Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by Moonshade »

halo selamat malam para SMers, maap ane buat trit judulnya ga jelas, bingung mau tulis judul apa :big_childish:
jadi gini, mau sekedar tanya aja, Mobil saya Pajero Sport dakar, kalo saya rasain dengan seksama kok nyetir di malam hari lebih enak ya ? ( enak dalam arti tenaga, ac lebih dingin, kayaknya suara mesin juga lebih pelan ). Pertama saya pikir gara" malam hari lebih dingin, tapi kadang kalo lagi jalan pagi dan cuaca juga ga panas rasanya ga seenak nyetir malam. Mungkin ada yang bisa kasih penjelasan kenapa bisa begini, thanks SMers :mky_01:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by djia »

nyetir malam hari emang enak, ga cuma mesin diesel, tpi gasoline juga.
jalanan lebih sepi, suasana lebih tenang, krn situasi sekitar gelap juga jadi lebih fokus ke jalan, n ga ada sengatan matahari jadi ga panas. nyaman lah pokoknya.

tpi sekarang saya menghindari jalan malam kecuali terpaksa meskipun cuma jadi penumpang, krn biasanya paginya pegel2 krn kurang tidur. mau diganti tidur dari pagi sampe siang juga badan tetep gak se-fit kalo tidur malam.
ritme tubuh sudah disesuaikan untuk aktivitas di siang hari n istirahat selonjor di tempat tidur malam hari .

kalo saya cukup istirahat dgn nyaman di malam hari (tidur 5-6 jam), besoknya saya kuat nyetir dari pagi sampe sore :big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by imsus2c »

Teori fisika sederhana,
Saat suhu dingin, densitas/kepadatan oksigen lebih banyak. Sedikit banyak mempengaruhi efisiensi volumetrik.
Makanya sesama mesin ber-turbo, yg pakai intercooler tenaganya lebih "enak"
Rasa enak ini berlaku utk semua tipikal mesin bakar, baik bensin atau diesel.

Korelasi ini tidak berlaku jika lokasinya di dataran tinggi. Karena semakin tinggi, kandungan oksigen semakin rendah.
Makanya kalau di gunung, meski dingin tetap saja bikin napas (dan mesin) ngos2an

Tidak berlaku juga jika kelembapan terlalu tinggi, misalnya hujan, kabut atau memang daerah dimana kelembapan tinggi. Kandungan oksigen akan terkontaminasi dengan banyak hidrogen.
Terasa kalau pagi, meski hawa dingin tapi kelembapan tinggi, biasanya akibat akumulasi kondensasi (kabut/embun)

Yg paling enak, kalau hawa dingin tapi kelembapan rendah

Cmiiw, maklum nubie...silakan dikoreksi pakar fisika :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by Moonshade »

djia wrote:nyetir malam hari emang enak, ga cuma mesin diesel, tpi gasoline juga.
jalanan lebih sepi, suasana lebih tenang, krn situasi sekitar gelap juga jadi lebih fokus ke jalan, n ga ada sengatan matahari jadi ga panas. nyaman lah pokoknya.

tpi sekarang saya menghindari jalan malam kecuali terpaksa meskipun cuma jadi penumpang, krn biasanya paginya pegel2 krn kurang tidur. mau diganti tidur dari pagi sampe siang juga badan tetep gak se-fit kalo tidur malam.
ritme tubuh sudah disesuaikan untuk aktivitas di siang hari n istirahat selonjor di tempat tidur malam hari .

kalo saya cukup istirahat dgn nyaman di malam hari (tidur 5-6 jam), besoknya saya kuat nyetir dari pagi sampe sore :big_peace:
thanks om djia buat penjelasannya, memang masuk akal juga, dari faktor manusianya juga pengaruh ya, lebih relax memang kalau nyetir di malam hari, ( kecuali habis berantem sama pacar, malam pun ga nyaman :mky_03: )
imsus2c wrote:Teori fisika sederhana,
Saat suhu dingin, densitas/kepadatan oksigen lebih banyak. Sedikit banyak mempengaruhi efisiensi volumetrik.
Makanya sesama mesin ber-turbo, yg pakai intercooler tenaganya lebih "enak"
Rasa enak ini berlaku utk semua tipikal mesin bakar, baik bensin atau diesel.

Korelasi ini tidak berlaku jika lokasinya di dataran tinggi. Karena semakin tinggi, kandungan oksigen semakin rendah.
Makanya kalau di gunung, meski dingin tetap saja bikin napas (dan mesin) ngos2an

Tidak berlaku juga jika kelembapan terlalu tinggi, misalnya hujan, kabut atau memang daerah dimana kelembapan tinggi. Kandungan oksigen akan terkontaminasi dengan banyak hidrogen.
Terasa kalau pagi, meski hawa dingin tapi kelembapan tinggi, biasanya akibat akumulasi kondensasi (kabut/embun)

Yg paling enak, kalau hawa dingin tapi kelembapan rendah

Cmiiw, maklum nubie...silakan dikoreksi pakar fisika :D
saya spt balik lagi ke masa sma smp lagi baca komen om imsus, makasih om buat pelajarannya :off_good:
ternyata perbedaan kepadatan oxygen yang ada di malam/pagi hari aja pengaruh banget ya, saya sama sekali ga kepikir :frm_salut:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by grandis_GT »

sama , bokap ane pun kalo mau pulkam pasti berangkat malam teruss , katanya jalannya lebih sepi dan gak panas , tapi jalan malam juga bahaya , karna ane pernah ngalami tahun 2013 accident di daerah kisaran karna bokap ane mengantuk , makanya kalo jalan malam ane sarankan ada yg nemenin supir untuk bicara supaya terhindar dari rasa kantuk :mky_01:
kodoq_ijo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by kodoq_ijo »

Kalo saya pernah denger teori seperti ini..

Kalo temperatur udara & bahan bakar yang masuk ke ruang bakar dalam temperatur yang sejuk tapi tidak sampai pada titik beku,itulah yang menghasilkankomposisi pembakaran yang terbaik. Karena makin dingin gas yang dihasil kan diruang bakar (tapi tidak di titik beku) maka makin optimal pembakaran nya.

Maka nya kalo bawa kendaraan dimalam hari itu tarikan nya terasa lebih enteng,pasti tau kan kalo di F1 itu ada regulasi temperatur minimal pada fuel yang dipakai pada saat balapan,mungkin itu inti nya.

CMIIW loh Oom :big_peace:
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi.. :big_think:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by htannis »

Moonshade wrote:halo selamat malam para SMers, maap ane buat trit judulnya ga jelas, bingung mau tulis judul apa :big_childish:
jadi gini, mau sekedar tanya aja, Mobil saya Pajero Sport dakar, kalo saya rasain dengan seksama kok nyetir di malam hari lebih enak ya ? ( enak dalam arti tenaga, ac lebih dingin, kayaknya suara mesin juga lebih pelan ). Pertama saya pikir gara" malam hari lebih dingin, tapi kadang kalo lagi jalan pagi dan cuaca juga ga panas rasanya ga seenak nyetir malam. Mungkin ada yang bisa kasih penjelasan kenapa bisa begini, thanks SMers :mky_01:
pasang display yg bisa kasih liat suhu engune coolant temperature (ect) sama intake air temperature (iat) deh, bisa ngerasain bedanya karakter mesin tiap suhu. Atau kalau mau dingin terus pasang aja water methanol injection :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by imingwahyudi »

IMHO semua mesin bakar kayanya begitu oom :mky_02: :mky_02: :mky_02:

faktor placebo atau memang bener hukum fisika berlaku, entahlah, lebih prefer nyetir dimata matahari masih main cilukba :big_biglaugh: . Respon mesin rasa lebih enak, shifter rasa lebih halus, bla bla bla yyy zzzz :big_weee:

kebiasaan saya kalo beneran insomnia, keluarin mobil, muter muter, pelan, sedang, terkadang kebut sikit... *pas lagi lupa itu boks tissue di jok belakang :big_bored: *

Time to rethink some things, solving it, and relax :big_grin:
...and let the deposits be squirted out :mky_02:
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by A7Corsair »

Moonshade wrote:halo selamat malam para SMers, maap ane buat trit judulnya ga jelas, bingung mau tulis judul apa :big_childish:
jadi gini, mau sekedar tanya aja, Mobil saya Pajero Sport dakar, kalo saya rasain dengan seksama kok nyetir di malam hari lebih enak ya ? ( enak dalam arti tenaga, ac lebih dingin, kayaknya suara mesin juga lebih pelan ). Pertama saya pikir gara" malam hari lebih dingin, tapi kadang kalo lagi jalan pagi dan cuaca juga ga panas rasanya ga seenak nyetir malam. Mungkin ada yang bisa kasih penjelasan kenapa bisa begini, thanks SMers :mky_01:
Kalo saya koq berasa sama aja yak ... :big_think:
Mungkin feeling saya yang not so good ... :mky_01:
Baru berasa beda kemaren setelah ngisi dex di spbu coco yg di kuningan ... sebelumnya di spbu 34 ...
Suara jadi berasa lbh halus ... tp pengen lbh halus lg ...
:ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by sintoni »

Bukan diesel aja x. Mobil butut ane kalo pake siang2 apalg kalo macet, bisa kepanggang di dalam mobil. Tenaga jg kerasa enak kalo malam. Hahaha. Karena itu cuma night warrior.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by htannis »

anyway kemarin seharian mendung enak bener tenaga mobil, intake air temperature seharian di tol manteng di 25 sampe 34 derajat, kl normal 45 derajat, bejek dikit mobilnya berasa kayak roket euy :big_smoking:
ketemu mobil2 kayak sx4, jazz, innova pada ngebut, ane buat bahan lucu2an habis lewatin sampe ilang dari spion, ane rem tungguin lagi :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by philosophie »

bener jg ya.. dlu penasaran waktu tengah malem mobil bisa dilariin > 160.. :mky_01:
tapi begitu siang mobil ane cman mentok di 160 padahal kurang lebih rutenya sama :big_bored:
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by liat2aja »

Jadi ingat dulu kalau pulang dari rumah mantan pacar (sekarang bini), memang enak bgt ngebutnya. Selain jalan lengang memang itu yg dibahas diatas, perasaan lebih gampang bejeknya pas malem, mobil bawaannya enteng ampe 120-140 km/jam Honda Jazz idsi CVT. Dalam tol tentunya.

Kalau diingat-ingat serem juga ngebut2 sampe segitu, sekarang berhubung sudah ga tinggal di Jakarta lagi, dan kemana-mana nyetir dalam kota, cuma bawa 40-60 km/jam max saja :mky_01:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by djia »

imho semua sistem emang kyk gitu (optimal di suhu tertentu).

jangankan mesin, saya pernah baca penelitian bahwa operator pabrik itu bisa kerja optimal di range sekitar 20 - 28C kalo ga salah ingat. di atas 33C atau di bawah 17C mereka cenderung melakukan kesalahan lebih banyak.

ruang server juga biasanya diset 17C atau mungkin lebih rendah supaya kinerja optimal & server ga gampang rusak.

tpi terkait driving, selain interferensi suhu terhadap mesin mobil, nyetir di malam hari juga lebih nyaman karena jalanan lebih sepi, tubuh n pikiran masuk fase relaksasi, ruang sekitar gelap jadi lebih fokus ke jalan.
coba kalo jalan siang2 meski suhu dingin sedingin suhu malam, rasanya tetep masih lebih nyaman jalan malam.
tpi konsekuensinya..paginya jadi kurang tidur n pegel2 :big_childish:
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by philosophie »

liat2aja wrote:Jadi ingat dulu kalau pulang dari rumah mantan pacar (sekarang bini), memang enak bgt ngebutnya. Selain jalan lengang memang itu yg dibahas diatas, perasaan lebih gampang bejeknya pas malem, mobil bawaannya enteng ampe 120-140 km/jam Honda Jazz idsi CVT. Dalam tol tentunya.

Kalau diingat-ingat serem juga ngebut2 sampe segitu, sekarang berhubung sudah ga tinggal di Jakarta lagi, dan kemana-mana nyetir dalam kota, cuma bawa 40-60 km/jam max saja :mky_01:
jadi uda tobat ya om? :mky_01: :mky_01:
uda berkeluarga akirnya tobat :mky_02:
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by Moonshade »

htannis wrote:
Moonshade wrote:halo selamat malam para SMers, maap ane buat trit judulnya ga jelas, bingung mau tulis judul apa :big_childish:
jadi gini, mau sekedar tanya aja, Mobil saya Pajero Sport dakar, kalo saya rasain dengan seksama kok nyetir di malam hari lebih enak ya ? ( enak dalam arti tenaga, ac lebih dingin, kayaknya suara mesin juga lebih pelan ). Pertama saya pikir gara" malam hari lebih dingin, tapi kadang kalo lagi jalan pagi dan cuaca juga ga panas rasanya ga seenak nyetir malam. Mungkin ada yang bisa kasih penjelasan kenapa bisa begini, thanks SMers :mky_01:
pasang display yg bisa kasih liat suhu engune coolant temperature (ect) sama intake air temperature (iat) deh, bisa ngerasain bedanya karakter mesin tiap suhu. Atau kalau mau dingin terus pasang aja water methanol injection :ngacir:

htannis wrote:anyway kemarin seharian mendung enak bener tenaga mobil, intake air temperature seharian di tol manteng di 25 sampe 34 derajat, kl normal 45 derajat, bejek dikit mobilnya berasa kayak roket euy :big_smoking:
ketemu mobil2 kayak sx4, jazz, innova pada ngebut, ane buat bahan lucu2an habis lewatin sampe ilang dari spion, ane rem tungguin lagi :ngacir: :ngacir:
Ga berani deh tune sampe WMI hehehe, 270hp aja dah cukupan banget ini buat pakai dalkot doang, kalo ketemu innova om htannis ane minggir deh pura" ganti ban, serem :ngacir:
philosophie wrote:bener jg ya.. dlu penasaran waktu tengah malem mobil bisa dilariin > 160.. :mky_01:
tapi begitu siang mobil ane cman mentok di 160 padahal kurang lebih rutenya sama :big_bored:
Yup saya pertama ngerasa jg pas lg speed tinggi bedanya, kalo malem cepet banget speedo naik, suara mesin juga ga tralu kasar kayak siang.

Pertanyaan : apa fuel cooler bisa membantu?
fasc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Dec 21, 2014 6:27

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by fasc »

udara dingin =oksigen lebih rapat/banyak = natural intercooler
simplenya gitu, prinsip kerja intercooler cmiww, sesederhana itu menyediakan pasokan udara lebih dingin
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by htannis »

fuel cooler membantu, kl mau lebih extreem fuel chiller, bisa diisi es batu dalamnya buat pendingin
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
akhmadfakhrurrozi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:09
Location: Bintaro, Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Sepeda

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by akhmadfakhrurrozi »

Gak cuma diesel engine si om....
Beberapa kali bawa gasoline maupun diesel juga sama-sama enak kalau nyetir malam...
Apalagi ditambah hujan...
Rasanya asyik bener..

Selain itu juga, ane setuju kalau nyetir malam lebih enak karena emak-emak naik matic udah pada parkir di rumah... :mky_02:

Nggak tau kenapa, ane paling suka dan betah kalau nyetir pas malam..
Karena menurut ane nyaman, anteng, dan seakan-akan kita bisa berduaan sama kendaraan.. :big_peace:
Tapi gak tau kenapa, kalau udah kena sinar matahari besoknya lgsg pedes banget ini mata...

Dulu pernah nyetir malam dan ternyata jam stengah 7an pagi masih belum sampe tujuan...
terpaksa check in hotel buat tidur sampe ashar, baru lanjut jalan lagi karena udah pengen merem aja ini mata...
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by newrubble »

beyond mechanical technicality yg bkn expertise sy ...

disini steer malam tdk enak ... apalagi sdg musim snow storm.bgini

elk ... raindeer ... fox ... rabbit ... sebrang jalan sembarangan ... tdk sedikit mobil hancur atau terbalik tabrak mrk ... atau krn mrk tabrak

apalagi orang disinj jarang ... jarak rumah jauh jauh
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by vipere »

Hmmm. Berarti banyak artikel yg bilang kalo diesel cuaca makin panas performanya tambah joss salah besarrr.
Ternyata diesel juga turun performanya kalo udara panas.
Pada salah kaprah.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by newrubble »

sama ...

bule bule jaman dulu juga bilang ... diesel itu susah start saat extreme cold ... ternyata tdk betul
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by VanzMatic »

Kalau masi pakai diesel jadul, memang bener makin panas (mesin) makin jos. Bukan makin panas hawa luar ya.



Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
RangerVin
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Jan 06, 2016 14:09

Re: Nyetir Diesel Malam hari lebih enak

Post by RangerVin »

Kenikmatan tersendiri om nyetir malem, apalagi kalo penumpang udah pada tidur.
Malem >jam10, jalan kelok2, music lawas.