Iseng2 ah bikin review salah satu mobnas tua jualan om ane, yang beternak timor seken ampe laku berapa biji perbulannya...

Sekalian sekali2 bahas kembali mobil jadul pasaran gini, selingan dr berbagai review mobil baru skrg

==========================
Di pagi hari sekitar beberapa bulan lalu, pas ane lagi ke rumah nenek di Medan... Tiba2 terdengar suara mobil parkir didepan rumah. Pas ane keluar rumah, lah ane heran siapa nih yang dateng kerumah nenek pake timor...
Eh taunya om ane, padahal om kan mobilnya 325i... Kok jadi timor

Eeeh rupanya setelah nanya2, rupanya ini salah satu barang dagangan dia, sengaja pilih spesial dagang timor krn cepet bgt muter stoknya...

Berhubung ane belom pernah sama sekali bawa timor, udah deh ane pinjem kuncinya, & cobak test drive....

==========================

Ya, sedan kecil 1500cc rebadge an dari KIA Sephia ini ane rasa adalah mobil nasional yg paling laku sepanjang sejarah Indonesia ...

Timor, atau singkatan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat, didirikan oleh anak bungsu Pak Soeharto, Tommy Soeharto. PT Timor Putra Nasional mulai menjual S515 pada tahun 1996, saat pemerintah Indonesia menggalakkan pembangunan industri mobil nasional, yang juga pada akhirnya jatuh kepada perusahan milik anak presiden saat itu...

Mobil ini sendiri biarpun katanya sih produksi Indonesia, namun komponen lokalnya sendiri hanya mencapai 20% saja, jauh lebih sedikit dibandingkan Toyota Kijang yang mengandung lebih banyak komponen lokal.

Pun belakangan diketahui, S515 ini sebenernya sisa stock lama KIA yg pada saat itu mulai bangkrut, yang dibeli dengan harga murah lalu disunat sana sini, rebadging, dan jadilah sebuah sedan nasional yang dijual dalam kondisi baru...


Di Korea Selatan sendiri pada saat itu, Sephia cuma dijual dgn harga 18.5 juta, sedangkan di Indonesia menjadi 35 juta saat pertama peluncurannya (sudah termasuk PPn 10%), sehingga menjadi sedan termurah di Indonesia, dan mengundang antusias masyarakat...
Yah, dibalik segala kekacauan sistem pengadaan dan birokrasinya, ane ingin mencoba mobil nasional 1 ini, apakah bagus buat dipakai di jaman sekarang ini, ketika mobilnya sudah menempuh berbagai macam jalan selama belasan tahun hidupnya...

==========================

Hmm... Desainnya sendiri secara keseluruhan membulat-bulat khas middle 90s, namun auranya ya Korea bangeet... Agak meletot2 kurang artistik, maklum 'baru belajar bikin mobil'...

Dibandingkan Bimantara Cakra/Hyundai Accent sih nggak kalah ane rasa, namun kalo dibandingin ama Baleno (yg dulu harganya terdekat sama timor ini), kok bagusan Baleno kemana2 ya...
Depannya pipih membulat, mayan manis dilihat...

Bagian belakang juga bulat2, dengan lampu memanjang dari kiri ke kanan... Manis juga sih
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Cuma bagian sampingnya kurang suka, pillarnya terlalu tegak & kacanya terlalu bulet bulet...

*ini semua IMHO, karna soal desain pastilah selalu subjektif...
===========================

Interior berwarna abu-abu, dengan bahan sejenis vinyl di dashboard bagian atas, softpad di sekujur doortrim (kalah mobil murah jaman sekarang

Nuansa interiornya sih tidak terlalu sempit, cuma warna abu-abu nya bikin kesan jd agak murahan menurut ane...

Setirnya enak digenggam, dengan ukuran yang pas...
Posisi mengemudi agak selonjor kyk sedan seharusnya (nggak kyk sedan2 berbuntut jaman sekarang, posisi nyetirnya lebih ke duduk drpd selonjor

Ruang kaki juga memadai, nggak merasa kesempitan buat ane yg 185cm/76kg...
Visibilitas ke depan oke punya, ke samping & belakang jg jelas, maklum mobil 90s kacanya gede2 & pillar tipis, jg moncong langsung keliatan jelas... Gampang lah buat mantau jalan dr mobil ini...
Instrumen juga jelas terlihat (disini sdh dimodif, maklum susah nyari mobil timor yg kondisinya masih std), pokoknya disini nggak ada kemewahan2, apa adanya yg penting berfungsi dengan baik...
Penyakit interior timor seperti panel2 retak, cover dashboard bagian atas pecah2 & ngangkat ke atas (bisa dilihat di gambar), semua terlihat jelas di unit yg ane test...

Tombol2 di dash jg pas dipencet kerasa banget kesan ringkihnya...

*gambar ini nyomot dari inet*
Joknya... Nah ini dia bagian yang spesial. Empuuuk banget. Kayak duduk di sofa gitu deh

Apalagi bagian belakang, rebahnya pas, juga duduknya empuk gila...
Cuma bakal jd musuh buat orang tua yg sakit tulang pinggang, karna terlalu mblesek...
ACnya udah nggak terlalu dingin lagi, maklum lah mobil tua...

Overall sih, kalo pas masih baru mah seharusnya enak2 aja didalem mobil ini...

============================
Mesin mobil yg ane test ini sudah yg DOHC, berhubung timor punya 2 varian yaitu SOHC & DOHC...
SOHC masih karburator, sedangkan yang DOHC sudah injeksi.
Ane sendiri prefer yang DOHC, karna performanya jauh lebih enak & lebih irit bensin dr yg SOHC (sebagai gambaran, yg SOHC bisa disalip avanza xenia dengan gampang saking leletnya...

Kelebihan yang SOHC sendiri ada di perawatannya, mekanik pinggir jalan pun bs benerin mesinnya saking simpelnya teknologi.


Mari start enginenya...
Bisa start dengan mulus, cuma mesinnya nggak terlalu halus... Ditambah dashboard yang udah rattling keliling ampe keliatan bergoncang jg bikin ga enak diliat, rasanya kaya geter banget...

Yuk jalan...

Injek kopling, gampang banget dapetin feelnya, nggak terlalu dalem & nggak gampang mati2...
Masuk gigi1, tuasnya bs lancar berpindah gigi tanpa seret.
Injek gas, dan.......
Wow, tenaga bawahnya buas bangeet

Semua tenaganya ngumpul di RPM bawah. Asik banget euy buat nyodok2 di perkotaan (ngerti deh sekarang kenapa pengguna timor banyak yg seruntulan ddlm kota

Mulai naik ke RPM atas... Bengek. Yaah sudahlah, pun mobil ini jg ga enak dipake kenceng2, soalnya rada krg stabil biarpun sedan

Setirnya pas bobotnya, jg masih berfeedback biarpun ya sekedar ada aja, nggak jd faktor yg bikin fun...
Suspensinya yah lumayan lah, nggak sekeras vios taxi. Cuma yang nggak tahan mah......
Maaaak bunyi rattling keliling nyaaa

Bikin kuping pusing, doortrim dashboard jok pillar semua bunyi dar der dar der tiap lewat jalan gelombang... Macem mau runtuh aja pun

Kayaknya lebih baik dashboard doortrim ama pillarnya dicopot aja semua biar gadak bunyi2 lg

Rem nya sendiri empuk, nggak ampe bikin barang2 kelempar tiap nginjek

Tapi buat kenceng2 sebaiknya jangan deh... Timor terkenal agak ngglosor remnya kalo dipake kenceng2 trus ngerem cepet, & ane jg merasakan hal yg sama disini...
Kekedapan kabin yaa begitulah... Suara motor masuk semua kedalem, maklum mobil murah jg kan

Overall, yah lagi2 pas masih baru mah pasti enak pake nih timor buat kotaan... Bawanya gampang euy nggak ribet, tinggal start pijek jalan cuss

Cuma sekarang ini berhubung mobilnya udah tua jd pasti ada kerusakan2 yg ngurangin enak bawanya...
========================
Safety,... Bergantung kepada seatbelt dan doa yang banyak

Eh nggak juga deng, udah ada side impact beam (sedangkan avanza sejuta umat generasi awal aja nggak ada

Sedangkan fitur2 mah standaran aja spt power window, tilt steering (cuma di DOHC), AC, PS, dsb...
========================
Soal perawatan...
Timor kan udah tua, dan berhubung mobil ini juga aslinya old stock dan bukan buatan jepang, perlu diperhatikan juga komponen2 nya...
Rem cepet aus, selang2 mulai getas, karet2 seal jg, trus mesin jg pastinya udh kurang bs mengolah tenaga dgn sempurna... Radiator juga perlu diperhatikan
Di SOHC yg masih karburator, biasanya karbu nya udh kurang fit. Tenaga yg aslinya udah boyo, gara2 karbunya udh kurang fit, jd tambah ngempos

Untung harga sparepartsnya bersahabat di kantong & masih tersedia sampe skrg

Bagian kaki2, cukup kuat sih timor ini, juga parts kaki2nya murah...
AC biasanya udah pada nggak dingin, jd penggantian set AC jd peer wajib kalo nggak mau nih mobil berubah fungsi jd sauna di siang hari macet2

Scr overall, S515 nggak termasuk mobil yg rewel. Jajan2 khas mobil tua ada lah, tapi nggak punya penyakit aneh2 banget & simpel teknologinya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Tapi awas kebeli parts KW dengan harga asli. Soalnya banyak spareparts KW buat nih mobil, & ada aja pedagang yg nipu2 blg asli pdhl mah kagak

========================
Yah pada akhirnya bisa ane simpulkan, mobil nasional ini bagus juga dengan harga di masanya yg 35 jt rupiah. Bawanya simple, teknologi nya jg simple & gampang benerinnya, juga cukup tangguh buat ukuran mobil korea sisa stok lama begini

Buat dipake jaman sekarang, cocok lah buat yg baru pindah dr motor ke mobil (dan merasa cicilan perbulan Toyota Agya bisa bikin asma tiap bulannya)... Sparepartsnya tersedia dimana2, nggak perlu skill tinggi buat benerinnya, harga jg terjangkau serta image sebuah sedan yg lebih baik drpd mobil minibus pesek

Poin plus

-Cukup irit bensin (1:10 premium)
-Mesin enak buat dalam kota
-Teknologi simpel, gampang benerinnya
-Jok nyaman empuk
-Space kabin lumayan
-Murah (40jt an sudah dapet tahun yg lumayan muda, drpd beli mobil taun 80... Meskipun ane sendiri males kalo py 40 trus suruh beli timor, mending yg taun 80an

-Bentuknya sedan...

Poin minus

-Kurang kuat kabinnya, di usia segini udh bunyi & retek dimana2
-Image & gengsi rendah, suka di'anuin' orang

-Susah nyari yang kondisi mulus nan original
-Rem kalo speed tinggi ga memadai
Thanks for reading
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
