Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
montirangin wrote:RPM tinggi itu dibrp om turbo? 4000-5000? atau diatas 5000 terus?
jadi kalo rpm tinggi lebih baik lebih tinggi buntutnya om?
Jika mesin sering maen di RPM tinggi maka suhu oli akan naik.......di mobil ane pasang Oil Temp meter......keliatan
Maka itu gak heran kalau supercars spt Ferarri / Porsche / Lambo dll kalo pas lagi Track Day pakenya oli 10W60 atau at least 5W50 / 10W50........consider mesin2 tsb bisa muter sampe :
Sedangkan utk mobil2 Gasoline kita, Redline hanya sekitar 6000 - 6500 RPM.......jadi pake buntut 30 ya masih oke kalo sering hajar high RPM
saya lagi bingung nih.
untuk mobil 1 5w-30 ada 3 pilihan..
1.Mobil 1 Extended Performance Advanced Full Synthetic SAE 5W-30
2.Mobil 1 ESP Formula Fully Synthetic SAE 5W-30
3.Mobil Super Full Synthetic SAE 5W-30
kira2 yg cocok dan tidak berlebihan buat peloz ane yg mana ya.
montirangin wrote:RPM tinggi itu dibrp om turbo? 4000-5000? atau diatas 5000 terus?
jadi kalo rpm tinggi lebih baik lebih tinggi buntutnya om?
Jika mesin sering maen di RPM tinggi maka suhu oli akan naik.......di mobil ane pasang Oil Temp meter......keliatan
Maka itu gak heran kalau supercars spt Ferarri / Porsche / Lambo dll kalo pas lagi Track Day pakenya oli 10W60 atau at least 5W50 / 10W50........consider mesin2 tsb bisa muter sampe :
Sedangkan utk mobil2 Gasoline kita, Redline hanya sekitar 6000 - 6500 RPM.......jadi pake buntut 30 ya masih oke kalo sering hajar high RPM
Hmm. Emang kalau lg track days, yang mesin digeber2 terus,perlu oli yg agak kentel ya pak untuk membantu melindungi mesin.
Secara oli mesin buntut ringan, lebih cocok buat macet2an ya pak, atau short trip?
sintoni wrote:
Hmm. Emang kalau lg track days, yang mesin digeber2 terus,perlu oli yg agak kentel ya pak untuk membantu melindungi mesin.
Secara oli mesin buntut ringan, lebih cocok buat macet2an ya pak, atau short trip?
spt yg udah ane posting
Suhu oli berbanding lurus dgn average RPM selama pengemudian
Jadi kalau dalam suatu waktu pengemudian rata2 RPM nya 4000 VS di suatu waktu lain rata2 RPM hanya 2500, pasti yg average 4000 RPM suhu olinya akan lebih panas
Nah saat suhu oli sangat tinggi, oli buntut 60 kekentalannya akan sama spt oli buntut yg lebih kecil, tergantung suhu oli mesin saat itu, kalau suhu oli tinggi sekali bisa saja kekentalan setara oli buntut 30 pada mesin biasa dlm kondisi normal driving (utk detail-nya buka google aja lah)
Jadi intinya mesin2 yg minta oli 10W60 / 5W50 itu tergolong special designation / special case lah
Kalau mesin2 bensin std NA di mobil2 pada umumnya sih rata2 pakai buntut 30 aja demi Fuel efficiency, bahkan kalau sering short trip driving atau nyetir selalu santai bisa pakai 0W20 (utk mesin2 Gasoline generasi baru yg closed loop)
saya lagi bingung nih.
untuk mobil 1 5w-30 ada 3 pilihan..
1.Mobil 1 Extended Performance Advanced Full Synthetic SAE 5W-30
2.Mobil 1 ESP Formula Fully Synthetic SAE 5W-30
3.Mobil Super Full Synthetic SAE 5W-30
kira2 yg cocok dan tidak berlebihan buat peloz ane yg mana ya.
bebas mau pakai yg mana saja boleh, pilih aja yg paling murah
Tapi krn Pansah dia solid tappet, kalau bisa pilih yg API SL atau SN (kalo bisa jangan yg SM) juga pilih yg meet MB 229.x or Ford WSS M2C sekian2 juga boleh or yg meet Dexos 2 juga oke
saya lagi bingung nih.
untuk mobil 1 5w-30 ada 3 pilihan..
1.Mobil 1 Extended Performance Advanced Full Synthetic SAE 5W-30
2.Mobil 1 ESP Formula Fully Synthetic SAE 5W-30
3.Mobil Super Full Synthetic SAE 5W-30
kira2 yg cocok dan tidak berlebihan buat peloz ane yg mana ya.
bebas mau pakai yg mana saja boleh, pilih aja yg paling murah
Tapi krn Pansah dia solid tappet, kalau bisa pilih yg API SL atau SN (kalo bisa jangan yg SM) juga pilih yg meet MB 229.x or Ford WSS M2C sekian2 juga boleh or yg meet Dexos 2 juga oke
Hindari yg ACEA C3 / C2
Thanks ya Om Turbo,
setelah baca detail specnya tinggal 2 pilihan:
1.Mobil 1 Extended Performance Advanced Full Synthetic SAE 5W-30
2.Mobil Super Full Synthetic SAE 5W-30
k9fisher wrote:
setelah baca detail specnya tinggal 2 pilihan:
1.Mobil 1 Extended Performance Advanced Full Synthetic SAE 5W-30
2.Mobil Super Full Synthetic SAE 5W-30
tinggal yg paling terjangkau aja nih carinya..
Mending cari Shell Helix Ultra AB / Ultra 5W30 aja
Harga lebih bersahabat drpd M1
Atau mau yg lebih ekonomis dan juga sgt layak pakai = Kendall GT1 Semi synth 5W30.....di Sanjaya Knalpot - DTMF lt. 2 (naik 1 lt dr dasar)
k9fisher wrote:
setelah baca detail specnya tinggal 2 pilihan:
1.Mobil 1 Extended Performance Advanced Full Synthetic SAE 5W-30
2.Mobil Super Full Synthetic SAE 5W-30
tinggal yg paling terjangkau aja nih carinya..
Mending cari Shell Helix Ultra AB / Ultra 5W30 aja
Harga lebih bersahabat drpd M1
Atau mau yg lebih ekonomis dan juga sgt layak pakai = Kendall GT1 Semi synth 5W30.....di Sanjaya Knalpot - DTMF lt. 2 (naik 1 lt dr dasar)
Asyik ada masukan baru ke SHU nih..
Itu sesuai dgn engine peloz ane jg ya om turbo.. Hri ini sekalian tanya deh di graha..
Turboman wrote:
Atau mau yg lebih ekonomis dan juga sgt layak pakai = Kendall GT1 Semi synth 5W30.....di Sanjaya Knalpot - DTMF lt. 2 (naik 1 lt dr dasar)
Turboman wrote:
Atau mau yg lebih ekonomis dan juga sgt layak pakai = Kendall GT1 Semi synth 5W30.....di Sanjaya Knalpot - DTMF lt. 2 (naik 1 lt dr dasar)
absi telepon ke graha sakti..
barang yg ready sae 5w-30
1. SHU AB Rp135rb/liter
2. FK Massimo Refreshing Rp525/4liter
3. Motul HighTech Rp90rb/liter
jadi makin bingung... hahaha...
mohon petunjuknya om turbo.. FK juga okay sepertinya nih.
Again.....jangan liat merek om
Lihat standard ACEA dan Long Life Compliance nya
Jadi kita ndak binun
Intinya utk mesin flat / solid tappet butuh oli yg kadar antiwear-nya 1000 ppm........maka itu sy lebih suka melihat dr std ACEA dan LongLife dari automakers (sudah saya tulis rinciannya)
Turboman wrote:
Atau mau yg lebih ekonomis dan juga sgt layak pakai = Kendall GT1 Semi synth 5W30.....di Sanjaya Knalpot - DTMF lt. 2 (naik 1 lt dr dasar)
absi telepon ke graha sakti..
barang yg ready sae 5w-30
1. SHU AB Rp135rb/liter
2. FK Massimo Refreshing Rp525/4liter
3. Motul HighTech Rp90rb/liter
jadi makin bingung... hahaha...
mohon petunjuknya om turbo.. FK juga okay sepertinya nih.
Again.....jangan liat merek om
Lihat standard ACEA dan Long Life Compliance nya
Jadi kita ndak binun
Intinya utk mesin flat / solid tappet butuh oli yg kadar antiwear-nya 1000 ppm........maka itu sy lebih suka melihat dr std ACEA dan LongLife dari automakers (sudah saya tulis rinciannya)
Om Turbo,
maksud dari SHU AB 5w-30 itu Shell Helix Ultra Professional AB 5W-30 ya?
ToniGun wrote:
Harga gak jd pertimbangan Om.
Gak minat redline, amsoil, maupun royal purple krn sulit dapatnya d daerah.
TMGO, Fastron Gold, BM1 relatif mudah.
Q8 kebetulan ada yg jual online.
Sainz Genius krn penasaran saja...
Ngomong2 blum ada yg pernah coba BM1 Gold Series ya?
Surprise saja, merk non plat merah dalam negeri bisa dapat lisence MB 229.51
Kalo mobil um buatan Jepun / US brand keluaran 2007 ke atas bermesin Gasoline NA, sebetulnya boleh coba oli 0W20
A[alagi kalau misalnya driving style normal / nyantai, banyak pergi2 jarak pendek saja, jarang RPM tinggi, 0w20 cocok banget dah
di kota anda bisa didapat di BeRes Honda atau BeRes Mazda
Dibanding oli 5W30, oli 0W20 lebih enteng tarikannya.........
Kalau misalnya mobilnya jenis spt yg sy sebut di atas, sering nyetir long range / jarak jauh, utk 5W30 bisa consider "Castrol Magnatec Professional", krn dia 5W30 encer udah kayak 0W30
cast Magn Prof mestinya di BeRes Ford jual
Mod, kalo di owner's manual disebut olinya paling bagus adlh sae 5w30, kalau dikasi 0w20, nggapapa ya mod? Api service rekuesnya SN..
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "