newbie asking about build quality....Xtrail to CRV?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
newbie asking about build quality....Xtrail to CRV?
hi,,
newbie nic...salam kenal yah..ini adalah thread pertama saya di forum seraya motor...
kepada para senior2 disini...ada beberapa pertanyaan nih..harap dibantu yah makasih...saya cuma ingin tahu pendapat para sesepuh di forum ini..
or I think maybe we can have a nice discussion?hahaha
ok..saya sangat tertarik dengan diskusi tentang build quality keseluruhan dari kendaraan2 sekarang seperti contoh nya nissan x-trail dibanding kan dengan Honda CR-v, menurut kalian semua, manakah yang lebih berkualitas?dari segi pengendaraan, build quality etc.
sebenarnya....postingan saya di forum ini dikarenakan saya tidak begitu pasti dengan hasil review media.
ok lha..media mengomparasi dua mobil tersebut,then menentukan mana yang lebih baek dari segi value, pengendaraan etc...tetapi itu menurut saya tidak langsung mencerminkan kualitas dari 2 kendaraan tersebut....
coba kita lihat,..adakah media yang melangsungkan test secara long term??kalo tidak, bagaimana kita menentukan kualitas bangun dari kedua kendaraan tersebut?
hal lain lagi ialah..bole dibilang saya ini agak banyak mau nya...tapi hey...tuh mobil kan dibeli pake duit..saya membandingkan mbl saya dgn mobil saudara saya...new CRv..saya memerhatikan detail seperti wiper nya...dari wiper itu terkesan new Crv memakai bahan yang lbh mahal daripada xtrail if not better built...mgkn bagi para forumers disini I sound ridiculous..but I do pay attention to those lil thing..hahaha:)
itu dari yang kasat mata...
kalo dari yang tidak kasat mata...contohnya dari kekuatan kaki mobil2 tersebut..tanpa long term test menurut gue susah untuk menentukan nya.
dari mana saya berasal...mereka mempunyai mitos...kekuatan kaki2 dari mobil honda itu biasanya tidak begitu kuat...nah dari situ pula saya disarankan untuk tidak membeli honda CRV MKII...padahal menurut gue sic itu bukan karena kualitas nya rendah..mungkin aza settingannya itu memang lebh keras..buktinya dari pengalaman membawa 2 mobil tersebut, menurut saya CRv tuh lebih kurang limbungnya dibandingkan Xtrail due to maybe stiffer setting:)
nah..how can they just simply throw a statement like xtrail's suspension system is better...and did they know that Cr-v comes with the strut bar as a standard equipment whereas Xtrail doesn't?
no offense to fellow xtrail users..I myslef is using one of it.
menurut w sic xtrail is indeed a very fine vehicle...and so does CRV...both have their own merits.
oh yeah..how bout the interior quality menurut para forumers?
thanks thanks...
newbie nic...salam kenal yah..ini adalah thread pertama saya di forum seraya motor...
kepada para senior2 disini...ada beberapa pertanyaan nih..harap dibantu yah makasih...saya cuma ingin tahu pendapat para sesepuh di forum ini..
or I think maybe we can have a nice discussion?hahaha
ok..saya sangat tertarik dengan diskusi tentang build quality keseluruhan dari kendaraan2 sekarang seperti contoh nya nissan x-trail dibanding kan dengan Honda CR-v, menurut kalian semua, manakah yang lebih berkualitas?dari segi pengendaraan, build quality etc.
sebenarnya....postingan saya di forum ini dikarenakan saya tidak begitu pasti dengan hasil review media.
ok lha..media mengomparasi dua mobil tersebut,then menentukan mana yang lebih baek dari segi value, pengendaraan etc...tetapi itu menurut saya tidak langsung mencerminkan kualitas dari 2 kendaraan tersebut....
coba kita lihat,..adakah media yang melangsungkan test secara long term??kalo tidak, bagaimana kita menentukan kualitas bangun dari kedua kendaraan tersebut?
hal lain lagi ialah..bole dibilang saya ini agak banyak mau nya...tapi hey...tuh mobil kan dibeli pake duit..saya membandingkan mbl saya dgn mobil saudara saya...new CRv..saya memerhatikan detail seperti wiper nya...dari wiper itu terkesan new Crv memakai bahan yang lbh mahal daripada xtrail if not better built...mgkn bagi para forumers disini I sound ridiculous..but I do pay attention to those lil thing..hahaha:)
itu dari yang kasat mata...
kalo dari yang tidak kasat mata...contohnya dari kekuatan kaki mobil2 tersebut..tanpa long term test menurut gue susah untuk menentukan nya.
dari mana saya berasal...mereka mempunyai mitos...kekuatan kaki2 dari mobil honda itu biasanya tidak begitu kuat...nah dari situ pula saya disarankan untuk tidak membeli honda CRV MKII...padahal menurut gue sic itu bukan karena kualitas nya rendah..mungkin aza settingannya itu memang lebh keras..buktinya dari pengalaman membawa 2 mobil tersebut, menurut saya CRv tuh lebih kurang limbungnya dibandingkan Xtrail due to maybe stiffer setting:)
nah..how can they just simply throw a statement like xtrail's suspension system is better...and did they know that Cr-v comes with the strut bar as a standard equipment whereas Xtrail doesn't?
no offense to fellow xtrail users..I myslef is using one of it.
menurut w sic xtrail is indeed a very fine vehicle...and so does CRV...both have their own merits.
oh yeah..how bout the interior quality menurut para forumers?
thanks thanks...
Masalah interior saya lebih menyarankan ambil CRV karena quality lebih bagus dibanding x-trail.
X-trail lebih gampang baret2 karena interior menggunakan bahan plastik yang aneh sehingga terus2an baret2 terus n baret2 ini menurunkan harga jual.
Masalah naikkan mobil saya si pasti ke x-trail karena CRV naikkannya keras n x-trail mesinnya kencang dan handlingnya bagus.
Tapi kalau mementingkan interior, saya sarakan beli CRV
X-trail lebih gampang baret2 karena interior menggunakan bahan plastik yang aneh sehingga terus2an baret2 terus n baret2 ini menurunkan harga jual.
Masalah naikkan mobil saya si pasti ke x-trail karena CRV naikkannya keras n x-trail mesinnya kencang dan handlingnya bagus.
Tapi kalau mementingkan interior, saya sarakan beli CRV
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Kalau gw interior itu nomor satu. Alasan gw gak jadi beli Yaris dan Rush karena satu masalah... Interior. Entah kenapa dashboard Yaris kurang sreg aja di mata gw, bahannya berkesan murah. Kalau Rush, warna gading di door trim terus tiba2 nabrak warna abu2 gak jelas di dashboard bikin gw ilfil. Kita nyetir kan liat dashboard, door trim dan A-Pillar melulu, jadi kualitas interior menjadi kriteria penilaian gw yang utama. All new Civic buat gw masih menjadi nomor satu untuk interior... Unik aja ada tachometer analog tapi speedometer digital dan kualitasnya baik. Swift juga masuk dalam top list gw soal mobil dengan interior keren.
Kalo soal ride quality, gw lebih suka CR-V yang keras. Untuk mobil tinggi kayaknya suspensi harus keras, soalnya gw takut kalau empuk dan melakukan manuver ekstrim, bisa roll over... Meskipun gak sampe seekstrim bisa ampe keguling, better safe than sorry. Setau gw sih kalau baca review di luar negeri, Honda emang sengaja kasih suspension setting keras untuk kestabilan dan keamanan di mobil2 tinggi dia. Element, Pilot, MDX, RDX, CR-V, Odyssey (versi amrik) dan ridgeline setau gw gak ada yang empuk menurut review. Mungkin di luar negeri gak banyak pothole kayak di Jakarta, jadi gak ada yang komplen
Kalo soal ride quality, gw lebih suka CR-V yang keras. Untuk mobil tinggi kayaknya suspensi harus keras, soalnya gw takut kalau empuk dan melakukan manuver ekstrim, bisa roll over... Meskipun gak sampe seekstrim bisa ampe keguling, better safe than sorry. Setau gw sih kalau baca review di luar negeri, Honda emang sengaja kasih suspension setting keras untuk kestabilan dan keamanan di mobil2 tinggi dia. Element, Pilot, MDX, RDX, CR-V, Odyssey (versi amrik) dan ridgeline setau gw gak ada yang empuk menurut review. Mungkin di luar negeri gak banyak pothole kayak di Jakarta, jadi gak ada yang komplen
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Xtrail sih interior'nya gw kurang suka...karena gw suka tipe Luxury dan di Xtrail tidak kelihatan luxury'nya
Sedangkan CRV benar benar kelihatan luxury'nya... dan juga katanya suspensi CRV 2007 ini sudah diubah menggunakan basis CIVIC. Makanya Honda waktu jual CRV banyak yang promote test drive... baru kali ini lho HONDA promote Test Drive.
Jadi saya bisa bilang CRV kali ini bisa dibilang selangkah lebih maju dari Nissan.
Sedangkan CRV benar benar kelihatan luxury'nya... dan juga katanya suspensi CRV 2007 ini sudah diubah menggunakan basis CIVIC. Makanya Honda waktu jual CRV banyak yang promote test drive... baru kali ini lho HONDA promote Test Drive.
Jadi saya bisa bilang CRV kali ini bisa dibilang selangkah lebih maju dari Nissan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
yeah..itu sudah pasti donk..what is the purpose of introducing new model?hahaha
iya,...CRV MKIII tuh dlm nya emg bagus koq..cuman masi plastik keras yah..ga cem civic gt..
kebetulan cici gue beli sih..hehe
mengenai tipe suspensi nya sic w kurang tau...tapi bener koq...ga sekeras CRV MKII...
tapi keqnya masi lembutan Xtrail lho...
iya,...CRV MKIII tuh dlm nya emg bagus koq..cuman masi plastik keras yah..ga cem civic gt..
kebetulan cici gue beli sih..hehe
mengenai tipe suspensi nya sic w kurang tau...tapi bener koq...ga sekeras CRV MKII...
tapi keqnya masi lembutan Xtrail lho...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
lanjut lanjut...
kalo interior menurut gue sic Xtrail tuh keliatannya lebih rugged gt lho..kan nampak yah dari design bodynya...kalo CRV emang lbh passenger/luxury/city oriented..hehehe
gimana menurut para forumers yang laen?:)
oiya...dari CRV yang terbaru yah..kaya nya sic hemat lho..n agak agresive...maklum..6 speed transmission...trus waktu gue geber...sampe RPM4000 suara mesin minim masuk kabin...ntah lha kalo mobil baru..
kalo interior menurut gue sic Xtrail tuh keliatannya lebih rugged gt lho..kan nampak yah dari design bodynya...kalo CRV emang lbh passenger/luxury/city oriented..hehehe
gimana menurut para forumers yang laen?:)
oiya...dari CRV yang terbaru yah..kaya nya sic hemat lho..n agak agresive...maklum..6 speed transmission...trus waktu gue geber...sampe RPM4000 suara mesin minim masuk kabin...ntah lha kalo mobil baru..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Mesin CR-V yang baru evolusi total dari mesin lama. Yang 2000cc pake mesin tipe R20 bukan K20 seperti yang MKII (kayak Toyota pake istilah Mark ) Jangan kaget kalau mesin baru ini menyandang teknologi SOHC, bukan DOHC. Tapi power dan torsi gak berubah, 150ps/19nm. Dengan lebih sedikit mekanisme yang bergerak, mungkin gak mesin CR-V yang baru ini lebih efisien dari segi konsumsi bensin?
Gw shock banget waktu liat CR-V manual giginya ada 6... WALAH! 6!!! Di Amrik orang2 teriak mau CR-V manual, dan mereka taunya CR-V manual 5 gigi, nah kita dapet CR-V baru giginya 6... Bisa buat sombong2an nih.
@ZombiEE, bos yang gw tau emang CR-V ini dirombak total resepnya dari soft roader jadi softer roader. Ditujukan untuk berkendara di perkotaan, so pasti permintaan penggunanya agar suspensi diempukin juga masuk dalam kriteria desain CR-V baru. Review majalah luar mengenai CR-V juga bilang kalau CR-V ini ditujukan untuk individu perkotaan yang sekali2 ke jalan becek.
Gw shock banget waktu liat CR-V manual giginya ada 6... WALAH! 6!!! Di Amrik orang2 teriak mau CR-V manual, dan mereka taunya CR-V manual 5 gigi, nah kita dapet CR-V baru giginya 6... Bisa buat sombong2an nih.
@ZombiEE, bos yang gw tau emang CR-V ini dirombak total resepnya dari soft roader jadi softer roader. Ditujukan untuk berkendara di perkotaan, so pasti permintaan penggunanya agar suspensi diempukin juga masuk dalam kriteria desain CR-V baru. Review majalah luar mengenai CR-V juga bilang kalau CR-V ini ditujukan untuk individu perkotaan yang sekali2 ke jalan becek.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Iya, setuju kalau interior X-Trail memang agak mudah baret2 dan saya kurang suka dengan speedometer di tengah. Tapi secara overall package (better ride, exterior styling, engine), saya masih lebih suka X-Trail dibanding CRV MKII pre-facelift, oleh karena itu saya pick X-Trail as my daily commuter
Kalau dibandingkan dengan CRV MKIII sih saya belum bisa comment karena memang belum pernah naik Modelnya pertama lihat sih aneh, tapi lama2 ok juga yah. Ditambah dengan interior warna beige dan dashboard yg lebih soft dibanding X-Trail, kalau sekarang suruh pilih sih, mungkin saya pilih CRV MKIII hehehe
Kalau dibandingkan dengan CRV MKIII sih saya belum bisa comment karena memang belum pernah naik Modelnya pertama lihat sih aneh, tapi lama2 ok juga yah. Ditambah dengan interior warna beige dan dashboard yg lebih soft dibanding X-Trail, kalau sekarang suruh pilih sih, mungkin saya pilih CRV MKIII hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
kalo soal styling sic relatif yah menurut gw..
sum like it, sum like it not..hehe
what I concern about is more to the quality of the material..
menurut w yah..styling xtrail tuh emang unik yah..agak lari dari pakem gt lho..I like it...it's bold...d saat designer laen mendisain mobil berbentuk ke arah bulat...nissan membuat disain mengotak dengan garis tegas...which IMO turns out to be gud..
kalo styling dashboard nya sic agak straight yah menurut gw..tanpa neko2 gt lho..bandingkan dgn CR-V MKII yang byk gimmick nya gt..
tapi overall 2-2 nya py kelebihan masing2 deh...
oiya..bung boiler...how do you define better ride?:)
sum like it, sum like it not..hehe
what I concern about is more to the quality of the material..
menurut w yah..styling xtrail tuh emang unik yah..agak lari dari pakem gt lho..I like it...it's bold...d saat designer laen mendisain mobil berbentuk ke arah bulat...nissan membuat disain mengotak dengan garis tegas...which IMO turns out to be gud..
kalo styling dashboard nya sic agak straight yah menurut gw..tanpa neko2 gt lho..bandingkan dgn CR-V MKII yang byk gimmick nya gt..
tapi overall 2-2 nya py kelebihan masing2 deh...
oiya..bung boiler...how do you define better ride?:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Hmm, kalau quality of interior material sih X-Trail mostly hard plastic yah ? Maybe for ease of cleaning considering that this off-roader is meant for active lifestyle ? even though saya sih sudah 3 tahun lbh pakai X-Trail belum pernah bawa off road sama sekali, hehe Kalau quality material yang saya suka dari X-Trail maybe setir, shift-knob, & tuas parking brake yang sudah dilapis kulit.
Hmm, better ride quality maksud saya ridenya lebih cocok dengan kebutuhan saya bung Zombie. Waktu dulu cari mobil saya lebih prefer ride quality yang lebih empuk. Dan setelah mencoba X-Trail dan CRV, saya rasa naiknya lebih enak X-Trail. Memang sih org bilang CRV jadi lebih mantap di high speed mengingat setting suspensinya yang lebih firm, tp saya paling bawa mobil saya paling cepat 140-an kpj, dan X-Trail sudah cukup stabil dibawa segitu
Hmm, better ride quality maksud saya ridenya lebih cocok dengan kebutuhan saya bung Zombie. Waktu dulu cari mobil saya lebih prefer ride quality yang lebih empuk. Dan setelah mencoba X-Trail dan CRV, saya rasa naiknya lebih enak X-Trail. Memang sih org bilang CRV jadi lebih mantap di high speed mengingat setting suspensinya yang lebih firm, tp saya paling bawa mobil saya paling cepat 140-an kpj, dan X-Trail sudah cukup stabil dibawa segitu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
ooo..gt yah maksud nya..iya..xtrail tuh jauh lbh empuk dari CRV MKII.. tapi keqnya emg steering response tuh w rasa unggul CRV yah...
see...maksud gw gt lho....bukan berarti lbh empuk berarti lbh bagus..hehehe..bener ga para forumers?:)
hahaha..iya iya..sama...xtrail w kebanyakan idup di aspal daripada tanah..hahahaha:0
any more opinions??????
see...maksud gw gt lho....bukan berarti lbh empuk berarti lbh bagus..hehehe..bener ga para forumers?:)
hahaha..iya iya..sama...xtrail w kebanyakan idup di aspal daripada tanah..hahahaha:0
any more opinions??????
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Fri Mar 23, 2007 20:41
salam kenal, sama g jg newbie dsini hehe
kalo soal built quality rata2 sama ya tp mungkin penghargaan dr JDPower dihitung, if this means anything, then mungkin xtrail lebih diatas sedikit.
kalo soal handling & ride, biasanya seh kalo yg suka naik sedan, biasanya lebih memilih crv karena handlingnya lebih bagus, lebih presisi, dgn mengorbankan sdikit suspensi..lebih keras. xtrail kebalikannya tp gk bukan seperti handling isuzu panther yg limbung bgt biasanya kalo cuma bw sendiri mulu en mungkin be2 aja ama pacar, crv lebih enak tp kalo ama keluarga biasanya lebih milih xtrail. di sisi sedikit bias, krn gue pake xtrail, xtrail lebih cenderung lebih bgs di overall-nya, suspensi nyaman tp jg gk limbung (jg gk presisi spt crv). dan rata2 temen2 g kalo lg ikut di belakang, rata2 bilang xtrail it nyaman en enak, so is the driver
kalo soal built quality rata2 sama ya tp mungkin penghargaan dr JDPower dihitung, if this means anything, then mungkin xtrail lebih diatas sedikit.
kalo soal handling & ride, biasanya seh kalo yg suka naik sedan, biasanya lebih memilih crv karena handlingnya lebih bagus, lebih presisi, dgn mengorbankan sdikit suspensi..lebih keras. xtrail kebalikannya tp gk bukan seperti handling isuzu panther yg limbung bgt biasanya kalo cuma bw sendiri mulu en mungkin be2 aja ama pacar, crv lebih enak tp kalo ama keluarga biasanya lebih milih xtrail. di sisi sedikit bias, krn gue pake xtrail, xtrail lebih cenderung lebih bgs di overall-nya, suspensi nyaman tp jg gk limbung (jg gk presisi spt crv). dan rata2 temen2 g kalo lg ikut di belakang, rata2 bilang xtrail it nyaman en enak, so is the driver
-
- SM Specialist
- Posts: 22015
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Utk mesin gasoline N/A yg cc nya sama besar umumnya SOHC bisa mendapat peak Torque di RPM sedikit lebih rendah dibanding DOHC. Makin rendah RPM dimana peak Torque tercapai maka akan nikmat utk stop & go driving.Midi_Amp wrote:Mesin CR-V yang baru evolusi total dari mesin lama. Yang 2000cc pake mesin tipe R20 bukan K20 seperti yang MKII (kayak Toyota pake istilah Mark ) Jangan kaget kalau mesin baru ini menyandang teknologi SOHC, bukan DOHC. Tapi power dan torsi gak berubah, 150ps/19nm. Dengan lebih sedikit mekanisme yang bergerak, mungkin gak mesin CR-V yang baru ini lebih efisien dari segi konsumsi bensin?
Utk CR-V konsumen yg paling berbahagia adalah di Eropa, karena mereka bisa memilih 3 opsi mesin :
2.0 L gasoline utk entry level
2.4 L gasoline buat yg menginginkan performa & biaya BBM nggak menjadi masalah
2.2 i-CTDi Diesel bagi yg menginginkan kombinasi keduanya, kons. BBM yg hemat, Performa, kenikmatan berkendara di dlm kota (Torsinya paling besar di antara yg lain : 340 Nm @ 2000 RPM).
Di antara ketiga mesin tsb. hanya i-CTDi yg pernah menyabet penghargaan Engine of the year tahun 2005.
Sayangnya hingga hari ini Honda hanya memasarakannya di Eropa, baru th. 2009 nanti i-CTDi akan go global
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Kalau ada i-CTDi gw rela deh isi pertadex... Alasan Honda menunda peluncuran global i-CTDi setau gw karena kandungan belerang di solar selain di Eropa terlalu tinggi, bahkan di negara peminum bensin kayak Amerika. 2009-2010 katanya sih standar solar dunia udah naik... Tapi gimana taunya?
Gw dah coba test drive CR-V 2.0L manual... Wah!! Senyap banget... Mungkin karena gw jalan pelan kali ya. Tapi waktu gw geber gasnya (cuma ngegas doang, gak ngebut) suara mesinnya juga gak terlalu masuk. Beda ama Rush dan GV yang gw coba. Hiks... Sayang harganya bikin gw harus nungging. Pengen nih Honda Crossroad, CR-V rasa 7 seater, katanya posisi dibawah CR-V, jadi lebih murah kali... Kali...
Gw dah coba test drive CR-V 2.0L manual... Wah!! Senyap banget... Mungkin karena gw jalan pelan kali ya. Tapi waktu gw geber gasnya (cuma ngegas doang, gak ngebut) suara mesinnya juga gak terlalu masuk. Beda ama Rush dan GV yang gw coba. Hiks... Sayang harganya bikin gw harus nungging. Pengen nih Honda Crossroad, CR-V rasa 7 seater, katanya posisi dibawah CR-V, jadi lebih murah kali... Kali...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
wah..mantab nic..idup lagi thread gue/...
halo bung spartan..and semua..met kenal...appreciate it:)
yeah..senyap..the first thing I notice bout this car..
oiya...mesin xtrail ogut tuh ntah nape..agak kasar yah..kali olinya encer yah?
gw pernah baca di majalah gitu..katanya ini mesin diesel yang pertama dikembangkan honda yah?mana dipuji lagi dimana mana..siiipp:)
tapi keq nya di indo ga bisa dipake deh nic mesin...tau2 lha kualitas BBM kita cem gimana....
ato at least d tpt tinggal gw yang di daerah blm ada pertamina DEX:0
hmmm..bung turboman...
mesin SOHC bukan kah secara teoritis performanya lbh rendah dari mesin DOHC?dan lagian bknkah SOHC teknologi yang lebih lama?
any more indepth explanation?thanks in advance...
ada yang mo mengomentari mengenai kaki2 kedua mobil tersebut?xtrail to CRV MKII:)
halo bung spartan..and semua..met kenal...appreciate it:)
yeah..senyap..the first thing I notice bout this car..
oiya...mesin xtrail ogut tuh ntah nape..agak kasar yah..kali olinya encer yah?
gw pernah baca di majalah gitu..katanya ini mesin diesel yang pertama dikembangkan honda yah?mana dipuji lagi dimana mana..siiipp:)
tapi keq nya di indo ga bisa dipake deh nic mesin...tau2 lha kualitas BBM kita cem gimana....
ato at least d tpt tinggal gw yang di daerah blm ada pertamina DEX:0
hmmm..bung turboman...
mesin SOHC bukan kah secara teoritis performanya lbh rendah dari mesin DOHC?dan lagian bknkah SOHC teknologi yang lebih lama?
any more indepth explanation?thanks in advance...
ada yang mo mengomentari mengenai kaki2 kedua mobil tersebut?xtrail to CRV MKII:)
-
- SM Specialist
- Posts: 22015
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Oom mau buat lari / ngebut di sirkuit atau City driving / stop & go driving dgn kons. BBM yg irit serta "enak dipakai sehari hari & oke juga buat ngebut" ?ZombiEE wrote:wah..mantab nic..idup lagi thread gue/...
hmmm..bung turboman...
mesin SOHC bukan kah secara teoritis performanya lbh rendah dari mesin DOHC?dan lagian bknkah SOHC teknologi yang lebih lama?
any more indepth explanation?thanks in advance...
Kalau pilihannya jatuh buat yg kedua maka pilihlah mesin yg bisa pompa Torsi di RPM rendah, makin rendah RPM dimana Max. Torque didapat maka akan makin enak utk stop & go serta kons. BBM hemat krn pulling power yg oke.
Torsi besar yg didapat di RPM rendah menandakan proses pembakaran lebih sempurna, AFR ideal sejak RPM rendah, setiap tetes BBM yg masuk ke ruang bakar yg diubah menjadi tenaga persentasinya lebih besar.
Maka itu kita sering dengar saran "kalau ganti gigi idealnya di angka Max. Torque atau at least 80% Max Torque"
Kebanyakan mobil yg GVW nya agak besar dgn mesin yg Max Torque nya didapat di 3500 - 4000 RPM ketika dia harus stop & go / city driving dimana RPM hanya main sekitar 1400 - 3000 RPM, itulah mesin bermain di zona yg kurang ideal, akhirnya kons. BBM menjadi boros.
Maka itu mesin2 gasoline modern dr Eropa macam VW 1.4 TSI / Audi 1.8 TFSI / BMW 335i / mesin Volvo C 30 T5 / Peugeot 1.6i Turbo rata2 menghasilkan Max. Torque sejak 1300 - 1750 RPM, jadi sejak meisn stasioner beranjak naik sedikit sudah mencapai kinerja ideal, spt. halnya mesin TurboDiesel modern.
Konsep mesin gasoline masa depan dari AVL / Ricardo pun ramai2 mengejar Low End massive Torque dr sebuah mesin berukuran kecil - medium.
Mesin2 buatan Jepang yg sudah mengarah ke konsep modern ini adalah mesin Mazda 2.3 DISI GDI -Turbo dgn max Torque di 2500 RPM serta mesin Suzuki Wagon RR 660 cc GDI Turbo yg mencapai Max. Torque @ 3500 RPM walau cc nya hanya 660 cc !!! (660 cc mencapai Max Torque nya pada zona RPM spt mesin 2000 - 2400 cc N/A boo !!)
Trend saat ini Jepang : Kei car bermesin 660 cc Turbo mendominasi pangsa pasar kend pribadi hingga 33 - 35% !!!
Tentang SOHC / DOHC / OHV :
Kalau saya lihat ini semua sebetulnya merupakan metode, yg mana idealnya harus matching dengan aplikasi.
DOHC pun sudah dipakai balap oleh Peugeot sejak th. 1913 oom
Utk mesin kend penumpang modern rata2 menggunakan DOHC / SOHC yg di enhcance agar bisa bagus "atas - bawah" (RPM atas - bawah oke), anda kira mesin Mercedes V6 / V8 / V12 yg dipakai di E / S / C / M class itu DOHC / SOHC ?
Kalau utk truk & bus bahkan utk mesin2 terbaru merekapun yg sudah Euro IV comply / Common Rail tetap menggunakan konfigurasi OHV walau OHV nya 4 klep / cyl. Karena mereka mengutamakan Torsi yg massive di RPM rendah.
Koreksi kalau salah, rekan2 yg lebih expert bisa menambahkan, monggo..........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- SM Specialist
- Posts: 22015
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Jazz i-DSi kan di test di Singapore berdasarkan metode ECE R 101 bisa ngedeketin Toyota Prius.
http://www.nccc.gov.sg/fueleconomy/fuellabel.asp
http://www.nccc.gov.sg/fueleconomy/fuellabel.asp
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
dikira2 jazz tuh mobil yang mantab juga yah..so balance lho...cm yang generasi pertama pra facelift fitur safety nya agak kurang gw rasa:)
back to topic..after using xtrail in a while...koq rasanya nic boil transmisi AT nya agak2 bloon n kasar gt yah dibandingin CR-V misalnya...bkn ama jazz lho..I know it's totally different:)
any opinion?coz I guess drivetrain has large portion of overall build quality in a vehicle:)
back to topic..after using xtrail in a while...koq rasanya nic boil transmisi AT nya agak2 bloon n kasar gt yah dibandingin CR-V misalnya...bkn ama jazz lho..I know it's totally different:)
any opinion?coz I guess drivetrain has large portion of overall build quality in a vehicle:)