Selama ini banyak jg SMers yg butuh advice/saran buat cara nyari mobil bekas/unit mobkas gimana yg bagus/berapa harga pantasnya dsb, hanya saja ngga ada trit tersendiri nya disini, nimbrung nanya2 di trit lain malah jd kececer, dibuatkan trit tersendiri 1-1 jg gampang kececer jg info2 berharga ddlm nya...
Jadi buat yg butuh tanya2 segalanya tentang mobil bekas, silahkan aja tanya di trit ini

Ane & member2 lain yg pengalaman thd mobil bekas siap membantu jawab...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Boleh juga kalo ada SMers yg mau berbagi ttg pengalamannya nyari mobkas

Nanti info2 yg penting2 bs ane tarok di pageone utk memudahkan member2 sekalian nyari2 info kelak

Thanks,,
(trit ini lebih ke how-to daripada teknikal mobilnya sendiri, jadi mohon jgn disamakan dgn trit2 di suggestion corner)
================================================================================
info's (will frequently updated)
DOHC wrote:mobkas yahh....
kl ane prinsip nya slama huntingnya mrek jepang dan yg merek nya ckup bonafid, ane lebi utamain kondisi ekterior, kaki2, mesin, interior (urutan sesuai yg mana diutamakan/ prioritas duluan)... ngebetulin body bocel2 apalagi bekas nabrak jatuhnya bsa lebi mahal dari beresin mesin yg ud ngebul... interior bulukan super caur masi lebi murah drpd betulin body yg super ancur...
amd wrote:t.kijang tahun 1991-1995 urutan kartoseri yang baik menurut ane (cmiiw):
1. Nusa cendana harum (press body astra)
2. nasmoco (press body astra)
3. superior (press body astra)
4. roda/jantan, rover (press body dikerjakan sendiri)
ChZ wrote:bervariasi oom, ranging from 5% to 20%. biasanya kalo likuiditas unitnya cukup bagus mereka ambil margin sedikit. tapi kalo unitnya susah laku ya mereka ambil margin gede. biasanya gt oom dari pengalaman ane....Ald2001 wrote:Sori kalo oot, penasaran kalo pedagang mbl bekas ngambil mobil trus dijual lg itu biasanya selisih brp persen sih?
kalau soal tips berburunya sebenernya tergantung jenis mobil sih.... kl Avanza Xenia Innova dan antek-anteknya ya sikat aja.... bedanya yang mint ama yang kagak tifiss sekali.... that car can last longer than the owner....
kalo kelas sedan macem Civic Corolla Accord Camry, ya paling penting cek kaki-kaki. kalo kelas BMW Mercedes dan konco-konconya.... cek elektrikal (dan kaki-kaki tentunya kalo udah berumur).
batumakam wrote:soal mobkas sebenarnya gue demen (kebetulan sering diajak survei juga)Buat gue kalo mobil2 mainstream yg penting tuh cek mesin2,kolong (buat lihat ada yg keropos atau gak),kalo body relatif ya paling beda 11-12 doang,sama kalo beli mobil diesel semacam innova/PJS/Fortie cek2 kabel2nya sama ECU siapa tau udah diacak2 make dastek dkk
kalo yg beli orang biasa lumayan juga buat nembak harga ke pedege supaya lebih murah (karna alesan dah di modif) kalo yg tukang oprek mah seneng udah ada bekas jalurnya
Terus gue anti sama orang yg masang SQ sama Speaker terlalu berlebihan di mobil, apalagi jalur wiringnya kacau balau, langsung gue tolak biasanya