Maaf ya om kalo ini saya kurang setuju..Turboman wrote:Benar, skg hampir semua mobil lgs saranin ganti di KM 5000 or 10.000 sejak dari baruromi10 wrote: Cm knp ga d rekomendasiin sm beres ya waktu saya service km 1000?
Pdhal kan menguntungkan sekali utk mereka setiap mobil baru yg km 1000 ganti oli..
Kalo feeling saya pribadi sih melihat ini ada unsur "Business politic".....sama halnya dgn anjuran ATF ganti 80 rb / 100 rb Km or bahkan lifetime
Yah......kalo mobil pada awet2 hingga di atas 7 tahun......interval ganti mobil user jadi lebih panjang.........sedangkan pabrik target tiap tahun penjualan terus ditingkatkan........dan silakan tebak kelanjutannya
saya pribadi sih punya feeling bukan gak mungkin suatu hari nanti ada mobil yg dianjurkan tidak perlu ganti oli mesin.......pokoke rusak ya buang aja mobilnya..........

Selama ini saya liat realitanya orang jarang sekali ganti mobil karena ada masalah sama mesin karena telat ganti oli, apalagi dalam kurun waktu 7 taun ane yakin mobil2 skg mesinnya uda pada tahan banting, even merek korea sekalipun...Menurut saya yang membuat mesin jadi kurang tenaga dan penurunan performa adalah BBM bersubsidi (RON 88)...
Tp mostly emang orang ganti mobil karena bosan dengan mobil itu sendiri atau masalah bunyi2an yang ada di interior/kaki2 yang ga kunjung hilang meski uda di ganti..
Saya aja ganti mobil tiap 2 taun sekali cm karena memang bosan dengan mobil itu sendiri..
Maap ya nubie yang sotoy ini punya pendapat sendiri..
