
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba staterChZ wrote:umm maksud ane dibanding sekelas ya bro ronald.... dengan kata lain benchmark ane satu satunya ya Nissan Juke karena Suzuki SX4 udah nggak dijual. walaupun sebenernya kalo dibandingin sama SX4 ya SX4 cuma kalah di fitur, sisanya jauh kemana-mana SX4.... build quality juga ane ngerasa SX4 lebih solid....
o iya, NVH mesin gimana bro seiring pemakaian? gw daritadi masih bingung waktu di starter mesinnya kasar banget itu getarannya.... no gud.
uwkwkwkw yang pertama ane notice itu bro ronal... buset kasar amat ya mesinnyaKodokPushUp wrote: Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba stater![]()
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.
Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.
Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.
Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
Haaah mobil baru udah rattling dashboardKodokPushUp wrote:Dari cerita bro azzu 4 bulan lalu yg stop-and-go di tanjakan, putaran mesin nahan di 1500-1800 rpm, kira2 gara2 transmisi dual clutch nya yg dodol apa traction control aktif ya?
Ini mesin kan tipe high rpm, torsi baru terasa di 4000 rpm keatas, kalo mesin nahan di 1500 rpm, jelas aja ga kuat nanjak.
Punya ane transmisi manual, masalahnya di kopling yg pake sensor, jadi ga bisa setengah kopling, dan akibat sensor itu, tenaga dari mesin keluarnya ga smooth, jadi kayak orang belajaran![]()
Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba staterChZ wrote:umm maksud ane dibanding sekelas ya bro ronald.... dengan kata lain benchmark ane satu satunya ya Nissan Juke karena Suzuki SX4 udah nggak dijual. walaupun sebenernya kalo dibandingin sama SX4 ya SX4 cuma kalah di fitur, sisanya jauh kemana-mana SX4.... build quality juga ane ngerasa SX4 lebih solid....
o iya, NVH mesin gimana bro seiring pemakaian? gw daritadi masih bingung waktu di starter mesinnya kasar banget itu getarannya.... no gud.![]()
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.
Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.
Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.
Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
Terima kasih untuk reportnya om azuazu wrote:@mod fibi: begitulah bro.. awalnya saya juga ga begitu pengen rekom ini mobil ke bokap melihat reliability DCT di Fiesta, tapi karena beliau sudah suka dan mau mencoba merk Ford dengan segala kekurangan dan kelebihannya ya udah deh
kalau waktu itu SX4 masih ada yg brand new, pasti belinya SX4.. sayangnya bokap waktu itu ga pengen beli mobil bekas, jadinya terpaksa SX4 dicoret..
@om liep: begitulah, kalau mau peace of mind lebih baik merk Jepang aja
di ruma ada merk Cap S, mekipun katanya pelayanan jauh dibawah Atoyot, tapi masih lebih tenang pakainya dan lebih baik pelayanannya daripada Ford ini
ane blm ada rattle sih, cm baru ada di konde nya doangKodokPushUp wrote:Dari cerita bro azzu 4 bulan lalu yg stop-and-go di tanjakan, putaran mesin nahan di 1500-1800 rpm, kira2 gara2 transmisi dual clutch nya yg dodol apa traction control aktif ya?
Ini mesin kan tipe high rpm, torsi baru terasa di 4000 rpm keatas, kalo mesin nahan di 1500 rpm, jelas aja ga kuat nanjak.
Punya ane transmisi manual, masalahnya di kopling yg pake sensor, jadi ga bisa setengah kopling, dan akibat sensor itu, tenaga dari mesin keluarnya ga smooth, jadi kayak orang belajaran![]()
Karena ane jarang pake ini mobil, begitu baca post bro ChZ langsung ambil kunci trus coba staterChZ wrote:umm maksud ane dibanding sekelas ya bro ronald.... dengan kata lain benchmark ane satu satunya ya Nissan Juke karena Suzuki SX4 udah nggak dijual. walaupun sebenernya kalo dibandingin sama SX4 ya SX4 cuma kalah di fitur, sisanya jauh kemana-mana SX4.... build quality juga ane ngerasa SX4 lebih solid....
o iya, NVH mesin gimana bro seiring pemakaian? gw daritadi masih bingung waktu di starter mesinnya kasar banget itu getarannya.... no gud.![]()
Suara mesin memang kasar, tapi menurut ane getaran mesin teredam cukup baik sih di dalam kabin.
Mungkin yg agak mengganggu bagi sebagian orang suara knalpotnya yg cukup nge bass seperti knalpot aftermarket, yg buat ane malah suatu hiburan tersendiri.
Ah ya, ekspektasi ane yang terlalu tinggi mungkin, karena kebayang base nya dari fiesta yg unggul di sisi fun to drive, dan compact suv paling kecil yg ane pernah coba cuma OS, jadi kebayangnya paling nggak handling mirip OS dengan tenaga ala hatchback.
Yang ane curiga, letak mesin dan komponen berat lain posisinya tinggi, karena promosi ecosport ini kan 550 mm water wading, yg berimbas negatif ke kestabilan, selain dari setting suspensi.
Oh iya yg pake ecosport, interior pada rattling ga?
Punya ane dashboard udah mulai rattling, umur 7 bulan pemakaian, 6600 km
Woakakaazu wrote:Akhirnya tanggal 20/1 Mobil dibawa ke beres untuk diperiksa dan rencananya sekalian servis ke-2.. dan ternyata free biaya jasa untuk servis ke-2 tidak bisa dipakai karena sudah melewati bulan ke-6 dan tidak ada reminder dari BeRes mengenai ini sebelumnyaJangan dibandingkan dengan Toyota dengan A2000nya, Suzuki ataupun Mitsu yg dibawah Toyota dalam kualitas ASS aja masih sempat telepon ke customer untuk reminder servis..
Sedangkan Ford? Hanya ada email (yang bapak saya tidak sadar karena sepertinya masuk ke Spam) dan tidak ada telepon dari Beres atau Sales
Disini terlihat kualitas ASS FMI ataupun dealer Ford memang masih jauh tertinggal dari merk lain..
Ane rattle di dashboard sudah hilang, kemaren complain pas service gratis ke-2jason28 wrote:ane blm ada rattle sih, cm baru ada di konde nya doangodo udh 8000> (lupa persisnya)
ane rasa ini lebih ke peredaman ama bobot sih oom. nggak bisa dipungkiri bobotnya Ecosport emang berat dan peredamannya jelas waaaay better dari Innova manapun... menyumbang kestabilan di kecepatan tinggi dan lebih senyap.edward wrote:Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....
Err entah ane atau eco ane yg anehedward wrote:Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....
tinggal di bintan ya om?aryaguna wrote:salah satu mobil yg cukup bikin galau saya saat mw beli mobil, walau pilihan akhirnya tidak jatuh pd ecosport ini, fitur nya sangat lengkap bila dibandingkan dengan Rush dan harga yg tidak terpaut jauh...saya udh sempat liat2 dan mw beli ini mobil, sunroof dan Mid nya sungguh menggoda, tp pikiran logis saat2 terakhir membatalkannya
krn saya di daerah dan BeRes Ford satu-satunya ada di kota seberang (batam) yg mengharuskan saya menyebrang dengan Kapal RoRo utk servis, membuat ane hrs berpikir logis dan milih Rush TRD AT...
Klo suatu saat ada rezeki lebih, mungkin akan beli eco sport ini dan gk dijadikan mobil tempur
kayanya malah Eco saya ini yang termasuk yang pertama update TCM, bisa dibaca di post awal-awal.. malah ada member K*skus yg telepon ke saya (entah dapet nomor saya dari manab8099ok wrote:Uda updet tcm blm om? Itu perubahannya lmyn berasa. Pny ane pas km 100an updet, skr km 200an ga ada keluhan sih. Cm krn blm 1000 jd msh rada boros lantaran oli bawaan jelek bener. Niatnya mau ganti pas 500,..
Update lagi nih.. Hari Rabu kemarin saya baru sempet servis 10.000, tapi dilayanin oleh SA yang berbeda.. awalnya dibilan "udah telat nih ya mas" dan udah siapin kocek untuk bayar jasanya, pas terima invoice taunya malah FreeKodokPushUp wrote:Woakakaazu wrote:Akhirnya tanggal 20/1 Mobil dibawa ke beres untuk diperiksa dan rencananya sekalian servis ke-2.. dan ternyata free biaya jasa untuk servis ke-2 tidak bisa dipakai karena sudah melewati bulan ke-6 dan tidak ada reminder dari BeRes mengenai ini sebelumnyaJangan dibandingkan dengan Toyota dengan A2000nya, Suzuki ataupun Mitsu yg dibawah Toyota dalam kualitas ASS aja masih sempat telepon ke customer untuk reminder servis..
Sedangkan Ford? Hanya ada email (yang bapak saya tidak sadar karena sepertinya masuk ke Spam) dan tidak ada telepon dari Beres atau Sales
Disini terlihat kualitas ASS FMI ataupun dealer Ford memang masih jauh tertinggal dari merk lain..
Sama kayak ane, free service ke 2 telat karena ga ada reminder![]()
Dan setelah telp ke ford jakarta, katanya memang reminder itu kebijakan masing2 dealer![]()
Beruntung pas ane service, SA nya salah itung bulan (ane ga bilang kalo telat), jadi akhirnya gratis deh
untuk suara gemuruh nampaknya sih dari ban Goodyear yang termasuk ke EcoTyreedward wrote:Supaya menambah 'seru' (dan serem?) kpd calon pembeli;saya juga mau mengatakan dg jujur bahwa 'ratling' memang ada di ecosport saya,bahkan saya taunya pas mbl masih baru 2bulan dan pas saya ajak mudik ke cilacap waktu itu...
(Note:apakah ada hubungan dg geber2an dan kebut2an melawan truk2 yg byk banget di jalur selatan saat itu?)
Yg lucu lagi,ratling nya bisa berpindah,kadang tepat di muka kita(yg di panel AC),kadang pindah ke bagian audio,bahkan di dasbord depan penumpang depan...
Lalu,mgk ada kaitan dg pintu bagian penumpang,kalo nutupnya kurang keras-pas jalan pelan juga timbul suara2 kriet2 pelan-klo ketemu spt ini,yg saya lakukan minggirkan mobil,dan banting pintu dg lbh keras-biasanya hilang bunyinya...
Complain berikutnya,saya bener2 ga sreg dg suara dr bawah mobil,gemuruh kayak ga ada peredaman di lantai mobil...
Klo ketemu aspal halus mulus sih ga ada suara-tapi klo ketemu aspal kasar suaranya gemuruh banget..
Mgk next target saya adalah melapisi dg peredaman yg bagus di lantai dan ke5 pintunya..
Spt nya perlu ambil napas dulu,krn baru aja masang Vkool 40dpn,80SSB,jadi peredaman adalah project berikutnya..
Semoga membantu buat yg mau ambil ecosport.
Saya malah ngerasa Eco ini lebih limbung dari Ertiga, dan Ertiga kerasa lebih stabil di kecepatan tinggiKodokPushUp wrote:Err entah ane atau eco ane yg anehedward wrote:Oh note buat Om Kodok:
MAsa melayang pada kecepatan tinggi?
Piye to?Ini eco sutabil biangetts kalo di ajak ngebut(maksudnya stabil bgt).
Ane biasa lari 130-140kpj di jagorawi dan di jorr pas kosong pagi2 antara jam 5-6pagi,dan ga ada gejala melayang sama sekali...
Saya juga sesekali bawa lari 130kpj dg innova 2010 saya ,tapi di innova jauh lebih serem drpd di eco,suara raungannya innova ama goyangannya bikin saya ngeri sendiri hehehe...(i know,saya hrs tambahin under bone ama engine stabilizer)biar bisa ngacir,tapi di eco saya suka ga sadar klo udah lari diatas 120kpj,rasanya masih spt lari 80 an aja....![]()
Ga pernah ngebut pake innova, orang gila mana yg ngebut pake mpv![]()
Livina ane kec 160 kpj (di speedometer, aslinya brp ga tau) masih terasa lebih stabil dan napak ke jalan daripada ecosport kec 100 kpj
Cx-5 ane kec. 175 kpj (limit) juga masih terasa lebih stabil dari ecosport kec 100 kpj
cx-5 dan ecosport, nikung kec sama dan ditempat yg sama, di ecosport ud horror, di cx-5 ane masih sempat narik hand brake, pedal to the floor, dan counter steer
Mamang555 wrote:Terima kasih untuk reportnya om azuazu wrote:@mod fibi: begitulah bro.. awalnya saya juga ga begitu pengen rekom ini mobil ke bokap melihat reliability DCT di Fiesta, tapi karena beliau sudah suka dan mau mencoba merk Ford dengan segala kekurangan dan kelebihannya ya udah deh
kalau waktu itu SX4 masih ada yg brand new, pasti belinya SX4.. sayangnya bokap waktu itu ga pengen beli mobil bekas, jadinya terpaksa SX4 dicoret..
@om liep: begitulah, kalau mau peace of mind lebih baik merk Jepang aja
di ruma ada merk Cap S, mekipun katanya pelayanan jauh dibawah Atoyot, tapi masih lebih tenang pakainya dan lebih baik pelayanannya daripada Ford ini
Terus terang ane cukup tertarik dengan Ecosport ini. Model exterior lumayan, interior, meskipun agak outdated, masih cukup acceptable lah. Belum lagi fitur yang bejibun dan yang paling penting harganya "murah". Cuma yang agak kepikiran memang reliability nya since make DCT yang menurut logika orang awam aja kelihatannya akan "bermasalah" karena kondisi trafic Jakarta (dan beberapa kota besar di Indonesia) yang macet gila2an sehingga menyiksa transmisi. Kalo baca2 postingan user Fiesta K4skus memang rada2 bikin jiper juga
Faktor kedua memang masalah ASS. Ini juga udah banyak baca dari user2 Fiesta di K4skus yang komplen karena kualitas ASS yang masih jauh dari merk JepangCuma kelihatannya ga ada perbaikan yach. Udah 2015 nih
============================================
Orang tua saya kebetulan berencana ganti Yaris nya yang udah mau 5 tahun Agustus ini dan saya awalnya berminat sekali untuk rekomendasikan Ecosport ini ketimbang New Jazz atau Yaris. Cuma kalo melihat kasus begini dan juga yang terpenting kualitas ASS nya masih rada tiarap, ya mending beli merk Jepang dulu aja deh. Kasihan beliau kalo harus menghabiskan waktu untuk cekcok dengan SA hanya karena masalah klaim2 sepele begitu
Mengenai SX4 saya juga setuju. Adek saya akhir tahun lalu ambil Rush karena agak "ngeri" dengan reliabilitas Ecosport dan juga takut harganya amblas. Kalo masih ada barunya, SX4 memang pilihan yang lebih masuk akal
*bukan sales mobil manapun, just share
cmiiw, imho
Kemarin mengalami hal ini waktu naik ke The Peak lewat rancabuaya (yang pasteur belok kanan lewat depan maranatha). Matiin traction control gak membantu. Ternyata solusinya gampang... jangan pake rem tangan :pazu wrote:
-Edited
Sh*t happens![]()
Kami menemui jalan yang amblas. Yang lebih parah lagi adalah longsoran tersebut tepat berada di bagian bawah tanjakan yang curam, kira-kira securam tanjakan dari arah Punclut menuju Lembang. Setelah menunggu kendaraan yang dari arah berlawanan turun, kami pun mulai berjalan melewat longsoran yang telah ditutupi oleh banyak batu split. Sesudah melewati longsoran dengan perlahan, langsung menuju tanjakan yang curam.
Di tanjakan ini terjadi musibah, ban selip!Lampu Traction Control berkedip-kedip, menandakan sedang bekerja, akan tetapi ban tetap saja selip! Hal ini disebabkan banyaknya material batu dari longsoran yang terbawa ke tanjakan.
Karena ban terus selip (dan tercium karet terbakar), terpaksa mobil dihentikan dahulu. Saat itu, saya sudah khawatir mobil tidak akan kuat untuk menanjak. Dengan tangan yang berkeringat, gear dipindah ke 1, lepas rem tangan dan injak gas. D*mn, ga mau jalan! Putaran mesin di 1500-1800RPM saja, tidak terasa effort dari mesin untuk menjalankan mobil. Setelah 5 detik coba digas perlahan tetap tidak mau maju, saya hentikan saja usaha untuk maju ini karena takut transmisi overheat. Di dalam mobil Ibu saya jadi panik (biasa, Ibu-ibu), dan warga sekitar yang mengatur lalu-lintas di longsoran itu juga meminta agar seluruh penumpang turun supaya mobil bisa didorong. Akhirnya seluruh penumpang turun.
Setelah penumpang turun dan hanya saya di mobil, saya bersiap-siap untuk menjalankan mobil dengan bantuan dorongan dari warga sekitar. Masukkan gear ke 1, lepas rem tangan, dan injak gas kira-kira setengah injakan. Awalnya mobil tetap tidak mau jalan. Dengan bantuan dorongan warga, mobilpun mulai bergerak tapi bukan karena dorongan mesin. Setelah didorong sekitar 1-2 meter, akhirnya mobil pun berjalan dan sampai puncak tanjakan tanpa dibantu dorong lagi.
Setelah sampai puncak tanjakan saya berhenti menunggu penumpang lainnya berjalan ke atas. Saat itu saya berpikir, apakah mobil tidak mau berjalan karena Traction Control aktif? Tentunya di tanjakan yang berbatu ban pasti akan selip terlebih dahulu. Tetapi karena tadi sedang panik, tidak terpikirkan oleh saya untuk mencoba menonaktifkan Traction Control.![]()
-edited
jujur saja Om, sampai sekarang belum bisa benar-benar confident dengan hill-start assist... Bunyinya saat disengage lumayan bikin ngilu kuping [emoji2]b8099ok wrote:Hill start assist itu jd satu ama abs dan traction control. Mau kah ente klo rem gak dalam kondisi ok?
Kalau begitu adanya, bisa dipikirkan utk meggunakan ganjel kayu atau taruh FRD sebagai penahan biar ngga mundur. Bunyi rintihan FRD tentunya akan lebih merdu drpd suara kucing terlindas,...alexdonovan wrote:jujur saja Om, sampai sekarang belum bisa benar-benar confident dengan hill-start assist... Bunyinya saat disengage lumayan bikin ngilu kuping [emoji2]b8099ok wrote:Hill start assist itu jd satu ama abs dan traction control. Mau kah ente klo rem gak dalam kondisi ok?
Saya sudah terlalu lama pakai pedal kopling dan handle rem tangan untuk nanjak...
Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk