ummm penjelasan lengkap soal MQB... by om helm...jivos wrote: cmiiw,
# mqb platform fully br diaplikasikan di produksi 2012 ke atas, utk kelas small/medium car vw group, mqb ini menggantikan platform pq35.
list small/ medium dg mqb platform
glf mk 7/audi a3/ audi tt/seat leon/skoda okta gen 3 all.
# golf mk 5 & 6 pk platform PQ35 vs MQB di golf mk 7
chasis golf mk6 tentunya berbeda dg golf mk 7 yg sdh MQB mr lighter.
mqb pd masa golf mk 5, br pd tahap development & blm diaplikasikan.
# Vw scirocco msh menggunakan PQ35 platform lama, dan br direncanakan menggunakan MQB platform pd saat ganti model 2017 nanti.
viewtopic.php?f=19&t=20514&hilit=review ... i+highline
Well, untuk strater-nya, Tiguan dibangun diatas platform PQ35 Volkswagen. PQ35 ini adalah platform pertama dimana VW Group (VW, Audi, Seat, Skoda, Bentley) develop sebuah platform yang extra modular dan extra flexible. Investasi VW Group ini menghasilkan PQ35, sebuah platform yang VW sebut sebagai MQB. (Sebagian dari bahasan MQB ini tidak sengaja saya kasih teaser nya dalam kopdar Surabaya bersama oom Tomkat... Asemm.. Gara-gara keasikan ngobrol jadi kepancing..![]()
)
Ok, lanjut. MQB merupakan singkatan dari Modularer Querbaukasten atau Modular Transversal Toolkit dalam bahasa Inggris-nya. And literally, seluruh bisnis VW saat ini sangat bergantung pada kesuksesan MQB, karena nyaris semua kendaraan dari VW Group menggunakan MQB parts matrix. Desain MQB menerapkan serangkaian hardpoints di titik yang fixed untuk sejumlah besar line-up mobil dan powertrain. Hardpoints ini membuat peletakan struktur standar mobil, meliputi: engine and transmission mounting, steering rack, electrical systems, dan static dan kinematic setting dari suspensi (toe, camber, caster, dll) sudah ditentukan, dan tidak dapat diubah. Akan tetapi, MQB tetap memberikan sedikit kebebasan VW Group untuk mendesain printilan seperti entertainment system, atau aircon dengan spesifikasi yang berbeda sesuai dengan line up masing-masing brand (VW, Audi, Skoda, Seat, Bentley).
Dalam bahasa manusianya; setiap kali VW Group menelurkan produk baru dengan basis MQB, they don't start with a piece of blank paper, melainkan mereka sudah punya strukturnya, tinggal desain eksterior, interior, suspensi, dan memilih powertrain. Positifnya? Mereka tidak membutuhkan biaya besar untuk development produk terbaru karena desain MQB minimal dapat dipergunakan untuk line up 3 generasi, dan dalam kasus VW Group, itu artinya 3 generasi untuk 5 merk yang bersama menggunakan MQB. Itu artinya 3 generasi VW Golf, 3 generasi Tiguan, 3 generasi Jetta 3 generasi A3, 3 Generasi A4, 3 generasi A5, 3 generasi A6, 3 generasi Q3 dan Q5, 3 generasi Seat Leon, 3 Generasi Skoda Yeti, bahkan sampai 3 generasi Bentley Continental. Bayangkan berapa banyak penghematan yang bisa mereka lakukan.. Setiap meluncurkan produk baru dari masing-masing merk untuk 20 tahun kedepan mereka hanya perlu desain new features saja karena tulang nya sudah ada.![]()
![]()