Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Om weki, share dikit dong impresi berkendara tiguannya versi om (sudah baca juga review dari maha suhu helm putih)...kan om bisa langsung compare tuh kedua mobil tersebut. Ganteng juga yah tiguannya, kemarin sempat masuk di mobil showroom nik 2013 cuman interiornya tidak se "fresh" golf jadi illfill aja liatnya. Kalau exterior sih masih gantenglah di pandangnya.
Apabila terpaksa harus diganti sih baiknya tetap minta yang warna merah dong om. Denger2 dari sales (CMIIW yah) warna silver sudah paling tidak favorit terus resellnya nanti juga rada sulit dibanding warna putih & merah. Analoginya kalau lagi parkir di mall atau di jalanan, si golf tidak outstanding in the crowd gitu. Kita doakan mudah2an si merah bisa segera balik lagi kepangkuan om weki. Aminn
benzz89 wrote:Om weki, share dikit dong impresi berkendara tiguannya versi om (sudah baca juga review dari maha suhu helm putih)...kan om bisa langsung compare tuh kedua mobil tersebut. Ganteng juga yah tiguannya, kemarin sempat masuk di mobil showroom nik 2013 cuman interiornya tidak se "fresh" golf jadi illfill aja liatnya. Kalau exterior sih masih gantenglah di pandangnya.
Apabila terpaksa harus diganti sih baiknya tetap minta yang warna merah dong om. Denger2 dari sales (CMIIW yah) warna silver sudah paling tidak favorit terus resellnya nanti juga rada sulit dibanding warna putih & merah. Analoginya kalau lagi parkir di mall atau di jalanan, si golf tidak outstanding in the crowd gitu. Kita doakan mudah2an si merah bisa segera balik lagi kepangkuan om weki. Aminn
well, satu hal yang jelas sih interiornya emang ga fresh kaya Golf om. Itu aja udah bikin bulat tekad buat bungkus Golf instead of Tiguan.
umm apa lagi ya, kalo dibilang pas stop and go suka ndut2an itu juga benar memang terasa demikian, lantas memang bantingan ga bisa dibilang empuk juga sih yah tengah2 antara keras dan empuk lah, sama setir kok rasanya terlalu enteng buat gue (berasa mirip2 T31).
yang jelas positifnya ya karena dia SUV maka posisi duduk terasa lebih commanding, lebih memberikan percaya diri lebih pas lewatin speed bump (ya eyalah, SUV getoh) dan tarikannya pas udah di gigi 2 ke atas muyus bener (walau tidak direkomendasikan juga buat bermanuver dengan semangat 45 ).
btw maaf ya om kalo deskripsinya umum dan awam banget
benzz89 wrote:
Thanks om diveblues untuk masukan mengenai cara memperlakukan dsg (khususnya yang dry clutch) di waktu macet & merayap. Yang wet clutch macam gti & tiguan apakah juga harus diperlakukan seperti ini?
Untuk voltage stabilizer + grounding (pivot) dulu om beli & pasang dimana? Menurut ane memang sangat diperlukan perangkat ini terutama untuk mobil2 yang sudah canggih perangkat electronicnya macam golf ini, wong mobil jepun aja yang notabene belum terlalu canggih lumayan terbantu juga dengan volt stabilizer ini. Thank om untuk sarannya lagi
yg wet clutch itu range torsi nya lebih besar dari dsg dry clutch, makanya dsg wet clutch jarang bermasalah. Tapi maintenance nya wet clutch lebih mahal dari dry clutch. Soalnya oli dsg nya kalo gak salah butuh 6 liter, berbanding dry clutch yg hanya butuh 2 liter, cmiiw.
1 liter oli dsg bisa 200 rb-an waktu dolar 9000. Gak tau deh sekarang harganya brapa.
Soal voltage stabilizer + grounding ane beli online di forum sebelah. Soal pemasangan, ane pasang sendiri. Groundingnya langsung ke grounding punya dsg yg ada di bagian sebelah kanan depan. Taunya sih cari2 tau lewat internet
Efeknya memang berasa banget, shifting dsg-nya jadi lebih smooth, hentakannya jadi berkurang. Paling berasa saat macet2an.
Rasanya semua mobil matic bagusnya pasang voltage stabilizer + grounding, udah coba di mobil jepun yg pake cvt pun rasanya juga lebih enak.
update si merah, memang seperti yang om diveblues kemukakan assessment resmi dari VW AG adalah mechatronic bermasalah sehingga kemarin sudah dimulai pekerjaan penggantian (parts ready) dan upgrade software, dan hari ini akan dilakukan pengujian untuk memastikan komponen pengganti bekerja sempurna dan tidak menimbulkan masalah lagi di kemudian hari.
tadi ketemu mas sales (dia bener2 monitor terus progressnya dan rajin memberikan update ke saya), dikatakan bahwa sejauh ini insiden serupa remote di unit saya (sepertinya saya memang apes), dan memastikan bahwa kalau memang (amit-amit) pengujian tetap tidak memuaskan saya akan punya opsi untuk ganti unit kendaraan tanpa biaya apapun (cuma warnanya jadi silver bukan merah hiks).
well so far saya tetap tenang sih karena emang diperhatikan betul sama VW nya, dan saya emang minta supaya they take their time untuk ensure hasilnya akan memuaskan dan insiden serupa tidak kejadian lagi. selama mobil diperbaiki pun saya dimudahkan dengan disediakannya replacement car oleh VW (dapet VW Tiguan).
thank you buat om diveblues dan om benz untuk tips nya, saya akan coba ikuti om
memang itu udah jadi SOP vw indo kalo ada masalah hentakan di dsg om. Soalnya daripada mobil ngadat di tengah jalan, kayak kasus2 tsi mk6 sebelumnya, vw indo udah bergerak cepat untuk problem2 yg mirip. Jangan khawatir om, vw indo bagus kok servicenya. Apalagi petinggi2 vw jerman sering mondar mandir ke sini untuk perencanaan buka pabrik di sini. Soalnya indonesia bakal jadi basis produksi vw untuk regional ASEAN.
update si merah, memang seperti yang om diveblues kemukakan assessment resmi dari VW AG adalah mechatronic bermasalah sehingga kemarin sudah dimulai pekerjaan penggantian (parts ready) dan upgrade software, dan hari ini akan dilakukan pengujian untuk memastikan komponen pengganti bekerja sempurna dan tidak menimbulkan masalah lagi di kemudian hari.
tadi ketemu mas sales (dia bener2 monitor terus progressnya dan rajin memberikan update ke saya), dikatakan bahwa sejauh ini insiden serupa remote di unit saya (sepertinya saya memang apes), dan memastikan bahwa kalau memang (amit-amit) pengujian tetap tidak memuaskan saya akan punya opsi untuk ganti unit kendaraan tanpa biaya apapun (cuma warnanya jadi silver bukan merah hiks).
well so far saya tetap tenang sih karena emang diperhatikan betul sama VW nya, dan saya emang minta supaya they take their time untuk ensure hasilnya akan memuaskan dan insiden serupa tidak kejadian lagi. selama mobil diperbaiki pun saya dimudahkan dengan disediakannya replacement car oleh VW (dapet VW Tiguan).
thank you buat om diveblues dan om benz untuk tips nya, saya akan coba ikuti om
memang itu udah jadi SOP vw indo kalo ada masalah hentakan di dsg om. Soalnya daripada mobil ngadat di tengah jalan, kayak kasus2 tsi mk6 sebelumnya, vw indo udah bergerak cepat untuk problem2 yg mirip. Jangan khawatir om, vw indo bagus kok servicenya. Apalagi petinggi2 vw jerman sering mondar mandir ke sini untuk perencanaan buka pabrik di sini. Soalnya indonesia bakal jadi basis produksi vw untuk regional ASEAN.
iya om diveblues itu juga yang bikin ane lumayan tenang ngejalanin hari2 si merah diperbaikin
sekalian edit postingan ane soal setir tiguan, ringannya ga kaya T-31 juga sih (lebay ane wkwkwkwk) tapi ga segitu firm juga. ya jatuhnya lagi2 di tengah2 aja lah, buat cruising aja sih pas rasanya
Barusan kemarin service 1 tahun rocco 1.4 TSi...odo masih 2500 kilometer...
Lama juga yah service nya...sekitar 4 jam an euy...fyuhh
Update software, ganti oli mesin sama transmisi...
Waktu tanya sama SA nya kok udah ganti oli transmisi padahal masih 1 tahun or 2500 kilometer, katanya "campaign" dari VW Germany, olinya kurang cocok (lupa nanya merk dan type apa )...i sense silent recall...
No cost at all...
wekiweko wrote:
sama setir kok rasanya terlalu enteng buat gue (berasa mirip2 T31).
evolution21 wrote:Utk vw biasanya dikecepatan rendah enteng tp seiring meningkat kecepatan apa ga jadi tambah berat?
Yang om evo maksud adalah Speed-Dependent Power Steering kali yah? Dari technical glossorynya web VW sih keterangannya adalah sebagai berikut:
The speed-dependent control of the power steering enhances manoeuvrability and comfort, consequently boosting safety. When the vehicle is manoeuvred at low speeds – for instance when getting into or out of a parking space – power assistance is at its maximum. This means that the car is very easy to handle. At higher speeds, an electronic sensing system gradually reduces the level of power assistance. In this way, the driver can control the car at high speed and keep it on the chosen line even more accurately than with conventional
Apakah semua produk VW sudah menerapkan SDPS ini including TSI MK7 & Tiguan? Kalau iya berarti om weki berasa enteng setirnya (mungkin) pada saat lagi manuver pelan kali yah? Coba di bawa kenceng om apakah memang akan bertambah berat setirnya? Kalau tidak ada perubahan berarti Tiguan belum menerapkan SDPS ini
diveblues wrote:
yg wet clutch itu range torsi nya lebih besar dari dsg dry clutch, makanya dsg wet clutch jarang bermasalah. Tapi maintenance nya wet clutch lebih mahal dari dry clutch. Soalnya oli dsg nya kalo gak salah butuh 6 liter, berbanding dry clutch yg hanya butuh 2 liter, cmiiw.
1 liter oli dsg bisa 200 rb-an waktu dolar 9000. Gak tau deh sekarang harganya brapa.
Umm...ane masih bingung nih om dive, kalau dibilang range torsi yang bisa dihandle oleh wet clutch lebih besar dari yang dry, tapi kenapa pada tiguan pihak vw mengaplikasikan wet clutch yah? padahal kita tahu bahwa torsi tiguan = golf MK6 (240 Nm)?
Malahan di MK7 yang torsinya naik 10 Nm juga masih aja diaplikasikan dry clutch oleh vw meski harusnya mereka sudah kenyang dikomplain oleh para user yang mobilnya diaplikasikan dry clutch ini, termasuk saudara ane yang pakai vw jetta di s'pore pada 60.000 km baru muncul getar2nya (mungkin di s'pore jarang kena macet kali yah) memang jarak tempuh dia tinggi sekali dalam 1 tahun bisa 30.000 km. So far dia puas sih pakai produk VW kecuali issue dry clutch & booking service yang harus 2 bulan dimuka karena bengkelnya cuman 1 waktu itu di s'pore
Analisa (nubietol) ane, seharusnya vw sudah belajar banyak untuk "up grade" dry clutch pada DSG-nya mereka apabila tetap "insist" untuk mengaplikasikan pada produk2 terbarunya, terlepas dari costing yang mungkin lebih rendah untuk mengaplikasikan dry clutch ini instead of wet clutch (karena nama besar mereka juga sedang dipertaruhkan oleh issue ini) CMIIW
wekiweko wrote:
sama setir kok rasanya terlalu enteng buat gue (berasa mirip2 T31).
evolution21 wrote:Utk vw biasanya dikecepatan rendah enteng tp seiring meningkat kecepatan apa ga jadi tambah berat?
Yang om evo maksud adalah Speed-Dependent Power Steering kali yah? Dari technical glossorynya web VW sih keterangannya adalah sebagai berikut:
The speed-dependent control of the power steering enhances manoeuvrability and comfort, consequently boosting safety. When the vehicle is manoeuvred at low speeds – for instance when getting into or out of a parking space – power assistance is at its maximum. This means that the car is very easy to handle. At higher speeds, an electronic sensing system gradually reduces the level of power assistance. In this way, the driver can control the car at high speed and keep it on the chosen line even more accurately than with conventional
Apakah semua produk VW sudah menerapkan SDPS ini including TSI MK7 & Tiguan? Kalau iya berarti om weki berasa enteng setirnya (mungkin) pada saat lagi manuver pelan kali yah? Coba di bawa kenceng om apakah memang akan bertambah berat setirnya? Kalau tidak ada perubahan berarti Tiguan belum menerapkan SDPS ini
yup betul um soalnya di mk6 aja udah begitu, utk lg parkir sangat ringan, begitu jalan langsung tambah berat, kalo dah lari +/- 120km lebih makin berat lg
saya kok ngerasanya feel setirnya Tiguan di cepat di lambat sama saja ya , apa sayanya emang ndak peka? karena emang pas kenceng biasanya cuma di layang antasari jadinya ga banyak belok2
wekiweko wrote:saya kok ngerasanya feel setirnya Tiguan di cepat di lambat sama saja ya , apa sayanya emang ndak peka? karena emang pas kenceng biasanya cuma di layang antasari jadinya ga banyak belok2
mungkin aja ini kan mobil dealer om weki, jadi mungkin ini mobil udh disiksa sm dealer
baru terima lagi si merah, tadi dikirim ke kantor (ga naik tow truck). semoga masalahnya sudah clear (tadi sih dibilang kemarin dan tadi sudah lancar perpindahan gigi nya) dan ga ada masalah serupa kedepannya
benzz89 wrote:
Umm...ane masih bingung nih om dive, kalau dibilang range torsi yang bisa dihandle oleh wet clutch lebih besar dari yang dry, tapi kenapa pada tiguan pihak vw mengaplikasikan wet clutch yah? padahal kita tahu bahwa torsi tiguan = golf MK6 (240 Nm)?
Malahan di MK7 yang torsinya naik 10 Nm juga masih aja diaplikasikan dry clutch oleh vw meski harusnya mereka sudah kenyang dikomplain oleh para user yang mobilnya diaplikasikan dry clutch ini, termasuk saudara ane yang pakai vw jetta di s'pore pada 60.000 km baru muncul getar2nya (mungkin di s'pore jarang kena macet kali yah) memang jarak tempuh dia tinggi sekali dalam 1 tahun bisa 30.000 km. So far dia puas sih pakai produk VW kecuali issue dry clutch & booking service yang harus 2 bulan dimuka karena bengkelnya cuman 1 waktu itu di s'pore
Analisa (nubietol) ane, seharusnya vw sudah belajar banyak untuk "up grade" dry clutch pada DSG-nya mereka apabila tetap "insist" untuk mengaplikasikan pada produk2 terbarunya, terlepas dari costing yang mungkin lebih rendah untuk mengaplikasikan dry clutch ini instead of wet clutch (karena nama besar mereka juga sedang dipertaruhkan oleh issue ini) CMIIW
masalahnya peruntukannya beda om. Golf tsi itu untuk city driving yg bebannya moderate alias jalannya datar dan menanjak sedikit, tapi kalo tiguan itu suv yg notabene bebannya dynamic, bisa city driving bisa juga offroad. Makanya tiguan diaplikasikan dsg wet clutch 6 speed.
Sebenernya dsg dry clutch masih relatif baru kok, dibandingkan transmisi matic lainnya. Jadi masih dikembangin untuk kedepannya. Liat aja dual clutch di ford fiesta gen awal2 masih banyak yg bermasalah.
wekiweko wrote:baru terima lagi si merah, tadi dikirim ke kantor (ga naik tow truck). semoga masalahnya sudah clear (tadi sih dibilang kemarin dan tadi sudah lancar perpindahan gigi nya) dan ga ada masalah serupa kedepannya
dicoba bbrp hari coba om. nanti kabari ya. semoga bener2 beres.
om weki, jgn trauma, justru ketauan misal di d terus rada masalah, terus disitu jadi biar bener2 ketauan kalo memang unitnya rusak disitu. selama masih warranty, drpd nanti udah ngga, baru ketauan malah rugi.
wekiweko wrote:sore kawan2, hari ini ane kena musibah. jam 10 mau keluar rumah transmisi terasa nyentak, ane jalan terus tiap mau ngegas abis lewatin polisi tidur sentakan makin kerasa dan ane perhatiin di MID abis D4 ga mau upshift jadi kaya bingung milih gigi. akhirnya ane bawa pulang, telfon salesnya dan jam 3 sore tadi mobil diangkut buat dibawa ke bengkel.
analisa awal perlu upgrade software karena kesulitan ngebaca perpindahan gigi tadi, ane harap sih emang cuma perlu upgrade software dan ga ada mechanical trouble di DSG nya yang mengharuskan ganti transmisi segelondongan
sempet kepikiran apa karena sehari sebelumnya 2 jam kena siksa stop and go waktu kejebak macet parah di layang antasari, ane jadi kepikiran dan sedih banget padahal lagi seneng2nya jalan2 sama si merah dan belum ada seminggu mobilnya ane bawa
Waktu itu MK7 ane juga pernah berasa agak sedikit bergetar om weki pas lagi macet2an. Sempat mikir kenapa ini mobil kayak gini ? Nanya di forum sebelah disaranin buat upgrade software tapi sampai sekarang belum saya bawa buat upgrade. Sekarang sih belum pernah kumat lagi. Memang ini mobil jarang banget dipake.
Sekarang om weki setelah mk7nya upgrade gimana ? Smooth ?
diveblues wrote:
masalahnya peruntukannya beda om. Golf tsi itu untuk city driving yg bebannya moderate alias jalannya datar dan menanjak sedikit, tapi kalo tiguan itu suv yg notabene bebannya dynamic, bisa city driving bisa juga offroad. Makanya tiguan diaplikasikan dsg wet clutch 6 speed.
Sebenernya dsg dry clutch masih relatif baru kok, dibandingkan transmisi matic lainnya. Jadi masih dikembangin untuk kedepannya. Liat aja dual clutch di ford fiesta gen awal2 masih banyak yg bermasalah.
dryclutch vs wetclutch ini kasusnya IMO mirip kaya kasus aki kering vs aki basah.
dryclutch memang nyaris free-maintenance, tapi ya daya tahan dan performanya nggak se awet wetclutch. makanya GTI pake wet kan karena torsinya besar.
mungkin VW indo bisa ngomong ke prinsipal untuk ngganti transmisi DSG Golf ke wetclutch 6-speed aja khusus pasar indonesia.
ini sebenernya sangat wajar sih karena Golf dikembangkan di pasar Eropa yang jalannya mulus semulus paha cewek dan lancar jaya, mau dapetin top speed juga gampang. sayangnya di indo, gimana mau dapet top speed? bisa sih, tapi kudu jam 4 pagi di jalan tol
untuk yang kena kasus transmisi, tenang aja, walaupun udah ga masa garansi rasanya VW Indo akan tetep tanggung jawab. banyak kasus Golf MK6 kasus di mekatroniknya juga diganti gratis walaupun udah lepas masa garansi. saya sering dapet cerita dari temen saya yang anak NuVolks begitu.
Barusan kemarin service 1 tahun rocco 1.4 TSi...odo masih 2500 kilometer...
Lama juga yah service nya...sekitar 4 jam an euy...fyuhh
Update software, ganti oli mesin sama transmisi...
Waktu tanya sama SA nya kok udah ganti oli transmisi padahal masih 1 tahun or 2500 kilometer, katanya "campaign" dari VW Germany, olinya kurang cocok (lupa nanya merk dan type apa )...i sense silent recall...
No cost at all...