Turboman wrote:romi10 wrote:
Menurut saya aga pemborosan ya ganti oli di mobil baru mulai dari km 1000, karena oli dr pabrik yg ada d dlm mobil baru kan mesinnya masih bersih bgt, apalagi saya belinya waktu itu stock baru NIK 2014, palingan cm nunggu sebulan ato dua bulan utk d kirim ke saya..
.
Loh ??
Mesin baru kan gimanapun pasti ada gram2-nya mas, biarpun gram2 mesin masa kini jauh lebih sedikit drpd mesin zaman dahulu
Juga mesin baru biasa ada "assembly lube grease" yang terlarut oleh oli mesin
maka itu biasanya oli mesin baru kalo dibuang kadang suka ada gram2-nya dan berwarna agak gelap
Udah itu pabrikan juga pake oli kemasan drum & oli kelas mineral standard aja (utk mobil CKD / produksi Indonesia)
Penggantian oli mesin saat baru di KM 1000 or 2000 itu bukan pemborosan, itu adalah prosedur maintenance jika kita ingin mesin awet, kan sesudah itu interval ganti oli bisa panjang2.
pemborosan itu jika utk seterusnya anda gunakan oli semi synth tapi ganti oli tiap 3000 - 5000 Km / 6 bulan nah itu namanya pemborosan.
Lagian oli mesin Jazz cuman 3 literan kan ?
Iya 3.5 liter (4 botol) x @150rb + 150rb (filter oli) = 750rb + PPN 10%. = 825rb.. (Ga murah jg si)
Cm knp ga d rekomendasiin sm beres ya waktu saya service km 1000?
Pdhal kan menguntungkan sekali utk mereka setiap mobil baru yg km 1000 ganti oli..