MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1704
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
ada alternatif lain selain diatas om..
coba grandis GT deh itu mobil nyaman banget, modelnya keren, sparepart agak mahal karena ori tp klo sama2 ori spare part mitsu lebih awet dipakainya..
apalagi tahun depan klo bener bbm subsidi sekelas RON 92 cocok banget deh..
coba grandis GT deh itu mobil nyaman banget, modelnya keren, sparepart agak mahal karena ori tp klo sama2 ori spare part mitsu lebih awet dipakainya..
apalagi tahun depan klo bener bbm subsidi sekelas RON 92 cocok banget deh..
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Kalau mau ambil mobil baru pilihannya:
1. Honda Mobilio E CVT
2. Ertiga GX A/T
Kedua mobil diatas masing2 ada plus minusnya. Mending coba bandingin ke showroom dan test drive. Kalau liat interior Mobilio sih kualitasnya jauh bgt dibanding dgn Ertiga. Interior Ertiga jauh lebih mewah.
Soal bantingan jg masih lebih nyaman Ertiga.
Kalau Mobilio unggulnya di mesin dan transmisi CVT.
Kalau pilihannya mobil second, ya cuma 1 yaitu Innova D4D A/T hehehe...
1. Honda Mobilio E CVT
2. Ertiga GX A/T
Kedua mobil diatas masing2 ada plus minusnya. Mending coba bandingin ke showroom dan test drive. Kalau liat interior Mobilio sih kualitasnya jauh bgt dibanding dgn Ertiga. Interior Ertiga jauh lebih mewah.
Soal bantingan jg masih lebih nyaman Ertiga.
Kalau Mobilio unggulnya di mesin dan transmisi CVT.
Kalau pilihannya mobil second, ya cuma 1 yaitu Innova D4D A/T hehehe...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Gak sekalian aja Alphard atau Elgrand?adty wrote:Serena nav1 biante gampang gesrot oom, kurang cocok kalo jarak jauh medannya ga bagusimingwahyudi wrote:VanzMatic wrote:Modus buat beli M2 GT kaaaan...?
[emoji297] [emoji297] [emoji297] [emoji297] [emoji209] [emoji445]
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Eniiiwei oom ga kepikiran Serena or even Nav1? Setahu saya diskonnya besar itu dua *cmiiw
But to be honest, saya sendiri memang mikir D4D
Jarang mobil yang bisa mencakup spektrum masyarakat Indonesia secara hampir keseluruhan

Kan dari pilihan TS udah ketauan budgetnya berapa... Kalo nyaranin dgn range harga diatasnya ya ga akan masuk budget.
Lagian emang bener Serena, Nav1 dan Biante gampang gesrot krn GC nya lebih rendah, kurang cocok untuk kondisi jalanan di sini yg medannya bentar bagus bentar ancur seancur-ancurnya... Di kota gw aja rasanya jalanan baru kmrn dirapihin cuma tahan 3-4 bulan, pas musim ujan lobang dimana2 dan parahnya dalem2. Bayangin pas ujan tuh lobang ketutup air, mana kita bisa liat tuh lobang. Alhasil gubrak dah, yg kasian motor sering masuk sampai jatoh

Oya, pengalaman pribadi pake Alphard dulu suka gesrot, posisi duduk di dalem emang tinggi tp jarak tanah ke bumper ga tinggi jd harus hati2 bawanya spt bawa sedan lah

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Ya mobil didisain buat jalan mulus terus, gak cocok buat pake di siniDigitALL wrote: Gak sekalian aja Alphard atau Elgrand?![]()
Kan dari pilihan TS udah ketauan budgetnya berapa... Kalo nyaranin dgn range harga diatasnya ya ga akan masuk budget.
Lagian emang bener Serena, Nav1 dan Biante gampang gesrot krn GC nya lebih rendah, kurang cocok untuk kondisi jalanan di sini yg medannya bentar bagus bentar ancur seancur-ancurnya... Di kota gw aja rasanya jalanan baru kmrn dirapihin cuma tahan 3-4 bulan, pas musim ujan lobang dimana2 dan parahnya dalem2. Bayangin pas ujan tuh lobang ketutup air, mana kita bisa liat tuh lobang. Alhasil gubrak dah, yg kasian motor sering masuk sampai jatoh![]()
Oya, pengalaman pribadi pake Alphard dulu suka gesrot, posisi duduk di dalem emang tinggi tp jarak tanah ke bumper ga tinggi jd harus hati2 bawanya spt bawa sedan lah
Di sini cocoknya MPV dgn GC tinggi + suspensi Heavy Duty
bagus itu Mitsu bikin Delica yg GC tinggi....gak ikut mainstream tetangga2-nya sesama Jepanger
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Pasang supercharge buat mesin L15A
scr nanti mungkin bensin terendah RON 92

scr nanti mungkin bensin terendah RON 92

* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
WHO sudah confirm asap mesin disel itu karsinogenik alias pemicu kanker.
Selain itu juga salah satu penyebab autisme menurut riset Harvard School of Public Health.
Di Paris dan London bentar lagi mesin disel dilarang warawiri.
Just valid facts, ngga ada niat lain koq selain berbagi info.
IMO, kalau mau mpv matic nyaman (dan sehat) 200jtan or below ya jelas Mobilio CVT.
Proven Bandung-Palembang tanpa sakit pinggang.
http://oto.detik.com/read/2014/12/20/12 ... cu-autisme
http://www.telegraph.co.uk/news/earth/e ... -warn.html
http://www.bbc.co.uk/news/health-18415532
12 June 2012 Last updated at 22:08
Diesel exhausts do cause cancer, says WHO
By James Gallagher
Health and science reporter, BBC News
Car exhaust
The World Health Organization previously labelled diesel exhausts as probably carcinogenic
Exhaust fumes from diesel engines do cause cancer, a panel of experts working for the World Health Organization says.
It concluded that the exhausts were definitely a cause of lung cancer and may also cause tumours in the bladder.
It based the findings on research in high-risk workers such as miners, railway workers and truck drivers.
However, the panel said everyone should try to reduce their exposure to diesel exhaust fumes.
The International Agency for Research on Cancer, a part of the World Health Organization, had previously labelled diesel exhausts as probably carcinogenic to humans.
IARC has now labelled exhausts as a definite cause of cancer, although it does not compare how risky different carcinogens are. Diesel exhausts are now in the same group as carcinogens ranging from wood chippings to plutonium and sunlight to alcohol.
It is thought people working in at-risk industries have about a 40% increased risk of developing lung cancer.
Dr Christopher Portier, who led the assessment, said: "The scientific evidence was compelling and the Working Group's conclusion was unanimous, diesel engine exhaust causes lung cancer in humans.
"Given the additional health impacts from diesel particulates, exposure to this mixture of chemicals should be reduced worldwide."
The impact on the wider population, which is exposed to diesel fumes at much lower levels and for shorter periods of time, is unknown.
Dr Kurt Straif, also from IARC, said: "For most of the carcinogens when there is high exposure the risk is higher, when there is lower exposure the risk is lower."
There have been considerable efforts to clean up diesel exhausts. Lower sulphur fuel and engines which burn the fuel more efficiently are now in use.
The UK Department of Health said: "We will carefully consider this report. Air pollutants are a significant public health concern, we are looking at this issue as part of our plans to improve public health."
Cancer Research UK said employers and workers should take appropriate action to minimise exposure to diesel fumes in the workplace.
But director of cancer information Dr Lesley Walker said the overall number of lung cancers caused by diesel fumes was "likely to be a fraction of those caused by smoking tobacco".
Selain itu juga salah satu penyebab autisme menurut riset Harvard School of Public Health.
Di Paris dan London bentar lagi mesin disel dilarang warawiri.
Just valid facts, ngga ada niat lain koq selain berbagi info.
IMO, kalau mau mpv matic nyaman (dan sehat) 200jtan or below ya jelas Mobilio CVT.
Proven Bandung-Palembang tanpa sakit pinggang.
http://oto.detik.com/read/2014/12/20/12 ... cu-autisme
http://www.telegraph.co.uk/news/earth/e ... -warn.html
http://www.bbc.co.uk/news/health-18415532
12 June 2012 Last updated at 22:08
Diesel exhausts do cause cancer, says WHO
By James Gallagher
Health and science reporter, BBC News
Car exhaust
The World Health Organization previously labelled diesel exhausts as probably carcinogenic
Exhaust fumes from diesel engines do cause cancer, a panel of experts working for the World Health Organization says.
It concluded that the exhausts were definitely a cause of lung cancer and may also cause tumours in the bladder.
It based the findings on research in high-risk workers such as miners, railway workers and truck drivers.
However, the panel said everyone should try to reduce their exposure to diesel exhaust fumes.
The International Agency for Research on Cancer, a part of the World Health Organization, had previously labelled diesel exhausts as probably carcinogenic to humans.
IARC has now labelled exhausts as a definite cause of cancer, although it does not compare how risky different carcinogens are. Diesel exhausts are now in the same group as carcinogens ranging from wood chippings to plutonium and sunlight to alcohol.
It is thought people working in at-risk industries have about a 40% increased risk of developing lung cancer.
Dr Christopher Portier, who led the assessment, said: "The scientific evidence was compelling and the Working Group's conclusion was unanimous, diesel engine exhaust causes lung cancer in humans.
"Given the additional health impacts from diesel particulates, exposure to this mixture of chemicals should be reduced worldwide."
The impact on the wider population, which is exposed to diesel fumes at much lower levels and for shorter periods of time, is unknown.
Dr Kurt Straif, also from IARC, said: "For most of the carcinogens when there is high exposure the risk is higher, when there is lower exposure the risk is lower."
There have been considerable efforts to clean up diesel exhausts. Lower sulphur fuel and engines which burn the fuel more efficiently are now in use.
The UK Department of Health said: "We will carefully consider this report. Air pollutants are a significant public health concern, we are looking at this issue as part of our plans to improve public health."
Cancer Research UK said employers and workers should take appropriate action to minimise exposure to diesel fumes in the workplace.
But director of cancer information Dr Lesley Walker said the overall number of lung cancers caused by diesel fumes was "likely to be a fraction of those caused by smoking tobacco".
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1704
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
hayooo siapa yang nutup EGR di mobilnya??dogar wrote:WHO sudah confirm asap mesin disel itu karsinogenik alias pemicu kanker.
Selain itu juga salah satu penyebab autisme menurut riset Harvard School of Public Health.
Di Paris dan London bentar lagi mesin disel dilarang warawiri.
Just valid facts, ngga ada niat lain koq selain berbagi info.
-cut-

Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
ok thx udogar wrote:WHO sudah confirm asap mesin disel itu karsinogenik alias pemicu kanker.
Selain itu juga salah satu penyebab autisme menurut riset Harvard School of Public Health.
Di Paris dan London bentar lagi mesin disel dilarang warawiri.
Just valid facts, ngga ada niat lain koq selain berbagi info.
IMO, kalau mau mpv matic nyaman (dan sehat) 200jtan or below ya jelas Mobilio CVT.
Proven Bandung-Palembang tanpa sakit pinggang.
http://oto.detik.com/read/2014/12/20/12 ... cu-autisme
http://www.telegraph.co.uk/news/earth/e ... -warn.html
http://www.bbc.co.uk/news/health-18415532
12 June 2012 Last updated at 22:08
Diesel exhausts do cause cancer, says WHO
By James Gallagher
Health and science reporter, BBC News
Car exhaust
The World Health Organization previously labelled diesel exhausts as probably carcinogenic
Exhaust fumes from diesel engines do cause cancer, a panel of experts working for the World Health Organization says.
It concluded that the exhausts were definitely a cause of lung cancer and may also cause tumours in the bladder.
It based the findings on research in high-risk workers such as miners, railway workers and truck drivers.
However, the panel said everyone should try to reduce their exposure to diesel exhaust fumes.
The International Agency for Research on Cancer, a part of the World Health Organization, had previously labelled diesel exhausts as probably carcinogenic to humans.
IARC has now labelled exhausts as a definite cause of cancer, although it does not compare how risky different carcinogens are. Diesel exhausts are now in the same group as carcinogens ranging from wood chippings to plutonium and sunlight to alcohol.
It is thought people working in at-risk industries have about a 40% increased risk of developing lung cancer.
Dr Christopher Portier, who led the assessment, said: "The scientific evidence was compelling and the Working Group's conclusion was unanimous, diesel engine exhaust causes lung cancer in humans.
"Given the additional health impacts from diesel particulates, exposure to this mixture of chemicals should be reduced worldwide."
The impact on the wider population, which is exposed to diesel fumes at much lower levels and for shorter periods of time, is unknown.
Dr Kurt Straif, also from IARC, said: "For most of the carcinogens when there is high exposure the risk is higher, when there is lower exposure the risk is lower."
There have been considerable efforts to clean up diesel exhausts. Lower sulphur fuel and engines which burn the fuel more efficiently are now in use.
The UK Department of Health said: "We will carefully consider this report. Air pollutants are a significant public health concern, we are looking at this issue as part of our plans to improve public health."
Cancer Research UK said employers and workers should take appropriate action to minimise exposure to diesel fumes in the workplace.
But director of cancer information Dr Lesley Walker said the overall number of lung cancers caused by diesel fumes was "likely to be a fraction of those caused by smoking tobacco".



STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Om djia akhirnya pilih ap?
jgn sedih ya tritnya jd rame..byk yg kasih atensi wakakka..hehe
jgn sedih ya tritnya jd rame..byk yg kasih atensi wakakka..hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Sorry OOT tp kok ane belom pernah liat delica ya so far? Padahal 3 lawannya begitu launching langsung banyak dijalan. Padahal delica pas banget buat sikon disiniTurboman wrote:Ya mobil didisain buat jalan mulus terus, gak cocok buat pake di siniDigitALL wrote: Gak sekalian aja Alphard atau Elgrand?![]()
Kan dari pilihan TS udah ketauan budgetnya berapa... Kalo nyaranin dgn range harga diatasnya ya ga akan masuk budget.
Lagian emang bener Serena, Nav1 dan Biante gampang gesrot krn GC nya lebih rendah, kurang cocok untuk kondisi jalanan di sini yg medannya bentar bagus bentar ancur seancur-ancurnya... Di kota gw aja rasanya jalanan baru kmrn dirapihin cuma tahan 3-4 bulan, pas musim ujan lobang dimana2 dan parahnya dalem2. Bayangin pas ujan tuh lobang ketutup air, mana kita bisa liat tuh lobang. Alhasil gubrak dah, yg kasian motor sering masuk sampai jatoh![]()
Oya, pengalaman pribadi pake Alphard dulu suka gesrot, posisi duduk di dalem emang tinggi tp jarak tanah ke bumper ga tinggi jd harus hati2 bawanya spt bawa sedan lah
Di sini cocoknya MPV dgn GC tinggi + suspensi Heavy Duty
bagus itu Mitsu bikin Delica yg GC tinggi....gak ikut mainstream tetangga2-nya sesama Jepanger
Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
wedew...sandal wrote:Trit ini dinyatakan kaput
.............................................

thx om, begitulah dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara di online forumliep wrote:Om djia akhirnya pilih ap?
jgn sedih ya tritnya jd rame..byk yg kasih atensi wakakka..hehe

belum tau nih mau pilih apa jadinya. tar liat2 dulu lah
betul om. kalo mpv baru sepertinya pilihan ane cuma 2 itu, krn kalo mau ambil veloz rasanya bosen ketemu interior avanzaDigitALL wrote:Kalau mau ambil mobil baru pilihannya:
1. Honda Mobilio E CVT
2. Ertiga GX A/T
Kedua mobil diatas masing2 ada plus minusnya. Mending coba bandingin ke showroom dan test drive. Kalau liat interior Mobilio sih kualitasnya jauh bgt dibanding dgn Ertiga. Interior Ertiga jauh lebih mewah.
Soal bantingan jg masih lebih nyaman Ertiga.
Kalau Mobilio unggulnya di mesin dan transmisi CVT.
Kalau pilihannya mobil second, ya cuma 1 yaitu Innova D4D A/T hehehe...

mobilio e cvt ane sering bawa, n utk jarak jauh sangat lebih nyaman dari avanza 1.3 mt. kalo ertiga at belum pernah coba n masi cari2 referensi.
kalo seken dengan budget sama pilihannya innova atau freed.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 954
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Nah brt yg harus dibenahin cara setir om sendiri.gue orang semarang ga tahu jalanan jakarta cuma bisa ikut gps.udah blusukan lewat ciputat,jalan panjang,belom lagi daan mogot yang banyak perbaikan jalan sampe roxy grogol,mangga besar yang macetnya bukan main ,jalanan kamal, tanjung priok yang banyak truk tronton sampe jaktim.posisi gue dari BSD kalo ke jakarta om tahu sendiri jaraknya sejauh apa.selama 6 bulan gue disana mobil kijang aman sampe skrg ga da segaris beretpun baik di bumper.b0ku wrote:Oh itu kan cuma benchmark aja kalo gw seh ngincer mobil kayak gitu ud pengalaman loe gak bakalan tau kapan loe butuh kontrol, grip dan presisi yg bagus waktu panik apalagi bawa mobil di jkt yg banyak ngadepin motor, so far di gw seh kepake yach gw dulu pengalaman di yaris 6 bulan nabrak terus mungkin skill gw yg cupu semua musti depend sama mobilnya sendiri...zonepublic wrote:
Om pasti masih kecil
Bawa MPV/minibus tuh beda dengan bawa hatchback/suv
Kalo mau gesit2an ya jaman dulu gue punya brio/jazz ga gue tuker.tapi dibawa di pantura rute luar kotaan apalagi kena macet masih enak innova
Soal kaki juga lebih aman innova dari crv klo pas lewat jalan jelek
Emang innova body gede tp ga beda jauh lah kegesitannya sama LMPV yg lain
Lah emang kelasnya MPV kok buat balapan di kampung.mau dipukulin orang?
mau LMPV enak tuh cuma 2 di gw ERTIGA sama mobilio gw dah test 2 2nya
Tahu sendiri kan kondisi pengendara motor jakarta seperti apa?
Saran saya buat om klo mau yg lincah pake karimun aja.safe dan lincah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1704
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
btw yang punya D4D dianggarin 12jt-15jt (piggyback, IC, dll) biar bisa monster,
jadi kepikiran punya 12jt-15jt buat mobil bensin bisa buat konversi dari bensin ke BBG ya??
jadi kepikiran punya 12jt-15jt buat mobil bensin bisa buat konversi dari bensin ke BBG ya??

Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Hmmm... ane malah kepikiran dengan:djia wrote:Selamat malam om2 SM-ers![]()
Mau minta (pe)masukan & pendapat(an) dari om2 di sini
Sodara ane ada yg pengen naik kasta dari motor-er ke mobil-er krn dua anaknya dah beranjak gede n ga aman n ga nyaman kalo ke mana2 motoran berempat.
Ekspektasi sih benernya pengen MPV 7-seaters biar bisa angkut banyak keluarga. Tapi budget cuma mentok di LCGC n mereka ga mau kredit.
Ane punya pikiran sih mau jual Avanza 1.3 M/T ane ke mereka, tar kurang2nya bisa diutang belakangan. Kebetulan ane lagi tertarik pengen ganti ke gerobak matic yg lebih nyaman utk jarak jauh. Ane ga berkendara harian tpi sekalinya keluar biasanya keluar kota >100km. Selama pake avanza 1.3 M/T nyaris ga ada keluhan trouble cuma utk jarak jauh >200 km berasa pegelnya krn raungan n getaran mesin 1300 + mentul2 khas avanza + nyentak2 khas M/T.
Preferensinya:
1. <200jt ato 200jt+ rendah
2. Matic
3. Baru atau seken ga terlalu lama (1-3 thn)
4. Relatif trobel free. Ane ga ngerti mesin. Ngertinya cuma pake![]()
5. 7-seaters
Alternatifnya:
1. Veloz A/T
2. R3 GX A/T
3. Mobilio CVT
4. Freed A/T 2011-2012
Kalo ada kandidat lain boleh lah
Pengen sih punya innova d4d a/t yang legendaris itu, tpi lihat kantong sepertinya terlalu memaksakan diri
1. R3 GX AT (mobil baru)
Transmisi super halus di kelas nya, fitur ajib, meski urusan ketahanan bakal bikin perang dunia RWD vs FWD lagi...

2. Freed AT (mobil seken)
Body form lebih compact dari MPV lainnya, kabin dengan atap tinggi, PSD, dan performa ala MPV normal... plus! sudah teruji dari taon 2009. Untuk jarak jauh... errr... butuh sedikit oprekan di suspensi karena suspensi Freed menurut ane masih ala hatchback... stiff. Juga wheel base dan titik gravitasi tinggi akibat atap nya bakal bikin perjalanan keluar kota agak sedikit kurang nyaman... *tergantung jalannya juga sih, kalau semulus pantat bayi ya nyaman... kalau bergelombang penuh lubang, nah! ini lain cerita...*

Ipah Diesel AT seken apabila ada budget, cukup bisa dipertimbangkan om, cuman mungkin harus lebih teliti secara Ipah biasanya jadi mobil perang dengan kondisi yang capek dan ada kemungkinan sudah dipasang Daster, intercooler, cabut CC, oprek injektor, pasang Throttle control, launch control, rocket launcher, dst dst...

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
melihat kriteria TS...
koq ane lebi cenderung menganjurkan mobilio yah.. walaupun hati tetep ke arah SM coty 2014 D4D 500 hp (ini btw hp bawaan d4d sebenernya brapa sehh)...
beberapa minggu lalu sempet nyicipin mobilio utk muter2 rute pegunungan yg jalan nya relatif mulus sperti paha akb48... dan naik turun pegunungan... unit yg ane coba mobilio E matic cvt... lumayan koq... bantingan, handling, body roll jelas di atas duo kaleng apanja, bahkan lipina skalipun... terasa lebi stiff... cvt nya yahh cenderung smooth, malah bagi ane yg jarang nyetir matic, ane ga ngerasa perbedaan yg signifikan antara ini cvt mobilio ama GE8 kakak ane.... toh sama2 kalo di bejeg pedal gas nya, jeda beberapa detik baru nge joss power nya....
tp kl lewat jalan kriting atau bumpy, tetep ane vote mobil2 chassis tangga berat... lebi enak aj gt ngelibas nya blep blep... ga kaya ini mobilio, gejala di kocok2 dalam kabin masi ada sperti saudara2 nya sesama mpv 7 seater generik walaupun ga separah apanja...
ok long story short... balik lg ke TS... mau mobil baru atau seken... kl baru ane sehh saranin ini mobilio walaupun kayanya harus di pasang peredam di 4 pintu dan 1 pintu hatch nya... pluss ntuh dek wajib di pasang peredam tambahan, at least peredam busa... seinget ane ini mobil kalo lg jalan dan lg keujanan feeling sperti nostalgia ama apanja gen1 ane yg nan jauh dsana...
kl seken, yahhh ipah d4d walaupun bakal repot nyari sperti kata mods kucing... ini mobil rata2 jadi mobil kuda beban...siap2 aj trima kondisi yg ala kadarnya...
koq ane lebi cenderung menganjurkan mobilio yah.. walaupun hati tetep ke arah SM coty 2014 D4D 500 hp (ini btw hp bawaan d4d sebenernya brapa sehh)...
beberapa minggu lalu sempet nyicipin mobilio utk muter2 rute pegunungan yg jalan nya relatif mulus sperti paha akb48... dan naik turun pegunungan... unit yg ane coba mobilio E matic cvt... lumayan koq... bantingan, handling, body roll jelas di atas duo kaleng apanja, bahkan lipina skalipun... terasa lebi stiff... cvt nya yahh cenderung smooth, malah bagi ane yg jarang nyetir matic, ane ga ngerasa perbedaan yg signifikan antara ini cvt mobilio ama GE8 kakak ane.... toh sama2 kalo di bejeg pedal gas nya, jeda beberapa detik baru nge joss power nya....
tp kl lewat jalan kriting atau bumpy, tetep ane vote mobil2 chassis tangga berat... lebi enak aj gt ngelibas nya blep blep... ga kaya ini mobilio, gejala di kocok2 dalam kabin masi ada sperti saudara2 nya sesama mpv 7 seater generik walaupun ga separah apanja...
ok long story short... balik lg ke TS... mau mobil baru atau seken... kl baru ane sehh saranin ini mobilio walaupun kayanya harus di pasang peredam di 4 pintu dan 1 pintu hatch nya... pluss ntuh dek wajib di pasang peredam tambahan, at least peredam busa... seinget ane ini mobil kalo lg jalan dan lg keujanan feeling sperti nostalgia ama apanja gen1 ane yg nan jauh dsana...
kl seken, yahhh ipah d4d walaupun bakal repot nyari sperti kata mods kucing... ini mobil rata2 jadi mobil kuda beban...siap2 aj trima kondisi yg ala kadarnya...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Nah para master sudah datang (om klep sama modcing)

Untuk TS : Jangan lupa test drive kandidatnya ya
Semoga bermanfaat
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A


Untuk TS : Jangan lupa test drive kandidatnya ya

Semoga bermanfaat

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
sdikit nambahin....
kayanya kl option mobil2 FWD tetep ga bakal se awet mobil2 RWD apalagi RWD berchassis ladder... cuman yahh tetep FWD lebi enak buat dipake utk cruising jalan2 jauh.... jd yahh kl dari posisi driver... MPV yg ga rewel dan nyaman utk jarak jauh... agak sulit jg ketemu titik temu nya...
anyway, utk mobil FWD... ane ada jazz GE8... kl kaki2 sehh sepintas ane liat kembaran ama si mobilio dan preet... jdi yahh mmustinya problem nya jg mirip2... sejauh yg ane temui di jazz ane sehh.. kaki2 cenderung bermasalah di bushing2 lower arm dan enjin mounting atas yg gede sebelah kanan dan shock breaker blakang yg doyan bocor...tp spare part nya berlimpah koq d atrium dan ga mahal2 aamat... sisanya sehh fine2 aj... ckup less problem ktimbang alm batu makam ane...
kayanya kl option mobil2 FWD tetep ga bakal se awet mobil2 RWD apalagi RWD berchassis ladder... cuman yahh tetep FWD lebi enak buat dipake utk cruising jalan2 jauh.... jd yahh kl dari posisi driver... MPV yg ga rewel dan nyaman utk jarak jauh... agak sulit jg ketemu titik temu nya...
anyway, utk mobil FWD... ane ada jazz GE8... kl kaki2 sehh sepintas ane liat kembaran ama si mobilio dan preet... jdi yahh mmustinya problem nya jg mirip2... sejauh yg ane temui di jazz ane sehh.. kaki2 cenderung bermasalah di bushing2 lower arm dan enjin mounting atas yg gede sebelah kanan dan shock breaker blakang yg doyan bocor...tp spare part nya berlimpah koq d atrium dan ga mahal2 aamat... sisanya sehh fine2 aj... ckup less problem ktimbang alm batu makam ane...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Ane kok demen ama komen mod kucing...berbobot dan adem
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Avz Veloz sih ttp mentul mentul yak spt avz 1.3, dan apalg TS user avz jadi gw ga sarankan utk ambil avz kecuali klo TSnya mau modif (psg underbrace) lumayan ngurangi mentul mentul bantingan avz ini...djia wrote:Selamat malam om2 SM-ers![]()
Mau minta (pe)masukan & pendapat(an) dari om2 di sini
Sodara ane ada yg pengen naik kasta dari motor-er ke mobil-er krn dua anaknya dah beranjak gede n ga aman n ga nyaman kalo ke mana2 motoran berempat.
Ekspektasi sih benernya pengen MPV 7-seaters biar bisa angkut banyak keluarga. Tapi budget cuma mentok di LCGC n mereka ga mau kredit.
Ane punya pikiran sih mau jual Avanza 1.3 M/T ane ke mereka, tar kurang2nya bisa diutang belakangan. Kebetulan ane lagi tertarik pengen ganti ke gerobak matic yg lebih nyaman utk jarak jauh. Ane ga berkendara harian tpi sekalinya keluar biasanya keluar kota >100km. Selama pake avanza 1.3 M/T nyaris ga ada keluhan trouble cuma utk jarak jauh >200 km berasa pegelnya krn raungan n getaran mesin 1300 + mentul2 khas avanza + nyentak2 khas M/T.
Preferensinya:
1. <200jt ato 200jt+ rendah
2. Matic
3. Baru atau seken ga terlalu lama (1-3 thn)
4. Relatif trobel free. Ane ga ngerti mesin. Ngertinya cuma pake![]()
5. 7-seaters
Alternatifnya:
1. Veloz A/T
2. R3 GX A/T
3. Mobilio CVT
4. Freed A/T 2011-2012
Kalo ada kandidat lain boleh lah
Pengen sih punya innova d4d a/t yang legendaris itu, tpi lihat kantong sepertinya terlalu memaksakan diri
Mobilio bantingannya firm tp ga mental mentul, joknya jg enak meski ga tebel tp reliabilitynya yg ga meyakinkan... Py sodara tipe E CVT baru dipake 5 bulan udh rattle 1 dashboard...

Ertiga, blm pernah coba.. Tp sptnya menarik krn byk ripiu positif dr user ertiga dimarih..
Freed pernah duduk, tipe E 2009 dan menurut gw joknya rada tipis dan gaada dual handrest (FL udah ada) dan lumayan membantu kenyamanan... Bantingan jg keras khas honda tp masi acceptable mnrt gw..
Gw sih saranin freed ato innova diesel seken yak, bujet 200 jt sptnya dpt yg taon 10-11 (cmiiw)
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
btw misal beli baru baiknya sekarang (nik 2014) ato nunggu nik 2015 ya? tadi ada sih salah satu sales yg bilang kalo nyari nik 2015 pun nunggunya juga lama ga langsung dapat misal beli di januari
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
beli nik 2104 asal disc nya significant tapi register di bulan january 2015djia wrote:btw misal beli baru baiknya sekarang (nik 2014) ato nunggu nik 2015 ya? tadi ada sih salah satu sales yg bilang kalo nyari nik 2015 pun nunggunya juga lama ga langsung dapat misal beli di januari
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
Vote innova g at diesel yg seken.
Jalan jauh lebih nyaman & tangguh, ga cepat capek di banding nyetir avanza. pengalaman saya jalan dari Palembang - Medan via bukittinggi - tarutung (sipirok aek latong) ini yang pernah lewat sana pasti udah tahu gimana parahnya jalan disana.
Masalah handling, ya namanya jalan dengan keluarga ya safe riding aja, bukan nyawa kita aja yang dijaga,tapi ini keluarga. Kecuali kalo masih single ya. Imho, handling innova bukannya udah enak ? kan udh double wishbone suspension, peredamannya oke banget lobang - lobang kecil ga kerasa. Masih kurang ? Tambahin strutbar,stabilizer,sway bar dll. Atau mau lebih enak ganti Shock sekalian, hotbits atau billstein + per eibach.
Selap-selip tergantung driver aja gimana skill nyetir nya, bisa gesit bisa juga lelet.
Pokoknya saya puas dan kasih bintang 4 dari 5 untuk innova khususnya yang diesel. Kenapa 4 ? Karena d4d saya tipe G bukan V, yang G minus abs + imobillizer + ac (udah ada tombol suhu).
Imho ya, pilih yang sudah teruji & udah banyak yang kasih testimonial (review) aja om.
Sent from my Blackberry Z3 using Tapatalk
Jalan jauh lebih nyaman & tangguh, ga cepat capek di banding nyetir avanza. pengalaman saya jalan dari Palembang - Medan via bukittinggi - tarutung (sipirok aek latong) ini yang pernah lewat sana pasti udah tahu gimana parahnya jalan disana.
Masalah handling, ya namanya jalan dengan keluarga ya safe riding aja, bukan nyawa kita aja yang dijaga,tapi ini keluarga. Kecuali kalo masih single ya. Imho, handling innova bukannya udah enak ? kan udh double wishbone suspension, peredamannya oke banget lobang - lobang kecil ga kerasa. Masih kurang ? Tambahin strutbar,stabilizer,sway bar dll. Atau mau lebih enak ganti Shock sekalian, hotbits atau billstein + per eibach.
Selap-selip tergantung driver aja gimana skill nyetir nya, bisa gesit bisa juga lelet.
Pokoknya saya puas dan kasih bintang 4 dari 5 untuk innova khususnya yang diesel. Kenapa 4 ? Karena d4d saya tipe G bukan V, yang G minus abs + imobillizer + ac (udah ada tombol suhu).
Imho ya, pilih yang sudah teruji & udah banyak yang kasih testimonial (review) aja om.
Sent from my Blackberry Z3 using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
- Daily Vehicle: laptop_dan_hape
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
betul om, innova at diesel utk saat ini memang paling pas & fungsional.radinalakbar7 wrote:Vote innova g at diesel yg seken.
Jalan jauh lebih nyaman & tangguh, ga cepat capek di banding nyetir avanza. pengalaman saya jalan dari Palembang - Medan via bukittinggi - tarutung (sipirok aek latong) ini yang pernah lewat sana pasti udah tahu gimana parahnya jalan disana.
Masalah handling, ya namanya jalan dengan keluarga ya safe riding aja, bukan nyawa kita aja yang dijaga,tapi ini keluarga. Kecuali kalo masih single ya. Imho, handling innova bukannya udah enak ? kan udh double wishbone suspension, peredamannya oke banget lobang - lobang kecil ga kerasa. Masih kurang ? Tambahin strutbar,stabilizer,sway bar dll. Atau mau lebih enak ganti Shock sekalian, hotbits atau billstein + per eibach.
Selap-selip tergantung driver aja gimana skill nyetir nya, bisa gesit bisa juga lelet.
Pokoknya saya puas dan kasih bintang 4 dari 5 untuk innova khususnya yang diesel. Kenapa 4 ? Karena d4d saya tipe G bukan V, yang G minus abs + imobillizer + ac (udah ada tombol suhu).
Imho ya, pilih yang sudah teruji & udah banyak yang kasih testimonial (review) aja om.
Sent from my Blackberry Z3 using Tapatalk
cuma masih agak ragu utk nyari mobil bekas krn belum pengalaman, meski tahun muda.
kalo cita2 seh nantinya kalo rejeki lancar pengen ada 2 mobil: satu mpv jelajah (innova at diesel) & satu mobil harian yg lebih kecil & lincah (entah mpv entah hatch). ga tau mungkin sekarang cari yg mobil harian dulu atau gimana. tapi lihat besok deh

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Tue Jun 14, 2011 1:50
- Location: Solo-Semarang
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
vote D4D om, hehe
bandel, irit, nyaman, dan RV paling stabil
bandel, irit, nyaman, dan RV paling stabil
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: MPV yang ga rewel & nyaman utk jarak jauh
buat ane sbg org awam..klo jazz brisik pas nyetir d dlm..klo lio rasanya mirip gl dg posisi nytir kyk sedan..ane g biasa posisi tenggelam bgini hehe...prit lbih hening dalemnya..tp sama2 matic buat ane tarikan lio paling enak om...g tau klo bahas handling dll krn buat ane naik mbl apapun ane bisa genjot aj krn ud biasa ngesot pake motor yg lbih parah heheDOHC wrote:baca2 pej belakang.... ad yg ribut2 soal preet... jadi penasaran handling ini mobil.. blom perna cobain ane nyetir ini roti tawar... scara struktur kan mirip ama ge8 dan mobilnyong.... rasa nya mirip atau malah lebi greget yah buat selip2...