GDI justru sebenernya yg ditakuti ama atpm2 indo yg pikirannya pasti orang2 pada isi premium seperti yg diterangin di awalan review, bahkan orang kalangan atas yg tahu mobilnya bisa diisi premium macam alphard,harriel,murano 2.5,elgrand 2.5, lexus ES250h,camry, RX270 dst pun diisi premium, sementara eropa2han pun biarpun beberapa diisi pertamax/dex karena faktor teknologi, beberapa eropa pun masih mampu diisi premium maupun solar bio, bahkan mercedes memberi opsi bad fuel buat W461 yg masih dijual sampai sekarang ( Gklass sekarang W463)...bahkan C270 cdi W203 dan ML270 cdi pun isinya bisa solar bio
Sehingga bisa dibilang teknologi ini tidak akan pernah umum buat kalangan masyarakat indonesia , hanya sedikit kalangan yg mau pakai gdi dengan konsekuensi pertamax demi apa yg dia inginkan
Bahkan accord CR2 dan odyss RC1 pun sekalipun gdi banyak yg isi premium
Sebenarnya semua tergantung daya tahan mesin juga ,enjin avanza kompresi tinggi berPremium irit n kuat, ED enjin K24 masi kuat premium biar someday bisa ada problem, GDI 3.5V6 (pajero gdi) dan 2.4 (grandis chariot) mitsu sejak 2001 selalu boros sampe hancur, sementara GDI biante n Cx7 jd boros menjadi2 ketika diisi premium dan GDI serena C26 diisi pertamax aja ada yg kaput injektornya
Selamanya dr DiSi, GDI,DI,ED,D4S, tidak akan pernah menjadi teknologi umum sampai masa kapanpun hingga premium dihilangkan

sehingga tidak akan menjadi teknologi umum sampai masa itu...katup variableLah yg sesuai untuk normal indonesian using aka golongan awam
Soal ford....ane sering denger cerita soal ford, ford memang divide ke ford europ yg lebih gadgetry (focus,fiesta,cmax)dan ford us yg lebih spartan (escape,ranger,everest,explorer,raptor ,crownvic, dkk)
Sejak ford unite jd ford global mereka berusaha supaya bisa menyebar teknologi dan mulai membuat mobil2nya jd lebih meningkat durability nya, like korean awal2nya memang hancur hingga lama2 mereka berubah, seperti ford
Coba lihat sejak 2012, ada gak keluhan dsg focus rusak? Parking assist focus rusak...itu baru 2 tahun, belum nantinya
Memang modul di dsg fiesta memang bermasalah, dan sudah diperbaiki...tinggal lihat saja selanjutnya.....apakah survive or not
Bahkan escape temen ane gaperna kenapa2
Sejak one ford one world diberlakukan mereka mencoba supaya ga terbagi lagi antara gadgetry and complex ford europe dengan spartan n simple ford us makanya ford sekarang sudah berbeda dengan dahulu
Sampai2 ekobus jd world best enjin
Kembali Soal reliability tergantung pada pengalaman user masing2 dan waktu yg membuktikan
