Grand Livina Users..! - PART 05
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
ada biaya ppn nya juga di beres jadi mahal
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
iya klep, ane skrg juga ud brasa agak kasar sih shifting gigi, tapi ane gk ganti tuh oli MTF, biarin aja lah, btw transmisi GL pake oli 80/90 ya klep?????DOHC wrote:m4rio wrote:klep, kmrn ane baru dari nissan, ganti oli mesin, filter oli dan filter udara kena hampir 500rbu yahhh![]()
soal oli MT dulu sis Uchi pernah nanya klep, katanya nanti ganti di 120rb KM. syedaphhh kan
busett mahal bener ganti oli, filter oli ama udara ampe 500 rb.... ohh ganti di beres, pantes...
kl mengacu ke oli MTF mreka jaman ane dl sehh jelas ane super sangsi dan ragu bsa tahan ampe 120 rebu... wong 30an rebu aja uda ga enak banget shifting gigi..... tp denger2 batu makam skrg uda ganti vendor oli MTF nya sehh... yahh siapa tau mreka pakenya yg mtf full syn dari redline![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
@ DOHC : bunyi2 yg ane rasain gi GL ane sih gk ampe berasa ketukan atau getaran di dek atau stir sih, cmn kyknya suaranya aja gk dep dep dep dep
tapi kalo ane test masuk lobang pas kec agak tinggi masih enak baik suara maupun peredamannya.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
oh ya, biasa masalah kaki kaki GL kalo keseringan libas jalan rusak apa aja ya?? jujur soalnya ane lumayan sering terabas jalan rusak nih.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
tipikal gearbox manual buatan renault mar... menuntut oli encer... 80-90 kekentelan itu... mreka mintanya 75-85 utk yg 5 mt... kalo 6 mt lebi encer lagi 75/80... dan wajib GL-4 macam apanja...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
m4rio wrote:oh ya, biasa masalah kaki kaki GL kalo keseringan libas jalan rusak apa aja ya?? jujur soalnya ane lumayan sering terabas jalan rusak nih.
seinget ane sehh suspensi GL emang lebi enak nya kalo diisi pennumpang... kl sendiri jd mantul2 ga enak... yg penting cek aj ada lelehan oli ga mar di batang shock nya...m4rio wrote:@ DOHC : bunyi2 yg ane rasain gi GL ane sih gk ampe berasa ketukan atau getaran di dek atau stir sih, cmn kyknya suaranya aja gk dep dep dep deptapi kalo ane test masuk lobang pas kec agak tinggi masih enak baik suara maupun peredamannya.
kl sering terabas jalan rusak yah kena nya pasti multi efek mar... shock uda pasti tewas cepet.. damper shock depan apalagi, itu karet murahan bahannya, kena panas mesin aj 2 atau 3 taon ud retak ampe pecah... dan pasti kena jg bushing si swing arm ama bushing crossmember mar.. scara tuh 2 bushing bener2 weight bearing dari keseluruhan kaki2 depan lipina... untung nya tie rod si lipina ckup awet... sejauh ane pake ampe dijual nyaris ga perna bermsalah...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
misi om...mau numpang nanya nih
ane pemakai old GL 1.5 XV.
kalo ane mau nyari toko onderdil nissan di jakarta ada nggak yg recommended untuk order delivery ke luar kota, secara ane tinggal di daerah yg minim toko onderdil apalagi merk ini, kalo harus ke beres harganya mahal banget. sebelumnya maaf kalo repost om... mohon pencerahannya. makasih
ane pemakai old GL 1.5 XV.
kalo ane mau nyari toko onderdil nissan di jakarta ada nggak yg recommended untuk order delivery ke luar kota, secara ane tinggal di daerah yg minim toko onderdil apalagi merk ini, kalo harus ke beres harganya mahal banget. sebelumnya maaf kalo repost om... mohon pencerahannya. makasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
guys nanya dong shockbreaker all new grand livina dengan grand livina lama sama g ya?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 720
- Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
saya sempet nanya ke kepala mekanik beres pas servis...(tp kurang tau betul ga nya)....supplier shockbreaker beda antara angl dan glhenz155 wrote:guys nanya dong shockbreaker all new grand livina dengan grand livina lama sama g ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
waduh bearti bisa saja bentuk beda ya?atau cm merek doank gan?hehehe.terus kalau support shock ada di jual?Chevyman wrote:saya sempet nanya ke kepala mekanik beres pas servis...(tp kurang tau betul ga nya)....supplier shockbreaker beda antara angl dan glhenz155 wrote:guys nanya dong shockbreaker all new grand livina dengan grand livina lama sama g ya?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Halo expert Grand Livina.
Mau tanya tentang spare part Grand Livina seperti :
Member, Link arm, Link kopel
Sebenarnya KM berapa part tersebut rusak? Mobil di KM 50,000 apakah memang sudah waktunya ganti?
Mau tanya tentang spare part Grand Livina seperti :
Member, Link arm, Link kopel
Sebenarnya KM berapa part tersebut rusak? Mobil di KM 50,000 apakah memang sudah waktunya ganti?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
wah ad om profith, jd inget ane dl nanya2 ispan atau ipah pas mau beli mobil seken...Profith83 wrote:spare part Grand Livina seperti :
Member, Link arm, Link kopel
Sebenarnya KM berapa part tersebut rusak? Mobil di KM 50,000 apakah memang sudah waktunya ganti?


masi make GL om ??
nubie coba bantu jawab yah...
member maksudnya cross member ?? kl iya, dgn odo sgitu apalagi jalanan yg dilewati agak rusak maka besar kemungkinan emg ud oblak om... dl GL ane di 60rebu ud oblak padahal jalanan relatif mulus... coba dicek aj om, mobil depan nya di dongkrak, copotin ban, lalu pake linggis diungkit antara ntuh cross member dan body, kl ternyata bsa bermaen apalagi kliatan karet nya uda retak atau sobek, mau ga mau ganti... skalian jg cek swing arm bawah... umur karet nya biasanya sama, cara nya jg sama dicek dgn linggis trus di ungkit.. itu ga bole bermaen sama sekali.. kl ampe bsa di ungkit2, berarti uda jebol...
link arm ?? link stabilizer/ sway bar?? kl iya, coba liat fisik dl om... kl karet nya masi utuh, coba di gerak2 in.. kl ga ada bunyi klotok2 atau aneh2... ga usa diganti... itu link emg kl ud dipake jd agak letoy, tp slama karet ga sobek dan ga ada bunyi2 aneh... ga usa diganti... gapapa koq.. mahal itu asli nya... tp kl ampe rusak, beli yg KW aj... umur pakai relatif mirip, harga beda jauh... waktu itu ane punya jebol di usia 50an rebu...
tp kl link arm controller utk cross member, slama karet nya masi ada sekeliling lobang baut nya, ga usa diganti... bahkan kl ampe ud ilang pun, ntuh baut nya di gulung pake karet ban bekas jg gapapa... ga usa diganti itu, diakalin aj... bawaan nissan kualitas nya jg jelek, pake ga lama pasti karet nya keok tp harganya sebiji 400an d atrium...
link kopel ?? bagian mananya om, luar atau dalem ?? atau cuman karet boot as nya jebol ?? ini biasanya umur nya super panjang om slama boot karet as nya gapapa... ane perna liat yg asli nissan nya bahan nya lumayan bagus, bearing dan besi dudukan nya gede bener, bahkan lebi gede dari jazz punya.. tp harganya jg lumayan mahal...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Terima kasih om DOHC jawabannya super cepat. Iya harganya mahal mahal ada yang 400 rb an ada yang 1 jt an.DOHC wrote:wah ad om profith, jd inget ane dl nanya2 ispan atau ipah pas mau beli mobil seken...Profith83 wrote:spare part Grand Livina seperti :
Member, Link arm, Link kopel
Sebenarnya KM berapa part tersebut rusak? Mobil di KM 50,000 apakah memang sudah waktunya ganti?![]()
![]()
masi make GL om ??
nubie coba bantu jawab yah...
member maksudnya cross member ?? kl iya, dgn odo sgitu apalagi jalanan yg dilewati agak rusak maka besar kemungkinan emg ud oblak om... dl GL ane di 60rebu ud oblak padahal jalanan relatif mulus... coba dicek aj om, mobil depan nya di dongkrak, copotin ban, lalu pake linggis diungkit antara ntuh cross member dan body, kl ternyata bsa bermaen apalagi kliatan karet nya uda retak atau sobek, mau ga mau ganti... skalian jg cek swing arm bawah... umur karet nya biasanya sama, cara nya jg sama dicek dgn linggis trus di ungkit.. itu ga bole bermaen sama sekali.. kl ampe bsa di ungkit2, berarti uda jebol...
link arm ?? link stabilizer/ sway bar?? kl iya, coba liat fisik dl om... kl karet nya masi utuh, coba di gerak2 in.. kl ga ada bunyi klotok2 atau aneh2... ga usa diganti... itu link emg kl ud dipake jd agak letoy, tp slama karet ga sobek dan ga ada bunyi2 aneh... ga usa diganti... gapapa koq.. mahal itu asli nya... tp kl ampe rusak, beli yg KW aj... umur pakai relatif mirip, harga beda jauh... waktu itu ane punya jebol di usia 50an rebu...
tp kl link arm controller utk cross member, slama karet nya masi ada sekeliling lobang baut nya, ga usa diganti... bahkan kl ampe ud ilang pun, ntuh baut nya di gulung pake karet ban bekas jg gapapa... ga usa diganti itu, diakalin aj... bawaan nissan kualitas nya jg jelek, pake ga lama pasti karet nya keok tp harganya sebiji 400an d atrium...
link kopel ?? bagian mananya om, luar atau dalem ?? atau cuman karet boot as nya jebol ?? ini biasanya umur nya super panjang om slama boot karet as nya gapapa... ane perna liat yg asli nissan nya bahan nya lumayan bagus, bearing dan besi dudukan nya gede bener, bahkan lebi gede dari jazz punya.. tp harganya jg lumayan mahal...
Saya masih belum tahu tulisannya yang betul apa, saya sedang kerja di kantor, tadi istri yg ke bengkel sduah saya suruh catat tulisannya dan harganya berapa. Tadi yang diganti kampas rem depan dah tipis sekitar 400 rb an, bearing roda kanan sekalian juga dignati yang kiri juga 400 rb an.
BTW yang pakai Livina istri saya, saya pakai Innova diesel matic
Posisi saya di Surabaya, cari dimana yah yang KW yang cukup bagus, mereknya yg cukup bagus apa? dan ganti di bengkel mana yah?
Sekali lagi terima kasih om DOHC dan mohon maaf sebelumnya banyak tanya

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
@ om profith
kl ngandelin beres emg pasti mahal om... hehehe...
kl utk cross member, saran ane jgn pake KW... cuman beda beberapa ratus rebu tp kualitas beda ama bawaan... kl di nissan jakarta, denger2 skrg ud bsa dganti mounting nya doank alias skrg ga usa ganti utuh cross member nya kya jaman dulu... kl dulu ganti utuh cross member kisaran 1,5 jutaan, kl skrg mounting nya doank bsa stengah harga nya aj... itu harga di beres...
kl link stabilizer, ini ga ada merek nya om kl d jakarta, yg jualan biasanya ngegletakin aj suru kita pili sendiri mau yg mana... tp kisaran harga kl yg KW gini cuman seratusan rebu sbji... bandingin yg ori bsa 200an rebu sbji... harga atrium senen...
kl link controller cross member, setau ane ga ad KW nya, adanya yg rekondisi... tp sperti yg ane blg.. ini ga usa diganti... slama masi ada karet nya yah dipake aj...
kl urusan kopel... mrek nya ad beberapa om sampe ane ga inget... ada mrek TWA, ring apa gt lupa ane... yahh biasanya buatan cungkwo atau thailand dan d kemas dalam dus, dalem nya jg ud ad boot as roda, klem dan gemuk nya... harga jg murah... 200- 300an rebu ud all in dapet, tergantung fisik nya.... beda banget ama yg ori nissan, boot nya sendiri aj dijual 200an sbiji, ga termasuk gemuk nya... kl kopel nya doank bsa 400an rebu.... tp kl ampe beneran rusak, saran ane tetep ambil yg ori, baik utk kopel, ampe boot nya... yg bawaan nissan bahan nya lebi tebal om... btw itu smua harga atrium senen...
btw om di soerabaya yahh.... coba minta second opinion aj om dari bengkel laen... jgn d beres... 50 rebu seharusnya blm terlalu kronis masalah kaki2 lipina... apalagi bearing... itu biasanya kisaran di atas 70 rebu km utk yg depan... yg blakang bsa lebi awet lg kl mobil jarang bawa barang berat... 100 rebu km jg blom tentu jebol...
kl ngandelin beres emg pasti mahal om... hehehe...
kl utk cross member, saran ane jgn pake KW... cuman beda beberapa ratus rebu tp kualitas beda ama bawaan... kl di nissan jakarta, denger2 skrg ud bsa dganti mounting nya doank alias skrg ga usa ganti utuh cross member nya kya jaman dulu... kl dulu ganti utuh cross member kisaran 1,5 jutaan, kl skrg mounting nya doank bsa stengah harga nya aj... itu harga di beres...
kl link stabilizer, ini ga ada merek nya om kl d jakarta, yg jualan biasanya ngegletakin aj suru kita pili sendiri mau yg mana... tp kisaran harga kl yg KW gini cuman seratusan rebu sbji... bandingin yg ori bsa 200an rebu sbji... harga atrium senen...
kl link controller cross member, setau ane ga ad KW nya, adanya yg rekondisi... tp sperti yg ane blg.. ini ga usa diganti... slama masi ada karet nya yah dipake aj...
kl urusan kopel... mrek nya ad beberapa om sampe ane ga inget... ada mrek TWA, ring apa gt lupa ane... yahh biasanya buatan cungkwo atau thailand dan d kemas dalam dus, dalem nya jg ud ad boot as roda, klem dan gemuk nya... harga jg murah... 200- 300an rebu ud all in dapet, tergantung fisik nya.... beda banget ama yg ori nissan, boot nya sendiri aj dijual 200an sbiji, ga termasuk gemuk nya... kl kopel nya doank bsa 400an rebu.... tp kl ampe beneran rusak, saran ane tetep ambil yg ori, baik utk kopel, ampe boot nya... yg bawaan nissan bahan nya lebi tebal om... btw itu smua harga atrium senen...
btw om di soerabaya yahh.... coba minta second opinion aj om dari bengkel laen... jgn d beres... 50 rebu seharusnya blm terlalu kronis masalah kaki2 lipina... apalagi bearing... itu biasanya kisaran di atas 70 rebu km utk yg depan... yg blakang bsa lebi awet lg kl mobil jarang bawa barang berat... 100 rebu km jg blom tentu jebol...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
utk cross member dan swing arm, bsa di cek ud oblak apa blom dgn pake linggis atau besi yg berujung pipih ( kunci roda lipina misalnya) dan di ungkit di bagian yg ane kasi panah merah... seharus nya ga bole bermaen banyak, apalagi swing arm... kl ampe bsa bermaen, apalagi karet nya malah kliatan ud getas, sobek atau oblak, yahh berarti ud afkir...
utk crossmember unit utuh nya sperti ini... yg ane kotakin merah, itu bushing yg bsa diganti.... kl dulu nissan beres nya jual utuh sperti di gambar beserta crossmember nya... skrg denger2 mreka ud jual bushing nya aj... saran ane pake yg ori aj, krn yg KW rata2 umur nya ga selama yg ori... wong yg ori aj ga lama2 banget, pake 3 taonan ud jebol..

btw, harap diperhatikan pas montir nya lg buka pasang tuh bushing... ga jarang ad montir ndablek, buka tuh bushing dgn cara di getok.... tegor tuh montir, suru pake mesin press... kl bengkel nya ga ad mesin press, tinggalkan... bongkar pasang bushing2 sperti wajib pake mesin press... di getok malah djamin grepes atau ancur tuh rumah nya si bushing..
utk crossmember unit utuh nya sperti ini... yg ane kotakin merah, itu bushing yg bsa diganti.... kl dulu nissan beres nya jual utuh sperti di gambar beserta crossmember nya... skrg denger2 mreka ud jual bushing nya aj... saran ane pake yg ori aj, krn yg KW rata2 umur nya ga selama yg ori... wong yg ori aj ga lama2 banget, pake 3 taonan ud jebol..


btw, harap diperhatikan pas montir nya lg buka pasang tuh bushing... ga jarang ad montir ndablek, buka tuh bushing dgn cara di getok.... tegor tuh montir, suru pake mesin press... kl bengkel nya ga ad mesin press, tinggalkan... bongkar pasang bushing2 sperti wajib pake mesin press... di getok malah djamin grepes atau ancur tuh rumah nya si bushing..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Attached nama part dari bengkel:
MBR COMPL-FR SUSP 1,256,000 --> ini yang member komplit yah ?
LINK ASSY TRANSV RH 496,500
LINK ASSY TRANSV LH 496,500
LINK COMPL LH 770,000
BOLT-HEX HD FLG
Saya sudah ganti dibawah ini karena ada hubungannya dengan roda langsung
HUB & GRB ASSY - FR WH 931,500 --> mahal yah satu biji 931,500
Kode diatas kalau sebutan namanya apa yah ? dan mana yang harus ganti.
Sayangnya saya gak ikutan ke bengkel, jadi gak bisa lihat sampai sejauh mana kerusakan dan mana yang bisa masih dipakai.
MBR COMPL-FR SUSP 1,256,000 --> ini yang member komplit yah ?
LINK ASSY TRANSV RH 496,500
LINK ASSY TRANSV LH 496,500
LINK COMPL LH 770,000
BOLT-HEX HD FLG
Saya sudah ganti dibawah ini karena ada hubungannya dengan roda langsung
HUB & GRB ASSY - FR WH 931,500 --> mahal yah satu biji 931,500
Kode diatas kalau sebutan namanya apa yah ? dan mana yang harus ganti.
Sayangnya saya gak ikutan ke bengkel, jadi gak bisa lihat sampai sejauh mana kerusakan dan mana yang bisa masih dipakai.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Yup.. yg sejutaan itu complete assy dr crossmember nya... yg 496 rebu itu swing arm om... kiri kanan... nahh yg 770 rebu itu link controller yg ane maksud... mahal bener.. coba diliat dl aj om.. kl karet d mounting nya masi ad dan blm pecah. Ga usa d ganti... itu 90 rebu baut utk s link controller kayanya..
Busett bearing nya mahal jg yah sbiji 900an rebu.. ane blm lama ganti bearing GL cewe ane cuman abis 500an rebu termasuk ongkos... pake buatan japan mrek koyo bearing
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Busett bearing nya mahal jg yah sbiji 900an rebu.. ane blm lama ganti bearing GL cewe ane cuman abis 500an rebu termasuk ongkos... pake buatan japan mrek koyo bearing
Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Thanks om DOHC,
Sayangnya mobil ini lupa sekali perawatan berkala, lupanya cuma 1 bulanaan, terus pas itu mau ganti oli interval dicheck ada shock belakang bocor(kejadiannya sudah tahun lalu).
Nah karena kelewatan perawatan berkala akhirnya shock tidak di cover garansi, kalau dibilang salah sih yah memang salah gue lupa perawatan berkala. Bayangin apa hubungannya shockbeker dengan perawatan berakala...
Nah ini yang terkahir ganti bussing kiri dan kanan masing masing 931.500 juga harusnya masih dalam masa garansi karena mobil belum genap 3 tahun, tetapi yah itu tidak masuk garansi.
Intinya mobil Nissan harus perawatan berakala.
Padahal saya tiap 5,000 KM ganti olie
.. ya sudahlah.
Pelajarannya kalau beli Nissan jangan sampai lupa perawatan berkala KM atau bulan mana tercapai dahulu.
Tapi gue dah bosen pelihara Nissan ini mau ganti Honda saja
HRV .
Toyota complaint gak pernah rewel, padahal juga gak perawatan berkala. pernah complaint pegas pintu bagasi diganti, complaint fuse sampai ganti 4 kali, dicari penyebabnya ada konslet dan diganti, salah pasang longshaft juga diganti.
BTW pernah punya Honda Jazz om? HRV kan basisnya Jazz. Kayanya Jazz partnya lebih tahan dari Livina yah?
Sayangnya mobil ini lupa sekali perawatan berkala, lupanya cuma 1 bulanaan, terus pas itu mau ganti oli interval dicheck ada shock belakang bocor(kejadiannya sudah tahun lalu).
Nah karena kelewatan perawatan berkala akhirnya shock tidak di cover garansi, kalau dibilang salah sih yah memang salah gue lupa perawatan berkala. Bayangin apa hubungannya shockbeker dengan perawatan berakala...
Nah ini yang terkahir ganti bussing kiri dan kanan masing masing 931.500 juga harusnya masih dalam masa garansi karena mobil belum genap 3 tahun, tetapi yah itu tidak masuk garansi.
Intinya mobil Nissan harus perawatan berakala.
Padahal saya tiap 5,000 KM ganti olie

Pelajarannya kalau beli Nissan jangan sampai lupa perawatan berkala KM atau bulan mana tercapai dahulu.
Tapi gue dah bosen pelihara Nissan ini mau ganti Honda saja

Toyota complaint gak pernah rewel, padahal juga gak perawatan berkala. pernah complaint pegas pintu bagasi diganti, complaint fuse sampai ganti 4 kali, dicari penyebabnya ada konslet dan diganti, salah pasang longshaft juga diganti.
BTW pernah punya Honda Jazz om? HRV kan basisnya Jazz. Kayanya Jazz partnya lebih tahan dari Livina yah?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
ane dl jg sering bolong2 perawatan berkala di beres waktu pliara nissan... tp kl soal claim... tetep ane kejer tuh SA... mau pake alesan serpis berkala ga ada kek... itu alesan omong kosong... barang rusak tetep mreka harus tanggung jawab, apalagi ud brani ngasi jaminan 3 taon... atau klo ga, jgn pasang tuh jargon.. penipuan namanya...
intinya sehh ngadepin SA nissan emg harus dgn emosi, pilihan kata2 harus yg bener2 memojokan, dan nada suara yg tinggi om... kl perlu ancem masukin koran atau media aj, biar skalian ancur tuh mrek di masyarakat...
yahh ganti HRV jg bagus dah om... kl ad dana lebih, mending lepas aj tuh GL... rada ga worth it soalnya ntar kl ud mulai rusak ini itu...
utk kaki2, suprisingly jazz lumayan lebi tahan dri livina om... utk pemakaian jalan yg relatif mulus, abang ane jarang complain soal kerusakan di kaki2 jazz nya, paling cuman kencengin baut2 kaki2 dan chassis, ilang tuh bunyi... paling cuman shock ama link stabilizer yg ud mokat kemakan usia...
intinya sehh ngadepin SA nissan emg harus dgn emosi, pilihan kata2 harus yg bener2 memojokan, dan nada suara yg tinggi om... kl perlu ancem masukin koran atau media aj, biar skalian ancur tuh mrek di masyarakat...
yahh ganti HRV jg bagus dah om... kl ad dana lebih, mending lepas aj tuh GL... rada ga worth it soalnya ntar kl ud mulai rusak ini itu...
utk kaki2, suprisingly jazz lumayan lebi tahan dri livina om... utk pemakaian jalan yg relatif mulus, abang ane jarang complain soal kerusakan di kaki2 jazz nya, paling cuman kencengin baut2 kaki2 dan chassis, ilang tuh bunyi... paling cuman shock ama link stabilizer yg ud mokat kemakan usia...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Om DOHC,
Mobilnya sekarang apa saja om? Livina nya tahun berapa? dan sudah ganti apa saja?
Mobilnya sekarang apa saja om? Livina nya tahun berapa? dan sudah ganti apa saja?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Profith83 wrote:Om DOHC,
Mobilnya sekarang apa saja om? Livina nya tahun berapa? dan sudah ganti apa saja?
yg diganti ?? banyak aj pokoknya om...


cek PM yah om...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
wuahhh.. klep mana ane kalo ke pabrik2 sering ketemu jalan rusak pula
serem juga ama bushing2nya nih.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
yahh nasib mar kl gt... yg namanya basis FWD ga mungkin kuat hajar jalan jelek... apalagi GL pake banyak bushing... tentu lebi cepet tewas... yahh enjoy aj sbsa mungkin mar.. nanti kl ud ad bunyi2 aneh2 nanti curhat di marih aj...m4rio wrote:wuahhh.. klep mana ane kalo ke pabrik2 sering ketemu jalan rusak pulaserem juga ama bushing2nya nih.

numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Grand Livina Users..! - PART 05
Kaya saya yah curhat ke om DOHC
belum 3 tahun dan KM 50.000 dah habis 5 jt an. itupun masih ada lagi yang harus diganti sekitar 4-5 jt an
hahahah NASIB
belum 3 tahun dan KM 50.000 dah habis 5 jt an. itupun masih ada lagi yang harus diganti sekitar 4-5 jt an
hahahah NASIB