Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Halo saudara2-ku se-SM dan setanah air...
Mohon pencerahannya,ane mo beli mobil mini seken lawas dgn budget 60jt-an.
Ada sekitar 4 pilihan yg ane bingung mo pilih mana?:
1.Karimun Kotak (Karkot) thn 2000-2002
2.Daihatsu Ceria thn 2003-2004
3.Hyundai Atoz 2001-2003
4.Kia Visto 2001-2003
Ke-empat pilihan diatas mohon pencerahan utk komparasi-nya,dr segi ngirit BBM,kehandalan di sektor mesin,dan biaya pemeliharaan/service.Untuk 'nilai jual kembali' sy tdk mempermasalahkan,krn mgkn sy mo niat pake secara itu mobil pertama ane...
Thxb4
Mohon pencerahannya,ane mo beli mobil mini seken lawas dgn budget 60jt-an.
Ada sekitar 4 pilihan yg ane bingung mo pilih mana?:
1.Karimun Kotak (Karkot) thn 2000-2002
2.Daihatsu Ceria thn 2003-2004
3.Hyundai Atoz 2001-2003
4.Kia Visto 2001-2003
Ke-empat pilihan diatas mohon pencerahan utk komparasi-nya,dr segi ngirit BBM,kehandalan di sektor mesin,dan biaya pemeliharaan/service.Untuk 'nilai jual kembali' sy tdk mempermasalahkan,krn mgkn sy mo niat pake secara itu mobil pertama ane...
Thxb4
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Saran ane, coret Hyundai Atoz & Kia Visto...slowdriver wrote:Halo saudara2-ku se-SM dan setanah air...
Mohon pencerahannya,ane mo beli mobil mini seken lawas dgn budget 60jt-an.
Ada sekitar 4 pilihan yg ane bingung mo pilih mana?:
1.Karimun Kotak (Karkot) thn 2000-2002
2.Daihatsu Ceria thn 2003-2004
3.Hyundai Atoz 2001-2003
4.Kia Visto 2001-2003
Ke-empat pilihan diatas mohon pencerahan utk komparasi-nya,dr segi ngirit BBM,kehandalan di sektor mesin,dan biaya pemeliharaan/service.Untuk 'nilai jual kembali' sy tdk mempermasalahkan,krn mgkn sy mo niat pake secara itu mobil pertama ane...
Thxb4
Duo itu sekarang isinya penyakit semua, ketahanan nya kurang (maklum koreans era2 awal) especially visto yang entah kenapa lebih rewel dari atoz pdhl isinya sama aja. .. Pun nggak ada yg spesial di mobil ini, sehingga di jaman skrg ini nggak worthy lg buat piara Atoz Visto
Daihatsu Ceria pilihan yg cukup baik, irit nya gila gilaan (1:17 dalkot bs didapetin dgn mudah), mesin mainnya di putaran atas & biarpun 850cc tp kencengnya amit amit, 0-100 cukup 11 detikan... 140? gampang
Terkenal gesit juga karna selain bodinya kecil banget, suspensi sudah full independent di ke-4 rodanya, stabil banget biarpun mobilnya imut imut, kaya bawa gokart
Yang perlu dipertimbangkan, ceria ini nggak ada powersteering, stirnya nggak bisa dibilang ringan...
Dan karna bodinya yg kecil banget ini, suka diremehkan di jalan, jd kurang confidence bawanya...
Karimun kotak pilihan paling bijak sebenernya
Model bodi cakeeep (maklum ngambil mentah2 dari WagonR Wide JDM)
Ruang kabin leganya pake banget... Ngga kerasa kesempitan kaya di citycar thn sama lainnya
Mesin F10A super kuat & murah meriah muntah ngerawatnya, wong sama kaya carry angkot & katana
Bawanya sendiri menurut ane mayan enak, kaki2 pun masih dirasa cukup nyaman lah buat citycar...
Tenaga nya sendiri lebih di putaran bawah, buat dalkot oke, diajak lari kenceng dia bengek
Minus di FC krn masih karburator jd nggak gt spesial, dalkotan 1:10-11 aja...
Monggo disesuaikan dengan kebutuhan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3148
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Padahal uda dapet estilo .. atau al new corolla kalo mau tutup mata lihat exterior nya
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7389
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
mobil mobil yg sdh lewat economic value
hrg mobil mmg dikenal mobilbekas vs mobilbaru
tapi harga parts baru u mobilbekas n mobilbaru tdk beda jauh. compare sj yg oem u bekas dg oem u baru. bgt juga yg lower qty
hrg mobil mmg dikenal mobilbekas vs mobilbaru
tapi harga parts baru u mobilbekas n mobilbaru tdk beda jauh. compare sj yg oem u bekas dg oem u baru. bgt juga yg lower qty
-
- SM Specialist
- Posts: 15588
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Karimun kotak pilihan paling masuk akal... spare parts murah.... ngerawatnya gampang...
agak boros untuk ukuran 1000cc tapi ya running costnya tertutupi dengan biaya perawatan yang super murah dan nggak perlu ke Bengkel Resmi karena bengkel umum pun bisa ngerjain, bahkan bisa dikerjain sendiri dengan skill mekanikal memadai
agak boros untuk ukuran 1000cc tapi ya running costnya tertutupi dengan biaya perawatan yang super murah dan nggak perlu ke Bengkel Resmi karena bengkel umum pun bisa ngerjain, bahkan bisa dikerjain sendiri dengan skill mekanikal memadai
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Mon Nov 25, 2013 16:44
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Karimun kotak saja,kalo ceria denger2 ada part-part tertentu yg musti inden
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
& harga partsnya nggak terlalu terjangkau dibanding karimun mah...siirobodh wrote:Karimun kotak saja,kalo ceria denger2 ada part-part tertentu yg musti inden
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Wah,ane seneng banget dan sangat berterimakasih sekali atas pencerahan2 dr saudara2 ane smua di forum SM ini.Sangat mencerahkan banget.
@bro amfibi > Duo Korean's yg kalo di group FB-nya begitu di elu2-kan,tp skrg menjadi jelas bukan pilihan yg bijak utk 'mobil pertama' ane
Pilihan diciutkan lg menjadi dua,Ceria apa Karkot..? 2 pilihan yg sama bagusnya dgn masing2 kekurangan tentunya...
@bro walid_007 > Estilo lawas yg thn 2007 sempet mo dipinang,tp mintanya msh diatas 60 jeti bro,secara body emang Mumun Estilo lbh semok dan aerodinamis...
@bro newrubble > Sepertinya bener bro,perlu dipertimbangkan jg ttg "dana taktis" utk biaya parts&pemeliharaan.nais inpoh ya bro Untuk nilai ekonomis ya ane faham dan maklum banget...
@bro amfibi > Duo Korean's yg kalo di group FB-nya begitu di elu2-kan,tp skrg menjadi jelas bukan pilihan yg bijak utk 'mobil pertama' ane
Pilihan diciutkan lg menjadi dua,Ceria apa Karkot..? 2 pilihan yg sama bagusnya dgn masing2 kekurangan tentunya...
@bro walid_007 > Estilo lawas yg thn 2007 sempet mo dipinang,tp mintanya msh diatas 60 jeti bro,secara body emang Mumun Estilo lbh semok dan aerodinamis...
@bro newrubble > Sepertinya bener bro,perlu dipertimbangkan jg ttg "dana taktis" utk biaya parts&pemeliharaan.nais inpoh ya bro Untuk nilai ekonomis ya ane faham dan maklum banget...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Yaah kalo nanya2 di grup FB mobil yg bersangkutan mah emang gitu om, biasa dijawabnya :slowdriver wrote:Wah,ane seneng banget dan sangat berterimakasih sekali atas pencerahan2 dr saudara2 ane smua di forum SM ini.Sangat mencerahkan banget.
@bro amfibi > Duo Korean's yg kalo di group FB-nya begitu di elu2-kan,tp skrg menjadi jelas bukan pilihan yg bijak utk 'mobil pertama' ane
Pilihan diciutkan lg menjadi dua,Ceria apa Karkot..? 2 pilihan yg sama bagusnya dgn masing2 kekurangan tentunya...
Mobil ini enak kok pakenya, nggak rewel juga, jajan selama ini cuma sekian sekian blablabla xxxx yyy zzz *kerangkum sampe 10 halaman words*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
ChZ wrote:Karimun kotak pilihan paling masuk akal... spare parts murah.... ngerawatnya gampang...
agak boros untuk ukuran 1000cc tapi ya running costnya tertutupi dengan biaya perawatan yang super murah dan nggak perlu ke Bengkel Resmi karena bengkel umum pun bisa ngerjain, bahkan bisa dikerjain sendiri dengan skill mekanikal memadai
Mantan pemakai Karimun tahu
Puas dengan iritnya, pedal gas dikasih batako aja masih bisa 1:8 dalam kota, walaupun jangan harap selamat di jalan tol , bengek
tapi semuanya dimaafkan dengan air filter yang cuma dua puluh ribu, filter oli yang lima belas ribu (cmiiw, lupa lupa inget yang filter oli ), ambient kabin yang gueeeede banget untuk ukurannya, pelat bodi yang keras, apalagi bumpernya dan AC yang lumayan sejuk bagi saya JIKA semua kaca dikasih lapisan film
kalo masih ngeluh boyot, banyak kok kampakan Jepang yang bener bener plug and play, seperti dulu saat Karimun turun mesin, dipinjemin mesin K10A yang sudah agak 'aneh', 120++ horsepower bisa bikin pengemudi FD teriak teriak berusaha nempel itu tahu
tapiii, hati hati kaki depannya oom, mayan mahal, karena banyakan masih impor Jepun (entah sekarang bijimane )
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
@bro Momod ChZ > Iya jg sih,secara kalo tuh si Mumun ngadat,gak perlu ke 'beres=bengkel resmi',di bawa ke bengkel umum jg pasti montir2-nya udah pada 'familiar' dgn karakter si Mu2n yg terkadang rewel minta di elus2...
@bro siirobodh > Krungu2-nya,si Ceria ini kalo mo ganti kopling aja kudu nurunin mesin dan digetok pula dgn Damaged Cost= 3 jeti-an bro,hadeh...
@bro momod amfibi > Selain mahal jg katanya ada beberapa part yg kudu didatangkan dr negeri jiran Malaysia,secara di sana ada kembarannya si Ceria dgn nama Perodua,tp khabar baiknya di Jakarta,tepatnya di sentra onderdil Atrium Senen katanya lg udah banyak toko yg jual part-nya si Ceria ini yg memang mereka khusus meng-import lgsg dr negara tetangga sebelah...
@bro siirobodh > Krungu2-nya,si Ceria ini kalo mo ganti kopling aja kudu nurunin mesin dan digetok pula dgn Damaged Cost= 3 jeti-an bro,hadeh...
@bro momod amfibi > Selain mahal jg katanya ada beberapa part yg kudu didatangkan dr negeri jiran Malaysia,secara di sana ada kembarannya si Ceria dgn nama Perodua,tp khabar baiknya di Jakarta,tepatnya di sentra onderdil Atrium Senen katanya lg udah banyak toko yg jual part-nya si Ceria ini yg memang mereka khusus meng-import lgsg dr negara tetangga sebelah...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Yak ... betul, dulu ada pengalaman nanganin ceria ex klaim banjir di kantor dan hrs ganti kopling ... caranya hrs nurunin mesin.slowdriver wrote: @bro siirobodh > Krungu2-nya,si Ceria ini kalo mo ganti kopling aja kudu nurunin mesin dan digetok pula dgn Damaged Cost= 3 jeti-an bro,hadeh...
Mesinnya siy bisa dijinjing ... hehe ... tp tetep aja agak nyusahin
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Mungkin karna mobil kecil, space nya jg kecil jd harus banyak akal2an space buat komponen2, jd buat komponen2 tertentu aga susah buat buka nya yaA7Corsair wrote:Yak ... betul, dulu ada pengalaman nanganin ceria ex klaim banjir di kantor dan hrs ganti kopling ... caranya hrs nurunin mesin.slowdriver wrote: @bro siirobodh > Krungu2-nya,si Ceria ini kalo mo ganti kopling aja kudu nurunin mesin dan digetok pula dgn Damaged Cost= 3 jeti-an bro,hadeh...
Mesinnya siy bisa dijinjing ... hehe ... tp tetep aja agak nyusahin
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
@bro mo2d imingwahyudi > Sepertinya kalo meminang Karkot bisa menekan 'bajet' utk biaya perawatan dan servis secara part dan ongkos jasa servis-nya yg murmer...Untuk info mengenai sektor kaki2 yg ringkih,ane malah br denger tuh bro mod..?dikisaran berapa DC-nya kalo kita mo benahi sektor kaki2?berikut bagian apa aja yg sering rentan ringkih?shock breaker?tie rod?ato apa mod..?mohon penjelasan dan pencerahannya,secara ane jujur aja awam banget mengenai 'permesinan' dan 'sektor2/area' di mobil,cuman denger2 dan baca2 aja itu jg mod..
@bro A7Corsair > Justru itu yg menjadi poin minus dr si Ceria yg saking mini-nya sampe sektor kopling aja terkesan di tumpuk/tumpang-tindih dgn blok mesin CMIIW
@bro mo2d amfibi > Maunya si Ceria ini adalah sebuah mobil ber-konsep minimalis,tp jd merepotkan montir tp jg sekaligus menguntungkan montir&bengkel-nya,tp bikin kita jd kekuras isi dompet yg tadinya mo dicadangkan buat biaya perawatan/servis keseluruhan jd kesedot hanya utk membenahi kopling doank
@bro A7Corsair > Justru itu yg menjadi poin minus dr si Ceria yg saking mini-nya sampe sektor kopling aja terkesan di tumpuk/tumpang-tindih dgn blok mesin CMIIW
@bro mo2d amfibi > Maunya si Ceria ini adalah sebuah mobil ber-konsep minimalis,tp jd merepotkan montir tp jg sekaligus menguntungkan montir&bengkel-nya,tp bikin kita jd kekuras isi dompet yg tadinya mo dicadangkan buat biaya perawatan/servis keseluruhan jd kesedot hanya utk membenahi kopling doank
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
@all > Dapet dana tambahan sekira 15 jt-an lg,jd total bajet sekira 75 jt.Kepincut mo meminang Karimun Estilo dgn tahun yg lbh muda-an,di rentang tahun 2007-2008
Mohon pencerahannya lg ttg Karimun Estilo kalo di "head to head" sm Karimun Kotak...
Mohon pencerahannya lg ttg Karimun Estilo kalo di "head to head" sm Karimun Kotak...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
75jt kenapa enggak naik ke Sirion om?slowdriver wrote:@all > Dapet dana tambahan sekira 15 jt-an lg,jd total bajet sekira 75 jt.Kepincut mo meminang Karimun Estilo dgn tahun yg lbh muda-an,di rentang tahun 2007-2008
Mohon pencerahannya lg ttg Karimun Estilo kalo di "head to head" sm Karimun Kotak...
Kelas diatas citycar, taun dapet lumayan muda (2008), kabin lega banget, irit (1:11 up easy la ), servis murah (mesin K3-VE as avanza & xenia), dan tentunya gengsi diatas para citycar...
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
pak momod amfibi,emang utk mumun Estilo minusnya apa aja kalo dibandingkan dgn Sirion?tadi sempet 'hunting' di web belanja online,banyak yg nawarin Sirion msh di kisaran 80 jeti-an...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Semua harga di web belanja ntuh harga buka om, belom ditawar...slowdriver wrote:pak momod amfibi,emang utk mumun Estilo minusnya apa aja kalo dibandingkan dgn Sirion?tadi sempet 'hunting' di web belanja online,banyak yg nawarin Sirion msh di kisaran 80 jeti-an...
Mumun estilo jelas beda kelas dgn sirion, sirion lebih tinggi kelasnya
& mumun estilo ini sendiri nggak gitu enak makenya (makanya nggak gitu laku penjualannya dulu)...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Sat Oct 06, 2012 13:28
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
chevy spark, daewoo matiz, pug 206, kalo saja id ts speeddriver bukan slowdriver. pasti saya sarankan uno turbo.
siluman knalpot
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Servis mesin dan elektrikal mah muraah om hehehehe... Kaki kaki depan sebetulnya jadi ciri khas Suzuki FWD, gabisa dibawa kasar di jalan jelek hehehe... Shock mungkin bisa diakali, tapi kalo seruntulan malah larinya ke rack steering atau eps. Pas kemarin dapet memang sudah ada masalah di rack steeringnya agak glodakan dan speeleng sedikit. Tapi berhubung saya yang setir terus....slowdriver wrote:@bro mo2d imingwahyudi > Sepertinya kalo meminang Karkot bisa menekan 'bajet' utk biaya perawatan dan servis secara part dan ongkos jasa servis-nya yg murmer...Untuk info mengenai sektor kaki2 yg ringkih,ane malah br denger tuh bro mod..?dikisaran berapa DC-nya kalo kita mo benahi sektor kaki2?berikut bagian apa aja yg sering rentan ringkih?shock breaker?tie rod?ato apa mod..?mohon penjelasan dan pencerahannya,secara ane jujur aja awam banget mengenai 'permesinan' dan 'sektor2/area' di mobil,cuman denger2 dan baca2 aja itu jg mod..
@bro A7Corsair > Justru itu yg menjadi poin minus dr si Ceria yg saking mini-nya sampe sektor kopling aja terkesan di tumpuk/tumpang-tindih dgn blok mesin CMIIW
@bro mo2d amfibi > Maunya si Ceria ini adalah sebuah mobil ber-konsep minimalis,tp jd merepotkan montir tp jg sekaligus menguntungkan montir&bengkel-nya,tp bikin kita jd kekuras isi dompet yg tadinya mo dicadangkan buat biaya perawatan/servis keseluruhan jd kesedot hanya utk membenahi kopling doank
Racksteering dulu kena di 8.5 satu setnya kalo diganti, dan inden 1 bulan
Karimun Estilo....ambilnya yang 3 silinder yaa om lebih irit dan lebih enak didenger mesinnya drpd estilo 4 silinder [emoji28]
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Hmm...jd pengen minang Sirion jg nih,tp koq liat body-nya spertinya msh lbh 'seksoy' Kartilo pak mod...amfibi wrote:75jt kenapa enggak naik ke Sirion om?
Kelas diatas citycar, taun dapet lumayan muda (2008), kabin lega banget, irit (1:11 up easy la ), servis murah (mesin K3-VE as avanza & xenia), dan tentunya gengsi diatas para citycar...
Apalagi sih pak mod,pertimbangan lain utk ane agar berpaling ke Sirion,walau hati ini msh kepincut sm Kartilo,secara kalo Karkot kan bodinya 'meng-kotak' kalo si Kartilo kan ber-bodi 'semok=seksoy dan montok'
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 26, 2014 11:33
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Iya jg sih mod,kadang kalo liat harga2 di web belanja online koq kurang rasional jg tuh...amfibi wrote:Semua harga di web belanja ntuh harga buka om, belom ditawar...
Mumun estilo jelas beda kelas dgn sirion, sirion lebih tinggi kelasnya
& mumun estilo ini sendiri nggak gitu enak makenya (makanya nggak gitu laku penjualannya dulu)...
Kalo kelas-nya lbh tinggi Sirion dibanding Kartilo,tp koq kalo di kota ane (Bandung) msh lbh banyak populasi 'ceu Mumun
Estilo' yah dibanding 'Teh Sirion' ?
Sirion jg denger2 katanya dl kurang bgitu gencar promo-nya,bener gak sih pak mod?tp anehnya Kartilo jg promo katanya biasa2,peminatnya jg kurang dgn alasan bnyk minusnya,jd bingung ane pak mod utk nentuin pinangan...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sat Jan 10, 2015 13:52
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Kalo diluar city car sih saya pilih xenia 1.0 dapet tuh th 2007. Tapi kalau harus city car saya pilih estilo yg 3 cyl. Alasannya tahun muda, bodi imut, interior cakep, irit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
Waduh...puskas wrote:chevy spark, daewoo matiz, pug 206, kalo saja id ts speeddriver bukan slowdriver. pasti saya sarankan uno turbo.
Kalau ini sih pilihan buat hobbyist
Maaf, rasanya ngga cocok buat entry/first user, kecuali sdh mapan skill dan kenalan bengkel/jualan spare parts-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Pencerahannya donk,'city car' lawas seken budget 60jt-an
IMO, ceria juga bukan pilihan bijak, melihat populasi-nya.amfibi wrote:Saran ane, coret Hyundai Atoz & Kia Visto...slowdriver wrote:Halo saudara2-ku se-SM dan setanah air...
Mohon pencerahannya,ane mo beli mobil mini seken lawas dgn budget 60jt-an.
Ada sekitar 4 pilihan yg ane bingung mo pilih mana?:
1.Karimun Kotak (Karkot) thn 2000-2002
2.Daihatsu Ceria thn 2003-2004
3.Hyundai Atoz 2001-2003
4.Kia Visto 2001-2003
Ke-empat pilihan diatas mohon pencerahan utk komparasi-nya,dr segi ngirit BBM,kehandalan di sektor mesin,dan biaya pemeliharaan/service.Untuk 'nilai jual kembali' sy tdk mempermasalahkan,krn mgkn sy mo niat pake secara itu mobil pertama ane...
Thxb4
Duo itu sekarang isinya penyakit semua, ketahanan nya kurang (maklum koreans era2 awal) especially visto yang entah kenapa lebih rewel dari atoz pdhl isinya sama aja. .. Pun nggak ada yg spesial di mobil ini, sehingga di jaman skrg ini nggak worthy lg buat piara Atoz Visto
Daihatsu Ceria pilihan yg cukup baik, irit nya gila gilaan (1:17 dalkot bs didapetin dgn mudah), mesin mainnya di putaran atas & biarpun 850cc tp kencengnya amit amit, 0-100 cukup 11 detikan... 140? gampang
Terkenal gesit juga karna selain bodinya kecil banget, suspensi sudah full independent di ke-4 rodanya, stabil banget biarpun mobilnya imut imut, kaya bawa gokart
Yang perlu dipertimbangkan, ceria ini nggak ada powersteering, stirnya nggak bisa dibilang ringan...
Dan karna bodinya yg kecil banget ini, suka diremehkan di jalan, jd kurang confidence bawanya...
Pengalaman pribadi saya (di tempat saya), belum tentu sehari dalam sebulan ngelihat ceria di jalan.
Jauh lebih sering nemu duo ginseng di jalanan daripada ceria, bahkan dibanding karimun kotak sekalipun.
Imbasnya nanti di ketersediaan suku cadang, terutama body parts.
Kalau masih pengen mobil kutu dgn budget segitu, bisa pertimbangkan juga picanto generasi awal (2004/2005)
Kalau mau peace of mind dan tetep pengen mobil kutu, 60jt jadikan DP buat ambil unit baru dari sekian banyak pilihan gerombolan lcgc yg booming akhir2 ini.
Budget cicilannya rasanya ngga beda jauh jatuhnya dengan pengeluaran dgn collateral damage cost beresi beli tunai mobkas yg usianya >10thn.
Dan rasanya orang beli mobil kutu, pastinya buat dipakai harian. Artinya banyak komponen fast moving yg juga sdh jatuh tempo buat diganti
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking