Tentang Bus... silaken share ..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tentang Bus... silaken share ..
inget jaman taun 2002an waktu sering jkt-jogja, kalo berangkat paling seneng pas malem biar bisa liat knalpot bis nyembur api di tol cikampek. seru juga tu buat manggang sate.....
taun 2009an, selepas tol kanci menuju lohbener, lagi jalan anteng pake avanza dengan kecepatan 70-80 km/h tiba-tiba dari belakang ada yang mainin lampu dim terangnya minta ampun, minggir kiri aja daripada ditumbur.... dan lewatlah bis mercedes (gatau tipe apa dan dari PO mana) dengan full throttle tapi ngga sedikitpun asap yang keluar dari ujung knalpotnya. iseng mau ngejar, liat jarum speedometer udah 130 dan bis tadi malah tetep menjauh nggak terkejar. gendeng.......
taun 2009an, selepas tol kanci menuju lohbener, lagi jalan anteng pake avanza dengan kecepatan 70-80 km/h tiba-tiba dari belakang ada yang mainin lampu dim terangnya minta ampun, minggir kiri aja daripada ditumbur.... dan lewatlah bis mercedes (gatau tipe apa dan dari PO mana) dengan full throttle tapi ngga sedikitpun asap yang keluar dari ujung knalpotnya. iseng mau ngejar, liat jarum speedometer udah 130 dan bis tadi malah tetep menjauh nggak terkejar. gendeng.......
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Tentang Bus... silaken share ..
bus triple axle ada yg pake rute reguler gak ya? apa khusus charter saja?
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Kasih soal buat om rubble ah..

Om, bus double decker leyland dan volvo milik PPD itu bawa utuh dr luar (ngga mgkin sepertinya ya?) atau karoseri lokal indo?
Sampe jaman sy mulai kuliah jakarta 92, si double deck msh operasional, yg sy inget slh 1 rutenya lewat imam bonjol, slh 1 perhentian di halte depan deutsche bank/gani djemat plaza.

Om, bus double decker leyland dan volvo milik PPD itu bawa utuh dr luar (ngga mgkin sepertinya ya?) atau karoseri lokal indo?
Sampe jaman sy mulai kuliah jakarta 92, si double deck msh operasional, yg sy inget slh 1 rutenya lewat imam bonjol, slh 1 perhentian di halte depan deutsche bank/gani djemat plaza.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
oh itu atlantean (l) and olympian (v) hibah dr eec (skrg european community) dlm iggi package
dua brands ini adalah awal full sized bus with auto trans
sy sgt suka dgn continental tires nya (v) ataupun goodyear (l) yg bgt awet meski di pakai lbh dr lima thn
masuk sbg lowdeck chassis n coachbuilt by pt amalgam dgn double deck blue print yg full compliance eec rules of public trans safety. design, material n workmanship
pt amalgam adalah mesin uang keluarga besar hajji affan bersaudara yg asli sasak, ssdh indokaya nissan motors removed from biz n dibuat miskin by indo govt n marubeni corp
ratusan units product dia exported spore, hk n uk meski di kampung nya sdh pd jadi debu...java motors sbg importer (l) tdk bgt untung krn mrk hanya hitung basic price plus shipment n 10% sole agency insentive...justru pt amalgam yg untung besar krn (sbg grant prexondition) labor coast based on minimum at eec that time sedangkan segitu kalo di indo wkt itu cukup bayar budak u limabelas hari rodi
volvo chassis importation ini adalah nafas terahir pt persero imc n tdk melalui indomobil krn wkt itu indomobil blm volvo trucks sole agency
smua masuk tanpa tax n levy sedikit pun n audited annually by eec rep jkt. wkt itu bandung n sby juga dapat via damri
sayang bgt bule bule itu pergi units ini jadi bancaan bersama trutama parts n maintenance nya bgt lezat
dua brands ini adalah awal full sized bus with auto trans
sy sgt suka dgn continental tires nya (v) ataupun goodyear (l) yg bgt awet meski di pakai lbh dr lima thn
masuk sbg lowdeck chassis n coachbuilt by pt amalgam dgn double deck blue print yg full compliance eec rules of public trans safety. design, material n workmanship
pt amalgam adalah mesin uang keluarga besar hajji affan bersaudara yg asli sasak, ssdh indokaya nissan motors removed from biz n dibuat miskin by indo govt n marubeni corp
ratusan units product dia exported spore, hk n uk meski di kampung nya sdh pd jadi debu...java motors sbg importer (l) tdk bgt untung krn mrk hanya hitung basic price plus shipment n 10% sole agency insentive...justru pt amalgam yg untung besar krn (sbg grant prexondition) labor coast based on minimum at eec that time sedangkan segitu kalo di indo wkt itu cukup bayar budak u limabelas hari rodi
volvo chassis importation ini adalah nafas terahir pt persero imc n tdk melalui indomobil krn wkt itu indomobil blm volvo trucks sole agency
smua masuk tanpa tax n levy sedikit pun n audited annually by eec rep jkt. wkt itu bandung n sby juga dapat via damri
sayang bgt bule bule itu pergi units ini jadi bancaan bersama trutama parts n maintenance nya bgt lezat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Betul om.
Jaman sy SD di Sby 80 82 ada double decker jg di sby, rute yg sy ingat waru - sby via ahmad yani (ntah dulu jln apa namanya).
Euro compliance ya om si leyland volvo tsb? Pantesan kok materialnya terasa bagus di mata sy yg awam saat itu, yg saya ingat di dinding tangga menuju deck atas dilapisin veneer kayu, sesuatu yg 'terlalu mewah' buat ukuran bus kota indonesia.
Jaman sy SD di Sby 80 82 ada double decker jg di sby, rute yg sy ingat waru - sby via ahmad yani (ntah dulu jln apa namanya).
Euro compliance ya om si leyland volvo tsb? Pantesan kok materialnya terasa bagus di mata sy yg awam saat itu, yg saya ingat di dinding tangga menuju deck atas dilapisin veneer kayu, sesuatu yg 'terlalu mewah' buat ukuran bus kota indonesia.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Tentang Bus... silaken share ..
karoserinya lokal om, jadi sama seperti bus biasanya, import hanya sebatas gelondongan chassis+mesin.Tapi untuk pemilihan karoseri mereka ada standarnya sendiri jadi gak semua karoseri diijinkan membuat body busnya (harus punya lisensi tersendiri kalo gak salah)Nightster Guy wrote:Kl bus scania itu karoserinya lokal sini atau utuh bulat2 dr luar ya? Colek pakdhe BuszMatic..


sekarang udah bisa dipake reguler om, kalau mau coba silahkan naik PO.Putra Pelangi Perkasa dengan rute medan-acehlemonadelovers wrote:bus triple axle ada yg pake rute reguler gak ya? apa khusus charter saja?


http://www.kotabekasi.com/mercedes-benz ... -1401.html

emang gila supir bus jaman sekarang wkwkwk,,, demen banget full throttlemarmut wrote:inget jaman taun 2002an waktu sering jkt-jogja, kalo berangkat paling seneng pas malem biar bisa liat knalpot bis nyembur api di tol cikampek. seru juga tu buat manggang sate.....
taun 2009an, selepas tol kanci menuju lohbener, lagi jalan anteng pake avanza dengan kecepatan 70-80 km/h tiba-tiba dari belakang ada yang mainin lampu dim terangnya minta ampun, minggir kiri aja daripada ditumbur.... dan lewatlah bis mercedes (gatau tipe apa dan dari PO mana) dengan full throttle tapi ngga sedikitpun asap yang keluar dari ujung knalpotnya. iseng mau ngejar, liat jarum speedometer udah 130 dan bis tadi malah tetep menjauh nggak terkejar. gendeng.......



btw nih yg mau lihat bus seharga supercars : http://www.bismania.com/trialvb5/forum/ ... -34-miliar

Last edited by batumakam on Tue Nov 25, 2014 11:41, edited 2 times in total.
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Wah ada suhu bismania nongol..
karoseri2 topgrade indo selain Adiputro AP, MP (ini apa om?) dan Tentrem apalagi ya?
Jaman kecil dulu sy hobi catetin karoseri2 bus/minibus om hahaha... Telaga Herang, Bumi Palapa, Rahayu Santosa, dll dsb dst..

Jaman kecil dulu sy hobi catetin karoseri2 bus/minibus om hahaha... Telaga Herang, Bumi Palapa, Rahayu Santosa, dll dsb dst..
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
bole percaya bole tdk percaya
itulah volvo olympian pertama di dunia...kondisi paling extreme u live test adalah jalanan jkt, bandung n (dulu) ujungpandang
sbtul nya leyland n volvo itu cuma beda badging sj n bbrp minors n turbine vendorship
itulah volvo olympian pertama di dunia...kondisi paling extreme u live test adalah jalanan jkt, bandung n (dulu) ujungpandang
sbtul nya leyland n volvo itu cuma beda badging sj n bbrp minors n turbine vendorship
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Nah.. master bus mania udah muncul, hehehe... thanks ya om batumakam..
Untuk bus yg mau dikuntit om marmut, spt itulah kira kira para driver bus Sumber dan Eka patas.
Waktu nurunin penumpang di jalan Klaten Jogja, saya salip pakai Colt ss minibus AP dgn speed 80 saat itu. Lima menit kemudian, bus itu sudah tailgating saya sambil ngedim ngedim macam orang kebelet eeq aja.. saya mlipir, dan dia masuk wwuoooshh..dan percaya lah, saya kuntit debgan colt ss tsb, speedo sudah hampir 140, bus tersebut semakin jauhh... jauh... dan menjauh....
Sadesss...
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Untuk bus yg mau dikuntit om marmut, spt itulah kira kira para driver bus Sumber dan Eka patas.
Waktu nurunin penumpang di jalan Klaten Jogja, saya salip pakai Colt ss minibus AP dgn speed 80 saat itu. Lima menit kemudian, bus itu sudah tailgating saya sambil ngedim ngedim macam orang kebelet eeq aja.. saya mlipir, dan dia masuk wwuoooshh..dan percaya lah, saya kuntit debgan colt ss tsb, speedo sudah hampir 140, bus tersebut semakin jauhh... jauh... dan menjauh....
Sadesss...
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tentang Bus... silaken share ..
volvo dan leyland bertingkat, itu jaman saya masih kelas 2 sd. bayar ongkos rp25, kadang kondektur nggak nagih entah karena nggak liat atau dipikir masih bocah piyik. yang sering saya tumpangi nomer 55 (ke klender kalo nggak salah) dan 30A (pasar baru).
seneng banget kalo duduk di atas paling depan bisa liat sekeliling, tapi sebelnya kalo pergi sama mama naik bis tingkat beliau nggak mau duduk di atas, "takut, ngga ada supirnya". begitu alasannya.
pertama kali naik bis air suspension taun 2006-2007. sinar jaya (lebak bulus-purwokerto). jalannya leleeeeeeeet banget. nyebelin. lewat tol cikampek jalanan kosong blong cuma lari 60-70 km/h. sengaja saya duduk pas di belakang supir jadi bisa liat macem-macem.
kata supirnya, "ngapain ngebut? lha wong nyampenya disitu juga...." saat saya tanya kenapa kok jalannya santai.
waktu lewat jalanan jelek berlubang dengan santainya pak supir melibas tanpa ngurangin kecepatan, nggak ada goyangan seperti layaknya kendaraan kena lobang, anteng aja kaya jalan di aspal mulus. cuma ada suara kaca jendela yang glondangan kaya ditubruk kucing (sori oom metket, nggak bermaksud....) yang bikin kaget.
"ini er suspensyen mas..... wenak tho?" kata pak supir kepada saya.
ya enak lah, tapi kalo tiap jalan jelek hantam kromo apa tie rod-nya nggak mrotoli?
body segede gitu saat melibas tikungan pun dengan tenangnya supir muter setir di kecepatan 40 terkadang 50. body roll minim banget. hebat euy....
seneng banget kalo duduk di atas paling depan bisa liat sekeliling, tapi sebelnya kalo pergi sama mama naik bis tingkat beliau nggak mau duduk di atas, "takut, ngga ada supirnya". begitu alasannya.
pertama kali naik bis air suspension taun 2006-2007. sinar jaya (lebak bulus-purwokerto). jalannya leleeeeeeeet banget. nyebelin. lewat tol cikampek jalanan kosong blong cuma lari 60-70 km/h. sengaja saya duduk pas di belakang supir jadi bisa liat macem-macem.
kata supirnya, "ngapain ngebut? lha wong nyampenya disitu juga...." saat saya tanya kenapa kok jalannya santai.
waktu lewat jalanan jelek berlubang dengan santainya pak supir melibas tanpa ngurangin kecepatan, nggak ada goyangan seperti layaknya kendaraan kena lobang, anteng aja kaya jalan di aspal mulus. cuma ada suara kaca jendela yang glondangan kaya ditubruk kucing (sori oom metket, nggak bermaksud....) yang bikin kaget.
"ini er suspensyen mas..... wenak tho?" kata pak supir kepada saya.
ya enak lah, tapi kalo tiap jalan jelek hantam kromo apa tie rod-nya nggak mrotoli?
body segede gitu saat melibas tikungan pun dengan tenangnya supir muter setir di kecepatan 40 terkadang 50. body roll minim banget. hebat euy....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
alat alat transport yg benar
di tempat yg salah
di wkt yg salah
bus convert truck a'la pt freeport itu sdh cukup u indo market. jgn kasi lebih
nanti juga destroy time due sama sj
di tempat yg salah
di wkt yg salah
bus convert truck a'la pt freeport itu sdh cukup u indo market. jgn kasi lebih
nanti juga destroy time due sama sj
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Tentang Bus... silaken share ..
pengalaman pantura jateng kalau seru itu balapan sama bus Transjakarta rakitan new armada
gas pol dari magelang - smg - pantura - jkt
tingginya extreme kan tuh, dah gitu sudah full spec, gas pol, hajar terus lobang, cuma bisa disalip pas berhenti deket Pekalongan, entah regrouping atau mau refuel gas ditungguin truk gas ditengah jalan?
terakhir tahun lalu si masih ketemu, belakangan sudah ga ada kayanya ya?
tahun lalu naik nusantara dari smg - tegal dan dapetnya first row sebelah pintu, emang enak airsus, stabil diem banget anteng cuma pas ngerem aja masih berasa nose dive, nanjak alas roban santai bener tuh driver sambil makan kacang
cuma melototin engine temp aja sama Rpm. tarikan awalnya full load penumpang, liatin rpm belum 2000 aja dah berasa dibetot
jangan2 kalau kosong full throttle bisa spin di tempat?
dan sekarang si di area jateng masih paling asik liat grup Nusantara, bus tiap tahun baru ada yang baru terus
ada chasis MAN R37 triple axle low deck monocoque yg kayanya buat rentalan. kalau gerombolan dedy jaya, dewi sri, menang "gila" tuh driver ditambah ya bus2 generasi sekarang emang kenceng, cuma gerombolan mpv sejuta umat dengan plat b aja yang sering balapan sama gituan
padahal dewi sri cs di bypass indramayu ane pernah disalip pas lagi crusing 100 kpj
jalan normal minimal 80 kpj
makanya minggir aja d, toh ga ganggu ini, malah enak bisa dibukain jalan, dikasih tau mana yang rusak, tinggal tailing aja, nanti juga dikasih karena kan kadang nurunin atau istirahat dll.




tahun lalu naik nusantara dari smg - tegal dan dapetnya first row sebelah pintu, emang enak airsus, stabil diem banget anteng cuma pas ngerem aja masih berasa nose dive, nanjak alas roban santai bener tuh driver sambil makan kacang



dan sekarang si di area jateng masih paling asik liat grup Nusantara, bus tiap tahun baru ada yang baru terus




-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Bus iveco.. bentuknya awkward hihihi..newrubble wrote:alat alat transport yg benar
di tempat yg salah
di wkt yg salah
bus convert truck a'la pt freeport itu sdh cukup u indo market. jgn kasi lebih
nanti juga destroy time due sama sj
gimana storynya om kok freeport milih iveco sbg fleet busnya, kok bukan dr brand yg lebih lumrah di indo macem mercedes atau volvo?
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
sebetulnya bukan cuma iveco (industrial vehicles corporation), turin, italy
tapi ada international, mack n kenworth (dulu include freightliner ada 24 units n skrg mrk tdk ikut lg sejak jadi daimler of na)
tiga tiga brands itu yg sanggup officially lakukan chassis reinforcement dan suspension modification tanpa ilangkan factory warranty
px cabin juga hrs di pasang sesuai types A, B, C compliance of the US-NTSB stds
type C itu utk forward control bus
tapi ada international, mack n kenworth (dulu include freightliner ada 24 units n skrg mrk tdk ikut lg sejak jadi daimler of na)
tiga tiga brands itu yg sanggup officially lakukan chassis reinforcement dan suspension modification tanpa ilangkan factory warranty
px cabin juga hrs di pasang sesuai types A, B, C compliance of the US-NTSB stds
type C itu utk forward control bus
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Awal taun ini temen abis masuk ke site freeport, sy minta foto unit mobil sebanyak yg dia bisa, yg tertangkap kamera ngga jauh2 dr land cruiser seri 70 berbagai bentuk/varian, ranger, everest, dan bus iveco yg forward control hehehe...
Jgn2 international, mack, dan kenworth nya udah di dump semua om/diceburin ke jurang seperti urban legend yg sy denger
Jgn2 international, mack, dan kenworth nya udah di dump semua om/diceburin ke jurang seperti urban legend yg sy denger
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
mack ada dua di jayapura plaat merah ds----ax sdh punya provincial govt. freeport grant
lumayan tuh autotrans meski LHD
lumayan tuh autotrans meski LHD
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Thu Jan 02, 2014 3:11
- Location: semarang
Re: Tentang Bus... silaken share ..
awal tahun 2000an,waktu saya mengais rejeki di tangerang..naik dari kudus,armada nusantara scania livery kereta kuda western coboy..
start jam 7 malam..mpe rawamangun jam 4 pagi..
selama perjalanan,badan miring liat depan,posisi duduk di kursi yang gang jalan,di tengah tengah bus,,ngeri..dengan kondisi jalan rusak..hajar bleh..mpe kalideres di poolnya masih peteng,..sama kru nusantara di anjurkan keluar pool/lanjut jam stengah 6,menghindari tindak kriminal..
selanjutny nek pergi pulang kudus jakarta naek pahala kencana yang jalannya suante bin suabar..start dari kudus jam 5 sore,mpe kalideres jam stengah 7..alamat ada tinta merah di absen
start jam 7 malam..mpe rawamangun jam 4 pagi..

selama perjalanan,badan miring liat depan,posisi duduk di kursi yang gang jalan,di tengah tengah bus,,ngeri..dengan kondisi jalan rusak..hajar bleh..mpe kalideres di poolnya masih peteng,..sama kru nusantara di anjurkan keluar pool/lanjut jam stengah 6,menghindari tindak kriminal..
selanjutny nek pergi pulang kudus jakarta naek pahala kencana yang jalannya suante bin suabar..start dari kudus jam 5 sore,mpe kalideres jam stengah 7..alamat ada tinta merah di absen

eling..dan bersyukur..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Jadi pertanyaan buat ane.
Kl sama2 sistem setoran, knapa ada supir bus dr PO tertentu yg terkenal ugal2an spt SK, knapa ada yg kalem2 aja spt cerita di atas?
Apa sistem setorannya beda?
Apa kultur perusahaannya beda?
Seperti halnya taxi yg ada raport bagus di driving habit supirnya spt blue bird group, hasil gemblengan keras dr internal plus sanksi tanpa ampun dr manajemen ke supir nakal (ketauan terbukti narik borongan tanpa argo, supir BB group lsg dipecat tanpa SP SP an).
Kl sama2 sistem setoran, knapa ada supir bus dr PO tertentu yg terkenal ugal2an spt SK, knapa ada yg kalem2 aja spt cerita di atas?
Apa sistem setorannya beda?
Apa kultur perusahaannya beda?
Seperti halnya taxi yg ada raport bagus di driving habit supirnya spt blue bird group, hasil gemblengan keras dr internal plus sanksi tanpa ampun dr manajemen ke supir nakal (ketauan terbukti narik borongan tanpa argo, supir BB group lsg dipecat tanpa SP SP an).
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
bluebird bgt byk tracking devices u monitor driver performance n behavior
dr argometer yg px pun (dan calon rampok) bisa liat sdh brp duit driver dpt
movement tracker yg bisa liat dmn sj seharian n posisi pool terdekat ada dmn
installed parts coding n bikin driver fikir fikir sblm colong ini itu
in-cabin voice recording, push "7" (new meter) atau "11" (old meter) n smua akan terdengar saat calon rampok naik status jadi suspect robber
mrk juga ada remote engine cut off yg bikin taxi unit brubah jadi immobilized
bus fleet mrk juga bgt
hrs nya police cruiser operation indo blajar dr bluebird bikin drivers patuh
tapi dulu jenderal sisno (bkn susno) bilang...biarlah polisi indo reform diri nya sendiri
sorry out of topic again n again
dr argometer yg px pun (dan calon rampok) bisa liat sdh brp duit driver dpt
movement tracker yg bisa liat dmn sj seharian n posisi pool terdekat ada dmn
installed parts coding n bikin driver fikir fikir sblm colong ini itu
in-cabin voice recording, push "7" (new meter) atau "11" (old meter) n smua akan terdengar saat calon rampok naik status jadi suspect robber
mrk juga ada remote engine cut off yg bikin taxi unit brubah jadi immobilized
bus fleet mrk juga bgt
hrs nya police cruiser operation indo blajar dr bluebird bikin drivers patuh
tapi dulu jenderal sisno (bkn susno) bilang...biarlah polisi indo reform diri nya sendiri
sorry out of topic again n again
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Tentang Bus... silaken share ..
canggih amat bluebird. kalo ada voice recording, waduh privacy sedikit dikorbanin ya.
indo yg berhub sama government ya seperti itu. bukan tidak bisa tapi tidak mau. namun, bbrp tahun terakhir, malah ane melihat bukan hanya tidak mau, namun sudah tidak bisa karena pikiran mereka bener2 ompong. Contoh sangat signifikan terjadi ketika bbrp tahun lalu ada konferensi international apec? atau ktt di jakarta? yg membuat truk dan trailer dilarang dari pagi hingga 10malam melewati tol dalam kota. Ternyata selama sebelum itu, polisi tidak tau bahwa penyebab macet yg signifikan adalah truk/.trailer yg jalannya sangat lambat 15-25km/h karena kelebihan beban terutama saat tanjakan.
indo yg berhub sama government ya seperti itu. bukan tidak bisa tapi tidak mau. namun, bbrp tahun terakhir, malah ane melihat bukan hanya tidak mau, namun sudah tidak bisa karena pikiran mereka bener2 ompong. Contoh sangat signifikan terjadi ketika bbrp tahun lalu ada konferensi international apec? atau ktt di jakarta? yg membuat truk dan trailer dilarang dari pagi hingga 10malam melewati tol dalam kota. Ternyata selama sebelum itu, polisi tidak tau bahwa penyebab macet yg signifikan adalah truk/.trailer yg jalannya sangat lambat 15-25km/h karena kelebihan beban terutama saat tanjakan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
taxis @ spore, hk, ostrali, uae, us, uk itu smua sdh pakai in-cabin surveillence camera yg lsg ke base ops mrk...sy pernah kena fine di uae garagara terlalu byk minum n threw up di backseat...n masih bersukur tdk di turunkan di tengah gurun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Tentang Bus... silaken share ..
astaga...ada rules dari taksi nya ya om. tapi kalo ga, memang kasian drivernya yanewrubble wrote:taxis @ spore, hk, ostrali, uae, us, uk itu smua sdh pakai in-cabin surveillence camera yg lsg ke base ops mrk...sy pernah kena fine di uae garagara terlalu byk minum n threw up di backseat...n masih bersukur tdk di turunkan di tengah gurun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Tentang Bus... silaken share ..
btt dari dulu pingin ngicip bus buatan MAN,penasaran katanya punya airsus yg paling empuk+nyaman ketimbang yg lain, tapi kagak pernah kesampaian euy
jaraaang banget yg punya ini bus, rata2 scania,volvo(ini aja jarang banget yg punya) apalagi MAN
dulu Safari Dharma Raya punya bus MAN (lupa tipenya) yg lumayan bersejarah,, melayani rute bali-jakarta super executive. Sayang belum sempat ngicip sudah terlanjur pensiun
Kapan2 kudu mampir khusus ke negeri seberang buat ngicip nih hahahaha.... so far paling mantab ya bus milik PO.Nusantara Signature Class,, manteb banget ini,pernah nyoba dari bandung-kudus hehehehe,,, yg naik rata2 bus enthusiast semua
udah gitu susah sekali dapet hotseatnya wakakaka,, selama perjalanan hampir kagak ada yg bisa nguntit ya,jelas siapa yg berani (kuat) nguntit bus 380hp? Toel dikit langsung metok itu speedo 





always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Tentang Bus... silaken share ..
dulu wkt saab-scania (indo: 1990-95) masih dijuatl tiga fihak, sunmotor, pt alun, dana raya
blm exclusive brand agency
pt adiputro adalah coachbody builder pertama yg iso certified utk 9000, 12000, 18001
neoplan tertarik u kasih intensive training di adiputro site dan berikan status licensee, satu satu nya di asia n granted EU compliance std manufacturing machinery set yg cukup utk empat production lines installed. silakan recheck...satu set bangkai nya blm sempat diambil sampai skrg lrn neoplan kebutu bankrupt th 2000 dan acquired by MAN AG skrg jadi neoman
in-house coachbuilder of MAN AG
ada bbrp ratus (850-950 units) neoplan buses manufactured (bukan ckd) by adiputro termasuk 35 units LHD exported EU dan bbrp ratus masuk south africa bareng dgn 150 units local designed by morodadi dan sisanya spreaded out hongkong, ostrali, newzealand, UK, british virgin island, PNG, guam
local users adalah kramat djati, lorena (sdh dijual smua ke kramat djati), safari darma raya, bandung express, vista tourist
sebagian neoplan monocoque meski punya MAN frame (maksut nya floorplan n dash instrumentation serta wiringharness n bilstein airsusp) tapi powered by hino rk8 dan benz engine). dulu mmg MAN bisa dibeli terpisah husus utk emerging market sekelas indo n nigeria krn low purchasing capability
ada dua units yg masih blm kena repray n physical facelift di mabesau jkt timur n sy tdk tau yg lainnya bgmn
blm exclusive brand agency
pt adiputro adalah coachbody builder pertama yg iso certified utk 9000, 12000, 18001
neoplan tertarik u kasih intensive training di adiputro site dan berikan status licensee, satu satu nya di asia n granted EU compliance std manufacturing machinery set yg cukup utk empat production lines installed. silakan recheck...satu set bangkai nya blm sempat diambil sampai skrg lrn neoplan kebutu bankrupt th 2000 dan acquired by MAN AG skrg jadi neoman
in-house coachbuilder of MAN AG
ada bbrp ratus (850-950 units) neoplan buses manufactured (bukan ckd) by adiputro termasuk 35 units LHD exported EU dan bbrp ratus masuk south africa bareng dgn 150 units local designed by morodadi dan sisanya spreaded out hongkong, ostrali, newzealand, UK, british virgin island, PNG, guam
local users adalah kramat djati, lorena (sdh dijual smua ke kramat djati), safari darma raya, bandung express, vista tourist
sebagian neoplan monocoque meski punya MAN frame (maksut nya floorplan n dash instrumentation serta wiringharness n bilstein airsusp) tapi powered by hino rk8 dan benz engine). dulu mmg MAN bisa dibeli terpisah husus utk emerging market sekelas indo n nigeria krn low purchasing capability
ada dua units yg masih blm kena repray n physical facelift di mabesau jkt timur n sy tdk tau yg lainnya bgmn
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Tentang Bus... silaken share ..
Intinya, coach builder adiputro ini kelasnya udah kelas dunia ya om? Plus, sy simpulkan dr cerita2 om rubble soal karoseri/coach builder, indonesia (kalau mau) bisa jadi one of the best di dunia?
Das Beste oder nichts.