swift st 1.5 a/t boros bbm
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
swift st 1.5 a/t boros bbm
Ane cuma bs dpt 1:9
Bbm non subsidi, rute cibubur-kuningan pp nan macet.....kaki kanan biasa aja, gak bejek2 gas gila2an....normalkah fc 1:9?
Dengan kondisi yg sama (rute, bbm, kaki kanan), xenia li 1.0 ane bs dpt 1:12
Bbm non subsidi, rute cibubur-kuningan pp nan macet.....kaki kanan biasa aja, gak bejek2 gas gila2an....normalkah fc 1:9?
Dengan kondisi yg sama (rute, bbm, kaki kanan), xenia li 1.0 ane bs dpt 1:12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 906
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
macet kan.. wajar2 aja sih menurut gue.. jg beda 500cc lumayan lho.. 1500cc vs 1000cc.. 50% lebih besar.. terus xenianya manual kah? kl manual ya memang lebih irit...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
klo melihat rute yg om kasih sh kayaknya wajar bgt om,
soalnya rmh ane di mampang, tau bgt kemacetan di daerah kuningan pas jam pergi dan pulang kerja itu sangat parah
apalagi rumah om ada di cibubur, lengkaplah sudah kemacetan yang om derita tiap hari
soalnya rmh ane di mampang, tau bgt kemacetan di daerah kuningan pas jam pergi dan pulang kerja itu sangat parah

apalagi rumah om ada di cibubur, lengkaplah sudah kemacetan yang om derita tiap hari

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Rutenya macet pula. Ya normal aja om. Hehehe.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 300
- Joined: Tue May 03, 2011 3:14
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
masih lebih irit dari avanza G AT 2010 yg sy pakai operasional lho, rute bekasi lippo cikarang via tol paling bagus di 1:8,sekian.... padahal 1300cc...rawatan padahal di auto2000 dari pertama kali beli .... parah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Iya, xenia li vvti 2010 manual.....tesna wrote:macet kan.. wajar2 aja sih menurut gue.. jg beda 500cc lumayan lho.. 1500cc vs 1000cc.. 50% lebih besar.. terus xenianya manual kah? kl manual ya memang lebih irit...
Sepertinya kalo medan macet bgitu harusnya matiin mesin trus nyalain genset buat idupin ac yah

Soalnya Jkt puanasnya top.....

Kebetulan nyokap jg ada avanza G all new non airbag 2012 manual, untuk medan macet parah, xenia 1000cc jauh lbh irit......avanza cuma bisa 1:8-9 doang......tapi kalau jalanan lancar & luar kota 1300cc memang lbh baik.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Pertama mungkin Tune up dulu tuh enjin dgn settingan normal, cek businyasetelah 1 minggu warna apa.
Kedua mungkin kuras total tuh AT girbok sapa tau slama ni cm buka baut kuras biasa, ini biasanya lumayan membantu tp jg buat kantong bolong krn hbs literannya byk. Menrut ane pribadi Normal krn tmn jg pny swift GT gen1 AT, tp ud header kansa*, jg dptsegituan 1:9 sby tapinya, yg notabene msh mending macetnya. Kan om nya pake non subsidi, dia pny fulll premium malah. lagian nih swift pake enjin seri lama, sejak jaman aerio, MA series, bukan K series.
Kedua mungkin kuras total tuh AT girbok sapa tau slama ni cm buka baut kuras biasa, ini biasanya lumayan membantu tp jg buat kantong bolong krn hbs literannya byk. Menrut ane pribadi Normal krn tmn jg pny swift GT gen1 AT, tp ud header kansa*, jg dptsegituan 1:9 sby tapinya, yg notabene msh mending macetnya. Kan om nya pake non subsidi, dia pny fulll premium malah. lagian nih swift pake enjin seri lama, sejak jaman aerio, MA series, bukan K series.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Waduuh ane apal banget nih rutenya, berangkat ama pulang pasti matahari nya ngumpetween wrote:Ane cuma bs dpt 1:9
Bbm non subsidi, rute cibubur-kuningan pp nan macet.....kaki kanan biasa aja, gak bejek2 gas gila2an....normalkah fc 1:9?
Dengan kondisi yg sama (rute, bbm, kaki kanan), xenia li 1.0 ane bs dpt 1:12


Kalo 1:9 mah normal bangeets, city ane dulu cuma bisa 1:10 juga

Dan M15A ini mediocre aja soal keiritan, bukan yg paling irit... Di jaman aerio dulu cuma dapet 1:8-9 dalkot lancar, itu juga banyak banget rewelnya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Om amfibi pake jalur mana aja?amfibi wrote:Waduuh ane apal banget nih rutenya, berangkat ama pulang pasti matahari nya ngumpetween wrote:Ane cuma bs dpt 1:9
Bbm non subsidi, rute cibubur-kuningan pp nan macet.....kaki kanan biasa aja, gak bejek2 gas gila2an....normalkah fc 1:9?
Dengan kondisi yg sama (rute, bbm, kaki kanan), xenia li 1.0 ane bs dpt 1:12![]()
![]()
Kalo 1:9 mah normal bangeets, city ane dulu cuma bisa 1:10 juga![]()
Dan M15A ini mediocre aja soal keiritan, bukan yg paling irit... Di jaman aerio dulu cuma dapet 1:8-9 dalkot lancar, itu juga banyak banget rewelnya
Ane biasa lewat:
Transyogi-tol jagorawi-exit uki-kebon nanas & pasar gembrong-casablanca-kuningan city u turn-rasuna said
Kalo bole tau rewelnya aerio itu gmn aja ya, om?

Kalo swift st ini sih so far gak ada keluhan selain bushing steering rack gelodakan di jln yg kasar (kayaknya khas suzuki fwd, krn dulu pernah punya baleno 2001 jg sama persis gelodakannya) & bumper dpn sering gasruk ama gundukan stopper di tempat parkir.....
Dulu pernah claim sensor egr yg di pipa knalpot, di ganti gratis di beres & gak ada mslh lg....
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
m15a ini kalo posisi idle memang cukup boros dibanding pesaingnya
coba aja bejek2 trus, main di red line deh kalo perlu, tapi pas jalan lancar (high speed driving)
dijamin masih bisa diatas 1:13
aerio selama ane pake 11 tahun ga ada masalah si, paling ganti yg memang waktunya ganti (shockbreaker, bushing2)
cuma rem bawaan kurang pakem
ah iya hampir kelupaan, sempet ganti selang power steering, bocor 1 kali (wajar ini ga pernah ganti oli ps
)
coba aja bejek2 trus, main di red line deh kalo perlu, tapi pas jalan lancar (high speed driving)
dijamin masih bisa diatas 1:13
aerio selama ane pake 11 tahun ga ada masalah si, paling ganti yg memang waktunya ganti (shockbreaker, bushing2)
cuma rem bawaan kurang pakem
ah iya hampir kelupaan, sempet ganti selang power steering, bocor 1 kali (wajar ini ga pernah ganti oli ps


Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Kalo ane semasa tinggal di Cibubur sih hari2nya ke kelapa gading om, lewat toll jagorawi juga, cuma kalo ke kuningan juga sama kaya om rutennya hohohoween wrote:Om amfibi pake jalur mana aja?amfibi wrote:Waduuh ane apal banget nih rutenya, berangkat ama pulang pasti matahari nya ngumpetween wrote:Ane cuma bs dpt 1:9
Bbm non subsidi, rute cibubur-kuningan pp nan macet.....kaki kanan biasa aja, gak bejek2 gas gila2an....normalkah fc 1:9?
Dengan kondisi yg sama (rute, bbm, kaki kanan), xenia li 1.0 ane bs dpt 1:12![]()
![]()
Kalo 1:9 mah normal bangeets, city ane dulu cuma bisa 1:10 juga![]()
Dan M15A ini mediocre aja soal keiritan, bukan yg paling irit... Di jaman aerio dulu cuma dapet 1:8-9 dalkot lancar, itu juga banyak banget rewelnya
Ane biasa lewat:
Transyogi-tol jagorawi-exit uki-kebon nanas & pasar gembrong-casablanca-kuningan city u turn-rasuna said
Kalo bole tau rewelnya aerio itu gmn aja ya, om?![]()
Kalo swift st ini sih so far gak ada keluhan selain bushing steering rack gelodakan di jln yg kasar (kayaknya khas suzuki fwd, krn dulu pernah punya baleno 2001 jg sama persis gelodakannya) & bumper dpn sering gasruk ama gundukan stopper di tempat parkir.....
Dulu pernah claim sensor egr yg di pipa knalpot, di ganti gratis di beres & gak ada mslh lg....

Pegelnya ga kira2 deh kalo berangkat 'telat' udah jam set 6 pagi, ato pulang pas jam orang pulang kerja...

Aerio entah kenapa banyak banget keluhannya, dr idle ngaco naik turun or suka ketahan sebelom akhirnya turun sendiri, overheat, mesin brebet, kaki kaki ga gt kuat, dsb dsb nya...

Kalo swift sih denger2 yg awal2 CBU tuh agak rewel, tp yg ST CKD gini santai aja

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
masa sih om? punya ane yg cbu 2006 gx(grill chrome) msh anteng2 aja tuh, mlh interior nya ga rattle sp skrg..yg pernah diganti slow moving ya plg rack steering, itupun br th lalu, karet2 di kaki2, bearing belakang kanan kiri, ini jg krn ane dulu nekat nyebur banjir 1/2 roda..bsk nya lgsg dengung dahKalo swift sih denger2 yg awal2 CBU tuh agak rewel, tp yg ST CKD gini santai aja


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Kan baru denger2 om, syukur lah kalo py om nggak rewelPlantFoot wrote:masa sih om? punya ane yg cbu 2006 gx(grill chrome) msh anteng2 aja tuh, mlh interior nya ga rattle sp skrg..yg pernah diganti slow moving ya plg rack steering, itupun br th lalu, karet2 di kaki2, bearing belakang kanan kiri, ini jg krn ane dulu nekat nyebur banjir 1/2 roda..bsk nya lgsg dengung dahKalo swift sih denger2 yg awal2 CBU tuh agak rewel, tp yg ST CKD gini santai ajasisanya ya rutin fast moving part aja..


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Setau ane om fib, justru cbu ini malah lbh bagus, cm krn dia cbu japan, haram/sensi pake premium, makanya punya tmn ane d copot tuh cc n jg ganti header kansa*. yg ckd malah jago rattling n bau sangit katanya.amfibi wrote:Kan baru denger2 om, syukur lah kalo py om nggak rewelPlantFoot wrote:masa sih om? punya ane yg cbu 2006 gx(grill chrome) msh anteng2 aja tuh, mlh interior nya ga rattle sp skrg..yg pernah diganti slow moving ya plg rack steering, itupun br th lalu, karet2 di kaki2, bearing belakang kanan kiri, ini jg krn ane dulu nekat nyebur banjir 1/2 roda..bsk nya lgsg dengung dahKalo swift sih denger2 yg awal2 CBU tuh agak rewel, tp yg ST CKD gini santai ajasisanya ya rutin fast moving part aja..
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
coba disesuaikan dulu odometer xenianya. bisa selisi 15-20% lho dengan gps... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Eh iya.....bener.....kalo abis ngebut pake switi (SWIft puTIh) ini emang suka ada bau sangit......itu bau dr mn yah?Xous wrote:
Setau ane om fib, justru cbu ini malah lbh bagus, cm krn dia cbu japan, haram/sensi pake premium, makanya punya tmn ane d copot tuh cc n jg ganti header kansa*. yg ckd malah jago rattling n bau sangit katanya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
@om ween, setau ane tuh bau dari cc om, dan problema rata2 mbl ber katalik konverter, makanya krn tmn ane mau premium tuh cc d copot(sy tdk tau, tuh cc menyatu g sama header tp tuh mbl ajib tarikannya), perna suatu hari pny tmn ane inova euro2 jg gitu, hbs tarik2an sama pny ane yg non euro, sampe tujuan penumpang mereka lbh pucat dr penumpang saya, ternyata smua pada takut tuh enjin bledug krn tercium bau sangit, pny ane pdhl kaga tuh, shifting sama gilanya d 5.500 rpm, ketika msh muda dulu seh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
@maskopat:
Xenia li-->udah ganti pelek, aslinya 13" ganti jadi 15"....
Lalu ane cek pake gps....hasilnya odometer berputar lbh pelan drpd yg d gps, kira2 8-10%....
Jadi wkt ane sebut fc xenia li itu 1:12 sebenarnya di odometer itu 1:11
Swift st --> full estede.....cek dgn gps, odometer bergerak lbh cepat drpd gps, kira2 5%
@xous: kayaknya mereka itu pucat krn melihat fuel gauge langsung turun dari 3/4 jadi 1/4 tanki wkt d gas sampe 5500rpm
Xenia li-->udah ganti pelek, aslinya 13" ganti jadi 15"....
Lalu ane cek pake gps....hasilnya odometer berputar lbh pelan drpd yg d gps, kira2 8-10%....
Jadi wkt ane sebut fc xenia li itu 1:12 sebenarnya di odometer itu 1:11
Swift st --> full estede.....cek dgn gps, odometer bergerak lbh cepat drpd gps, kira2 5%
@xous: kayaknya mereka itu pucat krn melihat fuel gauge langsung turun dari 3/4 jadi 1/4 tanki wkt d gas sampe 5500rpm

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
iya harus diadjust kalo ganti diameter ban. tapi bisa paa ga ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
ah normaaaal..... SX4 gw premium dulu 1 : 8.5 di Surabaya, pertamak sekarang 1 : 9.5.....
M15A untuk urusan irit-iritan mah nggak jago, torsi ada di middle up, 3000 sampe kisaran 5000an, masuk 6000 abis nafasnya.
cenderung ke performance engine, kayak Honda B-serie di jaman dulu.... makanya untuk mechanical tuning, Swift sangat digemari karena partnya seabrek.... apalagi original punya Suzuki Sport mah gampang banget dapetnya....
makanya, M16A sampe sekarang masih eksis di Swift Semprot....
nah, karena udah boros ya enak dituning sekalian....
tapi serius, mungkin ganti header bisa sedikit membantu torsi di RPM bawahnya....
dan kalo mau sih, langsung hajar aja ke exhaust free-flow, tapi boros ngga ditanggung..... bukan apa-apa, pasti ketagihan narik karena suaranya enak
secara teori sih, bisa lebih irit asal kaki sopan.... tapi pasti kalo ganti exhaust kesopanan kaki berkurang deh, dijamin


M15A untuk urusan irit-iritan mah nggak jago, torsi ada di middle up, 3000 sampe kisaran 5000an, masuk 6000 abis nafasnya.
cenderung ke performance engine, kayak Honda B-serie di jaman dulu.... makanya untuk mechanical tuning, Swift sangat digemari karena partnya seabrek.... apalagi original punya Suzuki Sport mah gampang banget dapetnya....
makanya, M16A sampe sekarang masih eksis di Swift Semprot....

nah, karena udah boros ya enak dituning sekalian....



tapi serius, mungkin ganti header bisa sedikit membantu torsi di RPM bawahnya....





speaking of Swift CBU, varian GT1 nya itu knalpot beneran garang, HKS punya....Xous wrote: Kan baru denger2 om, syukur lah kalo py om nggak rewel![]()
Setau ane om fib, justru cbu ini malah lbh bagus, cm krn dia cbu japan, haram/sensi pake premium, makanya punya tmn ane d copot tuh cc n jg ganti header kansa*. yg ckd malah jago rattling n bau sangit katanya.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Oooh mungkin pada ngeluh rewel gara2 isi bensin premium ya...Xous wrote: Setau ane om fib, justru cbu ini malah lbh bagus, cm krn dia cbu japan, haram/sensi pake premium, makanya punya tmn ane d copot tuh cc n jg ganti header kansa*. yg ckd malah jago rattling n bau sangit katanya.

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
yup, makanya CKD rasio kompresi diturunkan (9.5 : 1), dari aslinya (10 : 1)amfibi wrote:
Oooh mungkin pada ngeluh rewel gara2 isi bensin premium ya...
turun dari 110hp ke 100, dari 143Nm ke 133Nm....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Waduuu baru tau lagi ane kalo CBU ke CKD turun kompresinyaChZ wrote:yup, makanya CKD rasio kompresi diturunkan (9.5 : 1), dari aslinya (10 : 1)amfibi wrote:
Oooh mungkin pada ngeluh rewel gara2 isi bensin premium ya...
turun dari 110hp ke 100, dari 143Nm ke 133Nm....

Pantesan katanya lebih tahan premium yg CKD, dibarengi dengan power loss yg lumayan banget... 10hp 10nm euy

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
terutama torsinya.... 10Nm is a goddamned big amount... dan paling kerasa di SX4 yang beratamfibi wrote: Waduuu baru tau lagi ane kalo CBU ke CKD turun kompresinya![]()
Pantesan katanya lebih tahan premium yg CKD, dibarengi dengan power loss yg lumayan banget... 10hp 10nm euy

untungnya Suzuki cukup pinter ngeracik rasio gigi, ECU, dan TCU yang responnya cepet....

ya bagusnya Suzuki, ngeracik rasio gigi bikin semua potentialnya kepake semua. sama kaya Ertiga dan New Swift....
sedangkan Honda kadang dengan sotoynya malah bikin rasio panjang-panjang yang ngejar top speed tapi akselerasinya o'on.... kayak di GE8.... 120hpnya jadi mubazir. yang lucu, Manualnya malah cenderung karakternya ke close-ratio... makanya 0-100 GE8 MT bisa lebih cepet 2 detik dari GE8 AT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: swift st 1.5 a/t boros bbm
Dijalur itu mah pikancrut ane jg cm bisa 1:9,... Pake selang kuning gt loh,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 
