SM Special: Liga LMPV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Tue Jun 25, 2013 6:38
Re: SM Special: Liga LMPV
saya sendiri blm baca buku garansinya jd gk bs komen, tp sdh d jwb om tuff tuh.
klo gnt oli tiap 15rb apa gk kelamaan? wkt itu salesnya nyaranin tiap 10rb gnt.
@om tuff apa semua spin kena recall tangki ya?
klo gnt oli tiap 15rb apa gk kelamaan? wkt itu salesnya nyaranin tiap 10rb gnt.
@om tuff apa semua spin kena recall tangki ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: SM Special: Liga LMPV
Gak kok, emang 15rb km.
Masalah recall ganti tangki yg kena tipe bensin nik2013 ke bawah, tapi harus confirmed nomor rangka dulu.
Masalah recall ganti tangki yg kena tipe bensin nik2013 ke bawah, tapi harus confirmed nomor rangka dulu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: SM Special: Liga LMPV
Setelah pake Veloz a/t bbrp hari n perjalanan keluar kota, saya mau berbagi pendapat subyektif singkat.
Kandidat yg saya bandingkan cuma Veloz a/t, Mobilio cvt (a/t), dan Ertiga a/t.
Grand Livina ndak saya ikutkan krn dah keder sama ripiu2 orang2 tentang problem reliabilitas n mahalnya servis n spare part. Lagian sudah ada trit lain ttg perbandingan antara Mobilio dan GL.
Spin ndak saya ikutkan krn cukup bikin keder bwt orang pedalaman sperti saya (terkait ketersediaan bengkel resmi, ass, spare part, n kemudahan jual kembali) meskipun teknologi paling advance.
Veloz a/t (1500cc, matic konvensional 4-speed, ban BS ring 15 velg alloy, plus ada tweeter) yg baru saya beli ternyata jauh di atas ekspektasi saya yg sebelumnya cuma pake Avanza E (1300cc, manual 5-speed, ban GT eco ring 14 velg kaleng, audio standard).
Veloz bantingan lebih lembut (kena lubang / jalan keriting cukup lembut mirip2 sama Ertiga n Mobilio), matic smooth meski ada lag antara gigi 1 ke 2 tpi sangat tdk mengganggu (entah nanti kalo udah km tinggi moga2 tetep smooth), suara mesin nyaris ga kedengar dlm kabin, tenaga besar, kualitas audio bawaan sangat baik apalagi dengan adanya tweeter meski bass level tertingginya bikin doortrim bergetar n bass jadi pecah.
Jelas peningkatan jauh bwt saya dibanding Avanza E 1300cc m/t yang bantingangnnya keras bahkan sejak hari pertama pakai (kena lubang bunyi jeduak), audio cupu, suara mesin keras cukup mengganggu dlm kabin, tenaga lebih rendah, n nyentak-nyentak parah bikin saya ga bisa tidur di bangku belakang. Kinerja AC veloz pun sama sekali ga mengganggu mesin dan ga kedengar suaranya, beda dengan yg 1300 di mana kalo AC on langsung bunyi jeduk kemudian berdengung panjang. Entah kalo avxen trim 1300cc a/t apakah lebih mendekati yg 1300 m/t ato ke 1500 a/t.
Tiba2 jadi muncul dugaan, jangan2 orang2 banyak yg menghina avxen itu krn impresi mereka terhadap trip avxen 1300cc dan mostly manual, dan mungkin sedikit dari mereka yg ngerasain trim 1500cc a/t. Krn saya tanya2 ke sales Toyota juga bilang yg banyak diambil itu trim 1300 m/t, jarang yg ambil 1500, dan jauh lebih jarang lagi ambil yg 1500 a/t.
Atau mungkin memang unit yg baru saya ambil ini ada improvement di adjustment sehingga berasa lebih baik. Entahlah.
Dibanding Ertiga n Mobilio, kekurangan utama veloz tinggal bodyroll krn kodrat dimensinya yg ramping-tinggi sehingga mudah goyang2, dan immobilizer yg krusial. Sisanya beda2 gimmick. Mungkin ada cara supaya bodyroll veloz bisa berkurang?
Untuk perjalanan jauh, ternyata yang paling nyaman n gak bikin pegel di antara ketiganya itu malah Mobilio CVT (sampe sekarang masih galau kalo liat mobilio cvt seliweran
). CVT yg smooth, tenaga yg besar, bantingan yg lembut, dan yang jelas bodyroll paling minim bikin perjalanan 8 jam nyaris ga berasa capek sama sekali. Kemarin coba bawa veloz a/t perjalanan sekitar 7 jam masih agak pegel di pundak. Kalo pake Ertiga mungkin level pegelnya sedikit di bawah Veloz krn bodyroll masih lebih minim daripada Veloz.
Imho, Ertiga jadi krisis sekarang. Kenyamanan utk perjalanan jauh masih kalah sama Mobilio, dan fungsi serbaguna masih kalah sama Veloz. Power (berdasar spek) dan tampilan eksterior (subyektif menurut saya) kalah sama 2-2nya. 1-1nya poin plus mutlaknya tinggal interior yg menawan dan fitur2 gimmick. Mungkin ini yang bikin rangking penjualan Ertiga langsung drop setelah Mobilio keluar. Apalagi brandnya mediocre dan less popular dibanding Toyota dan Honda. Mengutip kata2 teman, Suzuki itu sebenarnya produknya bagus2 tpi mereka ga bisa jualan
cemiuww
Kandidat yg saya bandingkan cuma Veloz a/t, Mobilio cvt (a/t), dan Ertiga a/t.
Grand Livina ndak saya ikutkan krn dah keder sama ripiu2 orang2 tentang problem reliabilitas n mahalnya servis n spare part. Lagian sudah ada trit lain ttg perbandingan antara Mobilio dan GL.
Spin ndak saya ikutkan krn cukup bikin keder bwt orang pedalaman sperti saya (terkait ketersediaan bengkel resmi, ass, spare part, n kemudahan jual kembali) meskipun teknologi paling advance.
Veloz a/t (1500cc, matic konvensional 4-speed, ban BS ring 15 velg alloy, plus ada tweeter) yg baru saya beli ternyata jauh di atas ekspektasi saya yg sebelumnya cuma pake Avanza E (1300cc, manual 5-speed, ban GT eco ring 14 velg kaleng, audio standard).
Veloz bantingan lebih lembut (kena lubang / jalan keriting cukup lembut mirip2 sama Ertiga n Mobilio), matic smooth meski ada lag antara gigi 1 ke 2 tpi sangat tdk mengganggu (entah nanti kalo udah km tinggi moga2 tetep smooth), suara mesin nyaris ga kedengar dlm kabin, tenaga besar, kualitas audio bawaan sangat baik apalagi dengan adanya tweeter meski bass level tertingginya bikin doortrim bergetar n bass jadi pecah.
Jelas peningkatan jauh bwt saya dibanding Avanza E 1300cc m/t yang bantingangnnya keras bahkan sejak hari pertama pakai (kena lubang bunyi jeduak), audio cupu, suara mesin keras cukup mengganggu dlm kabin, tenaga lebih rendah, n nyentak-nyentak parah bikin saya ga bisa tidur di bangku belakang. Kinerja AC veloz pun sama sekali ga mengganggu mesin dan ga kedengar suaranya, beda dengan yg 1300 di mana kalo AC on langsung bunyi jeduk kemudian berdengung panjang. Entah kalo avxen trim 1300cc a/t apakah lebih mendekati yg 1300 m/t ato ke 1500 a/t.
Tiba2 jadi muncul dugaan, jangan2 orang2 banyak yg menghina avxen itu krn impresi mereka terhadap trip avxen 1300cc dan mostly manual, dan mungkin sedikit dari mereka yg ngerasain trim 1500cc a/t. Krn saya tanya2 ke sales Toyota juga bilang yg banyak diambil itu trim 1300 m/t, jarang yg ambil 1500, dan jauh lebih jarang lagi ambil yg 1500 a/t.
Atau mungkin memang unit yg baru saya ambil ini ada improvement di adjustment sehingga berasa lebih baik. Entahlah.
Dibanding Ertiga n Mobilio, kekurangan utama veloz tinggal bodyroll krn kodrat dimensinya yg ramping-tinggi sehingga mudah goyang2, dan immobilizer yg krusial. Sisanya beda2 gimmick. Mungkin ada cara supaya bodyroll veloz bisa berkurang?

Untuk perjalanan jauh, ternyata yang paling nyaman n gak bikin pegel di antara ketiganya itu malah Mobilio CVT (sampe sekarang masih galau kalo liat mobilio cvt seliweran

Imho, Ertiga jadi krisis sekarang. Kenyamanan utk perjalanan jauh masih kalah sama Mobilio, dan fungsi serbaguna masih kalah sama Veloz. Power (berdasar spek) dan tampilan eksterior (subyektif menurut saya) kalah sama 2-2nya. 1-1nya poin plus mutlaknya tinggal interior yg menawan dan fitur2 gimmick. Mungkin ini yang bikin rangking penjualan Ertiga langsung drop setelah Mobilio keluar. Apalagi brandnya mediocre dan less popular dibanding Toyota dan Honda. Mengutip kata2 teman, Suzuki itu sebenarnya produknya bagus2 tpi mereka ga bisa jualan

cemiuww
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: SM Special: Liga LMPV
Om djia..
fc veloz brp dalkot lukot dan kombinasi?premium?
fc veloz brp dalkot lukot dan kombinasi?premium?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: SM Special: Liga LMPV
Audio veloz ane rasa hancur lebur deh... Tweeter nya dominan bgt, banget bikin sakit kuping, jg mid speakernya yg berantakan suaranya... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: SM Special: Liga LMPV
Anda perlu ke dokter THT sepertinyaamfibi wrote:Audio veloz ane rasa hancur lebur deh... Tweeter nya dominan bgt, banget bikin sakit kuping, jg mid speakernya yg berantakan suaranya...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: SM Special: Liga LMPV
Anda minta di warn 1001 kali nampaknya...ricz wrote:Anda perlu ke dokter THT sepertinyaamfibi wrote:Audio veloz ane rasa hancur lebur deh... Tweeter nya dominan bgt, banget bikin sakit kuping, jg mid speakernya yg berantakan suaranya...![]()
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: SM Special: Liga LMPV
Anda perlu modif telinga atau audionya avanzanyaamfibi wrote:Anda minta di warn 1001 kali nampaknya...ricz wrote:Anda perlu ke dokter THT sepertinyaamfibi wrote:Audio veloz ane rasa hancur lebur deh... Tweeter nya dominan bgt, banget bikin sakit kuping, jg mid speakernya yg berantakan suaranya...![]()
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk


Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: SM Special: Liga LMPV
pengukuran kmarin berdasar MID dptnya avg 12 - 13 km/l murni premium rute kombinasi tpi lebih banyak merayapnya. kyknya ga jauh beda sama av E m/t saya dulu.liep wrote:Om djia..
fc veloz brp dalkot lukot dan kombinasi?premium?
tpi belum tau riilnya full to full krn belum ngisi lagi. biasanya saya kepo ngukur fc mobil yg saya bawa full to full meski sudah tertera di MID

betul tweeternya cukup dominan, tpi di HU bawaan level treblenya bisa dikurangi kok. cuma level vocal (mid freq) ga bisa diadjust. adjustment cuma bass, treble, balance, sama fade.amfibi wrote:Audio veloz ane rasa hancur lebur deh... Tweeter nya dominan bgt, banget bikin sakit kuping, jg mid speakernya yg berantakan suaranya...
tpi menurut kuping saya sudah mendingan dari mobil2 lain yg sering ane pake: avanza 1.3 (E n G) tanpa tweeter, Mobilio E tanpa tweeter, n kmarin sempat bawa Ertiga GL temen tanpa tweeter juga masih mendingan veloz ini. Pernah bawa unit TD Ertiga GX dgn tweeter dan HU ori juga rasanya 11-12.
karena saya bukan penghobi audio jadi emang ga ada pikiran modif n cukup menikmati apa adanya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: SM Special: Liga LMPV
Wah jadi pingin TD veloz nih 
Bawa ke Surabaya dong veloz om djia

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A

Bawa ke Surabaya dong veloz om djia


Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: SM Special: Liga LMPV
Hehe..pelatnya masih merah putih nih omsandal wrote:Wah jadi pingin TD veloz nih
Bawa ke Surabaya dong veloz om djia![]()
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A

Tahun kmarin saya sering ke Surabaya bawa mobil nyetir sendiri. Tpi thn ini kyknya pengen naik kereta aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: SM Special: Liga LMPV
Nunggu kalo platnya udah hitamdjia wrote:Hehe..pelatnya masih merah putih nih omsandal wrote:Wah jadi pingin TD veloz nih
Bawa ke Surabaya dong veloz om djia![]()
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Tahun kmarin saya sering ke Surabaya bawa mobil nyetir sendiri. Tpi thn ini kyknya pengen naik kereta aja.

Naik kereta aja om, Malang ke Sby skrg katanya makin macet apalagi pas liburan (titik macetnya terkadang mulai dari Lawang sampe seterusnya)


Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: SM Special: Liga LMPV
ane di banyuwangi, om. bukan di malangsandal wrote:Nunggu kalo platnya udah hitamdjia wrote:Hehe..pelatnya masih merah putih nih omsandal wrote:Wah jadi pingin TD veloz nih
Bawa ke Surabaya dong veloz om djia![]()
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Tahun kmarin saya sering ke Surabaya bawa mobil nyetir sendiri. Tpi thn ini kyknya pengen naik kereta aja.
Naik kereta aja om, Malang ke Sby skrg katanya makin macet apalagi pas liburan (titik macetnya terkadang mulai dari Lawang sampe seterusnya)
![]()
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A

makanya lumayan capek berkendara 6-7 jam
ada temen yg ngajak ngembangin usahanya di surabaya. kalo harus intens ke sana mungkin saya beli sepeda motor aja bwt mobilitas di sana.
nanti kalo veloznya dah pelat hitam n kbtulan dibawa sby bisa lah ane kabari

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: SM Special: Liga LMPV
Oalah di Banyuwangidjia wrote:ane di banyuwangi, om. bukan di malangsandal wrote: Nunggu kalo platnya udah hitam
Naik kereta aja om, Malang ke Sby skrg katanya makin macet apalagi pas liburan (titik macetnya terkadang mulai dari Lawang sampe seterusnya)
![]()
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A![]()
makanya lumayan capek berkendara 6-7 jam
ada temen yg ngajak ngembangin usahanya di surabaya. kalo harus intens ke sana mungkin saya beli sepeda motor aja bwt mobilitas di sana.
nanti kalo veloznya dah pelat hitam n kbtulan dibawa sby bisa lah ane kabari




Pingin ke Paiton ama Taman Nasional Baluran

Oh ya, untuk TS, bagaimana nih ada liga LMPV part 2?


Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: SM Special: Liga LMPV
@ mods piyiks fibi : ente musti dengerin dulu audio GL gen awal ampe sblom ANGL... maka ente bsa blg kl audio apanja masi lebi manusiawi drpd dengerin suara speaker kertas koran...



numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: SM Special: Liga LMPV
segitu parahnya kah?DOHC wrote:@ mods piyiks fibi : ente musti dengerin dulu audio GL gen awal ampe sblom ANGL... maka ente bsa blg kl audio apanja masi lebi manusiawi drpd dengerin suara speaker kertas koran...![]()



always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: SM Special: Liga LMPV
Mungkin peredam ama kualitas audio, kalo GL gen awal (apalagi yg 1.5 XV) mah audionya sampahbatumakam wrote:segitu parahnya kah?DOHC wrote:@ mods piyiks fibi : ente musti dengerin dulu audio GL gen awal ampe sblom ANGL... maka ente bsa blg kl audio apanja masi lebi manusiawi drpd dengerin suara speaker kertas koran...![]()
untuk LMPV yg masih lumayan audionya ya tetep si ertiga, entah kenapa menurut ane suzuki kalo soal audio jauh lebih lumayan ketimbang merk lain untuk harga yg sama
Kalo veloz sih lumayan menurut ane,mendingan daripada avanza biasa


Kalo ertiga mah audionya pake panasonic, ga tahu kalo avanza pake panasonic juga

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: SM Special: Liga LMPV
@batu makam : ya, memang sgitu parah nya om... bass ga kedengeran, cempreng ga karuan.. magnit speaker yg kecil dan desain cone yg entah dari kertas apa itu... ditambah HU bawaan(clarion ) yg jg pelit fitur, cuman bass ama treble doank yahh makin generik lahh kualitas audio si GL ini... dan bener tuh kata om sandal, GL masi ketolong di peredaman yg tergolong ckup royal ngasi nya, di pelat daun pintu dikasi peredam yg agak solid dan di balik doortrim masi dikasi peredam lagi... makanya di GL bgitu upgrade speaker, berasa banget peningkatan kualitas audio nya.. .
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: SM Special: Liga LMPV
sandal wrote:Mungkin peredam ama kualitas audio, kalo GL gen awal (apalagi yg 1.5 XV) mah audionya sampahbatumakam wrote:segitu parahnya kah?DOHC wrote:@ mods piyiks fibi : ente musti dengerin dulu audio GL gen awal ampe sblom ANGL... maka ente bsa blg kl audio apanja masi lebi manusiawi drpd dengerin suara speaker kertas koran...![]()
untuk LMPV yg masih lumayan audionya ya tetep si ertiga, entah kenapa menurut ane suzuki kalo soal audio jauh lebih lumayan ketimbang merk lain untuk harga yg sama
Kalo veloz sih lumayan menurut ane,mendingan daripada avanza biasa
tapi peredamannya bagus lho
Kalo ertiga mah audionya pake panasonic, ga tahu kalo avanza pake panasonic juga
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
oh gitu yak, dulu sempat icip sih GL yg lawas, tapi udah gak perawan lagi di tangan temen gue oprek sana-sini jadi ane gak tau Kualitas audio yg asli heheheDOHC wrote:@batu makam : ya, memang sgitu parah nya om... bass ga kedengeran, cempreng ga karuan.. magnit speaker yg kecil dan desain cone yg entah dari kertas apa itu... ditambah HU bawaan(clarion ) yg jg pelit fitur, cuman bass ama treble doank yahh makin generik lahh kualitas audio si GL ini... dan bener tuh kata om sandal, GL masi ketolong di peredaman yg tergolong ckup royal ngasi nya, di pelat daun pintu dikasi peredam yg agak solid dan di balik doortrim masi dikasi peredam lagi... makanya di GL bgitu upgrade speaker, berasa banget peningkatan kualitas audio nya.. .


always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: SM Special: Liga LMPV
Kakak ane dulu pernah beli GL gen awal thn 2009. Ane bbrp kali pake, tpi udah lupa audionya sprti apa.
GL ini fenomenal. Mobil elegan eksterior interiornya, enak disetirnya, dulu thn2 2010 bawa ini bner2 keliatan org kaya krn saingannya cuma avxen pre-FL yg eksterior interior n dash nya polos, sdgkan dash GL keliatan dari luar mewah bnget.
Entah kenapa sekarang kok ga sbrapa laku.
GL ini fenomenal. Mobil elegan eksterior interiornya, enak disetirnya, dulu thn2 2010 bawa ini bner2 keliatan org kaya krn saingannya cuma avxen pre-FL yg eksterior interior n dash nya polos, sdgkan dash GL keliatan dari luar mewah bnget.
Entah kenapa sekarang kok ga sbrapa laku.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: SM Special: Liga LMPV
Mobilio ya.. Interiornya emg apa adanya bgt dan jok rada tipis.djia wrote:Setelah pake Veloz a/t bbrp hari n perjalanan keluar kota, saya mau berbagi pendapat subyektif singkat.
Kandidat yg saya bandingkan cuma Veloz a/t, Mobilio cvt (a/t), dan Ertiga a/t.
Grand Livina ndak saya ikutkan krn dah keder sama ripiu2 orang2 tentang problem reliabilitas n mahalnya servis n spare part. Lagian sudah ada trit lain ttg perbandingan antara Mobilio dan GL.
Spin ndak saya ikutkan krn cukup bikin keder bwt orang pedalaman sperti saya (terkait ketersediaan bengkel resmi, ass, spare part, n kemudahan jual kembali) meskipun teknologi paling advance.
Veloz a/t (1500cc, matic konvensional 4-speed, ban BS ring 15 velg alloy, plus ada tweeter) yg baru saya beli ternyata jauh di atas ekspektasi saya yg sebelumnya cuma pake Avanza E (1300cc, manual 5-speed, ban GT eco ring 14 velg kaleng, audio standard).
Veloz bantingan lebih lembut (kena lubang / jalan keriting cukup lembut mirip2 sama Ertiga n Mobilio), matic smooth meski ada lag antara gigi 1 ke 2 tpi sangat tdk mengganggu (entah nanti kalo udah km tinggi moga2 tetep smooth), suara mesin nyaris ga kedengar dlm kabin, tenaga besar, kualitas audio bawaan sangat baik apalagi dengan adanya tweeter meski bass level tertingginya bikin doortrim bergetar n bass jadi pecah.
Jelas peningkatan jauh bwt saya dibanding Avanza E 1300cc m/t yang bantingangnnya keras bahkan sejak hari pertama pakai (kena lubang bunyi jeduak), audio cupu, suara mesin keras cukup mengganggu dlm kabin, tenaga lebih rendah, n nyentak-nyentak parah bikin saya ga bisa tidur di bangku belakang. Kinerja AC veloz pun sama sekali ga mengganggu mesin dan ga kedengar suaranya, beda dengan yg 1300 di mana kalo AC on langsung bunyi jeduk kemudian berdengung panjang. Entah kalo avxen trim 1300cc a/t apakah lebih mendekati yg 1300 m/t ato ke 1500 a/t.
Tiba2 jadi muncul dugaan, jangan2 orang2 banyak yg menghina avxen itu krn impresi mereka terhadap trip avxen 1300cc dan mostly manual, dan mungkin sedikit dari mereka yg ngerasain trim 1500cc a/t. Krn saya tanya2 ke sales Toyota juga bilang yg banyak diambil itu trim 1300 m/t, jarang yg ambil 1500, dan jauh lebih jarang lagi ambil yg 1500 a/t.
Atau mungkin memang unit yg baru saya ambil ini ada improvement di adjustment sehingga berasa lebih baik. Entahlah.
Dibanding Ertiga n Mobilio, kekurangan utama veloz tinggal bodyroll krn kodrat dimensinya yg ramping-tinggi sehingga mudah goyang2, dan immobilizer yg krusial. Sisanya beda2 gimmick. Mungkin ada cara supaya bodyroll veloz bisa berkurang?![]()
Untuk perjalanan jauh, ternyata yang paling nyaman n gak bikin pegel di antara ketiganya itu malah Mobilio CVT (sampe sekarang masih galau kalo liat mobilio cvt seliweran). CVT yg smooth, tenaga yg besar, bantingan yg lembut, dan yang jelas bodyroll paling minim bikin perjalanan 8 jam nyaris ga berasa capek sama sekali. Kemarin coba bawa veloz a/t perjalanan sekitar 7 jam masih agak pegel di pundak. Kalo pake Ertiga mungkin level pegelnya sedikit di bawah Veloz krn bodyroll masih lebih minim daripada Veloz.
Imho, Ertiga jadi krisis sekarang. Kenyamanan utk perjalanan jauh masih kalah sama Mobilio, dan fungsi serbaguna masih kalah sama Veloz. Power (berdasar spek) dan tampilan eksterior (subyektif menurut saya) kalah sama 2-2nya. 1-1nya poin plus mutlaknya tinggal interior yg menawan dan fitur2 gimmick. Mungkin ini yang bikin rangking penjualan Ertiga langsung drop setelah Mobilio keluar. Apalagi brandnya mediocre dan less popular dibanding Toyota dan Honda. Mengutip kata2 teman, Suzuki itu sebenarnya produknya bagus2 tpi mereka ga bisa jualan![]()
cemiuww
Tapi Honda tau betul bagaimana membuat mobil yg nyaman dipakai dalam jangka waktu berjam-jam.
Cvt yg smooth dan gak ngeden + bodyroll lbh minim jd asik buat selap selip.
Klo ertiga memang jd gak jelas posisinya sejak mobilio keluar.
Nyaman, msh di bawah mobilio.. Reliability, gak usah ditanya bandelnya avanza gmn

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: SM Special: Liga LMPV
Ya ampuun segitunya tho GL lama... *glek* :ungg;DOHC wrote:@ mods piyiks fibi : ente musti dengerin dulu audio GL gen awal ampe sblom ANGL... maka ente bsa blg kl audio apanja masi lebi manusiawi drpd dengerin suara speaker kertas koran...![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: SM Special: Liga LMPV
1 lagi om: catnya mobilio setipis sutraSuryaputra wrote: Mobilio ya.. Interiornya emg apa adanya bgt dan jok rada tipis.
Tapi Honda tau betul bagaimana membuat mobil yg nyaman dipakai dalam jangka waktu berjam-jam

kmaren kesenggol motor dah tembus sampe dasaran bodi. minggu depan bakal ane kandangin di bodypaint honda kuta raya lagi dah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Mon Jan 19, 2015 2:53
Re: SM Special: Liga LMPV
Setuju banget sama inidjia wrote: Tiba2 jadi muncul dugaan, jangan2 orang2 banyak yg menghina avxen itu krn impresi mereka terhadap trip avxen 1300cc dan mostly manual, dan mungkin sedikit dari mereka yg ngerasain trim 1500cc a/t. Krn saya tanya2 ke sales Toyota juga bilang yg banyak diambil itu trim 1300 m/t, jarang yg ambil 1500, dan jauh lebih jarang lagi ambil yg 1500 a/t.
Atau mungkin memang unit yg baru saya ambil ini ada improvement di adjustment sehingga berasa lebih baik. Entahlah.
Gw udah pernah nyopirin veloz meski bukan perjalanan jauh jd gak bisa indepth banget
IMHO peningkatannya bagus daripada avania 1300cc, gw jg merasa lebih enak dan nyaman di veloz ini, berbagai hinaan yg kerap dialamatkan ke avania menurut gw gak terjadi lagi di veloz ini
cuman berhubung gw rada audio-freak, audio qualitynya IMHO msh jauh banget dari bagus

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37
Re: SM Special: Liga LMPV
emm.. penasaran ama diskusi disini
konon katanya veloz jd lebih baik jauh dari 1300 ya?
klo boleh tau veloz taun berapa yang dipakai?
saya perna pake veloz 2012 mt buat jkt bandung kok berasa berisik banget ya

posisi km 67rb klo ga salah, bbm premium
konon katanya veloz jd lebih baik jauh dari 1300 ya?
klo boleh tau veloz taun berapa yang dipakai?
saya perna pake veloz 2012 mt buat jkt bandung kok berasa berisik banget ya


posisi km 67rb klo ga salah, bbm premium