![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Saran Mobil untuk Kuliah
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
elsapek? apa itu om uthul? ![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Civic ES ya udah injeksi tho, oom.... D17A5 VTEC... kalo dapet yang M/T lebih sip. M/T nya Honda buas dan cocok kalo suka ngebut.WongZo wrote: ES udh injeksi kn? Gw ditawarin FD MT cmn 150jt msh blm di nego, tpi entah gmn kondisinya. Klw ad yg bagusan 185jt AT dijamin bagus sih.
FD taun tua jangan deh, kecuali emang mau dioprek, R18A1 potensinya lebih bagus dari D17A5... tapi ngomong reliabilitas, udah kebukti reliabilitas ES lebih baik dari FD, apalagi soal kaki-kaki....
temen gw miara Civic ES VTI-S AT 2005 KMnya 85ribu terakhir dia jual di 2013... nyaris no problem. problem nya hanya seputar printilan kecil itupun karena faktor umum. ane pernah sebentar nyetir mobilnya juga feels like new... enak banget.
sekarang pake Camry V 2008 dan jujur aja dia bilang ngerasa agak nyesel jual ESnya... ya maklum karena suka ngebut.
bodi kecil lincah buat jalan di perkotaan, velg lubang 4 yang pastinya lebih murah didandanin

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
kalau pengen ngerasain nikmatnya dikerjain sama BERES beli aja mobil tua , paling ntar ditawarin mobil sampah low MPV ujung ujungnya kecuali punya kemampuan self repairing kaya gini om
https://www.youtube.com/channel/UC_q-UN ... qKzAP_8x_A
https://www.youtube.com/channel/UC_q-UN ... qKzAP_8x_A
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Ngerasa rugi knp om pke yaris? Brio ga sneng sama peredaman smpe qualitynya om hahaha.b0ku wrote: kalo yaris gw not recomended bad handling , bad gearbox, bad interior ambience sumpeeekgak worthed sama sekali event gw beli ni mobil taon 2010 cuma 147jt km5000 di taon 2012 gw aja ngerasa rugi bandar
tau gitu gw mendingan nunggu BRIO aja sekarang 147jt dapet 1200full option better handling , lari lebih enak gearbox lebih pinter , malah gw lebih rela keluarin 175jt (harga jaman brio baru launch) buat beli brio 1300cc AT dibanding yaris
![]()
ES mah ud injeksi VTEC malahan mesinnya gampang dituning![]()
saran gw mazda 2 aja boss bebas pusingmalah kalo bisa mending beli BRIO 1200AT E atau mobilio E CVT aja sekalian dapet mobil baru
itu dua loe pake ngebut juga bengis kok nyalip2xnya , malah mobilio maticnya lebih pinter dari FD1 kalo brio maticnya lebih pinter dari mazda 2 sama yaris bahkan ES juga
Jangan om, udh daftar kuliah, bnyk cwek" cakepnya, masa pindah hahaha.Nightster Guy wrote:C124 300CE aja.............
...... kl kegedean susah parkir ya pindah kampus..
Tq om, mmng mantap lh, cmn msh kepikiran biaya rawatnya.FRD wrote:civic fd lhar bro, eksterior sama interior bener2 mantep
Ga suka motor om, lgian ane ga boleh naek motor, makanya klw skrng gaad mobil ya jalan kakiandrijet wrote:Tank Leopard blm ada yg saranin..?
Tumben..
Saya dah give up sama trafficnya Bandung.
Lebih parah dari kota manapun di Indonesia!!!
Termasuk Bekasi.
Jadi 170jt buat beli motor aja.
Dah dapet yg fancy, Versys oke juga buat postur 178cm.
Kehujanan bodo deh tinggal beli jas hujan.
Daripada kena macet.., apalagi weekend, nightmare abis..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Bandinginnya sesama MT tuh? Kalau biaya meliharanya kira" brp duit om masing"?radinalakbar7 wrote:Vote civic ES facelift 2 atau civic fd 2 2.0, top maksimal buat anak kuliahan.
Style ok, tenaga juga mantap, konsumsi bbm pas dg kantong anak kuliahan.
Oh ya, masalah biaya perawatan mahal relatif lah (namanya juga merawat honda ya gitu lah) kalo sehari2 dipakai ga berat2 amat sih ok aja (di bawah 100km/hari). Biaya awal rekondisi pasti ada tp cuma di awal aja keluar duid lebih seterusnya tinggal di kita nya bisa enggak perawatannya.
+ Civic ES
1.style ok apalagi ES facelift 2 tahun 2005.
2.bbm 1:8/9 (dalkot) isi premium.
3.akselerasi lebih sip dari FD.
- Masalah di Civic ES :
1.power steering ering bocor kalo sering putar balik sampe mentokin stir.
2.ball joint,bushing, seputaran masalah kaki2 dll jg rentan rusak.
----------------------------------------------------------------
+ Civic FD
1.body nya timeless, keren.
2.obat ganteng.
3.part modif bejibun khas honda.
4.bbm hemat tapi harus pertamax.
- Masalah di FD :
1.Engine mounting sering rusak (ini FD 1 kalo FD 2 lebih kuat) lumayan jg harga ori nya, kalo beli kw 2 bulan udah rusak lagi.
2.power steering jg masalah di bocornya. (FD1 = hidrolik, FD2 = EPS)
3.tarikannya lebih lambat dari ES (pedal gas udh TBW ( throttle by wire) bukan kabel seperti ES, solusi beli throttle control.
4.cakram sering bergelombang, jadi kalo hard breaking pasti getar parah, di bubut jg percuma,bakalan getar lagi solusinya ganti cakram OEM Brembo.
Saran sih kalo mau FD, enakan yg FD 2 2.0 AT harga sekennya ga beda jauh dg FD 1 MT/AT.
*mantan anak kuliahan jg pemakai ES & FD.

Buset dah pake elsapek bwt gaet nonik, digimanain tuh smpe ceper?unthul wrote:cipik fd 1 om..ganteng,nonik nonik nempel..
dulu teman kuliah saya malah bawa elsapek ceper...ya gaet nonik banyak tuh..
ES AT lebih enak ngebut drpda XV40? Emng dimodif ap aj tuh?ChZ wrote: Civic ES ya udah injeksi tho, oom.... D17A5 VTEC... kalo dapet yang M/T lebih sip. M/T nya Honda buas dan cocok kalo suka ngebut.
FD taun tua jangan deh, kecuali emang mau dioprek, R18A1 potensinya lebih bagus dari D17A5... tapi ngomong reliabilitas, udah kebukti reliabilitas ES lebih baik dari FD, apalagi soal kaki-kaki....
temen gw miara Civic ES VTI-S AT 2005 KMnya 85ribu terakhir dia jual di 2013... nyaris no problem. problem nya hanya seputar printilan kecil itupun karena faktor umum. ane pernah sebentar nyetir mobilnya juga feels like new... enak banget.
sekarang pake Camry V 2008 dan jujur aja dia bilang ngerasa agak nyesel jual ESnya... ya maklum karena suka ngebut.
bodi kecil lincah buat jalan di perkotaan, velg lubang 4 yang pastinya lebih murah didandanin
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
civic ES ?? ga ada yg nyaranin ferio nehh ?? 70an jt uda dpt... bentuk timeless... mesin pure vtec walaupun versi eco, tp masi gampang buat di tuning, persis kaya D15 di cityzet... eco tp gampang d tuning... dan kaki2 ferio ga terlalu lemah sehh, masi lebi mending dari kaki2 cityZ...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
jgn2 seluruh mobil 90an itu timeless






-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Kenapa? Gasuka banyak mobil 90an timeless?montirangin wrote:jgn2 seluruh mobil 90an itu timeless![]()
![]()
![]()
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27647
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
yg penting post dulu yoooo.....
maksud nya apa... ga pentingg...






maksud nya apa... ga pentingg...





numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Tariiik teruuuuuuus






-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
oh my... tau aja om ini, kan ane jadi malu..DOHC wrote:yg penting post dulu yoooo.....![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
maksud nya apa... ga pentingg...![]()
![]()
![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Ooooh jadi selama ini si doi adalah klonengan dari om hansen........Hansen wrote:oh my... tau aja om ini, kan ane jadi malu..DOHC wrote:yg penting post dulu yoooo.....![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
maksud nya apa... ga pentingg...![]()
![]()
![]()
![]()



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
omg, cm5 mah udh tua om wong? mending mbl baru aja deh.
*ehhhhhhhhhh
Serius neh...
Yaris trd sih oke jg, reliability jg manteb, bensin irit kabin lmyn luas sih menurut gue dan bantingan jg ga trll keras banding mazda2...
Mazda2 sih baris ke2nya lmyn sempit..
Saran gw sih ttp RE.. Meski RE 2.4 lmyn boros yak...
Sent from my Nokia 3310 using Tapatalk
*ehhhhhhhhhh
Serius neh...
Yaris trd sih oke jg, reliability jg manteb, bensin irit kabin lmyn luas sih menurut gue dan bantingan jg ga trll keras banding mazda2...
Mazda2 sih baris ke2nya lmyn sempit..
Saran gw sih ttp RE.. Meski RE 2.4 lmyn boros yak...
Sent from my Nokia 3310 using Tapatalk
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Mazda 2 ternyata keras ya, kirain yaris aja udah keras
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
OOT dimulai....
........
Dan TS semakin bingung ama pilihannya
........

Dan TS semakin bingung ama pilihannya

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
ngga usah bingung2 lah...itu para kandidat tulis di secarik kertas kecil, linting satu persatu, taruh dalam gelas kosong (jangan miras, ya), kocok sebentar, jatuhkan salah satu...nah, buka lintingan kertas tsb, belilah yang tertera di situ...
kalo puas dg mobil tsb, ya selamat menikmati, deh. tapi kalo ternyata setelah dipake beberapa waktu kemudian menyadari ternyata telah salah pilih, tak usah risau...tunggu 1-3 taun buat proposal tukar itu mobil..sapatau di approve big boss...
kalo puas dg mobil tsb, ya selamat menikmati, deh. tapi kalo ternyata setelah dipake beberapa waktu kemudian menyadari ternyata telah salah pilih, tak usah risau...tunggu 1-3 taun buat proposal tukar itu mobil..sapatau di approve big boss...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Naah, ini dia reply khas om hariy yg ane tungguin dr kemarenhariy wrote:ngga usah bingung2 lah...itu para kandidat tulis di secarik kertas kecil, linting satu persatu, taruh dalam gelas kosong (jangan miras, ya), kocok sebentar, jatuhkan salah satu...nah, buka lintingan kertas tsb, belilah yang tertera di situ...
kalo puas dg mobil tsb, ya selamat menikmati, deh. tapi kalo ternyata setelah dipake beberapa waktu kemudian menyadari ternyata telah salah pilih, tak usah risau...tunggu 1-3 taun buat proposal tukar itu mobil..sapatau di approve big boss...



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Ketuaan om klw ferio mh, klw civic ES msh mending.DOHC wrote:civic ES ?? ga ada yg nyaranin ferio nehh ?? 70an jt uda dpt... bentuk timeless... mesin pure vtec walaupun versi eco, tp masi gampang buat di tuning, persis kaya D15 di cityzet... eco tp gampang d tuning... dan kaki2 ferio ga terlalu lemah sehh, masi lebi mending dari kaki2 cityZ...
Tapi RE harus nambah duit sih, blm FC nya gile, klw ad versi 7 seat dibeli deh bwt mobil keluarga hahahaha.ricz wrote:omg, cm5 mah udh tua om wong? mending mbl baru aja deh.
*ehhhhhhhhhh
Serius neh...
Yaris trd sih oke jg, reliability jg manteb, bensin irit kabin lmyn luas sih menurut gue dan bantingan jg ga trll keras banding mazda2...
Mazda2 sih baris ke2nya lmyn sempit..
Saran gw sih ttp RE.. Meski RE 2.4 lmyn boros yak...
Sent from my Nokia 3310 using Tapatalk
Let's make OOT heresandal wrote:OOT dimulai....
........![]()
Dan TS semakin bingung ama pilihannya

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Thu Mar 27, 2014 12:58
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Ga tertarik Altis Gen 1, menurut saya bantingan suspensinya lebih enak dari FD, peredaman jg lebih bagus dari FD.
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
yang jadi masalah bukan mesin kok, oom. tenaga mesin Civic ya kalah kemana-mana, Civic ES 0-100 nya 12,1 detik. Camry XV40 2.4V 9,8 detik.WongZo wrote: ES AT lebih enak ngebut drpda XV40? Emng dimodif ap aj tuh?
yang jadi masalah buat temen ane feel setir melayang dan bodyrollnya Camry yang parah, dibawa ngebut gak semantep Civic. ya beda kelas juga sih... satunya buat berada di balik pengemudi... satunya buat berada di balik kemudi

punya dia udah ganti muffler dan header btw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6222
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
gw gak pake setelah pake 6 bulan dan suksess bikin 2 biker tekapar dijalan lsg gw gak pake lagi tuh mobil balikin aja ke orang yang dulu maksa gw beli tuh mobilWongZo wrote: Ngerasa rugi knp om pke yaris? Brio ga sneng sama peredaman smpe qualitynya om hahaha.

mending nyikat freed aja deh

cuma masih ada dirumah mau gw tuker brio sempet dapet second 1300cc AT cuma nambah 10jt gak dikasih


yang pake yaris gw sekarang aja ud desperate sama tuh mobil sampe dia mau tuker sama mobilio S MT, masalahnya mobilio S gak ada ABS tambah lagi speknya bener2x kosong makanya gw ogah

kalo peredaman bisa loe akalin tinggal bawa ke bengkel acesoris kemaren gw pasang yg ringan 400rb cuma sayang gw lupa pasang buat karet pintunya hasilnya anginnya tetep kenceng dari atas


balik lagi masalah selera BTW suzuki swift gak coba dilirik??? speknya lumayan ok loh

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6222
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
itu lebih ke masalah chasis , kayak yaris sama freed gw bisa enakan freed padahal freed bentuknya aja ud aneh kaya roti tawar body tinggi bantet tapi handlingnya diatas yaris jauh yg bodynya compact padahal yaris larinya seh gak bisa dianggep remeh juga 170kmh masuk di GPSChZ wrote:yang jadi masalah bukan mesin kok, oom. tenaga mesin Civic ya kalah kemana-mana, Civic ES 0-100 nya 12,1 detik. Camry XV40 2.4V 9,8 detik.WongZo wrote: ES AT lebih enak ngebut drpda XV40? Emng dimodif ap aj tuh?
yang jadi masalah buat temen ane feel setir melayang dan bodyrollnya Camry yang parah, dibawa ngebut gak semantep Civic. ya beda kelas juga sih... satunya buat berada di balik pengemudi... satunya buat berada di balik kemudi![]()
punya dia udah ganti muffler dan header btw.

sedangkan freed memble di 155kmh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
Klw budgetnya kecil tertarik sih, tpi kynya lebih milih ES klw dibanding altis hahahaha.duakabin wrote:Ga tertarik Altis Gen 1, menurut saya bantingan suspensinya lebih enak dari FD, peredaman jg lebih bagus dari FD.
Owh gtu, kirain dri mesinnya hahahaha. Mmng sih XV40 mh bsa bikin org tdur dgn cepat, mmng hrus ad org yg nyetirin. Tpi tenaga ES lebih enak dkit yh drpda FD?ChZ wrote: yang jadi masalah bukan mesin kok, oom. tenaga mesin Civic ya kalah kemana-mana, Civic ES 0-100 nya 12,1 detik. Camry XV40 2.4V 9,8 detik.
yang jadi masalah buat temen ane feel setir melayang dan bodyrollnya Camry yang parah, dibawa ngebut gak semantep Civic. ya beda kelas juga sih... satunya buat berada di balik pengemudi... satunya buat berada di balik kemudi![]()
punya dia udah ganti muffler dan header btw.
Kyknya benci banget nih si om sama yaris hahahaha.b0ku wrote: gw gak pake setelah pake 6 bulan dan suksess bikin 2 biker tekapar dijalan lsg gw gak pake lagi tuh mobil balikin aja ke orang yang dulu maksa gw beli tuh mobil![]()
mending nyikat freed aja deh![]()
yang pake yaris gw sekarang aja ud desperate sama tuh mobil sampe dia mau tuker sama mobilio S MT, masalahnya mobilio S gak ada ABS tambah lagi speknya bener2x kosong makanya gw ogah![]()
Freed mmng handlingnya lebih enak sih drpda yasir, tpi tenaganya mmng hrus bnyk dimodif.b0ku wrote: itu lebih ke masalah chasis , kayak yaris sama freed gw bisa enakan freed padahal freed bentuknya aja ud aneh kaya roti tawar body tinggi bantet tapi handlingnya diatas yaris jauh yg bodynya compact padahal yaris larinya seh gak bisa dianggep remeh juga 170kmh masuk di GPS
sedangkan freed memble di 155kmh

-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Saran Mobil untuk Kuliah
chassis, suspensi, steering.b0ku wrote: itu lebih ke masalah chasis , kayak yaris sama freed gw bisa enakan freed padahal freed bentuknya aja ud aneh kaya roti tawar body tinggi bantet tapi handlingnya diatas yaris jauh yg bodynya compact padahal yaris larinya seh gak bisa dianggep remeh juga 170kmh masuk di GPS
sedangkan freed memble di 155kmh
Camry V juga akselerasinya nggak bisa dianggap remeh, tapi temen ane 180 km/h udah abis nyalinya di Camry V karena merasa setirnya melayang bener, sementara di Civic ES 198 km/h juga dijabanin sama dia.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7