min harus 1000km dong om.walid_007 wrote:Ane juga bisa 25 kmpl
*Abis reset mid di toll jam 12 malam
Sharing tentang Suzuki Ertiga
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
dalkot AT premium dptnya 1:9 ya.hmmm.luamayanb,tp kata marketing 1;15.hmmm,emank dasar marketing,selalu jualan nama irit.hmmm,coba bandingin sama ANGL secara nyaman lebih enak GL walaupun R3 saat tidak jalan posisinya enak,jok jg lembut,tp bgt jalann baru kerasa firmnya,berhubung deket rumah ada showroom R3,dan terakhir ane mutusin ambil ANGL walaupun lbh mahal.
cats catcher
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
pilihan bagus om jeb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 300
- Joined: Tue May 03, 2011 3:14
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
laporan,
km 4200an, pagi ini claim warranty defect di balancer pintu kiri depan /passengger side, keluhan di km 1000 saat buka tutup pintu tdk smooth, spt ada ganjelan pd stoper nya. setelah nunggu 2 bln an akhirnya datang juga tuh part, harganya skitar 40rb an cuman krn kasus ini jarang jadi gak nyetok part, tunggu barang dr india, bongkar pasang 15 menit, kasih uang rokok sama teknisi nya, isi administrasi, pulang deh. claim free of charge.
sempat tanya biaya servis 5000 di kisaran 380rb, rencana bulan depan.
Reading AVG FC masih di 24 km/ltr untuk kombinasi tol dan dalkot daerah bekasi - lippo, bbm pertamax, rpm dibawah 3000, kaki sekolah, tks
km 4200an, pagi ini claim warranty defect di balancer pintu kiri depan /passengger side, keluhan di km 1000 saat buka tutup pintu tdk smooth, spt ada ganjelan pd stoper nya. setelah nunggu 2 bln an akhirnya datang juga tuh part, harganya skitar 40rb an cuman krn kasus ini jarang jadi gak nyetok part, tunggu barang dr india, bongkar pasang 15 menit, kasih uang rokok sama teknisi nya, isi administrasi, pulang deh. claim free of charge.
sempat tanya biaya servis 5000 di kisaran 380rb, rencana bulan depan.
Reading AVG FC masih di 24 km/ltr untuk kombinasi tol dan dalkot daerah bekasi - lippo, bbm pertamax, rpm dibawah 3000, kaki sekolah, tks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
adek gue punya ertiga gl 2012 odo sudah 38700 km
kalau keluhannya sih ga ada ,paling sering rusak bodinya aja ketabrak ataun kena serempet
kondisi mobil sekarang :
ban standar ketebalan tinggal 50%
minyak rem turun banyak artinya kampas dpn dan bklng mulai tipis
perawatan diy gue suruh
semprot karet kaca samping pake silicon spray
semprot belt alternator dan ac pake prestone belt dressing
kalau keluhannya sih ga ada ,paling sering rusak bodinya aja ketabrak ataun kena serempet
kondisi mobil sekarang :
ban standar ketebalan tinggal 50%
minyak rem turun banyak artinya kampas dpn dan bklng mulai tipis
perawatan diy gue suruh
semprot karet kaca samping pake silicon spray
semprot belt alternator dan ac pake prestone belt dressing
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
semprot karet dgn silcon spray itu yg karet sekeliling pintu om ? guna nya biar apa om..solar_kerosen wrote:adek gue punya ertiga gl 2012 odo sudah 38700 km
kalau keluhannya sih ga ada ,paling sering rusak bodinya aja ketabrak ataun kena serempet
kondisi mobil sekarang :
ban standar ketebalan tinggal 50%
minyak rem turun banyak artinya kampas dpn dan bklng mulai tipis
perawatan diy gue suruh
semprot karet kaca samping pake silicon spray
semprot belt alternator dan ac pake prestone belt dressing
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
imho, biar karet ga 'mati', tetap kenyal+lentur+fungsinya tdk berkurang dr sbelumnya entah sbg peredam atopun sbg penyekatkeretalaut wrote:semprot karet dgn silcon spray itu yg karet sekeliling pintu om ? guna nya biar apa om..solar_kerosen wrote: perawatan diy gue suruh
semprot karet kaca samping pake silicon spray
semprot belt alternator dan ac pake prestone belt dressing
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
cuma biaya jadi naik dulu pkb cuma 1,65 jt sekarang hampir 2 jt kurang 30 rb
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 300
- Joined: Tue May 03, 2011 3:14
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
pajak apaan om? R3?solar_kerosen wrote:cuma biaya jadi naik dulu pkb cuma 1,65 jt sekarang hampir 2 jt kurang 30 rb
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 22, 2014 2:58
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Angkat lagi topik legendaris ertiga ah, bau sangit pas ngebut di tol.
Setelah sebelumnya saya pikir bau sangitnya dah ilang ternyata nongol lagi pas ngebut di tol.
Saya termasuk jarang di tol. Km saya udah 25rb. Pake filter ac yg karbon segala tapi gak pk wewangian krn saya gak suka bau2 wangi yg dijual di pasaran. Saya lebih suka bau badan saya pas abis mandi soalnya, dan gada yg jual parfum bau sabun itu hihihi
Saya udah pernah komplain ke beres juga, sampe semua lubang di bagian belakang bawah mobil disumbat pk dobeltape 3M segala.
Saya perhatiin sih pas tancap gas sampe 120kmh blon bau, tapi bgitu lepas lepas gas (glide) baru deh bau sangit menyebalkan itu muncul lagi.
Nah, krn dulu mekanik beres pernah bilang soal "turbulensi" di bagian belakang, apa masalah ini bisa selesai dengan "memanjangkan" bagian knalpot belakang (di-las di tukang knalpot tentunya)?
Ataukah ada solusi lain yang bisa diterapkan selain menukarkan stnk dan bpkb ke merk lain?
Mohon petunjuk ya om semua
Setelah sebelumnya saya pikir bau sangitnya dah ilang ternyata nongol lagi pas ngebut di tol.
Saya termasuk jarang di tol. Km saya udah 25rb. Pake filter ac yg karbon segala tapi gak pk wewangian krn saya gak suka bau2 wangi yg dijual di pasaran. Saya lebih suka bau badan saya pas abis mandi soalnya, dan gada yg jual parfum bau sabun itu hihihi

Saya udah pernah komplain ke beres juga, sampe semua lubang di bagian belakang bawah mobil disumbat pk dobeltape 3M segala.
Saya perhatiin sih pas tancap gas sampe 120kmh blon bau, tapi bgitu lepas lepas gas (glide) baru deh bau sangit menyebalkan itu muncul lagi.
Nah, krn dulu mekanik beres pernah bilang soal "turbulensi" di bagian belakang, apa masalah ini bisa selesai dengan "memanjangkan" bagian knalpot belakang (di-las di tukang knalpot tentunya)?
Ataukah ada solusi lain yang bisa diterapkan selain menukarkan stnk dan bpkb ke merk lain?
Mohon petunjuk ya om semua

mangan ora mangan sing penting mangan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
bau sangit kl ga slh dari CC om..msk nya dr ac..ini mmg khas nya sijuki..swift ane aja dl jg begini...kl lwt 120 ilang biasanya om..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Penyakit ini bukan spesifik Ertiga koq... kalau diliat liat di forum Kas*us juga banyak merek laen yang ngalamin masalah serupa. Sepertinya ini sih bau dari CC... dulu mobil ane awal awal nya juga bau... di 100 Kpj aja udah bau, terus sering dibajek disegitu, bau nya naek kalau jalan di 120 Kpj... bajek lagi, bau nya baru muncul di 140 Kpj... akhirnya ane cuekin aja dah... masa ane kudu bajek sampe 150++? hehehehe... emoh... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
PlantFoot wrote:bau sangit kl ga slh dari CC om..msk nya dr ac..ini mmg khas nya sijuki..swift ane aja dl jg begini...kl lwt 120 ilang biasanya om..
ovation wrote:Angkat lagi topik legendaris ertiga ah, bau sangit pas ngebut di tol.
Setelah sebelumnya saya pikir bau sangitnya dah ilang ternyata nongol lagi pas ngebut di tol.
Saya termasuk jarang di tol. Km saya udah 25rb. Pake filter ac yg karbon segala tapi gak pk wewangian krn saya gak suka bau2 wangi yg dijual di pasaran. Saya lebih suka bau badan saya pas abis mandi soalnya, dan gada yg jual parfum bau sabun itu hihihi
Saya udah pernah komplain ke beres juga, sampe semua lubang di bagian belakang bawah mobil disumbat pk dobeltape 3M segala.
Saya perhatiin sih pas tancap gas sampe 120kmh blon bau, tapi bgitu lepas lepas gas (glide) baru deh bau sangit menyebalkan itu muncul lagi.
Nah, krn dulu mekanik beres pernah bilang soal "turbulensi" di bagian belakang, apa masalah ini bisa selesai dengan "memanjangkan" bagian knalpot belakang (di-las di tukang knalpot tentunya)?
Ataukah ada solusi lain yang bisa diterapkan selain menukarkan stnk dan bpkb ke merk lain?
Mohon petunjuk ya om semua
Mungkin perasaan saya saja, setelah panjah mulai rutin premiuman setahunan yll, bau sangit pas bejek itu muncul terus... Efek penumpukan belerang di CC, mungkin?DDR wrote:Penyakit ini bukan spesifik Ertiga koq... kalau diliat liat di forum Kas*us juga banyak merek laen yang ngalamin masalah serupa. Sepertinya ini sih bau dari CC... dulu mobil ane awal awal nya juga bau... di 100 Kpj aja udah bau, terus sering dibajek disegitu, bau nya naek kalau jalan di 120 Kpj... bajek lagi, bau nya baru muncul di 140 Kpj... akhirnya ane cuekin aja dah... masa ane kudu bajek sampe 150++? hehehehe... emoh...
Sekarang sudah bbrp kali fulltank RON92, rasanya (rasanya lho) ga sebegitu menyengat seperti dulu?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 22, 2014 2:58
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Memang semua mobil yg pake cc ada penyakit gini, rata-rata pemilik ertiga udah tau.
Nah yang ditanyakan adalah: Ada solusi atau cara mengakali penyakit ini? Kan kata mekanik gara-gara turbulensi apaan gitu deh.
Apakah ada pemilik ertiga di sini yg ganti ujung knalpot dengan cara memotong dan dilas dengan moncong barunya? Kan jadinya lebih panjang tuh, apakah setelah dipanjangin moncongnya gitu bau sangit jadi ilang?
Kalo iya saya mau ikutan ganti moncong knalpot gitu om. Kalo nggak ya ngapain kan hihihihi
Nah yang ditanyakan adalah: Ada solusi atau cara mengakali penyakit ini? Kan kata mekanik gara-gara turbulensi apaan gitu deh.
Apakah ada pemilik ertiga di sini yg ganti ujung knalpot dengan cara memotong dan dilas dengan moncong barunya? Kan jadinya lebih panjang tuh, apakah setelah dipanjangin moncongnya gitu bau sangit jadi ilang?
Kalo iya saya mau ikutan ganti moncong knalpot gitu om. Kalo nggak ya ngapain kan hihihihi

mangan ora mangan sing penting mangan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
ane naik vloz 2012 sdh 75rb km..slalu premium..g pnah bau sangit om..ap krn idung mampet ato krn jarang lbih dr 100kmperjam..ato itu utk apanjah1300cc aj? Mbl jg g ad parfum...jd bau apapun hrsnya ane tauimingwahyudi wrote: Mungkin perasaan saya saja, setelah panjah mulai rutin premiuman setahunan yll, bau sangit pas bejek itu muncul terus... Efek penumpukan belerang di CC, mungkin?
Sekarang sudah bbrp kali fulltank RON92, rasanya (rasanya lho) ga sebegitu menyengat seperti dulu?
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Dec 30, 2014 8:41
- Location: Jakarta Selatan
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Ertiga temenku baru setaun kaki2nya uda mesti diserpis
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Mau dipanjangin sp mn om? itu kan dah sp blkg. Kl ane sih cium baunya dr ac bukan dr blkg. Kl mau pasti ya copot aja CCovation wrote:Memang semua mobil yg pake cc ada penyakit gini, rata-rata pemilik ertiga udah tau.
Nah yang ditanyakan adalah: Ada solusi atau cara mengakali penyakit ini? Kan kata mekanik gara-gara turbulensi apaan gitu deh.
Apakah ada pemilik ertiga di sini yg ganti ujung knalpot dengan cara memotong dan dilas dengan moncong barunya? Kan jadinya lebih panjang tuh, apakah setelah dipanjangin moncongnya gitu bau sangit jadi ilang?
Kalo iya saya mau ikutan ganti moncong knalpot gitu om. Kalo nggak ya ngapain kan hihihihi

Btw bensin pk apa om? kl pk premium cb dibersihin pk redline cfc. Bs Beli d ace.
*bukan seles redline/ace
Sent from my GT-I8150 using Tapatalk 2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 22, 2014 2:58
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Bensin dari awal beli taon 2012 ampe sekarang pakenya shell. Sekalinya pertamina paling pake pertamax plus karena pas mudik ke semarang gak ada shell.PlantFoot wrote:Mau dipanjangin sp mn om? itu kan dah sp blkg. Kl ane sih cium baunya dr ac bukan dr blkg. Kl mau pasti ya copot aja CCovation wrote:Memang semua mobil yg pake cc ada penyakit gini, rata-rata pemilik ertiga udah tau.
Nah yang ditanyakan adalah: Ada solusi atau cara mengakali penyakit ini? Kan kata mekanik gara-gara turbulensi apaan gitu deh.
Apakah ada pemilik ertiga di sini yg ganti ujung knalpot dengan cara memotong dan dilas dengan moncong barunya? Kan jadinya lebih panjang tuh, apakah setelah dipanjangin moncongnya gitu bau sangit jadi ilang?
Kalo iya saya mau ikutan ganti moncong knalpot gitu om. Kalo nggak ya ngapain kan hihihihi
Btw bensin pk apa om? kl pk premium cb dibersihin pk redline cfc. Bs Beli d ace.
*bukan seles redline/ace
Sent from my GT-I8150 using Tapatalk 2
Soal knalpot, cuma mikir aja om, kan kata mekanik turbulence di sekitar knalpot belakang. Nah kalo dipanjangin ampe nongol dikit apa masalah bisa selesai. Itu yg pengen saya tahu dari mereka yg udah ganti ujung knalpot ertiga om
mangan ora mangan sing penting mangan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
dl ane waktu beli dpt bonus muffler tip dr dealer, ya ujungnya sih sp keluar bemper blkg..tapi ya ttp aja kluar kok baunya..
yup ane jg biasa shell atau pertamax,,,ane skrg lg pk total 92, kmrn ngebut kyknya ga ada baunya..kbtlan pengharum mbl jg lg abis..
yup ane jg biasa shell atau pertamax,,,ane skrg lg pk total 92, kmrn ngebut kyknya ga ada baunya..kbtlan pengharum mbl jg lg abis..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
ada yang uda pengalaman cobain macem2 bensin?
mana yang paling enak buat ertiga ya?
pertamax ato plus?
super ato vpower?
ato total performance?
coba donk dishare dsini

mana yang paling enak buat ertiga ya?
pertamax ato plus?
super ato vpower?
ato total performance?
coba donk dishare dsini


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu May 22, 2014 2:58
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Pernah nyoba shell super, shell super extra yg trus diganti shell jadi shell vpower, pertamax 92, pertamax plus dan total (lupa 92 atau 95).philosophie wrote:ada yang uda pengalaman cobain macem2 bensin?
mana yang paling enak buat ertiga ya?
pertamax ato plus?
super ato vpower?
ato total performance?
coba donk dishare dsini![]()
Kayaknya sih lebih cocok ama shell super dan vpower aja (gantian). Kalo pas kepepet sih pertamax plus ok juga. Total gatau kenapa kok gak cocok ama kaki saya, lupa detilnya. Premium gak pernah nyoba kalo di ertiga.
mangan ora mangan sing penting mangan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Skala : 1.Paling bagus 3.Paling Jelek
Premium : Irit 3. Performa :3
Pertamax : Irit 2. Performa 2
Pertamax Plus : Blm pernah coba.
Shell Super : Irit 2. Performa 2.
V power : Irit 2. Performa 2. (v power skrg dah ga sedahsyat waktu awal2 keluar, atau mmg konsisi mobil sy yg dah beda
)
Total 92 : Irit 1. Performa 1. ( sebelumnya isi shell super, begitu tinggal 1/4, lgsg ane isi fulltank, lgsg berasa bedanya)
Total 95 : Blm pernah coba. (cm pernah cb d motor, performa lbh baik dr yg 92)
Oli : hx 8 5w/30.
Ini penilaian pk berdasarkan memori & butt-o-meter subjektif ane pribadi..
Premium : Irit 3. Performa :3
Pertamax : Irit 2. Performa 2
Pertamax Plus : Blm pernah coba.
Shell Super : Irit 2. Performa 2.
V power : Irit 2. Performa 2. (v power skrg dah ga sedahsyat waktu awal2 keluar, atau mmg konsisi mobil sy yg dah beda

Total 92 : Irit 1. Performa 1. ( sebelumnya isi shell super, begitu tinggal 1/4, lgsg ane isi fulltank, lgsg berasa bedanya)
Total 95 : Blm pernah coba. (cm pernah cb d motor, performa lbh baik dr yg 92)
Oli : hx 8 5w/30.
Ini penilaian pk berdasarkan memori & butt-o-meter subjektif ane pribadi..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
numpang lewat ..
unit ertiga 2015 naek berapa yaa ..
unit ertiga 2015 naek berapa yaa ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Kyknya belum keluar, om jalananDOHC (apanya om DOHC ini?)jalananDOHC wrote:numpang lewat ..
unit ertiga 2015 naek berapa yaa ..
Tgl 31 kmarin ane dah mau SPK tapi katanya stok dah abis n pricelist baru blum keluar, nunggu Senin besok.
Btw ane baca2 lagi tentang Ertiga ini, kok banyak review minus dari sisi QC dan aftersales ya meski di forum R3 sndiri (ERCI k*sk*s), semisal karat di beberapa bagian, axle beam yg seharusnya recall tpi tidak diumumkan massal alias nunggu cust komplen baru diganti, kaca mudah berkabut di daerah dingin (ane pernah ngalamin kaca berkabut gini dulu pake APV malem2 di daerah dingin, maakk sama sekali blind ane sampe jalan pelan sangat n pasrah aja kalo nabrak).
Jadi galau lagi deh, memang poin yg bikin ane tertarik kelengkapan fitur & desain interior, sedangkan yg bikin ga tertarik desain eksterior, dan sekarang makin galau sama QC

Kalo di forum ERCI ksimpulannya: ga ada mobil sempurna, ambillah dengan segala kelebihan & kekurangannya

Hm, bingung nih kalo ga ambil R3 trus ambil apa?

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
bukan om dohc ..djia wrote:Kyknya belum keluar, om jalananDOHC (apanya om DOHC ini?)jalananDOHC wrote:numpang lewat ..
unit ertiga 2015 naek berapa yaa ..
Tgl 31 kmarin ane dah mau SPK tapi katanya stok dah abis n pricelist baru blum keluar, nunggu Senin besok.
Btw ane baca2 lagi tentang Ertiga ini, kok banyak review minus dari sisi QC dan aftersales ya meski di forum R3 sndiri (ERCI k*sk*s), semisal karat di beberapa bagian, axle beam yg seharusnya recall tpi tidak diumumkan massal alias nunggu cust komplen baru diganti, kaca mudah berkabut di daerah dingin (ane pernah ngalamin kaca berkabut gini dulu pake APV malem2 di daerah dingin, maakk sama sekali blind ane sampe jalan pelan sangat n pasrah aja kalo nabrak).
Jadi galau lagi deh, memang poin yg bikin ane tertarik kelengkapan fitur & desain interior, sedangkan yg bikin ga tertarik desain eksterior, dan sekarang makin galau sama QC![]()
Kalo di forum ERCI ksimpulannya: ga ada mobil sempurna, ambillah dengan segala kelebihan & kekurangannya![]()
Hm, bingung nih kalo ga ambil R3 trus ambil apa?
# kaca berkabut --> dialami sebagian unit low mpv om, jadi santai saja ..
# kebetulan ane udah menyelam di thread kaskus ertiga ato mob*lio ato sp*n dan grup fb ertiga ato mob*lio ato sp*n dari awal muncul ke pasar dan pilihan ke ertiga sesuai keuangan ortu ..
# pinginnya unit 2014 biar cashback mantap tapi baru bisa nuker sekitar pertengahan ato akhir januari ..
# ertiga --> perawatan murah (oli 5w-30 + filter oli sekitar 250k) & interior menarik tapi radius putar besar, legroom baris ketiga sempit, bagasi kecil & tenaga mesin kecil dibandingkan r*o yg sama 1400cc .. hehehe
# mob*lio --> kursi tipis (entah tahan berapa lama), dashboard begitu, sambungnya kasar dibagian ruang mesin dan perawatan (oli 0w-20 + filter oli tembus 500K)
# sp*n --> bengkel susah, GC terlalu rendah, sebagian tanpa penutup mesin dibagian bawah, aki gendut ..
# jadi gmn yaa .. duit ngepas sekaligus pingin ganti transmisi dari manual ke matic karena capek ketika luar kota ato lebaran (mulai 2012 jarak 340km ditempuh 11jam pdhal sebelum tahun 2012 cuma 7jam 30menit) ..
(cmiiw)