Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sesanga wrote:
Saya juga baru pakai Spin Diesel 1.3 Turbo. Baru jalan 300km. Oli rekomen pabrik : Q8 Formula G Spesial LongLife 5W-30, dgn data sheet :
- Meet Spec: GM Dexos2, API SN/CF, MB 229.51, BMW LongLife-04
- VI : 167 , SAPS :0,8% mass , TBN : no data
Lengkapnya : http://pds.q8research.com/pdfsheet.php?id=589
Penggantian sesuai anjuran jadwal BeRes : 15.000 km / 6 bln
Apakah oli ini sepertinya "terlalu tinggi" speknya utk mesin Spin (buatan Fiat seri Multijet) yg telah disesuaikan utk Indonesia (no DPF Diesel Particulate Filter), terutama karena nilai SAPSnya rendah <1%.
Di webnya keterangannya memang didesain utk GM Opel Euro 5&6 engines with requiring LowSAPS engine oil.
Harganya sekitar 150-160rb/ltr.
Lalu menurut Om Turbo oli produk Qatar ini reputasi kualitasnya apakah sudah setara Mobil1, Shell, Castrol misalnya.
IMO :
Sebetulnya kadar SAPS & TBN itu related ke :
- Kadar sulphur BBM
- Requirement oli low SAPS demi perlindungan exhaust after treatment (EAT mandatory di negara Euro V & beyond)
Akhirnya unsur2 metallic dan mineral (ash) di oli dikurang2-in / di subtitusi dgn zat yg lebih ramah thd Cat Conv / DPF
Tapi jika bicara perlindungan thd jeroan mesin, oli high SAPS / high antiwear lebih oke......juga jika BBM yg digunakan sulphur tinggi
Maka itu buat di Indo saya hindari oli low SAPS......kecuali kalo utk mesin Gasoline ya masih oke lah
Pak Turbo, mau tanya lagi...
Di beberapa page terakhir, Pak Turbo selalu rekomendasikan pemakaian oli 0W20 untuk gasoline engine, NA, apalagi yg sdh close loop.
Turboman wrote:
IMO :
Sebetulnya kadar SAPS & TBN itu related ke :
- Kadar sulphur BBM
- Requirement oli low SAPS demi perlindungan exhaust after treatment (EAT mandatory di negara Euro V & beyond)
Akhirnya unsur2 metallic dan mineral (ash) di oli dikurang2-in / di subtitusi dgn zat yg lebih ramah thd Cat Conv / DPF
Tapi jika bicara perlindungan thd jeroan mesin, oli high SAPS / high antiwear lebih oke......juga jika BBM yg digunakan sulphur tinggi
Maka itu buat di Indo saya hindari oli low SAPS......kecuali kalo utk mesin Gasoline ya masih oke lah
Yg jadi pertanyaan kemudian, pihak teknisi GMI harusnya bisa mengetahui tipe2 fungsi khusus oli model Low-SAPS dan Non LowSAPS ini. Di masing2 web produsen juga sudah ada keterangannya juga ttg kebutuhan oli LowSAPS ini. Mrk kok tetep saran oli LowSAPS?
Lalu penentuan standar oli kendaraan Spin ini sebenarnya wewenang GMI or GM Global yah. GM Global mestinya juga tahu Spin diesel di sini tdk pakai DPF, karena standar di Indonesia msh EURO-2 menuju EURO-3.
How about Captiva? Same case? no DPF dikasih oli LOW SAPS?
Salvanost wrote:baca2 mobil usia dibawah 5 tahun disaranin make oli 10w-40
kalau udah usia diatas 5 tahun pake 20w-40
trus posisi 5w-30 baiknya untuk mobil usia berapa?
Sebenarnya mungkin bukan karena faktor usia kali ya...
Soalnya biasanya mobil lama memang persepsinya kepresisian dan clearance mesin tidak sebagus mesin baru.
Pertimbangan lainnya, kalau mesin sdh km-nya tinggi, ada kemungkinan juga sudah aus dan clearance nambah besar.
Jadi kalau dikasih oli encer, resikonya penguapan tinggi dan rembes.
Kalau yakin jeroan masih rapet, rasanya ngga masalah pakai oli encer.
Saya ada gerobak yg umurnya udh 14thn/235ribuan km, masih berani pakai oli 5w-30 atau 0w-40.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Turboman wrote:
IMO :
Sebetulnya kadar SAPS & TBN itu related ke :
- Kadar sulphur BBM
- Requirement oli low SAPS demi perlindungan exhaust after treatment (EAT mandatory di negara Euro V & beyond)
Akhirnya unsur2 metallic dan mineral (ash) di oli dikurang2-in / di subtitusi dgn zat yg lebih ramah thd Cat Conv / DPF
Tapi jika bicara perlindungan thd jeroan mesin, oli high SAPS / high antiwear lebih oke......juga jika BBM yg digunakan sulphur tinggi
Maka itu buat di Indo saya hindari oli low SAPS......kecuali kalo utk mesin Gasoline ya masih oke lah
Yg jadi pertanyaan kemudian, pihak teknisi GMI harusnya bisa mengetahui tipe2 fungsi khusus oli model Low-SAPS dan Non LowSAPS ini. Di masing2 web produsen juga sudah ada keterangannya juga ttg kebutuhan oli LowSAPS ini. Mrk kok tetep saran oli LowSAPS?
Lalu penentuan standar oli kendaraan Spin ini sebenarnya wewenang GMI or GM Global yah. GM Global mestinya juga tahu Spin diesel di sini tdk pakai DPF, karena standar di Indonesia msh EURO-2 menuju EURO-3.
How about Captiva? Same case? no DPF dikasih oli LOW SAPS?
Business is business um
Yah tahu sendiri dahhhh.........
Yg penting kita sebagai user sebaiknya jeli / selalu aktifkan "Radar Nalar" kita
tanyaaa lagiii, bentar lagi kan premium dihapus,
nah itu kendaraan2 tertentu kan ada yg ga bisa minum pertamax,
kalau minum pertamax tar mesinnya cepat panas
tapi solusinya katanya ganti oli yg bagusan, tar mesinnya ga cepat panas
tolong dikaish pencerahan, maksudnya spec oli yg kaya apa yg bikin minum pertamax bikin mesin jaid panas dan ga panas
Thx
Salvanost wrote:tanyaaa lagiii, bentar lagi kan premium dihapus,
nah itu kendaraan2 tertentu kan ada yg ga bisa minum pertamax,
kalau minum pertamax tar mesinnya cepat panas
tapi solusinya katanya ganti oli yg bagusan, tar mesinnya ga cepat panas
tolong dikaish pencerahan, maksudnya spec oli yg kaya apa yg bikin minum pertamax bikin mesin jaid panas dan ga panas
Thx
Itu rumor dari mana ?
Mesin bensin apapun, mau side valve-pun, dikasih oktan lebih tinggi maka tentu akan lebih baik kinerjanya dlm segala hal, hanya saja kalau oktan ketinggian jadi wasting dr segi cost.......itu aja
Kalau mesin2 kuno utk ke bensin saat ini biasanya dikasih additip lead subtitue utk melumas intake valve
utk transmisi... sblom nya ane make pertamina rored GL-4 85W-90.. pemakaian 10an rebu km
20141223_134947.jpg
dan proses ngisi nya pake selang bekas ac dipakein corong, ngisi nya dari arah enjin bey biar ga pegel
20141223_140454.jpg
warna oli yg di drain mirip sperti warna oli nya saat baru dtuang dulu... hijau gelap...
20141223_142257.jpg
20141223_142427.jpg
20141223_143316.jpg
cuman pas di baut drain nya... lagi2 ditemukan penampakan yg sama pd baut drain si gardan..
20141223_134732.jpg
utk oli transmisi... skrg ane lg cobain oli MTF nya nissan, yg kl seandainya mreka formulasi sesuai kriteria gearbox mt nya batu makam, maka spek nya harus GL-4 dan 75W-85....
P1080638.JPG
P1080639.JPG
utk oli MTF batu makam ini, spertinya mreka uda ganti vendor, kl dl mreka mencantumkan formulated by idemitsu lube bla bla bla.... nahh kali ini ga ada.... dan di invoice nya ditulis JX nippon which is known for eneos company... dan harga MTF nya pun lebi mahal nyaris 20 rebu per liter ktimbang dl...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by DOHC on Fri Dec 26, 2014 7:58, edited 1 time in total.
Salvanost wrote:baca2 mobil usia dibawah 5 tahun disaranin make oli 10w-40
kalau udah usia diatas 5 tahun pake 20w-40
trus posisi 5w-30 baiknya untuk mobil usia berapa?
mitos tukang oli dan bengkel2 jadul om...
ipah pipitiai ane uda usia 8 taon dan odo uda mendekati 150 rebu... masi tetep ane hajal 5-30 dan masi gapapa, ga ada asep2 tipis atau penguapan heboh... GE8 ane ud hampir 5 taon, odo uda ampir 80 rebu km... skrg malah naek kelas ke oli 0W-20, dipake 3000an km, masi tetep ga ada penguapan sama sekali... aneh memang ini mesin2 ahond,... irit bener ama oli... dr dl ga di nguapin samsek mau dihajar ampe ceban km...
ToniGun wrote:
24 Dec 2014, 17:47
Pak Turbo, mau tanya lagi...
Di beberapa page terakhir, Pak Turbo selalu rekomendasikan pemakaian oli 0W20 untuk gasoline engine, NA, apalagi yg sdh close loop.
Apa hubungannya close loop dg oli 0W20?
Sundul lg dech...
Penasaran apa hubungannya close loop dg oli 0w20.
Sekalian mau tanya ada gak yg bisa share TDS/MSDS oli Honda/Nissan/Mazda yg 0w20.
Thanks
Salvanost wrote:tanyaaa lagiii, bentar lagi kan premium dihapus,
nah itu kendaraan2 tertentu kan ada yg ga bisa minum pertamax,
kalau minum pertamax tar mesinnya cepat panas
tapi solusinya katanya ganti oli yg bagusan, tar mesinnya ga cepat panas
tolong dikaish pencerahan, maksudnya spec oli yg kaya apa yg bikin minum pertamax bikin mesin jaid panas dan ga panas
Thx
yang bener tu, kalo kipas pendingin radiator dilepas dan air radiator dikosongin, mesin cepet panas.
apa urusannya pertamax sama mesin panas? dapet info dari mana?
Mohon saran para suhu.
Spin Diesel 1.3 Turbo dgn spek mesin terlampir dibawah:
Odometer sekarang 500km. Oli bawaan pabrik : Q8 Spesial G LongLife 5W-30 Dexos2.
Pertanyaan :
1. Untuk masa break-in / inreyen, lebih cocok mana antara oli tipe HDEO/ Heavy Duty (misal Mobil Delvac) atau PCEO/ Passenger Car (Misal Q8 Excel Diesel)
2. Rencana penggantian oli :
- Pakai HDEO pada km 3000 ; 8000 ; 15.000
- Setelah itu pakai PCEO pada kelipatan 10.000 selanjutnya
Kira2 menurut master bgmn. Thx.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mungkin yg masi binggung soal perllu atau tidak nya inreyen... bsa coba gugling plateu hone atau plateau honing brushes... kmungkinan proses ini dari pabrikan yg bkin mreka brani utk mentiadakan proses inreyen dan lgs hajar oli encer semi syn atau full syn... cmiiw
ToniGun wrote:
24 Dec 2014, 17:47
Pak Turbo, mau tanya lagi...
Di beberapa page terakhir, Pak Turbo selalu rekomendasikan pemakaian oli 0W20 untuk gasoline engine, NA, apalagi yg sdh close loop.
Apa hubungannya close loop dg oli 0W20?
Sundul lg dech...
Penasaran apa hubungannya close loop dg oli 0w20.
Sekalian mau tanya ada gak yg bisa share TDS/MSDS oli Honda/Nissan/Mazda yg 0w20.
Thanks
Close Loop kan AFR lebih terjaga, resiko fuel dilution ke oli lebih kecil
Teorinya begitu ya, tapi kalo mesin open loop settingnya proper dan maintenance bagus resiko Fuel dilution juga kecil
mungkin yg masi binggung soal perllu atau tidak nya inreyen... bsa coba gugling plateu hone atau plateau honing brushes... kmungkinan proses ini dari pabrikan yg bkin mreka brani utk mentiadakan proses inreyen dan lgs hajar oli encer semi syn atau full syn... cmiiw
Ya kalo mobilnya cap kuda jingkrak / kebo nanduk / tameng / "B" & sekelas sih percaya
Juga mesin2 yg komponennya dibuat dgn teknik billet aka dari alloy blok lgs diukir di mesin CNC 5 axis & diprogram lgs smooth semua surface-nya
mungkin yg masi binggung soal perllu atau tidak nya inreyen... bsa coba gugling plateu hone atau plateau honing brushes... kmungkinan proses ini dari pabrikan yg bkin mreka brani utk mentiadakan proses inreyen dan lgs hajar oli encer semi syn atau full syn... cmiiw
Ya kalo mobilnya cap kuda jingkrak / kebo nanduk / tameng / "B" & sekelas sih percaya
Juga mesin2 yg komponennya dibuat dgn teknik billet aka dari alloy blok lgs diukir di mesin CNC 5 axis & diprogram lgs smooth semua surface-nya
kalo mobil sejuta umat ?
Wong sehari aja produksi di targetin.........
nahh kl soal itu, mungkin hanya si pabrikan mesin dan atpm dan tuhan yg tau..
tp mungkin bsa diliat jg dari penguapan atau konsumsi oli berlebih atau tidaknya sbg indikator pada masa inrejen... dmana kl ntuh silinder masi blom bener2 "smooth" kan seharusnya konsumsi oli meningkat ckup signifikan.. apalagi oli yg dipakai di beberapa atpm oli2 yg ckup encer..
Mau minta info kawan2 sebelumnya mobil saya menggunakan HAO E-pro Blue, minggu lalu beres Honda mengingatkan ( call ) untuk jadwal penggantian oli selanjutnya namun kali ini menginformasikan agar mengganti ke seri HAO E-pro Gold pada waktu penggatian selanjutnya.
Pertanyaan saya : Apakah cukup layak pergantian seri oli diatas ?
Terima kasih sebelumnya...
Data manual book :
Note :
- Honda New Freed 2013
- Km 12500
- Pergantian oli terakhir September 2013 ( per 5000 km)
- Kondisi jalan 25% stop & go
- Jalan santai
- Sangat jarang keluar kota
- Bensin Ron 95
Mau minta info kawan2 sebelumnya mobil saya menggunakan HAO E-pro Blue, minggu lalu beres Honda mengingatkan ( call ) untuk jadwal penggantian oli selanjutnya namun kali ini menginformasikan agar mengganti ke seri HAO E-pro Gold pada waktu penggatian selanjutnya.
Pertanyaan saya : Apakah cukup layak pergantian seri oli diatas ?
Terima kasih sebelumnya...
Data manual book :
Note :
- Honda New Freed 2013
- Km 12500
- Pergantian oli terakhir September 2013 ( per 5000 km)
- Kondisi jalan 25% stop & go
- Jalan santai
- Sangat jarang keluar kota
- Bensin Ron 95
Ganti aja ke Gold Om, 0w-20 ini mantab kok...apalagi mobil Om masih cukup baru. Nanti bandingin rasanya seperti apa
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
@ ecco : Ok mas terima kasih atas sarannya, jadi layak ya untuk langsung di ganti ke seri HAO E-pro Gold diatas. Untuk tambahan info saja apakah ada pilihan produk oli lain dengan spek seperti seri E-pro Gold dengan harga yang setara maupun diatasnya yang beredar di pasaran saat ini ?