Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by amfibi »

DOHC wrote:wahh kl ipah 2.7 jgn salah mods... itu barang langka.. harga seken nya ga sejatuh ipah 2.0 showroom jg ga brani sembarangan nawar atau ngemplang harga ipah monster ini... d komplek ane d jkt, persis blakang rumah ane ad yg make nehh... unit taon 2005 awal... odo masi 60 rebu, garage queen... ybs ud ganti2 utk mobil tunggangan sehari2nya, dr crv ampe pajero, tp tuh ipah tetep disimpen...
0-100 udah masuk itungan 9s... Topspeed jamin mengalahkan ipah D4D 300hp... Mancay :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DOHC »

htannis wrote:
ChZ wrote:ipah kalo yang VVT-i emang ancur RVnya dibanding yang D-4D....

bayangin aja, 2012 aja under 200juta ntu Ipah VVT-i Matic.... saking yang diminati yang D-4D... terutama buat balapan :ngacir:

yang 2005-2006an udah seharga LCGC baru :mky_02:

ya lumayan sih buat yang ogah beli Apanja/LCGC baru... bisa beli Ipah seken bensin walaupun harus rela ngempanin bensinnya dan tenaganya yang boyo super.... :mrgreen:

yang D-4D, 2011 aja masi diatas 200....
rv nya sama honda freed kuat mana?
coba adu spion dl aj om kuatan mana spion freed atau ipah....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ANSdream »

Emprit lebih jago kelok2 di gang sempit yg jelas om..
Hahaha
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp »

jarijarir wrote:
Michaelktp wrote:RV All New Avanza sudah tidak bisa dibilang bagus, apalagi Innova bensin model awal. Sudah terjun bebas karena boros. Kalau Innova diesel masih lumayan kuat. Kemarin temen mau jual All New Avanza 1.3G tahun 2012 juga tidak jadi karena sadis nawarnya si pedagang mobil second. Mending pelan pelan cari ke tangan pemakai langsung. Perang diskon mobil mobil baru disinyalir penyebab RV mobil pada hancur lebur. Intinya ini mobil juga laku keras karena diskon besar sekarang ini, tapi secara keseluruhan mereka (Avanza Innova) memang masih cocok dan sesuai untuk kondisi jalan dan konsumen di Indonesia.
salah brarti saya tntang RV si all new avanza, kirain masih tinggi,,hehe efek bombardir dari mobil-mobil baru yang diskonannya gila-gilaan brarti mungkin, sama lcgc juga... innova bensin model awal iya juga sih, om,, pakdhe saya aja dapat innova katanya murah walopun berakhir dengan curhat kalo katanya boros :big_peace:
Kalau melihat kondisi pasar mobil baru yang lagi perang diskon bahkan di segmen yang paling gemuk:LMPV rasanya masuk akal jika RV mobil pada hancur lebur. Jika pada brand market leader saja begitu...ya jangan dibayangin bagaimana RV mobil mobil yang bukan market leader. Pasti lebih ngenes. Ini Avanza kan sudah diposisikan sebagai adik Kijang, padahal masa dulu mana mungkin Kijang Kapsul era 90 an ikut perang diskon. Karena masih bisa dibilang penguasa tunggal pasar MPV saat itu dimana kompetitor nya seperti Mitsubishi Kuda dan Isuzu Panther malah keok sebelum Innova lahir menggantikan Kijang kapsul. Ya jaman dan trend sudah berubah sih. Konsumen lebih jeli dan kritis ditambah lagi kompetitor LMPV semakin banyak. Tahun 2015 ini katanya bakal masuk Suzuki Ertiga Diesel 1.3 dan isu nya Honda Mobil Indonesia sedang mempelajari Honda Mobilio Diesel. Kebetulan saya baru saja membeli Chevrolet Spin Diesel untuk kebutuhan mobil LMPV saya dan katanya mesin Ertiga Diesel sama dengan mesin diesel Spin 1.3 ini. Kalau melihat trend yang mengarah ke diesel, seharusnya gampang bagi Toyota Indonesia untuk mendominasi lagi pasar LMPV walau sekarang memang masih jadi market leader LMPV di Indonesia. Tinggal luncurkan All New Avanza 1.3 Diesel saja. Jaman keemasan Kijang kapsul mungkin malah terlampaui oleh pasar LMPV mesin diesel kecil. Apalagi dengan logo triple elips. Gampang kan dan masalah bombardir kompetitor langsung selesai....case closed dan tidak perlu ikut perang diskon hahaha
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Chevyman »

Michaelktp wrote:
jarijarir wrote:
Michaelktp wrote:RV All New Avanza sudah tidak bisa dibilang bagus, apalagi Innova bensin model awal. Sudah terjun bebas karena boros. Kalau Innova diesel masih lumayan kuat. Kemarin temen mau jual All New Avanza 1.3G tahun 2012 juga tidak jadi karena sadis nawarnya si pedagang mobil second. Mending pelan pelan cari ke tangan pemakai langsung. Perang diskon mobil mobil baru disinyalir penyebab RV mobil pada hancur lebur. Intinya ini mobil juga laku keras karena diskon besar sekarang ini, tapi secara keseluruhan mereka (Avanza Innova) memang masih cocok dan sesuai untuk kondisi jalan dan konsumen di Indonesia.
salah brarti saya tntang RV si all new avanza, kirain masih tinggi,,hehe efek bombardir dari mobil-mobil baru yang diskonannya gila-gilaan brarti mungkin, sama lcgc juga... innova bensin model awal iya juga sih, om,, pakdhe saya aja dapat innova katanya murah walopun berakhir dengan curhat kalo katanya boros :big_peace:
Kalau melihat kondisi pasar mobil baru yang lagi perang diskon bahkan di segmen yang paling gemuk:LMPV rasanya masuk akal jika RV mobil pada hancur lebur. Jika pada brand market leader saja begitu...ya jangan dibayangin bagaimana RV mobil mobil yang bukan market leader. Pasti lebih ngenes. Ini Avanza kan sudah diposisikan sebagai adik Kijang, padahal masa dulu mana mungkin Kijang Kapsul era 90 an ikut perang diskon. Karena masih bisa dibilang penguasa tunggal pasar MPV saat itu dimana kompetitor nya seperti Mitsubishi Kuda dan Isuzu Panther malah keok sebelum Innova lahir menggantikan Kijang kapsul. Ya jaman dan trend sudah berubah sih. Konsumen lebih jeli dan kritis ditambah lagi kompetitor LMPV semakin banyak. Tahun 2015 ini katanya bakal masuk Suzuki Ertiga Diesel 1.3 dan isu nya Honda Mobil Indonesia sedang mempelajari Honda Mobilio Diesel. Kebetulan saya baru saja membeli Chevrolet Spin Diesel untuk kebutuhan mobil LMPV saya dan katanya mesin Ertiga Diesel sama dengan mesin diesel Spin 1.3 ini
setau saya spin masih fgt...kalo ertiga diesel udah VGT om..
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by bangrosi »

Michaelktp wrote:
jarijarir wrote:
Michaelktp wrote:RV All New Avanza sudah tidak bisa dibilang bagus, apalagi Innova bensin model awal. Sudah terjun bebas karena boros. Kalau Innova diesel masih lumayan kuat. Kemarin temen mau jual All New Avanza 1.3G tahun 2012 juga tidak jadi karena sadis nawarnya si pedagang mobil second. Mending pelan pelan cari ke tangan pemakai langsung. Perang diskon mobil mobil baru disinyalir penyebab RV mobil pada hancur lebur. Intinya ini mobil juga laku keras karena diskon besar sekarang ini, tapi secara keseluruhan mereka (Avanza Innova) memang masih cocok dan sesuai untuk kondisi jalan dan konsumen di Indonesia.
salah brarti saya tntang RV si all new avanza, kirain masih tinggi,,hehe efek bombardir dari mobil-mobil baru yang diskonannya gila-gilaan brarti mungkin, sama lcgc juga... innova bensin model awal iya juga sih, om,, pakdhe saya aja dapat innova katanya murah walopun berakhir dengan curhat kalo katanya boros :big_peace:
Kalau melihat kondisi pasar mobil baru yang lagi perang diskon bahkan di segmen yang paling gemuk:LMPV rasanya masuk akal jika RV mobil pada hancur lebur. Jika pada brand market leader saja begitu...ya jangan dibayangin bagaimana RV mobil mobil yang bukan market leader. Pasti lebih ngenes. Ini Avanza kan sudah diposisikan sebagai adik Kijang, padahal masa dulu mana mungkin Kijang Kapsul era 90 an ikut perang diskon. Karena masih bisa dibilang penguasa tunggal pasar MPV saat itu dimana kompetitor nya seperti Mitsubishi Kuda dan Isuzu Panther malah keok sebelum Innova lahir menggantikan Kijang kapsul. Ya jaman dan trend sudah berubah sih. Konsumen lebih jeli dan kritis ditambah lagi kompetitor LMPV semakin banyak. Tahun 2015 ini katanya bakal masuk Suzuki Ertiga Diesel 1.3 dan isu nya Honda Mobil Indonesia sedang mempelajari Honda Mobilio Diesel. Kebetulan saya baru saja membeli Chevrolet Spin Diesel untuk kebutuhan mobil LMPV saya dan katanya mesin Ertiga Diesel sama dengan mesin diesel Spin 1.3 ini. Kalau melihat trend yang mengarah ke diesel, seharusnya gampang bagi Toyota Indonesia untuk mendominasi lagi pasar LMPV walau sekarang memang masih jadi market leader LMPV di Indonesia. Tinggal luncurkan All New Avanza 1.3 Diesel saja. Jaman keemasan Kijang kapsul mungkin malah terlampaui oleh pasar LMPV mesin diesel kecil. Apalagi dengan logo triple elips. Gampang kan dan masalah bombardir kompetitor langsung selesai....case closed dan tidak perlu ikut perang diskon hahaha
Masalahnya setau saya toyota blm pny line up mesin diesel cc kecil teknologi commonrail berpenggerak roda belakang.gk mungkin avanza pakai penggerak roda depan seperti kompetitornya.pasar diesel lmpv masih kecil karena hanya diisi spin,ertiga atau mobilio kalaupun masukin pilihan transmisinya pun msh stuck dimanual blm ada matik yg saat ini jd pilihan.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1704
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote:ipah kalo yang VVT-i emang ancur RVnya dibanding yang D-4D....

bayangin aja, 2012 aja under 200juta ntu Ipah VVT-i Matic.... saking yang diminati yang D-4D... terutama buat balapan :ngacir:

yang 2005-2006an udah seharga LCGC baru :mky_02:

ya lumayan sih buat yang ogah beli Apanja/LCGC baru... bisa beli Ipah seken bensin walaupun harus rela ngempanin bensinnya dan tenaganya yang boyo super.... :mrgreen:

yang D-4D, 2011 aja masi diatas 200....
bukannya ipah D4-D sama VVT-i harga barunya di trim yang sama memang selisih 25-30jt ya? :big_think: wajarlah selisih harga sekennya cukup jauh?
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by bangrosi »

lemonadelovers wrote:
ChZ wrote:ipah kalo yang VVT-i emang ancur RVnya dibanding yang D-4D....

bayangin aja, 2012 aja under 200juta ntu Ipah VVT-i Matic.... saking yang diminati yang D-4D... terutama buat balapan :ngacir:

yang 2005-2006an udah seharga LCGC baru :mky_02:

ya lumayan sih buat yang ogah beli Apanja/LCGC baru... bisa beli Ipah seken bensin walaupun harus rela ngempanin bensinnya dan tenaganya yang boyo super.... :mrgreen:

yang D-4D, 2011 aja masi diatas 200....
bukannya ipah D4-D sama VVT-i harga barunya di trim yang sama memang selisih 25-30jt ya? :big_think: wajarlah selisih harga sekennya cukup jauh?
25-30jt mah besar dong bro beda antara vvti dan D4D cuma selisi 16jt trim yg sama.
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 654
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Michaelktp »

@Chevyman: Thanks infonya...malah berarti Suzuki Ertiga 1.3DDiS selangkah di atas Chevy Spin, torsi dan tenaganya besar dan pernah di youtube waktu di adu dengan Innova 2.5 D4-D
Ertiga Diesel pasti akan menjadi pilihan LMPV mesin diesel kecil yang sangat sangat menarik.

@bangrosi: betul karena Toyota tidak punya mesin mini diesel commonrail FWD. Toyota agak tertinggal di R&D mesin mini diesel commonrail. Saya sendiri bingung kenapa itu terjadi. LMPV mini diesel bisa dibilang segmen yang baru muncul dan sebenarnya menimbulkan banyak keraguan di benak konsumen. Bagaimana tidak mesin diesel besar saja masih sering dianggap lemot di tanjakan, mobil diesel adalah mobil niaga, polusi dan asap hitam, harga OTR baru lebih mahal dari mobil bensin. Itu pun dengan Manual Transmission (MT) apalagi dengan Automatic Tranmission (AT). Pasti akan lebih diperhitungkan oleh konsumen dibanding mobil bensin MT dan AT. Jadi wajar jika pengembangan dari mesin mini diesel lebih difokuskan dulu pada MT, dikarenakan image umum kepada mesin diesel besar. Padahal mesin 1.3D commonrail ini sangat luar biasa dan bahkan lebih maju dari mesin bensin konvensional biasa. Torsi dan HP sudah sejajar bahkan melebihi mesin bensin 1.5. Selain mobil bensin, saya selalu memakai Diesel dari Daihatsu Taft GT, Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda awal 1999 dan FL Grandia 2003. Saat ini dengan Chevy Spin terasa banget perbedaan dari mobil mesin diesel besar non commonrail. Pasar LMPV diesel masih kecil dan justru ini adalah kesempatan dari produsen mobil untuk mempopulerkannya karena konsumen sekarang lebih menginginkan hal hal yang terbaru dan tidak mainstream.
Sedikit OOT, bahkan SUV-CUV di US dan Europe mulai populer dengan mini diesel commonrail. Kalau sudah begini mobil dengan mini diesel commonrail tinggal menunggu waktu saja untuk jadi trend mobil di seluruh dunia.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by VanzMatic »

Kalok saya siy masih percaya ketangguhan mesin mesin diesel non crd. I believe in big is beautiful.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
gilaasepeda
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Wed Aug 13, 2014 16:18

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by gilaasepeda »

kalo nda salah lcgc kan ada 1.5cc untuk diesel nya? koq blm ada pabrikan yg tertarik ia? apa kepentok harga or consumption or .....?
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by djia »

Bulan ini saya nambah 1 angka di penjualan avanza, alias saya spk avanza baru :D
Padahal mobil sebelumnya juga avanza (yg mendadak diakuisisi kakak).

Mm...entah masih terkait topik trit ato engga, tpi mungkin ada buyer avanza lain yg punya pertimbangan sama dgn saya dan akumulasi dari kami menambah angka penjualan avanza yg signifikan :D

Pertimbangan saya kmarin sih:
Saya punya budget max 200jt cash. Dan di luar perkiraan, ternyata budget segini ini buanyak sekali pilihannya baik baru maupun bekas.

Aseli saya seminggu sampe ga enak makan susah tidur milih2 mau beli mobil apa krn sbnrnya memang ga ada rncana ganti mobil.

Pengen beli mobil kecil (5 seaters) biar lebih 'dilihat' n lebih personal, tpi kadang2 butuh 7 seaters..selain daya jelajah 5 seaters di Indonesia biasanya terbatas krn banyak jalan jelek.

Pengen 7seaters..pengen nyoba yg lain..tpi mo ganti apa?

Mobilio...produk baru dgn ketahanan yg masih meragukan n belum ketahuan biaya2 ke depan...pdhl ada kemungkinan mobil akan disiksa..
GL...user dimari banyak yg bully krn reliability & ass...
Ertiga...ini yg mantep, tpi row 2 & 3 & bagasi sangat kurang fungsional..
Freed psd bekas..keren nyaman n fungsional tpi daya jelajah juga terbatas.

Ahirnya balik avanza lagi. Kandidat paling kurang nyaman, paling pelit fitur, paling gampang dicuri, paling boros..tpi sekaligus paling tangguh, paling jarang rewel, paling serbaguna, bengkel (resmi/non resmi) paling banyak, daya jelajah paling jauh. Biarlah faktor kenyamanan n fitur itu, coz bwt saya masih sangat acceptable.

Bawa avanza itu rasanya lebih bebas mau jalan ke mana saja, kapan saja, angkut apa saja n siapa saja. Hehe...

Tpi andai ekonomi jauh lebih baik dari sekarang, atau andai saya pegawai kantoran di area kota2 yg beli mobil pure utk traveling keluarga, saya mungkin tdk akan pilih avanza (klo innova masih mungkin).
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by lend3 »

Waah ini alasan terhonest dan kenapa avanza sulit diruntuhkan. Avanza sudah punya ekosistem yang baik. Dan jam terbang di atas lawan2nya. Singkatnya you never go wrong with avanza. Ga akan susah rusak, ga akan susah cari sparepart, ga akan susah cari mekanik, ga akan susah dijual lg :p. Peace of mind + cadangan dana mendadak = best for common people. Alesan saya pisah dengan karena bosan dgn avanza, ga suka yg mainstream, dan tinggal dinperkotaan yang notabene ga akan susah cari2an.
djia wrote:Bulan ini saya nambah 1 angka di penjualan avanza, alias saya spk avanza baru :D
Padahal mobil sebelumnya juga avanza (yg mendadak diakuisisi kakak).

Mm...entah masih terkait topik trit ato engga, tpi mungkin ada buyer avanza lain yg punya pertimbangan sama dgn saya dan akumulasi dari kami menambah angka penjualan avanza yg signifikan :D

Pertimbangan saya kmarin sih:
Saya punya budget max 200jt cash. Dan di luar perkiraan, ternyata budget segini ini buanyak sekali pilihannya baik baru maupun bekas.

Aseli saya seminggu sampe ga enak makan susah tidur milih2 mau beli mobil apa krn sbnrnya memang ga ada rncana ganti mobil.

Pengen beli mobil kecil (5 seaters) biar lebih 'dilihat' n lebih personal, tpi kadang2 butuh 7 seaters..selain daya jelajah 5 seaters di Indonesia biasanya terbatas krn banyak jalan jelek.

Pengen 7seaters..pengen nyoba yg lain..tpi mo ganti apa?

Mobilio...produk baru dgn ketahanan yg masih meragukan n belum ketahuan biaya2 ke depan...pdhl ada kemungkinan mobil akan disiksa..
GL...user dimari banyak yg bully krn reliability & ass...
Ertiga...ini yg mantep, tpi row 2 & 3 & bagasi sangat kurang fungsional..
Freed psd bekas..keren nyaman n fungsional tpi daya jelajah juga terbatas.

Ahirnya balik avanza lagi. Kandidat paling kurang nyaman, paling pelit fitur, paling gampang dicuri, paling boros..tpi sekaligus paling tangguh, paling jarang rewel, paling serbaguna, bengkel (resmi/non resmi) paling banyak, daya jelajah paling jauh. Biarlah faktor kenyamanan n fitur itu, coz bwt saya masih sangat acceptable.

Bawa avanza itu rasanya lebih bebas mau jalan ke mana saja, kapan saja, angkut apa saja n siapa saja. Hehe...

Tpi andai ekonomi jauh lebih baik dari sekarang, atau andai saya pegawai kantoran di area kota2 yg beli mobil pure utk traveling keluarga, saya mungkin tdk akan pilih avanza (klo innova masih mungkin).
gabriel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Jul 19, 2012 12:43

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by gabriel »

http://m.kompas.com/otomotif/read/2015/ ... .MPV.Murah

Sukses dengan Mobilio yang langsung mengguncang pasar mobil multiguna bawah, PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal berekspansi ke segmen lebih ke bawah, yakni mobil murah (LCGC) tujuh penumpang.

Model mobil murah dari Honda masih mengandalkan Brio Satya dengan kapasitas lima penumpang. Kebetulan, sudah ada satu produsen yang memasarkan LCGC 7-seater, yakni Datsun GO+ Panca. Suzuki juga sudah punya Karimun Wagon R tujuh penumpang meski belum dipasarkan. Selanjutnya belum ada kabar dari duo Astra, Toyota dan Daihatsu, untuk menggarap segmen ini.

Melihat peluang tersebut, HPM bakal makin mengarah ke segmen yang lebih bawah lagi setelah Mobilio yang terbilang berhasil merebut pasar di kelas Low MPV. Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service PT HPM, menjelaskan, saat ini persaingan memang semakin ketat dengan pasar yang cenderung makin stagnan.

"Saya rasa Mobilio pasarnya sudah tidak berkembang dan susah buat memperbesar pasar. Kami harus punya strategi baru yang salah satunya makin melirik segmen lain," jelas Jonfis Fandy saat media test drive New Honda CR-V di Bandung, Jumat (16/1/2015).

"Kita sudah punya platform LCGC 7-seater, tapi semua masih dalam tahap study. Merancang platform itu paling susah dengan ragam investasi yang diperlukan. Masih belum bisa saya pastikan kapan peluncurannya. Kami masih terus melihat momentum yang tepat," lanjut Jonfis lagi.

Belum bisa diinformasikan juga mengenai platform yang akan dipakai di LCGC 7-seater dari Honda nanti. Bila menggunakan platform yang sudah ada, maka kemungkinannya Brio Satya akan bertambah panjang. Prediksi lainnya, ada versi murah dari Mobilio yang dijadikan LCGC, seperti halnya Brio.
gabriel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Jul 19, 2012 12:43

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by gabriel »

gabriel wrote:http://m.kompas.com/otomotif/read/2015/ ... .MPV.Murah

Sukses dengan Mobilio yang langsung mengguncang pasar mobil multiguna bawah, PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal berekspansi ke segmen lebih ke bawah, yakni mobil murah (LCGC) tujuh penumpang.

Model mobil murah dari Honda masih mengandalkan Brio Satya dengan kapasitas lima penumpang. Kebetulan, sudah ada satu produsen yang memasarkan LCGC 7-seater, yakni Datsun GO+ Panca. Suzuki juga sudah punya Karimun Wagon R tujuh penumpang meski belum dipasarkan. Selanjutnya belum ada kabar dari duo Astra, Toyota dan Daihatsu, untuk menggarap segmen ini.

Melihat peluang tersebut, HPM bakal makin mengarah ke segmen yang lebih bawah lagi setelah Mobilio yang terbilang berhasil merebut pasar di kelas Low MPV. Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service PT HPM, menjelaskan, saat ini persaingan memang semakin ketat dengan pasar yang cenderung makin stagnan.

"Saya rasa Mobilio pasarnya sudah tidak berkembang dan susah buat memperbesar pasar. Kami harus punya strategi baru yang salah satunya makin melirik segmen lain," jelas Jonfis Fandy saat media test drive New Honda CR-V di Bandung, Jumat (16/1/2015).

"Kita sudah punya platform LCGC 7-seater, tapi semua masih dalam tahap study. Merancang platform itu paling susah dengan ragam investasi yang diperlukan. Masih belum bisa saya pastikan kapan peluncurannya. Kami masih terus melihat momentum yang tepat," lanjut Jonfis lagi.

Belum bisa diinformasikan juga mengenai platform yang akan dipakai di LCGC 7-seater dari Honda nanti. Bila menggunakan platform yang sudah ada, maka kemungkinannya Brio Satya akan bertambah panjang. Prediksi lainnya, ada versi murah dari Mobilio yang dijadikan LCGC, seperti halnya Brio.
Sptnya bakal keluar mobilio trim A manual dgn engine 1.3 (spt brio sport) ato malah engine 1.2 (spt brio satya) utk press harga. :)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by VanzMatic »

gilaasepeda wrote:kalo nda salah lcgc kan ada 1.5cc untuk diesel nya? koq blm ada pabrikan yg tertarik ia? apa kepentok harga or consumption or .....?
AFAIK siy karena mutu biosolar disini. Balik balik lagi ke pembahasan mutu bahan bakar dan regulasi emisi nih nantinya. Bakal OOT. So saya batasi saja, regulasi emisi kendaraan tidak berbanding lurus dengan mutu bahan bakarnya itu sendiri.. imho.. cmiiw.


djia wrote:Bulan ini saya nambah 1 angka di penjualan avanza, alias saya spk avanza baru :D
Padahal mobil sebelumnya juga avanza (yg mendadak diakuisisi kakak).

Mm...entah masih terkait topik trit ato engga, tpi mungkin ada buyer avanza lain yg punya pertimbangan sama dgn saya dan akumulasi dari kami menambah angka penjualan avanza yg signifikan :D

Pertimbangan saya kmarin sih:
Saya punya budget max 200jt cash. Dan di luar perkiraan, ternyata budget segini ini buanyak sekali pilihannya baik baru maupun bekas.

Aseli saya seminggu sampe ga enak makan susah tidur milih2 mau beli mobil apa krn sbnrnya memang ga ada rncana ganti mobil.

Pengen beli mobil kecil (5 seaters) biar lebih 'dilihat' n lebih personal, tpi kadang2 butuh 7 seaters..selain daya jelajah 5 seaters di Indonesia biasanya terbatas krn banyak jalan jelek.

Pengen 7seaters..pengen nyoba yg lain..tpi mo ganti apa?

Mobilio...produk baru dgn ketahanan yg masih meragukan n belum ketahuan biaya2 ke depan...pdhl ada kemungkinan mobil akan disiksa..
GL...user dimari banyak yg bully krn reliability & ass...
Ertiga...ini yg mantep, tpi row 2 & 3 & bagasi sangat kurang fungsional..
Freed psd bekas..keren nyaman n fungsional tpi daya jelajah juga terbatas.

Ahirnya balik avanza lagi. Kandidat paling kurang nyaman, paling pelit fitur, paling gampang dicuri, paling boros..tpi sekaligus paling tangguh, paling jarang rewel, paling serbaguna, bengkel (resmi/non resmi) paling banyak, daya jelajah paling jauh. Biarlah faktor kenyamanan n fitur itu, coz bwt saya masih sangat acceptable.

Bawa avanza itu rasanya lebih bebas mau jalan ke mana saja, kapan saja, angkut apa saja n siapa saja. Hehe...

Tpi andai ekonomi jauh lebih baik dari sekarang, atau andai saya pegawai kantoran di area kota2 yg beli mobil pure utk traveling keluarga, saya mungkin tdk akan pilih avanza (klo innova masih mungkin).
Sama om, saya dulu juga berpikir begitu. Kalau dulu, pesaingnya hanya grandlivina, yang mana harga nya sudah di luar jangkauan rahayat jelatah macam ane.. sudah lebih mahal, ketahanannya kurang pasti. Bagasi juga so so... Row ketiga juga bakal menyiksa..

Mau nebus Kuda Diesel punya alm bokap, beliau keberatan waktu itu. Mau tebus panther, udah ajaib banget harganya yg paling murah. Mau tebus panther bekas, ngga pengalaman.

Mau tebus Kapsul diesel bekas, kok garasi ane terlalu liliput buat ditempatin seukuran kijang kapsul?

Selain itu, namanya juga masih kuli, ya pas pasan banget... manfaatin diskon servis, cari sparepart asli yg bisa tukeran dengan xenia atau taruna.

Begitulah.. [emoji209] [emoji177] [emoji177]



Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DOHC »

berbeda dgn ane...

dl bokap dapet mobdin apanja yg selang setaon di akuisisi oleh bokap ane... perjalanan 4 taon ampe ari ini walaupun ckup minim (banget) masalah, tp utk membeli lagi mobil dgn label apanja, kayanya ga dehh... ckup sekali aj... bukan krn masalah reliabilitas ataupun ASS... tp yah membosankan dan ga nyaman aj... bantingan keras, NVH bubar, peredaman ala kadar nya, posisi nyetir kurang enak, bahkan GL ane jg menang dalam hal driving position bagi ane...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by adty »

DOHC wrote:wahh kl ipah 2.7 jgn salah mods... itu barang langka.. harga seken nya ga sejatuh ipah 2.0 showroom jg ga brani sembarangan nawar atau ngemplang harga ipah monster ini... d komplek ane d jkt, persis blakang rumah ane ad yg make nehh... unit taon 2005 awal... odo masi 60 rebu, garage queen... ybs ud ganti2 utk mobil tunggangan sehari2nya, dr crv ampe pajero, tp tuh ipah tetep disimpen...
Temen bokap ane juga ada ipah 2.7 2005 awal warna biru tua. Yup bener jadi garage queen juga, mau dilepas katanya sayang. Padahal katanya ada beberapa yg nawar dan nanyain kapan dilepas.

Mungkin ipah ini sebagai pelipur lara dan pemacu adrenalin saat weekend sama keluarga, secara hari2nya dia pake nissan march :ngacir: :ngacir:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
ANSdream
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ANSdream »

gabriel wrote:
gabriel wrote:http://m.kompas.com/otomotif/read/2015/ ... .MPV.Murah

Sukses dengan Mobilio yang langsung mengguncang pasar mobil multiguna bawah, PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal berekspansi ke segmen lebih ke bawah, yakni mobil murah (LCGC) tujuh penumpang.

Model mobil murah dari Honda masih mengandalkan Brio Satya dengan kapasitas lima penumpang. Kebetulan, sudah ada satu produsen yang memasarkan LCGC 7-seater, yakni Datsun GO+ Panca. Suzuki juga sudah punya Karimun Wagon R tujuh penumpang meski belum dipasarkan. Selanjutnya belum ada kabar dari duo Astra, Toyota dan Daihatsu, untuk menggarap segmen ini.

Melihat peluang tersebut, HPM bakal makin mengarah ke segmen yang lebih bawah lagi setelah Mobilio yang terbilang berhasil merebut pasar di kelas Low MPV. Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales Service PT HPM, menjelaskan, saat ini persaingan memang semakin ketat dengan pasar yang cenderung makin stagnan.

"Saya rasa Mobilio pasarnya sudah tidak berkembang dan susah buat memperbesar pasar. Kami harus punya strategi baru yang salah satunya makin melirik segmen lain," jelas Jonfis Fandy saat media test drive New Honda CR-V di Bandung, Jumat (16/1/2015).

"Kita sudah punya platform LCGC 7-seater, tapi semua masih dalam tahap study. Merancang platform itu paling susah dengan ragam investasi yang diperlukan. Masih belum bisa saya pastikan kapan peluncurannya. Kami masih terus melihat momentum yang tepat," lanjut Jonfis lagi.

Belum bisa diinformasikan juga mengenai platform yang akan dipakai di LCGC 7-seater dari Honda nanti. Bila menggunakan platform yang sudah ada, maka kemungkinannya Brio Satya akan bertambah panjang. Prediksi lainnya, ada versi murah dari Mobilio yang dijadikan LCGC, seperti halnya Brio.
Sptnya bakal keluar mobilio trim A manual dgn engine 1.3 (spt brio sport) ato malah engine 1.2 (spt brio satya) utk press harga. :)

MOBILIO SATYA
:mky_04: :mky_01: :mky_02:

Ditunggu tanggal maennya Jonpis
Semoga gak makin kaleng aja lah materialnya :big_slap:
Dan fitur safety jangan pernah dilupakan :off_good: :off_good:
:mky_08:

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by djia »

DOHC wrote:berbeda dgn ane...

dl bokap dapet mobdin apanja yg selang setaon di akuisisi oleh bokap ane... perjalanan 4 taon ampe ari ini walaupun ckup minim (banget) masalah, tp utk membeli lagi mobil dgn label apanja, kayanya ga dehh... ckup sekali aj... bukan krn masalah reliabilitas ataupun ASS... tp yah membosankan dan ga nyaman aj... bantingan keras, NVH bubar, peredaman ala kadar nya, posisi nyetir kurang enak, bahkan GL ane jg menang dalam hal driving position bagi ane...
Betul om doc,
Andai saya berkemampuan punya lebih dari satu mobil pribadi...definitely saya tidak akan pilih avanza...

Tpi utk mobil primer selama masa bangun aset saya rasa avanza pilihan aman secara finansial n peace of mind. Misal ahir tahun ini kemampuan saya meningkat juga mgkin bakal saya lego avanza nya :D
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by DOHC »

djia wrote: Betul om doc,
Andai saya berkemampuan punya lebih dari satu mobil pribadi...definitely saya tidak akan pilih avanza...

Tpi utk mobil primer selama masa bangun aset saya rasa avanza pilihan aman secara finansial n peace of mind. Misal ahir tahun ini kemampuan saya meningkat juga mgkin bakal saya lego avanza nya :D

jawaban utk judul tret ini.. :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ZombiEE »

DOHC wrote:
djia wrote: Betul om doc,
Andai saya berkemampuan punya lebih dari satu mobil pribadi...definitely saya tidak akan pilih avanza...

Tpi utk mobil primer selama masa bangun aset saya rasa avanza pilihan aman secara finansial n peace of mind. Misal ahir tahun ini kemampuan saya meningkat juga mgkin bakal saya lego avanza nya :D

jawaban utk judul tret ini.. :upss: :upss:
Saya sangat setuju sekali
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by iamwewe »

ZombiEE wrote:
DOHC wrote:
djia wrote: Betul om doc,
Andai saya berkemampuan punya lebih dari satu mobil pribadi...definitely saya tidak akan pilih avanza...

Tpi utk mobil primer selama masa bangun aset saya rasa avanza pilihan aman secara finansial n peace of mind. Misal ahir tahun ini kemampuan saya meningkat juga mgkin bakal saya lego avanza nya :D

jawaban utk judul tret ini.. :upss: :upss:
Saya sangat setuju sekali
saya sangat setuju duakali
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Turboman »

Banyak kok orang2 yg duitnya gak berseri juga naek Pansah buat sehari2
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by htannis »

Turboman wrote:Banyak kok orang2 yg duitnya gak berseri juga naek Pansah buat sehari2
betul ada temen punya kapal sampe 30 biji di muara baru, mobil plg mahal nya cx9 waktu itu beli baru, tapi seringnya kemana mana pake jazz ge8 atau avanza manual 2007
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares