Sisi gelap industri otomotif

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

as subject

Yuk mari kita bahas sisi gelap industri otomotif dalam melenggangkan dagangannya

http://www.lovearth.net/gmdeliberatelydestroyed.htm

http://www.commondreams.org/views/2008/ ... t-murdered

http://www.culturechange.org/issue10/ta ... a-ride.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/General_Mo ... conspiracy

http://environment.about.com/od/fossilf ... etcars.htm

http://blogging.la/2007/03/09/top-la-le ... treetcars/

Yg disebut memang hanya 1 nama perusahaan........tapi apakah yg lain tidak berbuat hal yg sama dengan modus yg berbeda ?

Setiap Pemerintahan suatu negara harus menunjukkan supremasi-nya dalam hal mobilitas penduduk, jangan sampai "disetir" oleh industri tertentu.......

Saya pribadi angkat jempol dgn Singapura yang berani "mencekik" proses kepemilikan mobil dgn harga jual selangit + COE......juga Beijing yg membatasi quota plat nomor mobil baru..........dan pembangunan MRT di 2 kota tsb sangat "gila2-an"

Kita welcome dgn insvestasi di sektor otomotif tetapi para pelaku bisnis otomotif juga HARUS tunduk dgn regulasi pemerintah jika Pemerintah mengedepankan pembangunan transportasi massal & mempersulit kepemilikan mobil

IMO

Gambar :
Image

Trem trem masa lampau di California yg "dibuang" atas tekanan "pihak tertentu"
* Bukan ajakan Beli *
Gl4cier
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Jun 24, 2011 15:20

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Gl4cier »

Kelakuan pemerintah indo kepada pelaku bisnis otomotif di indo: netapin aturan ppnbm yg bensin max 3.0 n diesel 2.5 (nga semua mesin cc gede boros n ur people deserve to enjoy cbu kalo emank cbu yg bisa offer more), aturan inikan terlalu menguntungkan si itu tuh :mky_03: lcgc nya pun di approve :mky_03: nga ada aturan dari gov untuk tingkat standar keselamatan driver n passenger biar ngak ganggu jualan n keuntungan si itu :mky_03:

di luar negeri semua produsen otomotif dibikin suffer ama gov nya karena standardnya dari tiap taon makin setinggi langit, rakyat yg enjoy dapet their money worth spent for.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by djia »

Misal pemerintah dengan ajaipnya dpt menyediakan public transport yg memadai & dpt membatasi peredaran mobil n motor baru dlm negeri, kira2 solusi utk pihak pabrikannya sndiri gimana?

Pendapat sotoy saya mereka (pabrikam otomotif) ada yg sewa lahan sampai hampir setengah abad. Artinya proyeksi mereka dapat terus mencetak barang baru sesuai kapasitas produksi minimal selama masa kontrak. Kalo penjualan dibatasi trus mau dikemanaken?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

djia wrote:Misal pemerintah dengan ajaipnya dpt menyediakan public transport yg memadai & dpt membatasi peredaran mobil n motor baru dlm negeri, kira2 solusi utk pihak pabrikannya sndiri gimana?

Pendapat sotoy saya mereka (pabrikam otomotif) ada yg sewa lahan sampai hampir setengah abad. Artinya proyeksi mereka dapat terus mencetak barang baru sesuai kapasitas produksi minimal selama masa kontrak. Kalo penjualan dibatasi trus mau dikemanaken?
kendaraan bagaimanapun tetap dibutuhkan, utk kota2 kecil / desa yg gak ada transportasi massal

sedang utk kota besar, mobilitas idealnya sudah diarahkan dgn transportasi massal, mobil hanya utk "Back up" saja

Jadi memang utk Indonesia mestinya yg cocok diproduksi adalah kendaraan2 utk dipakai di daerah / pedesaan, spt Minibus / pik ap kecil 4X4........SUV dgn GC tinggi & 4X4
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

Ini Pemerintah yg gak bisa disetir produsen mobil

http://english.cntv.cn/program/china24/ ... 1865.shtml

China's 8 more cities consider car restrictions

As a way to reduce air pollution and ease urban congestion, more Chinese cities are considering limiting the purchase of motor vehicles, including Tianjin and Chongqing. This would bring the number of cities implementing such policy up from three to 11.

According to China Association of Automobile Manufacturers, the eight potential cities all have fast motor vehicle growth. They include two municipalities and four provincial capitals. Along with Beijing, Shanghai and Guangzhou, which already have in place car purchase restrictions, there would be 11 cities in all implementing the policy.

:big_exellent: :big_exellent:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

Trend yg berkembang di negara maju :

http://www.automology.com/2013/11/de-mo ... on_18.html

The Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) has published a market research conducted between 2008 and 2010 concerning youth interest in cars, in industrial countries - they are the future group of customers geared with purchasing power to buy cars. University students in Japan have been ‘losing interest’ in cars; in Germany, the same age group has less interest in premium car brands and, very likely, this trend will continue on.


http://tipsmodem.blogspot.de/2012/07/ge ... mobil.html

Gen-Y Lebih suka "Gadget" daripada Mobil
tipe generasi apakah anda, jika generasi y maka anda tidak suka mobil dan lebih tertarik pada gadget
Presiden Direktur Toyota, Akio Toyoda tahun lalu mengungkapkan rasa khawatirnya karena keinginan anak muda memiliki mobil di Jepang terus menurun. Situasi serupa, juga dilakukan oleh Generasi Y di Amerika Serikat (AS) yang lahir di era 1980-1990-an, saat teknologi (komputer, ponsel dan gadget elektronik lain) berkembang pesat. Perilaku mereka sangat tergantung pada perangkat teknologi tersebut dan informasi yang diperoleh secara digital.Generasi -Y Lebih suka "Gadget" daripada Mobil

Tony Dudzik, analis senior dari Frontier Group di Kalifornia mengatakan, perilaku tersebut terus dianut oleh anak muda sekarang yang berfikir, menyetir mobil adalah aktivitas yang kurang penting.

"Pada generasi kami, punya SIM atau mobil pertama, menjadi indikasi seseorang sudah dewasa. Generasi muda sekarang, justru berfikir bagaimana mendapatkan ponsel pertama," komentar Tony yang dikutip Autonews (2/7/2012).
* Bukan ajakan Beli *
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by bangrosi »

sisi gelap pajak otomotif.sampai saat ini kasus pajak produsen otomotif terbesar diindonesia msh blm jelas.kalo perusahaan ini terganggu maka akan berdampak pada 1400 perusahaan yg lain,apa ini bukti pemerintahan kita takut pada produsen otomotif.

http://investigasi.tempo.co/toyota/
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by kunaskun »

sama kaya pabrik rokok. implikasi dan imbas domino effect-nya luas sekali. apalagi mobil itu bicara supplier parts segitu banyaknya belum faktor ga kena langsung.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by djia »

Turboman wrote:Trend yg berkembang di negara maju :

http://www.automology.com/2013/11/de-mo ... on_18.html

The Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) has published a market research conducted between 2008 and 2010 concerning youth interest in cars, in industrial countries - they are the future group of customers geared with purchasing power to buy cars. University students in Japan have been ‘losing interest’ in cars; in Germany, the same age group has less interest in premium car brands and, very likely, this trend will continue on.


http://tipsmodem.blogspot.de/2012/07/ge ... mobil.html

Gen-Y Lebih suka "Gadget" daripada Mobil
tipe generasi apakah anda, jika generasi y maka anda tidak suka mobil dan lebih tertarik pada gadget
Presiden Direktur Toyota, Akio Toyoda tahun lalu mengungkapkan rasa khawatirnya karena keinginan anak muda memiliki mobil di Jepang terus menurun. Situasi serupa, juga dilakukan oleh Generasi Y di Amerika Serikat (AS) yang lahir di era 1980-1990-an, saat teknologi (komputer, ponsel dan gadget elektronik lain) berkembang pesat. Perilaku mereka sangat tergantung pada perangkat teknologi tersebut dan informasi yang diperoleh secara digital.Generasi -Y Lebih suka "Gadget" daripada Mobil

Tony Dudzik, analis senior dari Frontier Group di Kalifornia mengatakan, perilaku tersebut terus dianut oleh anak muda sekarang yang berfikir, menyetir mobil adalah aktivitas yang kurang penting.

"Pada generasi kami, punya SIM atau mobil pertama, menjadi indikasi seseorang sudah dewasa. Generasi muda sekarang, justru berfikir bagaimana mendapatkan ponsel pertama," komentar Tony yang dikutip Autonews (2/7/2012).
IMO, di negara maju infrastruktur transportasi massal dan pedestrian sangat baik, dan pembatasan penggunaan mobil pribadi juga mungkin cukup efektif. Akhirnya kendaraan pribadi bukan lagi kebutuhan primer yg diperlukan harian bagi sebagian besar orang.
Di satu sisi, infrastruktur IT juga sangat baik, dan sangat efektif untuk mendukung efisiensi kinerja dan aktivitas harian warganya.

Jika bisa making money n belanja n menjalankan hobi without leaving home, bisa bepergian dengan nyaman menggunakan transportasi massal yg baik, bisa jalan kaki dengan nyaman dan aman, maka memiliki kendaraan pribadi rasanya bukan hal yang penting2 banget.

Di sini, memiliki kendaraan pribadi (mobil / motor) rasanya dah jadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Apalagi tren making money without leaving home masih sangat rendah (saya sangat bersyukur jadi salah satunya).
bisti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by bisti »

bagi saya yg sotoy ini...punya mobil cita2 dr kecil..nikmatnya mengendarai mobil gk bisa dituker uang cash trus disuruh naik angkot..krn suka sy ke otomotif inilah yg mbuat sy sering berkunjung ke forum ini..kl mobil mau dibatasi jgn nanggung harga dinaikin dst..gk adil yg kaya sama yg gk punya..mending total car free..kaya miskin naik angkot..
cuma uneg2 sy
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by fasc »

itu di luar sono, dikasi border macem2..
disini, apm malah dikasih bonus bebas ppnbm
negera rugi berkali-kali, pajak ndak masuk, subsidi bengkak, dapet polusi, macet

car maker's heaven country
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by walid_007 »

Hahaha.. semua pabrik pasti punya sisi gelap...

Menurut saya itu sah sah saja.. jgn ribut2 lah.. siapa yg mau kasih makan ratusan ribu pegawai dari karawang sampe satpam di diler? Kalo ente bisa bayarin silahkan bacot keras2 disini..
engine roaring!
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by walid_007 »

Tampa kita sadari orang asian bersifat konsumtif... itu faktanya dan emang terjadi... beda bgt sama orang western yang hidup nya sederhana tampa banyak gimick


Pengamatan dilakukan terhadap sample wanita ....

Pengamatan sederhana terhadap cara berpakaian ... tingkat menor di segmen yang sama
engine roaring!
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by djia »

ada ga negara role model (dan sekaligus memiliki manufaktur otomotif) yang mendekati ideal untuk pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi?
di negara itu, output industri otomotif biasanya dijual ke mana?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by DOHC »

org western hidup sederhana ?? evidence nya drmana tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by POS VETT »

DOHC wrote:org western hidup sederhana ?? evidence nya drmana tuh...
Nadanya dia sarcastic, gak kesampaian lewat ASCII ;)
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

walid_007 wrote:Hahaha.. semua pabrik pasti punya sisi gelap...

Menurut saya itu sah sah saja.. jgn ribut2 lah.. siapa yg mau kasih makan ratusan ribu pegawai dari karawang sampe satpam di diler? Kalo ente bisa bayarin silahkan bacot keras2 disini..
Oooo......Kayaknya situ merasa terancam ya jika ada policy ala 8 kota di Cungkuo di Indonesia ?

Jauh sebelum Trit ini dimulai, Pemda Bali udah wacana mau moratorium penjualan mobil baru sejak 2013 tuh.......tapi gak tahu jadi / nggak-nya

Tapi Gak usah parno boss, di Indonesia masih banyak desa / daerah butuh mobil

Lagian skg Pemerintah banyak program swasembada pertanian / perikanan dan industri, scr teoritis ke depannya lapangan kerja semakin bertambah luas

Dengan menguatnya sektor pertanian / perikanan / industri perkebunan rakyat (sayur / buah) maka tentu sangat dibutuhkan pick up kecil yg punya kemampuan All Terrain aka high GC dan 4X4......ini celah yg masih terbuka lebar
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Turboman »

bisti wrote:bagi saya yg sotoy ini...punya mobil cita2 dr kecil..nikmatnya mengendarai mobil gk bisa dituker uang cash trus disuruh naik angkot..krn suka sy ke otomotif inilah yg mbuat sy sering berkunjung ke forum ini..kl mobil mau dibatasi jgn nanggung harga dinaikin dst..gk adil yg kaya sama yg gk punya..mending total car free..kaya miskin naik angkot..
cuma uneg2 sy
Yep

Kayak Hamburg planning 20 tahun lagi bakal jadi kota bebas mobil, segala lapisan mau gak mau harus naik public transport / sepeda / segway dan semacamnya (kecuali keluar kota ya bisa pake mobil pribadi)

Mungkin nanti "adu gengsi" nya di sepeda / Segway yg high end dll

Di Jkt aja kalo CFD suka ada kok yg pake sepeda yg harga totalnya di atas 50 jt.....bahkan yg harga 100 jt lebih
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by ecco »

calon trit panas...ambil kursi, siapin kopi :)
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by Nightster Guy »

walid_007 wrote:Hahaha.. semua pabrik pasti punya sisi gelap...

Menurut saya itu sah sah saja.. jgn ribut2 lah.. siapa yg mau kasih makan ratusan ribu pegawai dari karawang sampe satpam di diler? Kalo ente bisa bayarin silahkan bacot keras2 disini..
Santay la om ...

Itu kalimat trakir, sy pribadi kok ngga liat ya urgensi timing dan esensinya utk dilontarkan, bersangkutan dgn topik ini.
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:
walid_007 wrote:Hahaha.. semua pabrik pasti punya sisi gelap...

Menurut saya itu sah sah saja.. jgn ribut2 lah.. siapa yg mau kasih makan ratusan ribu pegawai dari karawang sampe satpam di diler? Kalo ente bisa bayarin silahkan bacot keras2 disini..
Santay la om ...

Itu kalimat trakir, sy pribadi kok ngga liat ya urgensi timing dan esensinya utk dilontarkan, bersangkutan dgn topik ini.
Kayak ngga pernah tau aja postingan om Walid kayak gimana, oom..

Gw aja ngetik ini sambil ngakak LoL...

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by madcat015 »

Hmmm... sisi gelap industri otomotif...

Welp, kl mw dikorek dan diobok sampe dalam, otomotif beserta industri pendukungnya adalah salah satu industri paling "gelap" yg pernah ane jabanin di luar perbankan.

Ane setuju, dibutuhkan komitmen dan keberanian plus otak encer pemerintah untuk lepas dari jeratan prinsipal di Jepun sono. Jujur, Indonesia bagi ane tidak lebih dari cash cow negara matahari terbit. Kita yg kerja bikin mobil, kita yg beli, kita yg kridit, kita yg menanggung traffic jam, kita yg menyubsidi bbm dari pajak yg kita bayarkan, dst dst dst. Sorta circling the 7th layer of hell...

Dudulnya, pemerintah kita cukup dibekap dengan berbagai macam gratifikasi utk meloloskan kemauan prinsipal. Bagi ane, pertengahan 2013 adalah puncak kekecewaan ane terhadap industri ini saat LCGC di gol kan.

Mengutip post seorang rekan di marih: IJEPA adalah trofi kemenangan ATPM thdp IU, LCGC adalah trofi kemenangan ATPM thdp diler mobkas. What a purrfect victory...

Bagaimanapun, melihat begitu banyaknya sektor yg tergantung thdp industri ini secara langsung atau tidak langsung, mmg harus dicari win win solution. Pertimbangan beban kemacetan, subsidi energi, dll harus bisa jadi pemberat thdp tenaga kerja, pemasukan negara, dll dari sektor otomotif.

Pemerintah kita lah yg bs menyetir arah perkembangan sektor otomotif. Skr mah uda kayak KA yg rem nya blong. Sektor otomotif melesat jauh tanpa bs di hentikan meninggalkan beban sosial begitu besar yg bahkan harus ditanggung oleh sebagian rakyat yg ga berhubungan blas dgn sektor ini.

Just my two whiskers... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by maskopat »

di negeri ini, yang gak salah aja bisa salah... lengkap dengan beratus2 bukti dan saksi.... :big_weee:

yang salah dibiarin aja..... :big_biglaugh:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by DOHC »

madcat015 wrote:Hmmm... sisi gelap industri otomotif...

Welp, kl mw dikorek dan diobok sampe dalam, otomotif beserta industri pendukungnya adalah salah satu industri paling "gelap" yg pernah ane jabanin di luar perbankan.

Ane setuju, dibutuhkan komitmen dan keberanian plus otak encer pemerintah untuk lepas dari jeratan prinsipal di Jepun sono. Jujur, Indonesia bagi ane tidak lebih dari cash cow negara matahari terbit. Kita yg kerja bikin mobil, kita yg beli, kita yg kridit, kita yg menanggung traffic jam, kita yg menyubsidi bbm dari pajak yg kita bayarkan, dst dst dst. Sorta circling the 7th layer of hell...

Dudulnya, pemerintah kita cukup dibekap dengan berbagai macam gratifikasi utk meloloskan kemauan prinsipal. Bagi ane, pertengahan 2013 adalah puncak kekecewaan ane terhadap industri ini saat LCGC di gol kan.

Mengutip post seorang rekan di marih: IJEPA adalah trofi kemenangan ATPM thdp IU, LCGC adalah trofi kemenangan ATPM thdp diler mobkas. What a purrfect victory...

Bagaimanapun, melihat begitu banyaknya sektor yg tergantung thdp industri ini secara langsung atau tidak langsung, mmg harus dicari win win solution. Pertimbangan beban kemacetan, subsidi energi, dll harus bisa jadi pemberat thdp tenaga kerja, pemasukan negara, dll dari sektor otomotif.

Pemerintah kita lah yg bs menyetir arah perkembangan sektor otomotif. Skr mah uda kayak KA yg rem nya blong. Sektor otomotif melesat jauh tanpa bs di hentikan meninggalkan beban sosial begitu besar yg bahkan harus ditanggung oleh sebagian rakyat yg ga berhubungan blas dgn sektor ini.

Just my two whiskers... :ungg:
tenang mods whiskas...

dgn ngelepasin harga bbm subsidi ke pasaran ane yakin jg bakal ad efek nya koq.... apalagi kl bbm ud balik ke harga asal nya... dijamin berat tuh.... bahkan utk kelas Lcgc user skalipun...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Sisi gelap industri otomotif

Post by walid_007 »

Pernah tau grafik ekonomi yang naik turun yg menunjukan beban manusia (lupa apa namany?)

Kemudahan /kaya satu orang akan uang harus dibayarkan orang lain yg akan menjadi lebih ...(maaf)... jadi kalo ada 5 orang yg diatas. Maka 5 orang akan dibawah

Di indonesia sendiri hal itu terlalu keras.. jadi seperti ada bom... mudahnya ya lihat di jalan aja.. atau lihat skrg 1 org bisa punya 2 mobil .. atau yang lain semakin susah

Tp emang jalan nya ekonomi dari hal seperti itu.. jadi kalo ditarik garis lurus ( baca komunis ) ya mati ( seperti detak jantung yg mati , garis lurus)

Nah seprti tadi mr. Madcat katakan kita yang buat. Kita yang beli dan yg diuntungkan atpm jelas seprti hukum ekobomi tsbt

Artinya pra penjual mobkas akan semakin sulit.. tp dengan mudah nya atpm menhadi lebih kaya..

Sebenarnya tidak ada hubungan nya dengan pembeli mobil.. krn pembeli akan mendapat benefit dari mobil ( misal buat kerja)

Antar jepang dan indo jelas ada timbangan nya lagi
engine roaring!