VanzMatic wrote:Hai.. slamat datang ke SM..
First of all, secara global, saya akan memilah berdasar body language kedua mobil ini:
FD sangat sporty bentuknya. Dengan wiper model gunting, front facia yang 'menantang', dan end facia yang unik, cocok banget untuk selera muda. Reliability? Sodara ane masih miara ini FD sejak jaman dia beli baru.
Corolla Altis G? Memang, secara body language, ini selera bapak bapak. Bbrp kolega kantor lama saya, pakai ini. Seorang auditor eksternal kantor lama, juga pakai ini. Imho sih, punya ini sebagai "modal" buat usaha ke depan dalam artian sebagai "pencitraan" buat menggaet calon klien, akan memadai. Piara sekarang, rawat sepenuh hati, biarkan dia menemani Anda sampai lulus kuliah dan berwirausaha, ada poin lebih nantinya. Secara interior, saya pribadi sangat suka dengan nuansa kemewahan sedan medium ini. Naikannya juga lebih empuk dibanding FD, menurut pantad saya yg udah lama terkalibrasi oleh gerobak jepangan.
Fun to drive, imho saya pegang FD. Fuel efficiency, masih megang altis.
Nah interior ini yg subjektif banget. Buat saya pribadi, interior FD kurang memberi rasa nyaman di jalan. Aura nya sport melulu..berasa capek.
Kalo interior altis, auranya kemewahan. Masuk mobil, berasa jadi nyaman, pulang kantor/kuliah, jadi berasa nyaman di jalan. Mau iseng jogging di tol, pikiran juga ane rasakan santai saat bejeg gas 140. Kalo FD, serasa aura balap..
Halo om vanz, terima kasih buat sambutan hangatnya....
iya nih om, labil bgt.
yang dibilang om bener bgt.
jadil atis lebih empuk ya ? agak males jg sih kalo terlalu keras... btw keras FD disini seperti apa om ? stiff ya ?
amfibi wrote:Jelas Altis doong kalo kriteria nya kaya gt, dibanding FD...
1. Reliable. : Sudah jelas altis menang, mesin & transmisi worry free, begitu jg kaki2. Sedangkan FD ada penyakit di engine mounting yg kurang kuat, jg kaki2nya cepet jajan...
2. Fuel efficiency. 1-8 1-9 dalam kota adalah normal menurut ane : Altis ini bisa 1:9 dalem kota, jg cukup Premium aja. Dia kuat nenggak premium sepanjang hidupnya

3. Fun to drive, but it has to be an automatic. : Altis ini easy to drive menurut ane, karna stir ringan banget, pedal gas rem ringan, posisi duduk enak, sekali toel langsung ngacir... Tp orientasi nya lebih ke kenyamanan, jd minusnya buat manuver agak limbung... Solusi paling ganti shock jd yg kerasan, pasti handling ningkat jauh

4. Fitur dan gasuka interior yg bosenin. : Masalah fitur sih Toyota era sgt selalu lebih lengkap dari Honda yg sunat sana sini. Interior jg bahan altis lebih bagus dgn softpadded dash, sedangkan honda plastik yg biasa-biasa aja... Buat interior sih sebenernya selera ya, tp ane lebih suka desain interior Altis, model daleman Civic terlalu futuristik yg awalnya waaaah tp lama2 jd bosen liatnya...
Kalo dari background mobil2 TS sih, miara Altis bakal berasa miara Avanza saking reliable nya...

hmmm begitu ya om ? makasih nih om atas saranya,
kalo untuk konsumsi bbm ane selalu biasain pake pertamax om, karena lebih irit juga.
sebenernya awal mula suka altis karena ya jarang aja ada di jalan om.
dan kebanyakan yg megang adalah bapak2 om... makanya pingin beda aja, secara civic FD bertebaran di kampus ane om
Ald2001 wrote:
menurut ane sih sebenernya tergantung pribadi TS gimana. kalo TS sukanya mobil yang sporti dan enak diliat ya go for FD. kalo demennya mobil yang desainnya aman2 aja ya go for altis.
kalo ane sendiri sih nyaraninnya pilih FD karena TS masih kuliah juga kan. modelnya lebih masuk FD untuk anak muda. dulu ane waktu kuliah jg pengen banget punya FD tapi ga pernah kesampean

hahaha iya om, dan untuk FD timeless gt, cmn skrg udh mulai usang karena byk bertebaran di jalan...
ini juga udh patungan om sm nyokap 50:50 biar bisa beli mobil...... walau seken.....
tulalit wrote:vote untuk Altis , pernah pake yg 2008 type V .
electric driver seat , cruise control, auto light, auto wiper , banyak gadget
kl fun to drive nya cari nyaman yah fun, kl cr manuver memang agak limbung tapi masih batas wajar yah mnrt saya.
cari type V aja om . lebih mantabbbbb harga beda dikit aja.
kl civic mendingan cari FD2 deh sekalian mesin K20A
ada user altis disini, hehehe
2.0 ya om berarti ? brrt udah ada paddleshift ya om ? CMIIW
ChZ wrote:Civic FD2 dooong

sekennya setara dengan FD1 oom...
Ex-user FD1 AT 2007 urun komen....
1. Reliable jelas Corolla, Civic waspada engine mounting (penyakit khas Civic dan CR-V) dan kaki-kaki. Mounting kalo beli di BeRes bisa 2,5-3juta sepasang. Civic ini siap dana buat restorasi aja, kalo udah beres semua ya enak-enak aja tuh. Cuma asal hati-hati milih unit sih banyak yang masih fine koq... temen ane beli FD1 2008 MT taon kemaren juga masih baik-baik aja tuh.
2. Fuel efficiency, sama aja lah. sama-sama mesin 1.8L tanpa teknologi aneh-aneh.
3. Fun to draip.... ya Civic lah. sasis dari bawaan orok dah mantep. Apalagi kalo FD2 behhhh dapet bonus raungan khas K-engine. Even it's only a VTEC-E, still a K-series DOHC VTEC bebeh

dan kalo hobi oprek sangatttttttttttttt recommended

dan jangan lupa, Civic ada paddleshift. Sesekali mau ngerasain sensasi manual masih bisa dan ngebantu sekali dalam gearhunting.
4. Fitur dan gak suka yang bosenin..... mungkin kalo suka desain sporty ya Civic. buat ane desain dash Altis terlalu plain dan mungkin emang cocok buat mobil yang disupirin ajah. kalo Civic kan anak muda banget tuh. Fiturnya beda dikit aja, gimmick doank. Kalo sebagai hiburan di jalan ya sama-sama belom dilengkapi sat-nav, bluetooth, voice command, dst dst....
Dan kalo ngomong likuiditas (in case dijual kembali), Civic lebih bagus dari Corolla... lebih banyak yang cari.
Sedikit intermezzo... dulu Civic ane pakai R17 + Toyo Proxes4 225/50/17, sangat nyaman dan meningkat jauh dari standar dari segala aspek.... grip, silent, comfort, semua dapet....
kalo liat latar belakang TSnya yang anak muda, ya emang pas ambil Civic, tokh udah pernah miara BMW dan Volvo, rasanya miara Civic akan sangat mudah. Banyak common parts dengan CR-V juga. Kalo suka modif, ya paling pas Civic, nyaris semua tuner sangat hapal dengan tuning di R18A dan K20Z... aftermarket parts juga nggak susah. Enggak salah lah milih Civic buat anak muda.
#bukan sales honda, hanya mantan pengguna FD1 yang nggak bisa move on dan masih kebayang betapa nikmatnya bawa ini Civic meliuk di dalem kota....
semoga membantu oom.
Nah baca komen dr om jadi ngiler deh....
cuman emg pengenya ambil yg 1.8 om
karena menurut ane, pertimbanganya adalah
- FD1 populasinya lebih banyak om (bener ga sih nih ?) kemaren liat di olx rata2 FD1 semua....
- FD2 pake EPS, sedangakn FD1 blm, correct ? gatau kenapa lebih suka model model fluid kyk gini om, buat detect rusaknya gampang, ga terlalu ribet... (atau mungkin ane yg gaptek mesin ?)
- Harga.....
anyway, makasih om buat saranya
kh wrote:Mau nambahin kebetulan di rumah juga ada Altis G 2008. Fuel consumption mobil ini memuaskan bgt mengingat ini mobil 1800 CC. Kalo diliat dari MID, avrg FC 1:9.6. Pemakaiannya kebanyakan perjalanan Bekasi-Jakarta-Bekasi dan sesekali ke Bandung. Dulu diisi Premium tapi sejak harga bensin turun diisi Pertamax/Shell Super

Perawatan juga ga terlalu ribet. Harga 2nd lebih murah dari FD untuk tahun yang sama (Good for 2nd hand buyers).
Civic FD cuma pernah naik sekali punya teman. Poin plusnya itu menurut gw interior lebih ga ngebosenin dan (menurut gw) kabinnya lebih lega.
indeed
Harga sekenya sangat amat menggoda....
fitur lebih lengkap...
sayangnya interiornya kalah futuristik ya ? cmn mungkin target pasarnya yang berbeda
1:9.6 ? pake premium itu om ? wah boljug tuh hehehe
KodokPushUp wrote:Err ts 1:7-8 dalkot dibilang boros?
Ane livina xr 1.5 manual (yg banyak orang bilang irit) 1:6 dalkot
cx-5 2.0 (skyactive bla bla bla yg katanya irit) juga 1:6 dalkot
Kondisi lalu lintas lancar, kadang2 aja kena macet (sby)
Ga tau kaki ane termasuk sekolah apa ga, tapi mobil2 under power gini buat ane selalu boros buat dalem kota
Torsi seadanya muncul diatas 4000 rpm, dan diperlukan tenaga 100% dari mesin buat gerakin body mobil perlahan2, gimana mau irit?
Kecuali sengaja nyetir diirit2kan seperti media kontes irit
hehehe, boros om, kantongnya blm sanggup sih sebenernya, tp kan pake mobil di dalkot jarang2...
kebanyakan untuk trayek cipularang om....
ah masa sih om ? secara logika sih seharusnya ga mungkin ya om....
kebetulan ane bawa mobil bs irit bgt om...
wkt pake s80 bokap bawa 1:5 1:6 di ane bs smp 1:8an....
____________________________________________________
Setelah membaca saran om om diatas...
saya jadi makin bingung....
semua punya kelebihan dan kekurangan masing2 kan....
tapi ane berterimakasi bgt buat om om yg udh kasih saran.. (maaf ga semuanya ane bs bales)
oiya nntnya sebelum ane lulus, ane bakal touring ke bali pake salah satu dr kendaraan ini... hehehe
jadinya ya ga pingin salah pilih ajasi....
sebelum T31 juga masuk itungan,
karena jalanan ada yg rusak dkt kosan ane, dan terrain yg naik turun.... mau msk kampus jalanannya nanjak...
cmn gaada MID dan bukan jiwa ane nyetir SUV seperti itu, lebih demen sm sedan/saloon
kalo jadi civic
ga akan di modif kecuali ganti velg doang...
kalo jadi corolla
ya dibuat seperti inilah ! hehehe XRS !!! ganteng bgt
bukan bapak bapak lagi !!!
