User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 151
- Joined: Thu Feb 13, 2014 4:57
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
nice review om sandal, itu ertiga altair head rest 3rd row nya ga kegedean yak ?? kenapa ga ambil yang matik om sandal ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Thanks om v63000v63000 wrote:nice review om sandal, itu ertiga altair head rest 3rd row nya ga kegedean yak ?? kenapa ga ambil yang matik om sandal ?

Waduh.... itu headrest atau bantal om


Soalnya ayah ane nyaranin beli r3 manual om hehe.... meskipun versi matiknya juga enak


Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Nice ripiu bro...
Ertiga sptnya sgt menarik di dlm ranah MPV... Bakal gw masukkan dlm wishlist TD..
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

Ertiga sptnya sgt menarik di dlm ranah MPV... Bakal gw masukkan dlm wishlist TD..

Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Thanks riczricz wrote:Nice ripiu bro...![]()
Ertiga sptnya sgt menarik di dlm ranah MPV... Bakal gw masukkan dlm wishlist TD..
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk

TD R3 yuk *kaya iklan aja

Semua transmisi ricz yang di TD

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
hari ini td r3, tpi cuma dpt yg GL M/T, padahal pengennya GX A/T. ada sih unit TD GX A/T tpi harus ke surabaya dulu, kbtulan sales di sana temen baik saya.
TD tadi, saya lewatkan aspal bertambal2 yg sering bikin badan pegel2 kalo pake avanza, krn ini termasuk pertimbangan saya cari pengganti avanza.
hmm..tapi rasa2nya kok tidak begitu berbeda ya dengan avanza saya
tpi memang cuma jarak dekat sih TD nya. coba ada pinjaman / unit rental GX AT yg bisa saya pake 150 - 200 km.
pros yg saya suka (dibanding avanza saya)
+ kekedapan memang lebih kedap dari avanza
+ interior & warna jok (bawaan) yg cerah bikin lebih mewah. meskipun sedikit berkurang ketika dibekleed.
+ fitur lebih banyak (pengatur arah semburan ac termasuk defogger kaca depan, tombol audio di setir, seat height adjust utk tipe GX, MID lebih lengkap, tweeter, dll)
cons
- jujur sebenernya eksterior saya lebih suka veloz daripada ertiga (subjektif)
- bagasi lebih sempit
- interior lebih mudah kotor krn beige di mana2, n lebih terlihat kalo kotor. unit TD tadi km 26rb, n meskipun memang ini unit TD (mobil tumbal) tpi kusamnya interior cukup bikin ilfil.
- kemarin ngobrol sama temen yg punya ertiga gen-1 (belum dobel blower) katanya steering column bermasalah & diganti seperangkat, pdhl masih km 16rb. avanza saya sampai di km 30rb ini nyaris ga ada trobel kecuali handle reclining seat driver yg lepas & antenna yg tiba2 ga bisa dimasukkan.
saya masih penasaran tingkat seringnya problem muncul di ertiga, karena sepertinya termasuk kandidat yg pengen saya spk dlm waktu dekat. apa ada yg bisa kasi info (terutama user yg mungkin sudah >100rb km) ?
TD tadi, saya lewatkan aspal bertambal2 yg sering bikin badan pegel2 kalo pake avanza, krn ini termasuk pertimbangan saya cari pengganti avanza.
hmm..tapi rasa2nya kok tidak begitu berbeda ya dengan avanza saya

tpi memang cuma jarak dekat sih TD nya. coba ada pinjaman / unit rental GX AT yg bisa saya pake 150 - 200 km.
pros yg saya suka (dibanding avanza saya)
+ kekedapan memang lebih kedap dari avanza
+ interior & warna jok (bawaan) yg cerah bikin lebih mewah. meskipun sedikit berkurang ketika dibekleed.
+ fitur lebih banyak (pengatur arah semburan ac termasuk defogger kaca depan, tombol audio di setir, seat height adjust utk tipe GX, MID lebih lengkap, tweeter, dll)
cons
- jujur sebenernya eksterior saya lebih suka veloz daripada ertiga (subjektif)
- bagasi lebih sempit
- interior lebih mudah kotor krn beige di mana2, n lebih terlihat kalo kotor. unit TD tadi km 26rb, n meskipun memang ini unit TD (mobil tumbal) tpi kusamnya interior cukup bikin ilfil.
- kemarin ngobrol sama temen yg punya ertiga gen-1 (belum dobel blower) katanya steering column bermasalah & diganti seperangkat, pdhl masih km 16rb. avanza saya sampai di km 30rb ini nyaris ga ada trobel kecuali handle reclining seat driver yg lepas & antenna yg tiba2 ga bisa dimasukkan.
saya masih penasaran tingkat seringnya problem muncul di ertiga, karena sepertinya termasuk kandidat yg pengen saya spk dlm waktu dekat. apa ada yg bisa kasi info (terutama user yg mungkin sudah >100rb km) ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Iya mirip yg saya tulis sbelumnya om djia...ane jg tiap hr naik veloz kesannya naik r3 jg sama...interior bagus rapi cerah..cuma luarnya bagusan phanya..imho cuma mslh slera aj hehe
tp lbih irit r3 lho om
tp lbih irit r3 lho om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Bodyroll R3 vs avanza gimana?djia wrote:hari ini td r3, tpi cuma dpt yg GL M/T, padahal pengennya GX A/T. ada sih unit TD GX A/T tpi harus ke surabaya dulu, kbtulan sales di sana temen baik saya.
TD tadi, saya lewatkan aspal bertambal2 yg sering bikin badan pegel2 kalo pake avanza, krn ini termasuk pertimbangan saya cari pengganti avanza.
hmm..tapi rasa2nya kok tidak begitu berbeda ya dengan avanza saya![]()
tpi memang cuma jarak dekat sih TD nya. coba ada pinjaman / unit rental GX AT yg bisa saya pake 150 - 200 km.
pros yg saya suka (dibanding avanza saya)
+ kekedapan memang lebih kedap dari avanza
+ interior & warna jok (bawaan) yg cerah bikin lebih mewah. meskipun sedikit berkurang ketika dibekleed.
+ fitur lebih banyak (pengatur arah semburan ac termasuk defogger kaca depan, tombol audio di setir, seat height adjust utk tipe GX, MID lebih lengkap, tweeter, dll)
cons
- jujur sebenernya eksterior saya lebih suka veloz daripada ertiga (subjektif)
- bagasi lebih sempit
- interior lebih mudah kotor krn beige di mana2, n lebih terlihat kalo kotor. unit TD tadi km 26rb, n meskipun memang ini unit TD (mobil tumbal) tpi kusamnya interior cukup bikin ilfil.
- kemarin ngobrol sama temen yg punya ertiga gen-1 (belum dobel blower) katanya steering column bermasalah & diganti seperangkat, pdhl masih km 16rb. avanza saya sampai di km 30rb ini nyaris ga ada trobel kecuali handle reclining seat driver yg lepas & antenna yg tiba2 ga bisa dimasukkan.
saya masih penasaran tingkat seringnya problem muncul di ertiga, karena sepertinya termasuk kandidat yg pengen saya spk dlm waktu dekat. apa ada yg bisa kasi info (terutama user yg mungkin sudah >100rb km) ?
Udah lupa rasanya avanza.
Kalo bandingin dgn mobilio jelas R3 bodyrollnya jadi kerasa sangat parah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Ya pelan aja atuh kalo mbelok.. namanya juga mpv..dipelanin sampe efek bodyroll minim.. kan sama sama enak.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Wakaka btul om..maklum sm ers pembalap kabeh jd bodyroll penting banget heheVanzMatic wrote:Ya pelan aja atuh kalo mbelok.. namanya juga mpv..dipelanin sampe efek bodyroll minim.. kan sama sama enak.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
kurangi gas klo perlu rem dikit aj khan g trasa hehe
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
good review, bro aris.... review perdana yang cukup komplit.
ane agak minim pengalaman dengan Ertiga, cuma pernah 1x duduk di batch awal Ertiga GX MT taun 2012 kemaren pas ada event TD di kampus, sayang karena Manual waktu itu ane nggak berani dan juga lagi nggak bawa SIM. Kalo sekarang sih ayok ae, wong udah latian pake RX-8 manual
yang kedua nyetir Ertiga GX AT punya modcing... sekaligus buat ngebully Mazda8
ATnya halus dan feels robust, walaupun agak ketahan di bawah dan powernya kerasa kurang "raw".... beda sama M-series yang asalnya performance engine. bisa dimaklumi, namanya juga compact MPV.
Kabin well-built, nggak kerasa fragile kayak Mobilio. Handling agak dibawah Mobilio, power dibawah Mobilio apalagi CVTnya Mobilio cukup smooth dalam urusan transfer tenaga.... cabin space Mobilio menang tapi Ertiga unggul di seatnya yang lebih tebel dan nyaman, more or less kayak bandingin kabin New Odyssey sama Mazda8 (kok coincidence lagi ya?).
yang ketiga nyetir Ertiga berlogo Mazda dan harganya 500juta..... eh ini termasuk ndak ya?
sejujurnya ada kepikiran mau ganti Xenia matik 2011 ane ke Ertiga GX AT, tapi berhubung resale value Xenia matik 2011 ane sangat hancur dan nggak worth it nambahnya ke Ertiga GX atau Xenia R AT karena mobil juga mau dipake buat ancur-ancuran, akhirnya urung dijual dan dipake sampe sekarang....
IMO yang bikin Mobilio bisa nyaman itu boleh percaya apa nggak, karena body nya nggak kemana-mana waktu nikung, thanks to its Brio chassis yang merupakan turunan langsung dari Jazz chassis. Setting suspensinya juga pas, nggak terlalu ngayun tapi nggak terlalu firm juga, berefek ke damping yang nggak bikin sakit pantat...
New Avanza juga kalo boleh dibilang suspensinya yang dibuat lebih kaku sedikit malah bikin lebih nyaman....
ane agak minim pengalaman dengan Ertiga, cuma pernah 1x duduk di batch awal Ertiga GX MT taun 2012 kemaren pas ada event TD di kampus, sayang karena Manual waktu itu ane nggak berani dan juga lagi nggak bawa SIM. Kalo sekarang sih ayok ae, wong udah latian pake RX-8 manual

yang kedua nyetir Ertiga GX AT punya modcing... sekaligus buat ngebully Mazda8

Kabin well-built, nggak kerasa fragile kayak Mobilio. Handling agak dibawah Mobilio, power dibawah Mobilio apalagi CVTnya Mobilio cukup smooth dalam urusan transfer tenaga.... cabin space Mobilio menang tapi Ertiga unggul di seatnya yang lebih tebel dan nyaman, more or less kayak bandingin kabin New Odyssey sama Mazda8 (kok coincidence lagi ya?).
yang ketiga nyetir Ertiga berlogo Mazda dan harganya 500juta..... eh ini termasuk ndak ya?


sejujurnya ada kepikiran mau ganti Xenia matik 2011 ane ke Ertiga GX AT, tapi berhubung resale value Xenia matik 2011 ane sangat hancur dan nggak worth it nambahnya ke Ertiga GX atau Xenia R AT karena mobil juga mau dipake buat ancur-ancuran, akhirnya urung dijual dan dipake sampe sekarang....
sebetulnya kalo bodyroll penting juga lho, menyangkut kenyamanan dan keamanan soalnya, oom. makanya setting suspensi di MPV nggak bisa dibikin asal empuk aja, harus dipikirin dampingnya dan efeknya ke body movement jugaliep wrote:Wakaka btul om..maklum sm ers pembalap kabeh jd bodyroll penting banget heheVanzMatic wrote:Ya pelan aja atuh kalo mbelok.. namanya juga mpv..dipelanin sampe efek bodyroll minim.. kan sama sama enak.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
kurangi gas klo perlu rem dikit aj khan g trasa hehe
IMO yang bikin Mobilio bisa nyaman itu boleh percaya apa nggak, karena body nya nggak kemana-mana waktu nikung, thanks to its Brio chassis yang merupakan turunan langsung dari Jazz chassis. Setting suspensinya juga pas, nggak terlalu ngayun tapi nggak terlalu firm juga, berefek ke damping yang nggak bikin sakit pantat...
New Avanza juga kalo boleh dibilang suspensinya yang dibuat lebih kaku sedikit malah bikin lebih nyaman....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Bodyroll avanza mayan gede kok. Ponakan2 cilik yg ngikut di belakang setiap ane nikung mesti jerit2 seneng karena tubuhnya yg mungil bisa terlempar kesana kemari padahal ane beloknya pelan, apalagi kalo sengaja ane belok agak cepet
Kalo ertiga belum bisa ambil kesimpulan.
Kalo mobilio memang lebih baik.

Kalo ertiga belum bisa ambil kesimpulan.
Kalo mobilio memang lebih baik.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Berhubung ane punya 2 balita..maka jok tengah ertiga ane udh loreng2 ga jelas warnanya
Tapi ntar aja kalo mereka udh agak gedean baru ane ganti sarung joknya..
@om djjia: ane juga udh ganti rack steer satu set..kata SA nya sih itu problem untuk batch2 awal..produk pengganti yang dipasang ke mobil ane katanya sudah ada perbaikan..katanya sih
Masalah body roll..ane gak terlalu paham
..gak pernah balap2 soalnya..maklum..bawa keluarga 

Tapi ntar aja kalo mereka udh agak gedean baru ane ganti sarung joknya..
@om djjia: ane juga udh ganti rack steer satu set..kata SA nya sih itu problem untuk batch2 awal..produk pengganti yang dipasang ke mobil ane katanya sudah ada perbaikan..katanya sih

Masalah body roll..ane gak terlalu paham


"Supermouse Use No Pedals..."
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
ChZ wrote:
IMO yang bikin Mobilio bisa nyaman itu boleh percaya apa nggak, karena body nya nggak kemana-mana waktu nikung, thanks to its Brio chassis yang merupakan turunan langsung dari Jazz chassis. Setting suspensinya juga pas, nggak terlalu ngayun tapi nggak terlalu firm juga, berefek ke damping yang nggak bikin sakit pantat...
.
pantesan... waktu ane nyupirin ini mobilnyong, koq berasa agak mirip nyetir GE8 ane yahh... padahal ane lg nyetir sendiri dan rute nya pegunungan... ga sempet ngolong utk perhatiin teliti tuh chassis... tp utk suspensi belakang, sekilas ane liat mirip ama GE8 ane.. dari bentuk torsion bar dan posisi mounting2 shock breaker blakangnya yg rada beda dibanding temen2 mpv sejenis nya (yg kl diperhatiin ntuh posisi shock agak miring dan bener2 di posisikan mengikat bagian paling ujung blakang dari si torsion bar)...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Wkwkwkwkliep wrote:Wakaka btul om..maklum sm ers pembalap kabeh jd bodyroll penting banget heheVanzMatic wrote:Ya pelan aja atuh kalo mbelok.. namanya juga mpv..dipelanin sampe efek bodyroll minim.. kan sama sama enak.
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
kurangi gas klo perlu rem dikit aj khan g trasa hehe
Ane masih pingin jadi kaya fitra eri om liep hehe

Wogh TD R3 GL? Nice reportdjia wrote:hari ini td r3, tpi cuma dpt yg GL M/T, padahal pengennya GX A/T. ada sih unit TD GX A/T tpi harus ke surabaya dulu, kbtulan sales di sana temen baik saya.
TD tadi, saya lewatkan aspal bertambal2 yg sering bikin badan pegel2 kalo pake avanza, krn ini termasuk pertimbangan saya cari pengganti avanza.
hmm..tapi rasa2nya kok tidak begitu berbeda ya dengan avanza saya![]()
tpi memang cuma jarak dekat sih TD nya. coba ada pinjaman / unit rental GX AT yg bisa saya pake 150 - 200 km.
pros yg saya suka (dibanding avanza saya)
+ kekedapan memang lebih kedap dari avanza
+ interior & warna jok (bawaan) yg cerah bikin lebih mewah. meskipun sedikit berkurang ketika dibekleed.
+ fitur lebih banyak (pengatur arah semburan ac termasuk defogger kaca depan, tombol audio di setir, seat height adjust utk tipe GX, MID lebih lengkap, tweeter, dll)
cons
- jujur sebenernya eksterior saya lebih suka veloz daripada ertiga (subjektif)
- bagasi lebih sempit
- interior lebih mudah kotor krn beige di mana2, n lebih terlihat kalo kotor. unit TD tadi km 26rb, n meskipun memang ini unit TD (mobil tumbal) tpi kusamnya interior cukup bikin ilfil.
- kemarin ngobrol sama temen yg punya ertiga gen-1 (belum dobel blower) katanya steering column bermasalah & diganti seperangkat, pdhl masih km 16rb. avanza saya sampai di km 30rb ini nyaris ga ada trobel kecuali handle reclining seat driver yg lepas & antenna yg tiba2 ga bisa dimasukkan.
saya masih penasaran tingkat seringnya problem muncul di ertiga, karena sepertinya termasuk kandidat yg pengen saya spk dlm waktu dekat. apa ada yg bisa kasi info (terutama user yg mungkin sudah >100rb km) ?

Steering column bermasalah




Thank you chrisChZ wrote:good review, bro aris.... review perdana yang cukup komplit.
ane agak minim pengalaman dengan Ertiga, cuma pernah 1x duduk di batch awal Ertiga GX MT taun 2012 kemaren pas ada event TD di kampus, sayang karena Manual waktu itu ane nggak berani dan juga lagi nggak bawa SIM. Kalo sekarang sih ayok ae, wong udah latian pake RX-8 manual![]()
yang kedua nyetir Ertiga GX AT punya modcing... sekaligus buat ngebully Mazda8ATnya halus dan feels robust, walaupun agak ketahan di bawah dan powernya kerasa kurang "raw".... beda sama M-series yang asalnya performance engine. bisa dimaklumi, namanya juga compact MPV.
Kabin well-built, nggak kerasa fragile kayak Mobilio. Handling agak dibawah Mobilio, power dibawah Mobilio apalagi CVTnya Mobilio cukup smooth dalam urusan transfer tenaga.... cabin space Mobilio menang tapi Ertiga unggul di seatnya yang lebih tebel dan nyaman, more or less kayak bandingin kabin New Odyssey sama Mazda8 (kok coincidence lagi ya?).
yang ketiga nyetir Ertiga berlogo Mazda dan harganya 500juta..... eh ini termasuk ndak ya?![]()
![]()
sejujurnya ada kepikiran mau ganti Xenia matik 2011 ane ke Ertiga GX AT, tapi berhubung resale value Xenia matik 2011 ane sangat hancur dan nggak worth it nambahnya ke Ertiga GX atau Xenia R AT karena mobil juga mau dipake buat ancur-ancuran, akhirnya urung dijual dan dipake sampe sekarang....


TD R3 lagi yuk yang manual


Wkwkwkw...... Ngebully modcing karena modcing sudah tobat beli yang ori untuk melengkapi kw8nya

Pasarannya Xenia matic 2011 brpan yah kalo di Semarang?


Btw
Ini dibahas aja, bagaimana sensasi Mazda 8 rasa Ertigayang ketiga nyetir Ertiga berlogo Mazda dan harganya 500juta..... eh ini termasuk ndak ya?![]()
![]()






There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Sebelum tahun baru kemarin saya sudah mau spk ertiga gx a/t, tapi kata sales stok 2014 sudah habis, tinggal satu warna hitam. Saya diminta nunggu hari Senin besok untuk kepastian stok baru & harga baru.
Barusan gugling2 dapat beberapa artikel Ertiga mau facelift di 2015 tapi di negara asalnya dulu (India). Apa bener ya? Kalo jadi beli sekarang worth it ga ya? Ntar kalo ternyata bener facelift di sini & faceliftnya major kyk AvXen 2010 ke 2011 berasa nyesek juga
Barusan gugling2 dapat beberapa artikel Ertiga mau facelift di 2015 tapi di negara asalnya dulu (India). Apa bener ya? Kalo jadi beli sekarang worth it ga ya? Ntar kalo ternyata bener facelift di sini & faceliftnya major kyk AvXen 2010 ke 2011 berasa nyesek juga

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Nunggu facelift aja omdjia wrote:Sebelum tahun baru kemarin saya sudah mau spk ertiga gx a/t, tapi kata sales stok 2014 sudah habis, tinggal satu warna hitam. Saya diminta nunggu hari Senin besok untuk kepastian stok baru & harga baru.
Barusan gugling2 dapat beberapa artikel Ertiga mau facelift di 2015 tapi di negara asalnya dulu (India). Apa bener ya? Kalo jadi beli sekarang worth it ga ya? Ntar kalo ternyata bener facelift di sini & faceliftnya major kyk AvXen 2010 ke 2011 berasa nyesek juga

Kalo beli sekarang sih ya gpp, tapi baiknya nunggu facelift aja dulu

Just pandangan sangat2 newbie dari ane

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Lebih nunggu ertiga diesel sih, bakal masuk kapan ya? Manual ga masalah toh manualnya sijuki fun to drive
Penikmat roti tawar beroda
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Betul, manualnya suzuki emang fun to driveadty wrote:Lebih nunggu ertiga diesel sih, bakal masuk kapan ya? Manual ga masalah toh manualnya sijuki fun to drive

Nunggu R3 diesel juga

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Jadi bagusnya saya ambil manual atau matic ya? Kalo urgensi sih ga seberapa urgen maticnya krn keseharian ga macet juga. Cuma agak bosen juga sama manual.sandal wrote:Betul, manualnya suzuki emang fun to driveadty wrote:Lebih nunggu ertiga diesel sih, bakal masuk kapan ya? Manual ga masalah toh manualnya sijuki fun to drive
Nunggu R3 diesel juga
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Tadi baca salah satu artikel utk maruti ertiga india isu faceliftnya keluar skitar april besok, tpi juga nemu artikel lain tertanggal 24 des kmarin petinggi suzuki sini bilang facelift tidak akan keluar tahun ini. Masi bingung 'tahun ini' itu refers to 2014 ato 2015, krn artikel itu terbit minggu terahir 2014.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 82
- Joined: Sun Apr 27, 2014 4:41
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Enakan maic dunk,tinggal gas and maticnya ertiga smooth kok biarpun cmn 4 speed.kalo diskon nya bagus mdg ambil skrg gan,paling facelift nya jg cmn minor change secara mobil baru keluar th 2012 and br aja facelift grill sama penambahan double blower kan.lagian kalo minor change pasti price list naik dan diskon turun.biasa nya sih gitu,hehehedjia wrote:Jadi bagusnya saya ambil manual atau matic ya? Kalo urgensi sih ga seberapa urgen maticnya krn keseharian ga macet juga. Cuma agak bosen juga sama manual.sandal wrote:Betul, manualnya suzuki emang fun to driveadty wrote:Lebih nunggu ertiga diesel sih, bakal masuk kapan ya? Manual ga masalah toh manualnya sijuki fun to drive
Nunggu R3 diesel juga
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
Tadi baca salah satu artikel utk maruti ertiga india isu faceliftnya keluar skitar april besok, tpi juga nemu artikel lain tertanggal 24 des kmarin petinggi suzuki sini bilang facelift tidak akan keluar tahun ini. Masi bingung 'tahun ini' itu refers to 2014 ato 2015, krn artikel itu terbit minggu terahir 2014.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Fri Sep 12, 2014 8:10
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
ane user ertiga gx mt,...hehehehe
ga nyesel ambil ertiga,..cuma nyesel knp ga metik,..hehehehe
ga nyesel ambil ertiga,..cuma nyesel knp ga metik,..hehehehe
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
wow nambahin bro aris 
beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehe
dapet unit 2014 GX MT, km juga baru 17rb... wkwkwk 
my opinion
- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih
-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...
- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.
- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya hehe
untungya seat 2 dan 3 itu tinggi sehingga kaki tidak ngangkat sekalipun legroom terbatas.
- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better
- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.
-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.
waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.
yg pasti g nyesel sewa ni mbl
coba diesel VGT nya ada.. midrev g bakal kosong dan ga akan kurang torque wkwk
meski higrevny jadi ga dapat.
just my opnion..
bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkw
AMTnya unik.. karna unit transmisi persis sama dgn 5MT, clutch juga sama dgn yg MT.bedanya di tambah module buatan italy *magneti marelli gosipny* untuk actuator shift dan clutch yg jadi motorize dgn hydraulic di kontrol TCM, mungkin ada hubungan dgn AMT fiat500....
AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.
lets see klw uda mendarat di sini.


beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehe


my opinion

- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih

-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...
- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.
- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya hehe

- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better

- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.
-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.
waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.
yg pasti g nyesel sewa ni mbl


just my opnion..

bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkw

AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.
lets see klw uda mendarat di sini.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
Ertiga AMT? 
......5 years later...somewhere...outskirts of Jakarta....
kedai potong tak nampak banyak ertiga ni

..hoping it wont be as lemon as Savvy tho

......5 years later...somewhere...outskirts of Jakarta....

kedai potong tak nampak banyak ertiga ni


..hoping it wont be as lemon as Savvy tho

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
billyd1773dz wrote:wow nambahin bro aris
beberapa hari lalu road trip menggunakan ertiga rental sampai finish odo mencatat 930km.. well longest TD maybe.. hehedapet unit 2014 GX MT, km juga baru 17rb... wkwkwk
my opinion![]()
- suspensi is good, benefit dri rear torsionbeam/semi independent kerasa sekali di jalan ancur, better dari mpv saya sblmnya *ipah* yg rigid. body roll jauh lebih dikit, steering ratio jauh lebih cepat setara hatchback... kerasa banget saat jalan berkelok2 nimble tampa perlu menggerakan stir terlalu banyak,and imho malah masih much better dri hatchback dirumah.. meski overall pengendalian masih di bawah Spin sih![]()
-peredam suara is good and sufficient.. meski terutama urusan road noise dan suspension noise ipah G masih lebih baik...
- GC lebih tinggi dri ipah 185mm vs 176mm ipah dono terakhir( ipah gw 2009 dulu di webnya cuma 150-160mm ntah beda apanya). namun FWD dan travel suspensi lebih pendek. kemarin kita kesebuah pantai perawan yang jalanny 1 km bukan aspal rusak tp masih tanah pasir dengan akar2 pepohonan besar dan ceruk2an bekas air dalam di tanah lengkap dgn turun terjal... saat pergi aman karna turun, saat pulang... ya drama selip2 di ban depan dan beberapa kali kolong kena dan ban blkng kerasa ngangkat. *mbl sewaan habekk*... sayang no pic, kita ber 7, untungny with some effort and a lot of momentum tetep bisa nganter kita pulang meski uda ujan.. berutung tanahnya berpasir tidak jadi lumpur.
- Driving position hatchback like dan estika,secara subjektif didalam kabin saya lebih suka r3 dibanding spin, headroom berlimpah gw 170cm dri kepala ke atap lebih dri sejengkal. Jok ke 2 bisa maju mundur dan reclining dan dilengkapi handrest tengah. lucunya jika 3rd row di lipat 2nd row tidak bisa mundur maksimal. jadi untuk nikmatin 2nd row maksimal jok ke 3 harus berdiri dan 2nd bisa mundur maksimal dan jadi punya leg room lega. 3rd row.... ya tergantung sejauh apa orng di 2nd row mau berkorban majuin seatnya heheuntungya seat 2 dan 3 itu tinggi sehingga kaki tidak ngangkat sekalipun legroom terbatas.
- Engine K14 ini sweet spotnya kuat menjelang di rpm 4K enginenote dari sebelumnya kalem langsung berubah lebih merdu mesin tidak malu-malu rev sampai kena rev limiter di redline its quite fun. di rev bawah cukup kuat sampai 2k setelah itu torque dip 2k-3.5k baru mulai keluar lagi di 3.5k dan ngelonjak di 4k. selama torque dip....lemot n ngeden kosong.... siap-siap down shift tarik diatas 4K. atau ecodriving di bawah 2K yang justru malah kerasa lebih bertorsi. sayangnya di bawah 2K kadang tidak smooth power deliverynya, dan kadang jerky trutama saat glide dan transisi ke engine brake. bicara FC rute kombinasi rata-rata 13.5kml premium, mostly macet2an dalkot dan antar kota non tol dan sering tarik ke redline. so.. this engine fun on highrev torsi utk nanjak n overtaking baik selama stay on powerband... boring mid rev padahal most of the time jalur a.k.a.p pasti ada di rev ini apalagi klw berkelok dan naik turun.... low rev relatif torquey meski kadang suka jerky. selama di pke g pernah kedengar knock. pke p+ should be even better
- Transmisi MT.... throw pendek, jauh lebih pendek dari ipah dan lebih ringan saat di gerakan, vibrasi mesin minim di tuas transmisi, juga masih lebih baik dri miras MT, clutch ringan.. start dari gigi 1 tampa nekan throttl is tricky, dan g kerasa anti stall kickin seperti di spin dan apansa saat mencoba jalan tampa nekan gas. 100kmh@ 3000rpm. macet2an could be better jika mudah jalan dari gigi 1. sebenernya ratio gigi 1 uda rendah, gigi1 mostly dipke sesaat dan langsung shift ke 2, atau saat nanjak terjal. jalan di gigi 2 langsung juga bisa di bantu clutch dan gas. yang ganjel saat nikmatin rev sampai 6500 shift..... somehow.. butuh adaptasi untuk quick shift di highrpm klw asal hajar shift cepat pasti ndut2an.
-paling banyak kita isi 8 orang dgn 4 koper, dan 4 ransel hiking 20-30kg amaze karna masuk ke R3 ini.......... tarikan drop di rpm bawah, di atas masih *mayan* galak.. suspensi still well composed meski mulai ngayun,stoper tidak jedak jeduk violently karna overload. full load masih relatif mudah k 160kmh.
waktu itu pilihany nyewa apansa *bosen*, freed *expensive dan harus masuk 8 orng*, ipah *bosen yg diesel mahal*, dan.. ada tawaran ertelu, wkwk sempat ragu g masuk 8 orng sama barang2ny kta uda siap 2 balik bawa barang dulu, ya ternyata dgn sedikit pelumas bisa masuk juga dgn barangnya sekali jalan.
yg pasti g nyesel sewa ni mblcoba diesel VGT nya ada.. midrev g bakal kosong dan ga akan kurang torque wkwk
meski higrevny jadi ga dapat.
just my opnion..
bicara gosip next FL katanya 4AT di gusur diganti 5AMT - Shiftronic wkwkwAMTnya unik.. karna unit transmisi persis sama dgn 5MT, clutch juga sama dgn yg MT.bedanya di tambah module buatan italy *magneti marelli gosipny* untuk actuator shift dan clutch yg jadi motorize dgn hydraulic di kontrol TCM, mungkin ada hubungan dgn AMT fiat500....
AMT seharusny akan minim atau tidak ada slip layakny MT dan DCT... lebih efficient,minim powerloss/setara MT.. dan selisih harga dan bobot dgn MT lebih dekat karna unit GB sama, beda di modul actuatorny saja. well expect some jerkyness karna ini single clutch gearbox.
lets see klw uda mendarat di sini.
hasil reviewnya koq bikin ngiler ya,,, bagus bener kayanya ertiga,,,

apakah harus TD skalian pas servis ciprat ya,,,

be patient, please.. i'm a beginner.. 

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37
Re: User Review Suzuki Ertiga GX MT 2013
bagus apa ngga tergantung feeling jg si om..
sensasi tarikannya si asik menurut saya ya.. jadi pengen diajak ngebut aja bawaanya



sensasi tarikannya si asik menurut saya ya.. jadi pengen diajak ngebut aja bawaanya

