bertanya soal kilometer pemakaian
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
ngankat semua fluida maksudnya gimana om? caranya gimana ...dan fungsinya buat apa?
maaf om beneran newbie hehehe
maaf om beneran newbie hehehe
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
netterz wrote:ngankat semua fluida maksudnya gimana om? caranya gimana ...dan fungsinya buat apa?
maaf om beneran newbie hehehe
maksud nya... dl waktu ane baru beli mobil seken (ngangkat).... ntuh smua fluida di mobil (oli mesin, transmisi, garda, minyak rem, minyak Power Steering, radiator coolant) ane ganti smua...
krn usia mobil waktu ane beli ud 3 taonan dan odo uda tembus 80 rebu.... jadi drpd pusing mending ganti smua... krn ane ga tau owner sblom nya ganti tuh fluida kapan
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
Standar klw beli mobil seken yg kondisinya bagus
1. Ganti semua fluida. Minyak rem, kopling, oli transmisi, gardan, mesin, wiper, radiator
2. Cek tekanan angin pada semua ban
3. Balancing dan spooring
4. Tune up mesin
5. General check up.
1. Ganti semua fluida. Minyak rem, kopling, oli transmisi, gardan, mesin, wiper, radiator
2. Cek tekanan angin pada semua ban
3. Balancing dan spooring
4. Tune up mesin
5. General check up.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
owh itu bos, siappppp...hehehehe
Sorry OOT, sy msh kesulitan adaptasi bawa kendaraan mesin diesel, mohon dunk bos,tips bw panther tuh gimana, khususnya yg matic...kmrn ngetes ke tol cipularang didaerah nanjak ke arah bandung km 90-110an, agak bingung tenaga mobil koq ngga keluar...kaya ngeden atau apa ya istilahnya...feeling sih something wrong di cr bawa, maklum biasa bawa bensin hehehe
mohon petunjuknya bos...baca2 dr jam 7an koq bingung sendiri, jarang yg review atau post matic diesel
Sorry OOT, sy msh kesulitan adaptasi bawa kendaraan mesin diesel, mohon dunk bos,tips bw panther tuh gimana, khususnya yg matic...kmrn ngetes ke tol cipularang didaerah nanjak ke arah bandung km 90-110an, agak bingung tenaga mobil koq ngga keluar...kaya ngeden atau apa ya istilahnya...feeling sih something wrong di cr bawa, maklum biasa bawa bensin hehehe
mohon petunjuknya bos...baca2 dr jam 7an koq bingung sendiri, jarang yg review atau post matic diesel
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
Panther matik ya? Saya pernah bawa.netterz wrote:owh itu bos, siappppp...hehehehe
Sorry OOT, sy msh kesulitan adaptasi bawa kendaraan mesin diesel, mohon dunk bos,tips bw panther tuh gimana, khususnya yg matic...kmrn ngetes ke tol cipularang didaerah nanjak ke arah bandung km 90-110an, agak bingung tenaga mobil koq ngga keluar...kaya ngeden atau apa ya istilahnya...feeling sih something wrong di cr bawa, maklum biasa bawa bensin hehehe
mohon petunjuknya bos...baca2 dr jam 7an koq bingung sendiri, jarang yg review atau post matic diesel
Matic nya ini masih pakai sistem tombol O/D (overdrive). Tombolnya ada di samping tuas matic.
Kalau O/D on, artinya posisi gear sedang di posisi TOP kalau bahasa di gear motor bebek. Kalau O/D off, gear masih di posisi tiga.
Kalau terasa ngeden di tanjakan, matikan O/D nya. Sentuh aja itu tombol O/D. Nanti tarikan maknyuss deh. Kalau tanjakan nya panjang dan agak berat, bisa geser tuas satu tingkat ke bawah. Ini akan menahan posisi gear supaya ngga dinaikin secara otomatis oleh komputer karena komputer diprogram demikian demi menghemat bahan bakar.
Harap maklum, transmisi matic begini memang bukan tipe matic cerdas seperti sekarang. Masih belum sempurna. Tapi matic jenis begini memang lebih tahan banting, asalkan teratur ganti oli matic nya.
Panther matic emang terasa lebih boyo dibanding manual. Ini lebih cocok untuk pengendaraan santai di jalan. Kalo buat nguber jadwal, rasanya saya lebih banyak misuh atas leletnya ni panther matic.
CMIIW ya..
[emoji209] [emoji177]
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 218
- Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
sangat di sayang kan panther nda jual baru matic lagih, spare partnya murah dan irit.... bb panther matik 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
siap bos, msh kaget pindah dr bensin ke diesel, jauh beda banget hehehe.. blom nemu karakternya...VanzMatic wrote:Panther matik ya? Saya pernah bawa.netterz wrote:owh itu bos, siappppp...hehehehe
Sorry OOT, sy msh kesulitan adaptasi bawa kendaraan mesin diesel, mohon dunk bos,tips bw panther tuh gimana, khususnya yg matic...kmrn ngetes ke tol cipularang didaerah nanjak ke arah bandung km 90-110an, agak bingung tenaga mobil koq ngga keluar...kaya ngeden atau apa ya istilahnya...feeling sih something wrong di cr bawa, maklum biasa bawa bensin hehehe
mohon petunjuknya bos...baca2 dr jam 7an koq bingung sendiri, jarang yg review atau post matic diesel
Matic nya ini masih pakai sistem tombol O/D (overdrive). Tombolnya ada di samping tuas matic.
Kalau O/D on, artinya posisi gear sedang di posisi TOP kalau bahasa di gear motor bebek. Kalau O/D off, gear masih di posisi tiga.
Kalau terasa ngeden di tanjakan, matikan O/D nya. Sentuh aja itu tombol O/D. Nanti tarikan maknyuss deh. Kalau tanjakan nya panjang dan agak berat, bisa geser tuas satu tingkat ke bawah. Ini akan menahan posisi gear supaya ngga dinaikin secara otomatis oleh komputer karena komputer diprogram demikian demi menghemat bahan bakar.
Harap maklum, transmisi matic begini memang bukan tipe matic cerdas seperti sekarang. Masih belum sempurna. Tapi matic jenis begini memang lebih tahan banting, asalkan teratur ganti oli matic nya.
Panther matic emang terasa lebih boyo dibanding manual. Ini lebih cocok untuk pengendaraan santai di jalan. Kalo buat nguber jadwal, rasanya saya lebih banyak misuh atas leletnya ni panther matic.
CMIIW ya..
[emoji209] [emoji177]
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
thx bos
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
^^^
Coba dikuras (kuras, bukan diganti) dulu atf-nya, ganti yg agak bagusan.
Mungkin yg bikin berat gegara atf-nya udah kadaluarsa.
Atf panther mintanya dexron II, tapi ada baiknya kasih saja dexron III (sekalian IIIG/H).
Kalau spek teoretis, keduanya (dexron II dan dexron III) masih kompatibel, bahkan lebih baik jika pakai dexron III
Kalau perlu, bawa ke bengkel matic yg oke buat di stel.
Matic-nya panther masih jadul, belum pakai "komputer" (ecu). Jadi memang kadang ada yg perlu sentuhan/setelan mekanik secara manual biar lebih enak.
Tombol OD (overdrive) kalau aktif, di layar nanati lampu indikator OD juga nyala (buat pertanda).
Pakai OD hanya kalau lagi nyalip (butuh akselerasi) atau nanjak parah.
Kalau jalanan normal, OD baiknya di non-aktif kan lagi (lampu padam)
Tipikal umumnya matic, kalau gas diurut halus, gigi tambah naik. Kalau di hentak (kickdown), gigi akan turun.
Kalau tanjakan landai dan nge-gas nya halus, ya seolah olah tambah berat secara gigi naik bertahap, sampai pada saat dimana konverter mendeteksi beban semakin berat dan akhirnya menurunkan gigi.
Tambahan, hati2 dan teliti ngerawat matic-nya panther. Bukan barang yg mudah rusak, tapi kalau kena harga parts-nya lumayan mahal dan (di sby) jarang toko yg sedia onderdil matic-nya panther.
#pengguna LS-Matic
Coba dikuras (kuras, bukan diganti) dulu atf-nya, ganti yg agak bagusan.
Mungkin yg bikin berat gegara atf-nya udah kadaluarsa.
Atf panther mintanya dexron II, tapi ada baiknya kasih saja dexron III (sekalian IIIG/H).
Kalau spek teoretis, keduanya (dexron II dan dexron III) masih kompatibel, bahkan lebih baik jika pakai dexron III
Kalau perlu, bawa ke bengkel matic yg oke buat di stel.
Matic-nya panther masih jadul, belum pakai "komputer" (ecu). Jadi memang kadang ada yg perlu sentuhan/setelan mekanik secara manual biar lebih enak.
Tombol OD (overdrive) kalau aktif, di layar nanati lampu indikator OD juga nyala (buat pertanda).
Pakai OD hanya kalau lagi nyalip (butuh akselerasi) atau nanjak parah.
Kalau jalanan normal, OD baiknya di non-aktif kan lagi (lampu padam)
Tipikal umumnya matic, kalau gas diurut halus, gigi tambah naik. Kalau di hentak (kickdown), gigi akan turun.
Kalau tanjakan landai dan nge-gas nya halus, ya seolah olah tambah berat secara gigi naik bertahap, sampai pada saat dimana konverter mendeteksi beban semakin berat dan akhirnya menurunkan gigi.
Tambahan, hati2 dan teliti ngerawat matic-nya panther. Bukan barang yg mudah rusak, tapi kalau kena harga parts-nya lumayan mahal dan (di sby) jarang toko yg sedia onderdil matic-nya panther.
#pengguna LS-Matic
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
thx u bos...atf nya ya...siap,ntar sy cek ke bengkel...nyari bengkel dl, br sekali ngajak panther ke bengkel ke asco heheheimsus2c wrote:^^^
Coba dikuras (kuras, bukan diganti) dulu atf-nya, ganti yg agak bagusan.
Mungkin yg bikin berat gegara atf-nya udah kadaluarsa.
Atf panther mintanya dexron II, tapi ada baiknya kasih saja dexron III (sekalian IIIG/H).
Kalau spek teoretis, keduanya (dexron II dan dexron III) masih kompatibel, bahkan lebih baik jika pakai dexron III
Kalau perlu, bawa ke bengkel matic yg oke buat di stel.
Matic-nya panther masih jadul, belum pakai "komputer" (ecu). Jadi memang kadang ada yg perlu sentuhan/setelan mekanik secara manual biar lebih enak.
Tombol OD (overdrive) kalau aktif, di layar nanati lampu indikator OD juga nyala (buat pertanda).
Pakai OD hanya kalau lagi nyalip (butuh akselerasi) atau nanjak parah.
Kalau jalanan normal, OD baiknya di non-aktif kan lagi (lampu padam)
Tipikal umumnya matic, kalau gas diurut halus, gigi tambah naik. Kalau di hentak (kickdown), gigi akan turun.
Kalau tanjakan landai dan nge-gas nya halus, ya seolah olah tambah berat secara gigi naik bertahap, sampai pada saat dimana konverter mendeteksi beban semakin berat dan akhirnya menurunkan gigi.
Tambahan, hati2 dan teliti ngerawat matic-nya panther. Bukan barang yg mudah rusak, tapi kalau kena harga parts-nya lumayan mahal dan (di sby) jarang toko yg sedia onderdil matic-nya panther.
#pengguna LS-Matic
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue Apr 01, 2014 11:19
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
Sebenarnya tidak ada patokan pemakaian. yang terpenting adalah perawatan.
tapi secara wajar pertahun tidak lebih dari 20.000KM. artinya sehari ni mobil jalan sekitar 50km.
Lebih dari itu ada beberapa kecurigaan:
1. Mobil rental
2. Mobil travel/taxi
3. Pemilik emang suka mbolang kesana kemari.
Klo agan beli panther sangat wajar jika ketemu dengan KM tinggi. karena biasanya mobil panter digunakan untuk bekerja. bukan untuk gaya2an saja. sehingga tidak jarang pemilik panter yang baru 3 tahun dipakek KM udah 100ribu. Coz iritnya g ketulungan, perawatan sangat murah, dan bener2 mau diajak jalan kemanapun agan suka. meskipun pnya kelemahan berupa mesin yang ribut kyk angin punting beliung sama body dan interior yang jadul.
tapi secara wajar pertahun tidak lebih dari 20.000KM. artinya sehari ni mobil jalan sekitar 50km.
Lebih dari itu ada beberapa kecurigaan:
1. Mobil rental
2. Mobil travel/taxi
3. Pemilik emang suka mbolang kesana kemari.
Klo agan beli panther sangat wajar jika ketemu dengan KM tinggi. karena biasanya mobil panter digunakan untuk bekerja. bukan untuk gaya2an saja. sehingga tidak jarang pemilik panter yang baru 3 tahun dipakek KM udah 100ribu. Coz iritnya g ketulungan, perawatan sangat murah, dan bener2 mau diajak jalan kemanapun agan suka. meskipun pnya kelemahan berupa mesin yang ribut kyk angin punting beliung sama body dan interior yang jadul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
Bram wrote:@netterz 'n imingwahyudi......imingwahyudi wrote:Deket sama rumah sayanetterz wrote:bandung bos...hehehe...bandung barat, knp gt bos?![]()
...............IDEM......... dmana exactly
@KBP (kota baru parahyangan)
![]()
Pasirkaliki oom

Oom Bram dmn?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
setuju om, LS nya sy ambil akhirnya, yg agak ngeganggu ya itu ...betul apa yg dituliskan suaranya lumayan kenceng, jd agak segen kl plg malam bgt, hehehehe...mpe mikir2 kira2 ada ga ya cr agak suaranya agak smooth gitu pas idle rpm nya ..cm bs pasrah aja digosipin ma tetangga betapa ributnya kl malem..hehehe...problem kedua jg pas manasin hehehe..azizms wrote:Sebenarnya tidak ada patokan pemakaian. yang terpenting adalah perawatan.
tapi secara wajar pertahun tidak lebih dari 20.000KM. artinya sehari ni mobil jalan sekitar 50km.
Lebih dari itu ada beberapa kecurigaan:
1. Mobil rental
2. Mobil travel/taxi
3. Pemilik emang suka mbolang kesana kemari.
Klo agan beli panther sangat wajar jika ketemu dengan KM tinggi. karena biasanya mobil panter digunakan untuk bekerja. bukan untuk gaya2an saja. sehingga tidak jarang pemilik panter yang baru 3 tahun dipakek KM udah 100ribu. Coz iritnya g ketulungan, perawatan sangat murah, dan bener2 mau diajak jalan kemanapun agan suka. meskipun pnya kelemahan berupa mesin yang ribut kyk angin punting beliung sama body dan interior yang jadul.
so far sih FC nya dalam kota/luar kota standard seperti yg byk diklaim di forum2...cm mungkin mpe skrg (1,5 minggu pake LS) msh blm terbiasa ama respon mesin dieselnya..mudah2an cepet adaptasi
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
Coba stel klep ama pake oli yg multigrade agak bagusan... panther pick up ane kl lg idle suara nya ga kalah koq ama ipah diesel.... padahal odo ud lewat 100 rebu... ane pake nya oli caltex delo gold 15-40
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
Sesama penikmat torsi diesel, sepakat dengan om klep.DOHC wrote:Coba stel klep ama pake oli yg multigrade agak bagusan... panther pick up ane kl lg idle suara nya ga kalah koq ama ipah diesel.... padahal odo ud lewat 100 rebu... ane pake nya oli caltex delo gold 15-40
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Modalin perawatan mobil itu nggada ruginya. Setel kelep, tambah racun solar, kasi oli yang bagus sekalian itu gak sia sia kok.
Om Klep udah bagus itu olinya. Saya hanya kasta pertamina, Fastron Diesel, lumayan alusss suaranya. Tambahin modal beli peredam. Kalo udah ada peredam sblmnya ya dobelin aja. Kalo blm ada, didouble juga. Bagian dalam kap dan firewall nya sekalian.
Kendr sederhana mesinnya bukan berarti perawatan ala kadar loh.. jangan. Keliru itu. Justru dengan kendr berperawatan murah, kita punya kesempatan modalin lebih buat memberi gizi yang jauh lebih baik. Kan alokasi dana buat jasanya udah murah.
Ibarat, makan di rumah makan yg murah, tapi makannya yang bergizi dong, jangan melulu krupuk sambel sama krecek. Kurang gizi lah.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
siap...laksanakanDOHC wrote:Coba stel klep ama pake oli yg multigrade agak bagusan... panther pick up ane kl lg idle suara nya ga kalah koq ama ipah diesel.... padahal odo ud lewat 100 rebu... ane pake nya oli caltex delo gold 15-40
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
siap bos,...kl didalam mobil sih ngga kedengeran bos, adem, peredamannya dah bagus, pas jendela dibuka beugh, pas parkir geser kiri kanan....hueheuheu jadi malu sendiri ma tetangga apalagi kl pulang tengah malemVanzMatic wrote:Sesama penikmat torsi diesel, sepakat dengan om klep.DOHC wrote:Coba stel klep ama pake oli yg multigrade agak bagusan... panther pick up ane kl lg idle suara nya ga kalah koq ama ipah diesel.... padahal odo ud lewat 100 rebu... ane pake nya oli caltex delo gold 15-40
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Modalin perawatan mobil itu nggada ruginya. Setel kelep, tambah racun solar, kasi oli yang bagus sekalian itu gak sia sia kok.
Om Klep udah bagus itu olinya. Saya hanya kasta pertamina, Fastron Diesel, lumayan alusss suaranya. Tambahin modal beli peredam. Kalo udah ada peredam sblmnya ya dobelin aja. Kalo blm ada, didouble juga. Bagian dalam kap dan firewall nya sekalian.
Kendr sederhana mesinnya bukan berarti perawatan ala kadar loh.. jangan. Keliru itu. Justru dengan kendr berperawatan murah, kita punya kesempatan modalin lebih buat memberi gizi yang jauh lebih baik. Kan alokasi dana buat jasanya udah murah.
Ibarat, makan di rumah makan yg murah, tapi makannya yang bergizi dong, jangan melulu krupuk sambel sama krecek. Kurang gizi lah.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
azizms wrote:Sebenarnya tidak ada patokan pemakaian. yang terpenting adalah perawatan.
tapi secara wajar pertahun tidak lebih dari 20.000KM. artinya sehari ni mobil jalan sekitar 50km.
Lebih dari itu ada beberapa kecurigaan:
1. Mobil rental
2. Mobil travel/taxi
3. Pemilik emang suka mbolang kesana kemari.
Klo agan beli panther sangat wajar jika ketemu dengan KM tinggi. karena biasanya mobil panter digunakan untuk bekerja. bukan untuk gaya2an saja. sehingga tidak jarang pemilik panter yang baru 3 tahun dipakek KM udah 100ribu. Coz iritnya g ketulungan, perawatan sangat murah, dan bener2 mau diajak jalan kemanapun agan suka. meskipun pnya kelemahan berupa mesin yang ribut kyk angin punting beliung sama body dan interior yang jadul.
Jadi inget pada sesuatu........

...........................

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Mon Jan 21, 2008 5:41
Re: bertanya soal kilometer pemakaian
eh satu lagi agan2 yang baek...bengkel yg rekomended daerah bandung utara atau barat apa ya? selain asco ama BERES di kiaracondong, mudah2an ada yang rekomended