Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7651
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
mungkin baca terbalik hrs nya (fake) oz registration vh-uva krn yg asli itu 1936 preserved fixed wing, percival d.3 gull-6
tim les kalo nanti punya pesawat national registration nya akan dimulai dgn 4w-aaa tapi skrg mrk blm ada. Masih sibuk cock-fight dgn us dollar kusut. Blm fikir apa itu cockpit
tim les kalo nanti punya pesawat national registration nya akan dimulai dgn 4w-aaa tapi skrg mrk blm ada. Masih sibuk cock-fight dgn us dollar kusut. Blm fikir apa itu cockpit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
boleh dishare dimari gak om foto helinya ?Nightster Guy wrote:Oot bentaran.. masih menyangkut aviation,, colek om rubblepedia/siapapun yg kompeten jawab....
ICAO country codes 'AVU' itu buat negara mana ya? Sy disuruh sewa heli ama bigboss, dapet prusahaan carter lokal sini, di brosurnya ada foto heli registrasi AVU-HV. Ubek2 gugling2 ngga nemu kode AVU. Apa untuk Timor Leste tp blom dilisting ya hehe..
Thx
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Yang ini: http://airlinecodes.info/airline-code-avuNightster Guy wrote:Oot bentaran.. masih menyangkut aviation,, colek om rubblepedia/siapapun yg kompeten jawab....
ICAO country codes 'AVU' itu buat negara mana ya? Sy disuruh sewa heli ama bigboss, dapet prusahaan carter lokal sini, di brosurnya ada foto heli registrasi AVU-HV. Ubek2 gugling2 ngga nemu kode AVU. Apa untuk Timor Leste tp blom dilisting ya hehe..
Thx
Atau yg ini: http://airlinecodes.info/airline-code-tra
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Nah spertinya jawaban (yg tdk sy duga) ini yg msuk akal, somehow nyetak foto di brosurnya terbalik/mirroring. VH-UVA jd AVU-HV dan kbetulan huruf2 yg terlibat adalah huruf yg bisa dimirror tnpa berubah ujud hahaha... thank you om..newrubble wrote:mungkin baca terbalik hrs nya (fake) oz registration vh-uva krn yg asli itu 1936 preserved fixed wing, percival d.3 gull-6
tim les kalo nanti punya pesawat national registration nya akan dimulai dgn 4w-aaa tapi skrg mrk blm ada. Masih sibuk cock-fight dgn us dollar kusut. Blm fikir apa itu cockpit
Case closed. VH for australian. Make sense sekali, di sini hal yg aneh2 kl ngga dr ostrali ya dr portugal.
Operatornya united aero helicopters kerjasama ama prusahaan lokal sini.
----------
Om haristk.. foto by email ke mana? Mo aplod sini ditolak file kegedean, ribet mo resizing.

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
check PM om, tapi udah keburu case closed ya hehehe 

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ya, saya tau CB bukan tembok.Turboman wrote:Hmmm.........ada baiknya kita nggak ngikut tulisan / istilah media yg mana mrk bukan aviation expertadityabp wrote: Sori, apakah data blackbox bisa membuktikan kalo pesawat tidak menabrak awan Cb?
CB itu bukan tembok
Di radar cuaca pesawat hanya ada indikasi hijau - kuning - merah.......nah pilot semua sudah tahu harus hindari zona merah
Tapi kadang perubahan cuaca sulit diduga.......
Kombinasi FDR dan CVR lah nanti yg dapat menyimpulkan apa yg terjadi sebenarnya
CMIIW
Anyway, info dari CVR tidak akan cukup jika percakapan pilot dgn kopilot dgn ATC normal. Atau pilot/kopilot tdk sempat ngomong apa2x ketika pesawat tiba2x dlm kondisi kritis.
FDR, setau saya, cuma berisi data parameter2x pesawat. FDR bisa menunjukan jika pesawat tiba2x anjlok krn misalnya engine failure. Tapi apakah FDR bisa menjawab kenapa engine failure?
CMIIW.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
CVR akan terus merekam sampai detik terakhiradityabp wrote:
Ya, saya tau CB bukan tembok.
Anyway, info dari CVR tidak akan cukup jika percakapan pilot dgn kopilot dgn ATC normal. Atau pilot/kopilot tdk sempat ngomong apa2x ketika pesawat tiba2x dlm kondisi kritis.
FDR, setau saya, cuma berisi data parameter2x pesawat. FDR bisa menunjukan jika pesawat tiba2x anjlok krn misalnya engine failure. Tapi apakah FDR bisa menjawab kenapa engine failure?
CMIIW.
Contoh rekaman CVR pesawat2 yg celaka jika mau dengar :
http://www.airdisaster.com/cvr/
http://www.airdisaster.com/cvr/cvrwav.shtml
Utk data apa saja yg direkam oleh FDR mungkin om haristk bisa menjelaskan ada parameter apa saja yg terekam, yg utama tentu parameter2 vital dan betul memang ke depannya harusnya FDR bisa merekam lebih banyak parameter lagi supaya memudahkan investigasi, harapannya akan terekam semua pergerakan data di flight instrumen serta data error messages & buzzers / alerts
kalau di A 380 ada sistem telemeteri ala F1, jadi airline operator di darat bisa monitor kondisi pesawat secara real time :
menit ke 10
Nah mestinya ke depannya sistem telemetri bisa applicable utk pesawat type apa aja / buatan pabrikan mana aja
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
gimana perkembangannya?
teman teman ane sekarang bahasnya malah si Menteri Jonan...
teman teman ane sekarang bahasnya malah si Menteri Jonan...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
wah saya gak tau banyak apa yang direkam FDR....yang saya tahu..Utk data apa saja yg direkam oleh FDR mungkin om haristk bisa menjelaskan ada parameter apa saja yg terekam, yg utama tentu parameter2 vital dan betul memang ke depannya harusnya FDR bisa merekam lebih banyak parameter lagi supaya memudahkan investigasi, harapannya akan terekam semua pergerakan data di flight instrumen serta data error messages & buzzers / alerts
- Gerakan kemudi pesawat
- Kecepatan
- Ketinggian
- Pitch Roll

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
saya kutip dari http://www.tempo.co/read/news/2015/01/2 ... lahu-Akbar
"Jarang sekali pesawat komersial naik secepat itu. Biasanya naik 1.000 sampai 2.000 kaki per menit. Cara itu hanya bisa dilakukan pesawat jet tempur," ujar Jonan seperti ditulis oleh The Telegraph dengan mengutip AFP. Menteri Jonan menjelaskan hal itu saat rapat di Komisi Perhubungan di DPR, Selasa, 20 Januari 2015.
Detik-detik berikutnya, pesawat semakin melesat naik dengan kecepatan mencapai 11.100 kaki per menit. "Tiga belas detik setelahnya pesawat berada di ketinggian 36.700 kaki dan enam detik kemudian turun sebanyak 1.500 kaki," ujar Jonan.
Masih menurut CNN Indonesia , Jonan mengatakan, setelah itu pesawat turun 7.900 kaki, lalu menyentuh ketinggian 24.000 kaki dan akhirnya tak bisa terdeteksi lagi. "Jadi pesawat pada menit-menit terakhir naik dengan kecepatan di atas batas normal. Setelah itu setop. Itu data radar," ujarnya
kebayang didalam kabin seperti apa
serem..
dah makin jelas sekarang penyebab jatuhnya kesalahan dari apa ....
"Jarang sekali pesawat komersial naik secepat itu. Biasanya naik 1.000 sampai 2.000 kaki per menit. Cara itu hanya bisa dilakukan pesawat jet tempur," ujar Jonan seperti ditulis oleh The Telegraph dengan mengutip AFP. Menteri Jonan menjelaskan hal itu saat rapat di Komisi Perhubungan di DPR, Selasa, 20 Januari 2015.
Detik-detik berikutnya, pesawat semakin melesat naik dengan kecepatan mencapai 11.100 kaki per menit. "Tiga belas detik setelahnya pesawat berada di ketinggian 36.700 kaki dan enam detik kemudian turun sebanyak 1.500 kaki," ujar Jonan.
Masih menurut CNN Indonesia , Jonan mengatakan, setelah itu pesawat turun 7.900 kaki, lalu menyentuh ketinggian 24.000 kaki dan akhirnya tak bisa terdeteksi lagi. "Jadi pesawat pada menit-menit terakhir naik dengan kecepatan di atas batas normal. Setelah itu setop. Itu data radar," ujarnya
kebayang didalam kabin seperti apa
serem..
dah makin jelas sekarang penyebab jatuhnya kesalahan dari apa ....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 06, 2014 6:11
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Kok pak mentri bisa tau ? Kan belum ada hasil laporan dr KNKT? Padahal laporan awal dari KNKT baru rilis minggu dpn http://nasional.kompas.com/read/2015/01 ... sia.QZ8501
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Lumayan ramai di dialog interaktif di radio Suara Surabaya hari senin kemarin (tgl 19 jan 2015)
Ditutup mendadak saat itu juga gegara runaway baru ketauan ternyata berlubang parah
Runway Bandara Juanda Bopeng-bopeng


Ditutup mendadak saat itu juga gegara runaway baru ketauan ternyata berlubang parah
Runway Bandara Juanda Bopeng-bopeng
Pilot Kalang Kabut Gara-gara Bandara Juanda DitutupSIDOARJO - Pengelola Bandara Internasional Juanda, PT Angkasa Pura (AP) I Juanda, harus lebih profesional menunaikan tugasnya. Bandara terbesar dengan jumlah lalu lintas terbanyak kedua di Indonesia itu ternyata memiliki kualitas landasan pacu (runway) yang buruk sehingga membahayakan penerbangan.
Yang lebih memprihatinkan, hal tersebut baru diketahui pada saat penerbangan sedang padat kemarin siang (19/1), sekitar pukul 11.00 WIB. Hal itu pun diketahui pihak AP setelah ada keluhan dari para pilot maskapai penerbangan yang merasa permukaan landasan pacu bergeronjal (bergelombang).
Karena menilainya membahayakan penerbangan, pihak AP menerbitkan notice to airmen (notam) untuk menutup operasi Bandara Juanda mulai pukul 11.00 hingga 15.00 yang kemudian diperpanjang sampai 15.30
Bandara Juanda Ditutup, Keberangkatan Penumpang TertundaJakarta - Bandara Internasional Juanda ditutup selama 4 jam, mulai pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB. Ada pesawat yang terpaksa kembali ke bandara awal, ada yang mendarat di bandara terdekat.
"Kocar-kacir. Banyak teman pilot yang bingung, kalang kabut," kata salah satu pilot, Dwi Harso Shah, kepada detikcom melalui telepon, Senin (19/1/2015).
Dwi menerbangkan pesawat dari Lombok ke Surabaya. Seharusnya, ia landing di Juanda pada pukul 11.30 WIB, tapi karena Juanda ditutup, maka ia terpaksa mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali.
"Penumpang sudah resah. Kami yang kena (dampaknya)," jelas Dwi.


si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
ooh...runwaynya bolong......lagi ?
yah itulah yang saya sesalkan, KNKT aja belom ngomong, dia udah ngomong duluan...pada hal ini yang paling berhak memberikan pernyataan hanyalah KNKT (resmi)..Kok pak mentri bisa tau ? Kan belum ada hasil laporan dr KNKT? Padahal laporan awal dari KNKT baru rilis minggu dpn
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
http://regional.kompas.com/read/2015/01 ... aign=Kknwp
pesawat tersambar petir bukannya aturan aman ya?
pesawat tersambar petir bukannya aturan aman ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
tiap hari pesawat pasti ada yang kesambar petir kok..lucu banget begini bisa masuk berita haha..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Gila ya runway ada bolong2 gitu........kalo pas pesawat mau rotate di 260 - 275 kpj trus ban hajar bolongan.........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
kalo shock breaker pesawatnya pake hotbits aman gak om?Turboman wrote:Gila ya runway ada bolong2 gitu........kalo pas pesawat mau rotate di 260 - 275 kpj trus ban hajar bolongan.........
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
kl trek nya cuman lurus doank apalagi cuman jalan beberapa km doank trus berenti, pake kayaba jg ud ckup koq om...maskopat wrote:kalo shock breaker pesawatnya pake hotbits aman gak om?Turboman wrote:Gila ya runway ada bolong2 gitu........kalo pas pesawat mau rotate di 260 - 275 kpj trus ban hajar bolongan.........
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
ini kan trek lurus tapi bolong2... sapa tahu pilotnya perlu manuver...DOHC wrote:kl trek nya cuman lurus doank apalagi cuman jalan beberapa km doank trus berenti, pake kayaba jg ud ckup koq om...maskopat wrote:kalo shock breaker pesawatnya pake hotbits aman gak om?Turboman wrote:Gila ya runway ada bolong2 gitu........kalo pas pesawat mau rotate di 260 - 275 kpj trus ban hajar bolongan.........
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
waduhh Qantas Flight 32, Air Crash Investigation favorit ane.... uwkwkk...Turboman wrote:
kalau di A 380 ada sistem telemeteri ala F1, jadi airline operator di darat bisa monitor kondisi pesawat secara real time :
menit ke 10
Nah mestinya ke depannya sistem telemetri bisa applicable utk pesawat type apa aja / buatan pabrikan mana aja
beneran cakep ni crew nya troubleshoot semua masalah yang terjadi step by step.... walaupun ane sama sekali awam soal penerbangan dan nggak tau tu pesawat diapain aja saking sistemnya banyak banget....
kebetulan belakangan lagi doyan nontonin video Air Crash Investigation....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
yg songgong tuh yg pan am ama KLM mods piyiks chz.... ngerasa diri nya superior, kepinteran tuh pilot... malah jd bencana buat smua orang... oh my..ChZ wrote:
waduhh Qantas Flight 32, Air Crash Investigation favorit ane.... uwkwkk...
beneran cakep ni crew nya troubleshoot semua masalah yang terjadi step by step.... walaupun ane sama sekali awam soal penerbangan dan nggak tau tu pesawat diapain aja saking sistemnya banyak banget....
kebetulan belakangan lagi doyan nontonin video Air Crash Investigation....


numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Pan Am ama KLM yang tubrukan itu ya?DOHC wrote:
yg songgong tuh yg pan am ama KLM mods piyiks chz.... ngerasa diri nya superior, kepinteran tuh pilot... malah jd bencana buat smua orang... oh my..![]()

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ada link YouTube nya? Bagi dongChZ wrote:Pan Am ama KLM yang tubrukan itu ya?DOHC wrote:
yg songgong tuh yg pan am ama KLM mods piyiks chz.... ngerasa diri nya superior, kepinteran tuh pilot... malah jd bencana buat smua orang... oh my..![]()
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
artoodetoo wrote:
Ada link YouTube nya? Bagi dong
ane belom liat sih yang ini oom... cuma emang mengerikan sekali liatnya 2 JumboJet crash....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
dia nggak songong, tapi stress dan tertekan, si crew KLM..
- dia stress dan tertekan karena delay yang berkepanjangan dan takut lewat "crew duty hours limit"
- cuaca memburuk bikin stress juga
- sebelumnya beliau lama gak terbang, sebelumnya hanya di simulator saja jadi instruktur, begitu masuk real life jadi "kagok"
- CRM breakdown di kokpit KLM (ntah jaman dulu udah diterapin atau belom itu CRM)
sedangkan kesalahan yang dilakukan crew PanAm
- exit yang diinstruksikan taxiway N3 bablas
- dia stress dan tertekan karena delay yang berkepanjangan dan takut lewat "crew duty hours limit"
- cuaca memburuk bikin stress juga
- sebelumnya beliau lama gak terbang, sebelumnya hanya di simulator saja jadi instruktur, begitu masuk real life jadi "kagok"
- CRM breakdown di kokpit KLM (ntah jaman dulu udah diterapin atau belom itu CRM)
sedangkan kesalahan yang dilakukan crew PanAm
- exit yang diinstruksikan taxiway N3 bablas
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"