All about VOLVO
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
500+26
bill of lading ydk sebut brp 144 n brp 144s
maklum jaman dinosaur...mungkin bbrp nabi masih idup saat mobil mobil itu kluar entryport
sblmnya 21 july 1967 pangak qq mabak trima 20 units brandnew toyopet crown s40 (inspektur jenderal raden sutjipto joedodihardjo yg trima) sbg bagian dari war compensation package. dua units dari itu terpasang 2-speed toyoglide shift
dari japan keisatsu-cho (national police agency) tapi ini semua civilian (regular) version. sy tdk bahas grant package ostrali (1966 ford falcon xt) krn cuma 10 units n ini ttg volvo
bill of lading ydk sebut brp 144 n brp 144s
maklum jaman dinosaur...mungkin bbrp nabi masih idup saat mobil mobil itu kluar entryport
sblmnya 21 july 1967 pangak qq mabak trima 20 units brandnew toyopet crown s40 (inspektur jenderal raden sutjipto joedodihardjo yg trima) sbg bagian dari war compensation package. dua units dari itu terpasang 2-speed toyoglide shift
dari japan keisatsu-cho (national police agency) tapi ini semua civilian (regular) version. sy tdk bahas grant package ostrali (1966 ford falcon xt) krn cuma 10 units n ini ttg volvo
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
volvo 100 series baru 1,000 units saat 1972 mabak dapat tambahan 500 units dari IGGI - dutch sector semua nya LHD dan semua civilian version. indo govt bayar 40% dari package ini n sisa nya di tanggung IGGI. semua warnabputih n rooftop rotator pasang sendiri in-house (clarion), smith&wesson pa system dan motorolla multi way radio communicator
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
sptnya ada convention di indo
yg pensiun bole bawa pulang mobil ex dinas
jadi kalo dr thn segitu sdh ada 1,000 polisi pensiun hrs nya sdh habis ya
tapi mmg ada suku tertentu di indo yg bilang (bkn cuma satu dua) "kalo kiloan volvo sy mau"
iron ore ex kiruna sweden mmg fave european brands termasuk benz n bimmer tapi diantara customes lucssavaara-kirunavaara ab (swedish state run) leine&linde products, volvo ab meminta trim quality level tertinggi
di kantoor polisi dekat jembatan semanggi di dalam nya ada fuel station itu dulu nya scrapyard n pernah (1980-85) bgt byk 100series stacked up di situ termasuk bbrp puluh gmc customvan ex fbi crime prevention unit (us aid grant)
mungkin tgn tgn org indo bgt kuat sehingga sekuat apapun benda mati di buat, tetap akan mati cepat kalo operated di indo. smg sy salah
yg pensiun bole bawa pulang mobil ex dinas
jadi kalo dr thn segitu sdh ada 1,000 polisi pensiun hrs nya sdh habis ya
tapi mmg ada suku tertentu di indo yg bilang (bkn cuma satu dua) "kalo kiloan volvo sy mau"
iron ore ex kiruna sweden mmg fave european brands termasuk benz n bimmer tapi diantara customes lucssavaara-kirunavaara ab (swedish state run) leine&linde products, volvo ab meminta trim quality level tertinggi
di kantoor polisi dekat jembatan semanggi di dalam nya ada fuel station itu dulu nya scrapyard n pernah (1980-85) bgt byk 100series stacked up di situ termasuk bbrp puluh gmc customvan ex fbi crime prevention unit (us aid grant)
mungkin tgn tgn org indo bgt kuat sehingga sekuat apapun benda mati di buat, tetap akan mati cepat kalo operated di indo. smg sy salah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All about VOLVO
Yg paragraaf terakir, mau ngga mau (terpaksa) sy setuju om. Liat truk imporan seken dr jepang yg umuran 10taun kok msh mulus2, truk di indo masuk taun ke 2 uda mulai brantakan, taun ke 5 dan up udah ngga bs diliat lg.
Juga di alat2 berat.
Memang ada yg salah ama habit org indo dlm memperlakukan kendaraan/tools.
Org luar menganggap kendaraan kerja/tools sbg 'partner' pelengkap kerja. Org indo menganggap brg yg sama semata sbg alat.
Plus ini negara melarat, semua dihitung dr skala ekonomis dulu. Muat sebanyak2nya brg ke atas kendaraan (toh aturan di indo utk dilanggar dan bs membayar utk itu) demi ngirit operasional (yg tdk/lupa diitung adalah susut cepatnya nilai kendaraan akibat over-abused)
Oot, back to ovlov..
Juga di alat2 berat.
Memang ada yg salah ama habit org indo dlm memperlakukan kendaraan/tools.
Org luar menganggap kendaraan kerja/tools sbg 'partner' pelengkap kerja. Org indo menganggap brg yg sama semata sbg alat.
Plus ini negara melarat, semua dihitung dr skala ekonomis dulu. Muat sebanyak2nya brg ke atas kendaraan (toh aturan di indo utk dilanggar dan bs membayar utk itu) demi ngirit operasional (yg tdk/lupa diitung adalah susut cepatnya nilai kendaraan akibat over-abused)
Oot, back to ovlov..
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
diatas baru sy baca baca ada yg bicara vol264 dgn peugeot engine
mmg benar itu adalah prv 2,665 v6 ninety degree n/a engine
peugeot renault volvo (and maserati)
ada satu masa (1969-1982) sole agency 3 3 nya wajip berada di satu institution...globally
at least conditionalnnon exclusive dalam arti either px or commercial lineups di pegang satu tangan
untuk itu pt multi france motor didirikan (1970)
tar sy lanjutkan tapi mmg ini directly indirectly related to volvo
mmg benar itu adalah prv 2,665 v6 ninety degree n/a engine
peugeot renault volvo (and maserati)
ada satu masa (1969-1982) sole agency 3 3 nya wajip berada di satu institution...globally
at least conditionalnnon exclusive dalam arti either px or commercial lineups di pegang satu tangan
untuk itu pt multi france motor didirikan (1970)
tar sy lanjutkan tapi mmg ini directly indirectly related to volvo
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
sy baca dulu sumber nya (jgn bilang sy ahli sejarah automotive indo)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
ok satu sarat u polisen grant dari royal swedish adalah certified independent workshop (mgkn mrk fikir kalo in-house akan ada acara colong colong parts n parts pricing markup) thn 1968 berdiri cv multi motor lokasi nya sampai skrg masih ada original building persisi sebelah plaza dwima cuma di posah jalan cempaka putih raya n sama sama corner location
dagangan mrk pertama adalah 1968 renault 4L dan 4fourgonnette dan captive market mrk adalah total indonesie yg wkt itu baru berdiri. exclusive agency ini mrp takeover pertama di indo. sebelumnya renault distributorship under pt persero permorin. inherited from nv fuchs en rens
mrk yg pertama jalankan program flying mechanic n on site workshop krn lokasi mining total jauh n tdk terlihat mata (kalo jij berdiri di jkt manapun). thn yg sama mrk jualan volvo viking dgn fleet user (juga captive market) department pekerjaan umum dan tenaga listrik (150 units) dan (26 september 1968) pertamina (50 units)
itu utk jualan brandnew plus aftersales n ini multi (france) motor pre-astra acquisition full ownership (1981)
dagangan mrk pertama adalah 1968 renault 4L dan 4fourgonnette dan captive market mrk adalah total indonesie yg wkt itu baru berdiri. exclusive agency ini mrp takeover pertama di indo. sebelumnya renault distributorship under pt persero permorin. inherited from nv fuchs en rens
mrk yg pertama jalankan program flying mechanic n on site workshop krn lokasi mining total jauh n tdk terlihat mata (kalo jij berdiri di jkt manapun). thn yg sama mrk jualan volvo viking dgn fleet user (juga captive market) department pekerjaan umum dan tenaga listrik (150 units) dan (26 september 1968) pertamina (50 units)
itu utk jualan brandnew plus aftersales n ini multi (france) motor pre-astra acquisition full ownership (1981)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: All about VOLVO
ada tambahan dua fleet user lagi yaitu 1968, 1972 volvo 100 series dan
1972 daf66 marathon (datang nya satu shipment dgn 1972 volvo 100 importation stage2) yg juga IGGI partial grant (200 units semua untuk department PUTL dan unit penyuluh pertanian dept pertanian) n ini mungkin satu satu nya small sedan dgn variomatic trx. semua sdh lengkap dgn cabin ventilation van "philips" yg di kasih pricetag NLG 15 (maklum utang jadi semua hrs di hargai krn indo hrs bayar 40% nya dgn cicil 10thn)
thn 1970 mrk mulai jualan volvo 100 series retail dgn sales output (1970-1974.5) 50 units u privateers. carby, manual, tanpa AC tapi ada factory std heater. gratis service n parts dua thn pertama sejak beli brandnew. mgkn mrk yg pertama bgini
thn 1971 mrk jualan p.404 sedan dan break (estate) dgn fleet user pertamina (100 units) dan dowell-schulmberger (20 units)
thn 1974 mrk jualan r12TL sedan n estate dan 1981 mrk jualan 12TS meski itu sebenarnya GTS (agar tdk kena kenaikan klaas pajak satu level up krn GT_ naming title, meski mrk jual GTS emblem seharga rp.1,000 sbg option)
thn 1975 pas jakarta fair bln june mrk mulai dgn corporate title multi france motor n jualan p.304 dan lanjukan jual p.504 yg sdh dimulai sejak 1972. maksut nya agar retail sales juga jalan dan thn itu mrk stop jualan personvagnar (sedan, non commercial) krn central sole agency di tunjuk volvo ab u exclusive ckd production n maketing, sales indo (agar captive market public services indo bisa jalan terus)
thn 1982 under astra control mrk relocated ke jalan industri di gunung sahari sedangkan 1975 volvo under central sole agency sdh ckd di bekas GM facility ancol yg kmudian sempatbjafi indoswedish tempat pertama x nis terrano ckd (1995)
maaf out of topic n silakan balik volvo (story end)
1972 daf66 marathon (datang nya satu shipment dgn 1972 volvo 100 importation stage2) yg juga IGGI partial grant (200 units semua untuk department PUTL dan unit penyuluh pertanian dept pertanian) n ini mungkin satu satu nya small sedan dgn variomatic trx. semua sdh lengkap dgn cabin ventilation van "philips" yg di kasih pricetag NLG 15 (maklum utang jadi semua hrs di hargai krn indo hrs bayar 40% nya dgn cicil 10thn)
thn 1970 mrk mulai jualan volvo 100 series retail dgn sales output (1970-1974.5) 50 units u privateers. carby, manual, tanpa AC tapi ada factory std heater. gratis service n parts dua thn pertama sejak beli brandnew. mgkn mrk yg pertama bgini
thn 1971 mrk jualan p.404 sedan dan break (estate) dgn fleet user pertamina (100 units) dan dowell-schulmberger (20 units)
thn 1974 mrk jualan r12TL sedan n estate dan 1981 mrk jualan 12TS meski itu sebenarnya GTS (agar tdk kena kenaikan klaas pajak satu level up krn GT_ naming title, meski mrk jual GTS emblem seharga rp.1,000 sbg option)
thn 1975 pas jakarta fair bln june mrk mulai dgn corporate title multi france motor n jualan p.304 dan lanjukan jual p.504 yg sdh dimulai sejak 1972. maksut nya agar retail sales juga jalan dan thn itu mrk stop jualan personvagnar (sedan, non commercial) krn central sole agency di tunjuk volvo ab u exclusive ckd production n maketing, sales indo (agar captive market public services indo bisa jalan terus)
thn 1982 under astra control mrk relocated ke jalan industri di gunung sahari sedangkan 1975 volvo under central sole agency sdh ckd di bekas GM facility ancol yg kmudian sempatbjafi indoswedish tempat pertama x nis terrano ckd (1995)
maaf out of topic n silakan balik volvo (story end)
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: All about VOLVO
Pernah miara 960gl,... Dijokul krn abis merit butuh duid buat depe rmh 

FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: All about VOLVO
Kamus dan database om NR ini batasnya sampe mana? Kok byk tau ttg mobil dan history masing2....hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: All about VOLVO
bener2 outstanding om NR ini..liep wrote:Kamus dan database om NR ini batasnya sampe mana? Kok byk tau ttg mobil dan history masing2....hehe


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: All about VOLVO
Momod udah sepakat kok om NR, Anda memiliki imunitas tersendiri, Anda tidak bakal kena teguran OOT.. [emoji8]
Lasykar OOT aja ngga dapat imunitas itu.. [emoji81]
Lasykar OOT aja ngga dapat imunitas itu.. [emoji81]
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: All about VOLVO
setuju...VanzMatic wrote:Momod udah sepakat kok om NR, Anda memiliki imunitas tersendiri, Anda tidak bakal kena teguran OOT.. [emoji8]
Lasykar OOT aja ngga dapat imunitas itu.. [emoji81]

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All about VOLVO
ijk mau menyimak dulu penjelasan oom rubble sambil sruput koffie pait dan ngunyah poffertjes........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All about VOLVO
S90 SWB dan LWB (executive) salah 1 mobil ajaib. seperti testimoni dik amfibi yang saya bold, padahal itu mobil pake per daun untuk suspensi belakangnya. ya, per daun a.k.a leaf spring seperti mobil angkutan barang.amfibi wrote: Kesan2nya di S90... Mobil ini joknya bener2 kayak sofa italia, ditambah bantingan yang serasa kayak jalan diatas karpet... Super nyaman
Dulu sering dipake bandung-cirebon PP... Wuihh selama perjalanan nikmat banget, dibuai sama kenyamanannya... Serasa ga ada jalan jelek lagi di dunia
Cuma bensin agak boros aja sih 1:5-1:6 pertamax (wajar CC 3.0L)
Kalo V70... Selalu jadi attention seeker orang2 (iyalah, di Cirebon mungkin cuma ini 1-1nya V70 di jalan raya), udah kaca filmnya VKOOL bening lagi... Pas di lampu merah ngeri2 sendiri diliatin orang dr luar
Ini mobil bensinnya irit juga 1:9 pertamax dapet, plus raungan mesin 5 cylindernya kayak BMW M5 E60, V10 dibelah 2![]()
kalo bensin sampe 1:5 pasti ada yang ga bener, soalnya ada yang pake 960 (mesinnya sama dengan S90, 3000cc inline 6) bisa masuk 1:9 untuk dalkot.
kalo V70, nggak cuma di cirebon aja yang jadi pusat perhatian, di jakarta juga termasuk barang inceran.
orang sini taunya sedan itu ya merci. merci=sedan mewah, walaupun mungkin knalpotnya udah ngebul ngga karuan dan pinggang udah patah. tetep aja merci dan orang masih mangut-manggut.Nightster Guy wrote: .. ngga semua bs mencerna dan ngerti bahasa ovlov (boro2 suka), yg era 9xx or older. Kl tiger dan boxer kan bs dibilang semua suka, minoritas yg ga suka
S90 royal executive (LWB). ini kalo parkir di pasar burung pramuka diitung 2 mobil.amfibi wrote: BTW volvo terakhir yang dipake menteri tuh S90 apa udah sampe S80 ya?
@R2D2, tulisan yang putih.... boleh pinjem kaca pembesar?
nggak perlu ditanya, cukup dibaca dan dipahami aja.liep wrote: Kamus dan database om NR ini batasnya sampe mana? Kok byk tau ttg mobil dan history masing2....hehe
oom rubble patut dapet plaat CD xx 01.VanzMatic wrote: Momod udah sepakat kok om NR, Anda memiliki imunitas tersendiri, Anda tidak bakal kena teguran OOT..
Lasykar OOT aja ngga dapat imunitas itu..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: All about VOLVO
Yup, tapi konstruksi per daunnya unik, melintang gitu antara roda kiri-kananmarmut wrote:S90 SWB dan LWB (executive) salah 1 mobil ajaib. seperti testimoni dik amfibi yang saya bold, padahal itu mobil pake per daun untuk suspensi belakangnya. ya, per daun a.k.a leaf spring seperti mobil angkutan barang.amfibi wrote: Kesan2nya di S90... Mobil ini joknya bener2 kayak sofa italia, ditambah bantingan yang serasa kayak jalan diatas karpet... Super nyaman
Dulu sering dipake bandung-cirebon PP... Wuihh selama perjalanan nikmat banget, dibuai sama kenyamanannya... Serasa ga ada jalan jelek lagi di dunia
Cuma bensin agak boros aja sih 1:5-1:6 pertamax (wajar CC 3.0L)
Kalo V70... Selalu jadi attention seeker orang2 (iyalah, di Cirebon mungkin cuma ini 1-1nya V70 di jalan raya), udah kaca filmnya VKOOL bening lagi... Pas di lampu merah ngeri2 sendiri diliatin orang dr luar
Ini mobil bensinnya irit juga 1:9 pertamax dapet, plus raungan mesin 5 cylindernya kayak BMW M5 E60, V10 dibelah 2![]()
kalo bensin sampe 1:5 pasti ada yang ga bener, soalnya ada yang pake 960 (mesinnya sama dengan S90, 3000cc inline 6) bisa masuk 1:9 untuk dalkot.
kalo V70, nggak cuma di cirebon aja yang jadi pusat perhatian, di jakarta juga termasuk barang inceran.

Bensin sih belom pernah denger ada yg bisa dalkot 1:9... Dan rasanya gak logic ya 3.0L bisa 1:9 utk dalkot (kecuali toll ato dalkotnya bisa cruising)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
V70 di Jakarta surprisingly sering banget liat, tiap minggu pasti ada yg nongol

Yang jarang banget tuh 945 & 745 wagon kalo di ane...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All about VOLVO
ya betul, melintang dari kiri ke kanan. persis seperti kijang doyok di suspensi depan, dan serena di suspensi belakang dan beberapa mobil amerika.
945 sama 745 di seputaran BSD jadi tambah banyak....
secara logika memang ngga mungkin ya mesin 3 liter bensinnya 1:9 buat dalkot, itu pun saya denger dari temen di milis volvo. masalah bener apa enggak ya entahlah. bisa dapet 1:7 aja udah bagus.
945 sama 745 di seputaran BSD jadi tambah banyak....
secara logika memang ngga mungkin ya mesin 3 liter bensinnya 1:9 buat dalkot, itu pun saya denger dari temen di milis volvo. masalah bener apa enggak ya entahlah. bisa dapet 1:7 aja udah bagus.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: All about VOLVO
Per daun S90 nggak bisa disamakan dgn per daun = per pikul kend niaga
S90 punya pake 1 bilah dan melintang dari kanan ke kiri.....koefisien kekerasan per-nya juga pasti beda dgn per pikul

Dulu banget pernah TD S90 bantingannya comfort utk Normal driving, tapi gak tahu kalo dibawa manuver bagaimana
Eniwei, S90 maticnya pake AW 340 juga kalo gak salah.......means bisa dikasih Trans Go juga mestinya

S90 punya pake 1 bilah dan melintang dari kanan ke kiri.....koefisien kekerasan per-nya juga pasti beda dgn per pikul

Dulu banget pernah TD S90 bantingannya comfort utk Normal driving, tapi gak tahu kalo dibawa manuver bagaimana
Eniwei, S90 maticnya pake AW 340 juga kalo gak salah.......means bisa dikasih Trans Go juga mestinya

* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: All about VOLVO
Kalo ngeliat sejarah dan prestasi si Volvo cars, kembali spt yg dikatakan Mas Yodhia di blog-nya, bahwa napas suatu persh sgt dipengaruhi oleh Leader yg punya visi serta team management yg solid & bervisi
Sewaktu Volvo masih dipegang oleh Volvo AB produk2-nya melegenda
Setelah Volvo cars dijual ke Ford.......nasibnya gak jadi lebih baik, malah makin menurun
Skg Volvo cars menjadi milik Geely - Cungkuo....spt-nya Geely lebih serius mengembangkan Volvo ketimbang Ford dulu ?
CMIIW
Sewaktu Volvo masih dipegang oleh Volvo AB produk2-nya melegenda
Setelah Volvo cars dijual ke Ford.......nasibnya gak jadi lebih baik, malah makin menurun
Skg Volvo cars menjadi milik Geely - Cungkuo....spt-nya Geely lebih serius mengembangkan Volvo ketimbang Ford dulu ?
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All about VOLVO
reliable atau enggak, semua tergantung pemilik mau ngerawat dengan semustinya apa enggak. sekarang mau bicara mobil merk apapun dan buatan manapun dengan harga berapapun kalo dipakai tidak semestinya dan nggak dirawat dengan bener ya hancur semua mrotoli dalam tempo singkat....axala wrote:Menurut beberapa hikayah volvo memang reliable tapi ini gadiketahui masyarakat
ada cerita volvo S80 2.4 N/A selalu diisi premium dari jakarta jogja no problem...berikut dengan cerita2 900series yang sangat kuat dan banyak part gasusah
sama cerita om marmut dengan 740nya yg rasa2nya galebih dr jepang kereliableannya n part2nya
urusan spare part sampai saat ini saya belum nemuin kendala yang berarti. kalaupun ada yang out of stock atau memang nggak ada lagi barangnya, bisa cari di kampakan dengan kondisi masih layak pakai. perkara harga, wajar lah ada yang murah dan mahal, sama persis kok kaya mobil merk lain. nggak mungkin kan mobil merk tertentu spare partnya murah semua atau mahal semua tanpa kecuali? pasti ada satu bagian yang memang mahal plus susah dicari.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All about VOLVO
Turboman wrote:Per daun S90 nggak bisa disamakan dgn per daun = per pikul kend niaga
S90 punya pake 1 bilah dan melintang dari kanan ke kiri.....koefisien kekerasan per-nya juga pasti beda dgn per pikul
Dulu banget pernah TD S90 bantingannya comfort utk Normal driving, tapi gak tahu kalo dibawa manuver bagaimana
Eniwei, S90 maticnya pake AW 340 juga kalo gak salah.......means bisa dikasih Trans Go juga mestinya
hehehe, lain bahan dan lain spring rate-nya. udah pasti. untuk manuver ngga ada yang ngalahin 740. 940 dengan sistem suspensi yang sama pun ngga enak buat manuver.
940, 960 dan S90 (apalagi yang LWB royal executive) cuma enak buat duduk dan jalan lurus plus gaya.
transmisi ada yang pake AW, tipenya saya nggak inget. yang banyak pake justru seri-seri terakhir. yang pake ZF udah ngga ada lagi kayanya, mungkin karena penghematan biaya produksi. apalagi M46 di 740, itu sama persis dengan yang dipakai bentley tahun 80an, masuk gigi 5 tinggal pencet tombol kecil tanpa perlu injek pedal kopling. sayang M46 gear ratio-nya rada bego mirip peugeot 505, gigi 1 ke 2 perbandingannya jauh banget.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: All about VOLVO
Kalo misal S90 partsnya mudah didapat dan harga bersahabat, sebetulnya menarik utk dipungut dan dibangun ulang
Utk kenyaman si S90 bener2 nyamannnnn beneerrrrrrr.........buat jalan lurus sih nyamannya boleh diadu ama Lexus LS 400 gen.1 (ane pernah naek jadi penumpang di LS 400)
ane TD S90 VS S80.....dan ane kasih skor lebih tinggi utk S90.......si S80 setirnya enteng kayak mobil mainan (now like EPS steering cars)......dan S90 masih RWD
bener tu om marmut si S90 maticnya pake AW 340........ini mah wuenakkk pisannn.......spare parts AW 340 melimpah......repair kit dll sampe TransGo
cat ulang S90 seluruh body, mungkin abisnya sekitar 25 - 30 jt di bkl cat yg bagus, keluarnya kayak mobil baru gress
Cuman utk mobil tuwe begini ya wiring harness udah pasti mesti ganti total, trus parts interiornya masih gampang gak ya ? semisal karpet orisinil, jok orisinil / trim2 dll
Utk kenyaman si S90 bener2 nyamannnnn beneerrrrrrr.........buat jalan lurus sih nyamannya boleh diadu ama Lexus LS 400 gen.1 (ane pernah naek jadi penumpang di LS 400)
ane TD S90 VS S80.....dan ane kasih skor lebih tinggi utk S90.......si S80 setirnya enteng kayak mobil mainan (now like EPS steering cars)......dan S90 masih RWD
bener tu om marmut si S90 maticnya pake AW 340........ini mah wuenakkk pisannn.......spare parts AW 340 melimpah......repair kit dll sampe TransGo
cat ulang S90 seluruh body, mungkin abisnya sekitar 25 - 30 jt di bkl cat yg bagus, keluarnya kayak mobil baru gress
Cuman utk mobil tuwe begini ya wiring harness udah pasti mesti ganti total, trus parts interiornya masih gampang gak ya ? semisal karpet orisinil, jok orisinil / trim2 dll
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: All about VOLVO
Oom marmut & turbo.....
Dulu indomobil pernah jualan 960 limousine.....
Itu limo asli atau bikinan karoseri y?
Mesinnya pake yg 3000cc y?
Dulu indomobil pernah jualan 960 limousine.....
Itu limo asli atau bikinan karoseri y?
Mesinnya pake yg 3000cc y?