuk modern widebody) (source: Boeing & Lufthansa Cargo Flight Safety Department)..udah gitu total produksi nya juga gak sebanyak DC10..populasi dikit tapi banyak accident..

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Wajar, hehehe..Turboman wrote:Lama2 kok rasanya jadi waswas kalo mau naek A320
![]()
*without Boeing I'm not Going*
Selama belum ada rilis Accident Report Airasia dan Germanwings, emang wajar agak was-was.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Kalo gak salah pesawatnya ini buatan tahun 90 yg berarti udah 25 tahun , pernah baca" di forum if , batas umur pakai pesawat yg di sarankan hanya 25 tahun , berarti seharusnya ini pesawat udah di phase out/grounded , benarkan om harist atau om turbo ? 
