Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Selamat malam SM'ers. perkenankan newbie buka trit dimari,
mohon sarannya saya berencana membeli mobil tipe hatchback, saya butuh mobil karena sudah berkeluarga & istri lg hamil muda.......
kriterianya :
1. mobil akan sering dipakai (sehari hari)
2. rute pegunungan, jalan sempit naik turun belok belok (ane tinggal di kaki gunung ungaran)
3. konsumsi BBM i dont care...mau boros/irit BBM subsidi/non subsidi
4. empuk buat istri yg lg hamil muda
yang udah jd incaran saat ini (budget max 230 jt & harus transmisi AT):
- ford fiesta trend 1.5
- new jazz gk 5 tipe tipe ter-rendah
- mohon saran merek/tipe lain donk
mohon masukannya buat saya yang masih awam di dunia otomotif,
Kalau point 4 (empuk), kepikirannya ke varian livina tapi rada bertentangan dengan point 2.
Imo, antara jazz & fiesta dengan pertimbangan sbntr lagi ada momongan, lebih cenderung ke jazz (akomodasinya lebih baik).
*siggy-nya menarik jg
Last edited by QnetiC on Fri Nov 07, 2014 17:05, edited 1 time in total.
QnetiC wrote:Kalau point 4 (empuk), kepikirannya ke varian livina tapi rada bertentangan dengan point 2.
Imo, antara jazz & fiesta dengan pertimbangan sbntr lagi ada momongan, lebih cenderung ke jazz (akomodasinya lebih baik).
itu jg yg bikin bigung, & jadi pertimbangan om,, udah TD dua dua nya... bokong ane sih merasa sama aja empuknya biasa naek truck engkel
istri ane jawabnya... terserah...
Sebelum membantu memilihkan mobil yg tepat,pertanyaan awal saya adalah kenapa harus hatchback?
Klo ngelihat background nya jalanan pegunungan,istri hamil dan budget yg tersedia sih rentang pilihannya sangat lebar.
Apakah hatchback 'nyaman' utk orang hamil?Atau pemilihan tipe hatch back nya semata2 krn kondisi jalanan?
Pengalaman saya kemaren naik turun jalanan gunung yg dr arah karanganyar(Solo) melewati telaga sarangan ke arah Madiun dan sebaliknya PP pake Ecosport sangat enak buat naik turun dan jalanan aspal mulus yg meliuk2...cukup pake mode Triptonic(mode matic sport dg pilihan gear secara manual)
Dijalanan nan sempit dan nanjak dr karanganyar itu masih bisa lari 80kpj dg mode S di gigi 4-5...
Saya menyarankan ford ecosport krn di list anda ada ford fiesta trend 1.5
Dg budget yg anda punya,anda bisa langsung ngebungkus ecosport tipe trend matic seharga rp.225.900.000
atau mau nambahin sedikit lg utk tipe Titanium Rp.249jt lengkap dg sunroof,leatherseat,auto light,auto wiper dll cek sendiri: http://otomotif.liputan6.com/read/20728 ... a-per-juli http://www.ford.co.id/en/buying/price-list
edward wrote:Sepertinya TS lg ngubek2 info ttg ecopot nih....
Ane posting selang satu menit dr post reply nya dan blm ada balasan...
kalo itu, saya juga sangat minat ecosportnya, btw........
sebenernya gini om, itu mobil2 hatchback jg ga sesuai dengan topografi tempat tinggal saya...
bwt isri minta itu..om (jenis hatchback) - (ngidam mungkin)
Gampang banget,bilangin ke istri,ini juga jenis hatchback yg di tinggiin doang...hahahaha
Basis nya sih ini Ford Fiesta,sama persis kok liat aja interiornya.
Meskipun ecopot ini berjenis kelamin SUV tapi dia sebenarnya kombnasi antara sedan dan SUV.
Posisi duduk spt sedan,setir enteng(sangat enteng malahan)smp2 kalo parkir saya cukup pake satu tangan saja buat muter setirnya-tangan satunya megangin tuas transmisi.Persis sedan tapi punya bonus GC tinggi gak mentok di jalan rusak,GC 20cm dan siap melahap banir hingga 50cm!
Lalu klo dibilang SUV biasanya tinggi,dan nenek2 pasti takut naik krn pasti susah untuk naik ke mobil?
Di eco lagi2 hal ini tidak terjadi,saya dan istri biasa 'ngesot' aja dr posisi duduk keluar pas mau keluar dr mobil-dan kaki langsung napak di tanah...dan ga perlu pegangan di hand rail di pilar mobil(krn memang di eco ga ada hand rail nya hehehe) begitu juga sebaliknya kalo mau masuk dan duduk pas aja...
Paling enak ya liat sendiri dan test drive sih utk membuktikan.
Yg penting anda catat apa yg saya tulis di atas,si eco ini adalah mobil kombinasi yg lucu antara sedan dan SUV
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
Dulu keluarga sering bgt wara wiri pake GE8 di kaki gunung Ciremai, enak2 aja sih mentok jg ga pernah, malah buat meliuk2 lincah bener
Tapi rasanya kalo buat bumil, bantingan jazz (all gen) terlalu keras deh, buat ane aja udh keras bgt... Ada jalan jelek dikiiiit aja langsung terkocok2
Yah cuma sang nyonya ngidamnya hatchback, wajib diturutin itu mah
Ane rasa Fiesta Trend 1.5 udah cocok banget... Duduk di depan enak, kualitas bagus, kabin kedap, bantingan mantab khas eropah, dan bawanya stabil bener
considering bini lagi hamil, ngga da yang lebih bagus dari Jazz GK....
why? simpel, akomodasi. nanti kalo punya anak jelas kebutuhan akan fleksibilitas ruang di dalem mobil sangat dibutuhkan. dan Jazz GK menang di satu poin yang cukup krusial dibanding Fiesta : Ultra Seat.
bantingan New Jazz cukup enak kok oom. cukup forgiving di jalan bergelombang dan lebih empuk dibanding New Fiesta. saya kebetulan ex user Jazz GE dan pernah coba both GK dan Fiesta.
saran lain : Mobilio RS CVT/Ertiga GX AT. Sekali lagi karena bini lagi hamil muda.... jadi ane kasih pertimbangan untuk ambil MPV saja. Kalo masih tetep mau hatch, cuma Jazz yang punya akses kabin dan fleksibilitas ala MPV.
vote fiesta ecoboost.... naik 20-30jtan dri budget tp dpt torsi 170nm dari rev 1400 -4500 enak banget bwat nanjak2 naik turun gunung ga perlu teriak ke 4500rpm yang biasanya jadi torsi puncak hb 1.5ltr.. itu pun masih sekitar 140-150nm an.
blm lg soal FC ya.. 1.0 3cyld gtu wkwk
uda pernah nyupir fiesta ecoboost dan ecosport 1.5ltr jauh bngt beda rev bawah tengahnya. jika ada ecosport ecoboost mantap...
klw uda bicara akomondasi ya GK memang pling luas, CVT juga enak bwat nanjak2. atau LMPV aja kya mobilio. meski kurang fun klw bukan GK RS yg ada geared manual.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
Dari tadi kok ndak ada yg menyarankan Yaris sih?
Paling cocok itu mah kalo nyari empuknya buat bumil.
Saya punya sodara kaya raya, beli mobil apa juga dia mampu (pas masih bujang pernah miara BMW X5, Vellfire, Camry 3.5Q), waktu istrinya hamil pertama, beli Yaris dia
artoodetoo wrote:Dari tadi kok ndak ada yg menyarankan Yaris sih?
Paling cocok itu mah kalo nyari empuknya buat bumil.
Saya punya sodara kaya raya, beli mobil apa juga dia mampu (pas masih bujang pernah miara BMW X5, Vellfire, Camry 3.5Q), waktu istrinya hamil pertama, beli Yaris dia
Oh iyaa bener nih, yaris bulet itu bantingannya surprisingly enak lho buat pantat ane
Yang baru harusnya lumayan empuk juga ya...
Bawanya juga simple enak lincah & tenaga ngisi di putaran bawah
Oh ya, Yaris yg baru ini juga luas belakangnya. Gak kalah sama Jazz (malah bisa jadi lebih luas).
Jadi gak usah khawatir soal penyimpanan barang2 si bayi kelak.
billyd1773dz wrote:vote fiesta ecoboost.... naik 20-30jtan dri budget tp dpt torsi 170nm dari rev 1400 -4500 enak banget bwat nanjak2 naik turun gunung ga perlu teriak ke 4500rpm yang biasanya jadi torsi puncak hb 1.5ltr.. itu pun masih sekitar 140-150nm an.
blm lg soal FC ya.. 1.0 3cyld gtu wkwk
uda pernah nyupir fiesta ecoboost dan ecosport 1.5ltr jauh bngt beda rev bawah tengahnya. jika ada ecosport ecoboost mantap...
klw uda bicara akomondasi ya GK memang pling luas, CVT juga enak bwat nanjak2. atau LMPV aja kya mobilio. meski kurang fun klw bukan GK RS yg ada geared manual.
ho oh... fiesta kalo ngga ecoboobs sih jangan deh terlalu pelan....
GK yang CVT untungnya ada stepped bro hehe dikasi paddle. GK itu akomodasinya dewa, luas kaya MPV, fleksibilitas ruangnya luar biasa. that's why ane sangat menyarankan kalo memang bini lagi hamil di luar itu, mending beli MPV macem Ertiga GX atau Mobilio RS
billyd1773dz wrote:vote fiesta ecoboost.... naik 20-30jtan dri budget tp dpt torsi 170nm dari rev 1400 -4500 enak banget bwat nanjak2 naik turun gunung ga perlu teriak ke 4500rpm yang biasanya jadi torsi puncak hb 1.5ltr.. itu pun masih sekitar 140-150nm an.
blm lg soal FC ya.. 1.0 3cyld gtu wkwk
uda pernah nyupir fiesta ecoboost dan ecosport 1.5ltr jauh bngt beda rev bawah tengahnya. jika ada ecosport ecoboost mantap...
klw uda bicara akomondasi ya GK memang pling luas, CVT juga enak bwat nanjak2. atau LMPV aja kya mobilio. meski kurang fun klw bukan GK RS yg ada geared manual.
ho oh... fiesta kalo ngga ecoboobs sih jangan deh terlalu pelan....
GK yang CVT untungnya ada stepped bro hehe dikasi paddle. GK itu akomodasinya dewa, luas kaya MPV, fleksibilitas ruangnya luar biasa. that's why ane sangat menyarankan kalo memang bini lagi hamil di luar itu, mending beli MPV macem Ertiga GX atau Mobilio RS
Gk non RS ada paddlepopnya ya? Wkwk.... Ecobobs feel at home on hilly rural road.. Rentang torsiny jd lebih luas dri diesel sekalipun... Cuma memang sempit kabinya. Klw as a driver sih ecoboobs, klw uda mikir akomondasi ya GK
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya! Billyd1773dz
yup yaris sebelom ini (yaris bakpao) empuk bro, gak sekeras jazz. tapi denger denger yaris yang baru jadi keras, belom pernah nyoba sih aku mending td dulu sih paling bener, serahkan semua sama nyonya kalo begini situasinya
billyd1773dz wrote:
Gk non RS ada paddlepopnya ya? Wkwk.... Ecobobs feel at home on hilly rural road.. Rentang torsiny jd lebih luas dri diesel sekalipun... Cuma memang sempit kabinya. Klw as a driver sih ecoboobs, klw uda mikir akomondasi ya GK
owh non RS gw sala baca kalo non RS kaga ada bro. cuma ya krn CVT jadi cocok lah buat daerah pegunungan. masalahnya no paddlepop ya boring pasti ngeliat jarum manteng dan suaranya nyebelin lama-lama
ho oh.... ecoboobs powerband nya sangat luas. beneran asik itu. GK lebih ke smooth. ya itu minusnya M2/Fiesta bro, kabinnya beneran sempit. bener bener driver oriented
*tetep lebih nyaranin MPV daripada hatch karena bini lagi hamil.... mobilio RS CVT atau Ertiga GX AT
Kalo pendapat ane, dari yg paling recommended :
1. ford fiesta eb (jangan yg 1.5, karena mesin 1.5 over-bore yg tenaga baru muncul di rpm atas, bawa bumil masa mau maen rpm atas trus. Sama kasusnya dengan ecosport, kecuali istri anda suka denger mesin meraung di rpm atas)
+ torsi gede di rpm rendah, ground clearance tinggi, suspensi empuk (ane ngerasa lebih empuk daripada yaris bakpao trd maupun yaris baru), handling superb
- baris 2+bagasi sempit, model (subyektif, kalo ane si ga suka liat muka depannya)
2. jazz gk
+ cvt sport mode tanpa mainin tiptronic manteng di 4000 rpm, enak buat nanjak (cuma pernah coba yg rs, ga tau kalo tipe terendah ada sport mode atau ga), perasaan ane bantingan jazz gk sedikit lebih nyaman dari yaris bakpao (mungkin cuma perasaan, karena biasa nyetir yaris di sby yg jalanan ancur, pas td jazz di solo yg jalanan semulus paha nonik), baris 2 luas+ultra seat
- bahan interior, bahan jok, body kaleng
3. yaris bakpao (buat nanjak ane lebih prefer old yaris, karakter mesin galak di bawah)
+ tenaga di rpm bawah, mesin tahan banting
- road noise terasa, suspensi keras, transmisi+mesin ketinggalan 10 taon, gampang ngelitik (sering nyetir yaris a/t trd 2013, isi premium, ngelitiknya ampun2an. Naik taksi vios limo juga ga pernah ngerasain yg ga ngelitik), ground clearance rendah (spoiler sering gasruk)
4. all new yaris
+ mesin jadul tahan banting, baris 2 luas, bahan interior lebih baik dari jazz, eksterior eye-catching
- mesin diperhalus sehingga keunggulan galak dibawah hilang, suspensi+stabilitas ga lebih baik dari yaris bakpao, sisanya sama dengan old yaris
Jadi menurut saya, kalo pengen performa baik : fiesta eb, minus akomodasi
Performa cukup baik, akomodasi maksimal : jazz, minus kualitas bahan interior dan eksterior
Sorry, cuma pendapat sotoy newbie yg kebetulan sering bersinggungan dengan 4 hb tersebut,+adek ane pengguna ecosport
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun