Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
oya om turbo ane mau nanya nih tentang D4D a/t, mungkin bisa share pengalamannya:
1. untuk pajak tahunannya sekitar berapa om? budget ane mungkin apabila jadi minang ipah max sekitar 3jt utk pajaknya
2. untuk biaya perawatan rutin per tahun, misal servis + ganti oli, dll sekitar berapa? dengan asumsi gak ada ganti spare part di luar yang rutin,
3. untuk D4D a/t spare part yang paling mahal apabila harus diganti itu spare part yang apa? harganya sekitar berapa? buat gambaran ane aja apabila memang terpaksa ada penggantian spare part tersebut,
4. kalau tidak salah untuk peningkatan performa D4D a/t bisa dengan pasang piggyback seperti dastek dan kalau tidak salah juga untuk sekarang sudah tidak perlu kupas kabel karena sudah PnP dengan memakai kabel U Connect. pertanyaan ane, untuk U Connect tersebut kompatibel gak dengan innova diesel tahun gen 1, atau hanaya untuk generasi terbaru saja?
makasih sebelumnya, silahkan bila ada masukan juga dari sesepuh atau rekan2 SM lainnya
Kalo soal pajak tahunan di Jkt ya tergantung posisi mobil ke berapa, google aja aturan pajak progressif
Utk biaya pemeliharaan sih ekonomis :
- Oli mesin 6,5 L
- Filter oli sekitar Rp 55 - 75 rb
- Filter solar Rp 200 rb
Spare parts paling mahal = ya jangan sampe Turbo / Matic kena
Kalo parts2 fast / medium moving hingga sokbreker / ball joints sih gak mahal lah, dan banyak yg buatan 555, brake pad juga mura
U Connect kompatible dgn ECU D4 D yg masih EDU 2 soket
Kalau mau lebih tahu ttg D4 D ikut aja gathering KIOC chapter Surabaya, hub lurah KIOC Sby = um Abdoel di 7CC8CB29
Kebetulan dulu pernah pakai C24 HWS selama bbrp saat, dan kalo dibandingin Innova V AT...masih pilih C24 kemana mana
cuma sayang, setir-able masih menang Innova
oom Turbo, mau Tanya dong..
Kalau Ipah VVTI mau diganti jadi D4D, apakah bias engine swap dengan cara beli dari Astra mesin doing ?
Denger2 maticnya sama2 pakai AW304 ya ?
Trus, ECU sama gak ya ?
Kira2 pernah denger gak, brp duit harganya ?
Kalau beli mesin limbah ex Singapore gitu, saya rishi. Takut dipersulit ama aparat, pas razia atau perpanjangan stnk.
Terima kasih banyak sebelumnya.
Jika swap 1TR jadi 2KD maka yg harus dibeli selain mesin dan transmisinya :
- ECU dan TCU nya 2KD (kalo 1TR matic TCU menyatu dgn ECU)
- Wiring harness sudah pasti harus ganti, terutama utk daerah mesin ke dasbor (ECU)
- Radiator & reservoir tank-nya
- Per depan
- Final gear
Dan harga mesin 2KD / 1KD seken itu MUAHALLL......lebih mahal drpd mesin CRD Thai based lain spt Isuzu misalnya.
Utk wiring harness kalo bisa beli yg limbah it's good, kalo final gear sih gampang, tinggal hubungi si Wen Wen aka empu Zeindox aja
Radiator juga bisa cari yg lelangan
Makasih banyak Oom Turbo,,,,,
Berarti banyak banget yang harus dipermak...
mending lembar gati baru aja kalok gitu.. risiko failure juga gak ada...
imingwahyudi wrote:Kebetulan dulu pernah pakai C24 HWS selama bbrp saat, dan kalo dibandingin Innova V AT...masih pilih C24 kemana mana
cuma sayang, setir-able masih menang Innova
C24 lebih ke sopir oriented. Makanya kalo bawa sendiri lebih enak ipah om iming
Turboman wrote:Budget 120 - 130 jt udah dapet Ipah D4 D matic th 2006 - 2007 tuh om, Ipah TR-FE bisa dapet yg lebih mudaan lagi
Kalo mau beli nissan 2nd tahun lama boleh aja dengan catatan : um punya akses ke penjual spare padts Nissan yg murah, otherwise ya siap2 aja kantong jebol saat reparasi
Serius om 120-130jt udh dpt D4D AT '06-'07?
Tpi bwt rekondisinya btuh budget brp om?
Xous wrote:Pasaran skg sepi om, ane aj skg ad brg jazz 05, km blm nyampe 100 ribu, cm kalah warna, d pasangiklan jp, juamt sabtu, ygtlp g sampe 5 org. payah. sy ambil dulu d 170an 2 taun lalu, v at disel'05. Skg maybe 150an cm cr brg waras, susah, apalagi yg service record beres, kerawat, no eks tubruk2.
wah masih mahal juga ya ternyata, 150jt untuk v a/t 2005
Turboman wrote:
Kalo soal pajak tahunan di Jkt ya tergantung posisi mobil ke berapa, google aja aturan pajak progressif
Utk biaya pemeliharaan sih ekonomis :
- Oli mesin 6,5 L
- Filter oli sekitar Rp 55 - 75 rb
- Filter solar Rp 200 rb
Spare parts paling mahal = ya jangan sampe Turbo / Matic kena
Kalo parts2 fast / medium moving hingga sokbreker / ball joints sih gak mahal lah, dan banyak yg buatan 555, brake pad juga mura
U Connect kompatible dgn ECU D4 D yg masih EDU 2 soket
Kalau mau lebih tahu ttg D4 D ikut aja gathering KIOC chapter Surabaya, hub lurah KIOC Sby = um Abdoel di 7CC8CB29
KIOC komunitas yg fun
berarti masih acceptable ya untuk biaya perawatannya
ane segan ikut gathering KIOC, kan blm punya ipah gan
imingwahyudi wrote:Kebetulan dulu pernah pakai C24 HWS selama bbrp saat, dan kalo dibandingin Innova V AT...masih pilih C24 kemana mana
cuma sayang, setir-able masih menang Innova
maksud om iming lebih nyaman serena C24? kalo setir-able menang innova maksudnya gmn om?
ginting wrote:
Makasih banyak Oom Turbo,,,,,
Berarti banyak banget yang harus dipermak...
mending lembar gati baru aja kalok gitu.. risiko failure juga gak ada...
Thanks a lot
betul om sepertinya mending upgrade BPKB aja
montirangin wrote:
imingwahyudi wrote:Kebetulan dulu pernah pakai C24 HWS selama bbrp saat, dan kalo dibandingin Innova V AT...masih pilih C24 kemana mana
cuma sayang, setir-able masih menang Innova
C24 lebih ke sopir oriented. Makanya kalo bawa sendiri lebih enak ipah om iming
Turboman wrote:Budget 120 - 130 jt udah dapet Ipah D4 D matic th 2006 - 2007 tuh om, Ipah TR-FE bisa dapet yg lebih mudaan lagi
Kalo mau beli nissan 2nd tahun lama boleh aja dengan catatan : um punya akses ke penjual spare padts Nissan yg murah, otherwise ya siap2 aja kantong jebol saat reparasi
Serius om 120-130jt udh dpt D4D AT '06-'07?
Tpi bwt rekondisinya btuh budget brp om?
nah ini yang bikin ane masih ragu, budget 120-130 jt apakah bisa untuk minang D4D a/t di Sby meskipun tahun2 lama
oiya untuk rekondisi, kira2 apa aja yang harus dibenahi ya?
Turboman wrote:Harga mobil seken di Jkt babak belur......wong mobil baru aja diskonnya gila2 an
Ya mungkin aja di sikon skg ini terjadi disparitas harga antara unit2 yg kondisi bagus VS unit yg kondisi rata2
Orang2 yg betul2 ngerawat mobilnya gak rela jual murah, yg mau beli tapi bener2 cari yg bagus juga kan gak gampang
CMIIW
Sori OT sebentar
Jadi inget sama temen istri ane yang bela2in beli mobil 2nd di Jakarta hanya karena harganya yang jauhhhhh lebih murah ketimbang di Malang (Jawa Timur). Selisihnya bisa sekitar 7-10 jutaan untuk merk, tipe, kondisi dan tahun yang sama. Bawa jalan dari Jakarta ke Malang kan paling cuman abis 1 juta aja (buat bensin + akomodasi). Sisanya bisa buat dandan
Btw kalo antar ipah dan C24, ane vote ipah aja deh
Lebih robust dan mudah perawatan plus aksesoris melimpah ruah
@om Mamang, sama2 di mlg nih om, hehe, biaya balik nama dll total kena brp om klo beli di jkt, dbalik ke plat malang? trims
btw utk dbawa pribadi sehari2 aen jg milih ipah diesel matic aj, lbih gampang ngrawat dan solar biasa msh ok
Mamang555 wrote:
Turboman wrote:Harga mobil seken di Jkt babak belur......wong mobil baru aja diskonnya gila2 an
Ya mungkin aja di sikon skg ini terjadi disparitas harga antara unit2 yg kondisi bagus VS unit yg kondisi rata2
Orang2 yg betul2 ngerawat mobilnya gak rela jual murah, yg mau beli tapi bener2 cari yg bagus juga kan gak gampang
CMIIW
Sori OT sebentar
Jadi inget sama temen istri ane yang bela2in beli mobil 2nd di Jakarta hanya karena harganya yang jauhhhhh lebih murah ketimbang di Malang (Jawa Timur). Selisihnya bisa sekitar 7-10 jutaan untuk merk, tipe, kondisi dan tahun yang sama. Bawa jalan dari Jakarta ke Malang kan paling cuman abis 1 juta aja (buat bensin + akomodasi). Sisanya bisa buat dandan
Btw kalo antar ipah dan C24, ane vote ipah aja deh
Lebih robust dan mudah perawatan plus aksesoris melimpah ruah
ricz wrote:Innova diesel matic aja... Torsi enak, mesin kuat kaki kaki jg kuat...
Drpd bensin AT yg kt bbrp anggota keluarga gw lemot bin lelet bin boros apalg euro 2 lebi lelet lg (gw ga pernah bw, pernahnya yg bensin MT)
Sent from my Nokia 3310 using Tapatalk
baik om ricz makasih atas masukannya
berarti kabar/informasi kalo innova bensin AT lemot memang benar ya, apakah pemasangan piggyback atau perbaikan exhaust juga tidak menolong perbaikan tingkat kelemotannya maupun borosnya innova bensin AT om?
mungkin ada rekan2 SM yang pengguna bensin At sudah modif exhaust atau pasang piggyback?
VanzMatic wrote:Biasanya sih, sedia dana cadangan 5-10juta untuk perbaikan ringan DILUAR biaya balik nama dllsb.. imho.. cmiiw..
jamesbono wrote: apakah pemasangan piggyback atau perbaikan exhaust juga tidak menolong perbaikan tingkat kelemotannya maupun borosnya innova bensin AT om?
Join KIOC aja um
Di sana bbrp user yg percobaan modif medium TR-FE, bahkan skg ada yg percobaan tandem 2 piggyback Q4 dan CamCon
Ada juga yg percobaan install electric fan - nya Camry hybrid lengkap dgn radiatornya Camry Hybrid..........
jamesbono wrote: apakah pemasangan piggyback atau perbaikan exhaust juga tidak menolong perbaikan tingkat kelemotannya maupun borosnya innova bensin AT om?
Join KIOC aja um
Di sana bbrp user yg percobaan modif medium TR-FE, bahkan skg ada yg percobaan tandem 2 piggyback Q4 dan CamCon
Ada juga yg percobaan install electric fan - nya Camry hybrid lengkap dgn radiatornya Camry Hybrid..........
Turboman wrote:Harga mobil seken di Jkt babak belur......wong mobil baru aja diskonnya gila2 an
Ya mungkin aja di sikon skg ini terjadi disparitas harga antara unit2 yg kondisi bagus VS unit yg kondisi rata2
Orang2 yg betul2 ngerawat mobilnya gak rela jual murah, yg mau beli tapi bener2 cari yg bagus juga kan gak gampang
CMIIW
Sori OT sebentar
Jadi inget sama temen istri ane yang bela2in beli mobil 2nd di Jakarta hanya karena harganya yang jauhhhhh lebih murah ketimbang di Malang (Jawa Timur). Selisihnya bisa sekitar 7-10 jutaan untuk merk, tipe, kondisi dan tahun yang sama. Bawa jalan dari Jakarta ke Malang kan paling cuman abis 1 juta aja (buat bensin + akomodasi). Sisanya bisa buat dandan
Btw kalo antar ipah dan C24, ane vote ipah aja deh
Lebih robust dan mudah perawatan plus aksesoris melimpah ruah
baik om, berarti ipah memang recommended dibanding C24 terutama terkait robust dan kemudahan perawatan
liep wrote:@om Mamang, sama2 di mlg nih om, hehe, biaya balik nama dll total kena brp om klo beli di jkt, dbalik ke plat malang? trims
btw utk dbawa pribadi sehari2 aen jg milih ipah diesel matic aj, lbih gampang ngrawat dan solar biasa msh ok
Mamang555 wrote:
Turboman wrote:Harga mobil seken di Jkt babak belur......wong mobil baru aja diskonnya gila2 an
Ya mungkin aja di sikon skg ini terjadi disparitas harga antara unit2 yg kondisi bagus VS unit yg kondisi rata2
Orang2 yg betul2 ngerawat mobilnya gak rela jual murah, yg mau beli tapi bener2 cari yg bagus juga kan gak gampang
CMIIW
Sori OT sebentar
Jadi inget sama temen istri ane yang bela2in beli mobil 2nd di Jakarta hanya karena harganya yang jauhhhhh lebih murah ketimbang di Malang (Jawa Timur). Selisihnya bisa sekitar 7-10 jutaan untuk merk, tipe, kondisi dan tahun yang sama. Bawa jalan dari Jakarta ke Malang kan paling cuman abis 1 juta aja (buat bensin + akomodasi). Sisanya bisa buat dandan
Btw kalo antar ipah dan C24, ane vote ipah aja deh
Lebih robust dan mudah perawatan plus aksesoris melimpah ruah
terkait cabut berkas , biaya balik nama, dll apa gak tambah ribet jika beli di jakarta untuk dibaliknama di jawa timur katakanlah malang atau surabaya?
berapa rupiah yang bisa disaving?
Kalau saya budget segitu ya jelas pilih serena karena lebih nyaman dan full fitur dibanding inova tapi kalo om jamesbono takut serena kurang reliable dan pengen lebih irit gimana kalo cari alternatif lain macem luxio, apv atau evalia saya rasa ketiga mobil tersebut masih lebih nyaman dibanding xenia Li 1000cc
v63000 wrote:Kalau saya budget segitu ya jelas pilih serena karena lebih nyaman dan full fitur dibanding inova tapi kalo om jamesbono takut serena kurang reliable dan pengen lebih irit gimana kalo cari alternatif lain macem luxio, apv atau evalia saya rasa ketiga mobil tersebut masih lebih nyaman dibanding xenia Li 1000cc
dari yang ane baca dan ane denger memang serena sepertinya lebih nyaman dari innova, tapi untuk prioritas ane tahan banting dan kemudahan sparepart sedikit ane utamakan dibanding kenyamanan (dalam hal innova vs serena C24)...
untuk luxio, apv atau evalia ane sudah pernah naik om, meskipun cuma sebagai penumpang dan ane kurang berminat
dengan budget 120-130 jt yang ane minati mungkin innova atau serena C24, tetapi setelah membaca masukan/saran dari sesepuh dan rekan2 SM sepertinya ane lebih condong ke ipah...
cuman saat ini masih galau saja apakah dana saya cukup untuk minang ipah dieset a/t atau cuma mampu ipah VVTI a/t
Turboman wrote:Serena pilihan shock aftermarket ada apa aja ya
Ipah banyak pilihan, sampe yg bisa disetel kayak HotBits DT-1
Saya doakan om jamesbono mudah mudahan dananya segera ngumpul oh ya saya lupa kalo sama ipah 2.7V gak tertarik ? jok 2nd rownya udah captain seat looh harganya juga murah