Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

PK-GWA
737-3Q8
16 jan 02
AR and HG (cp. crews)

case filed, PRS, cook county circuit court, dec 2003
case consolidated, feb 2005, northern illinois district court
case settled, aug 2005
(lie et.al versus boeing et.al)

case settlement, itu yg paling menarik u sy. great brain game for best brainware only
yg diatas cuma satu example, yg lain bgt byk
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

GA421..

yang saya ingat malam itu ayah saya terima telpon "ada 737 yang ditching di Bengawan Solo, PIC nya Capt AR"..saya masih ingat sampai hari ini beliau cukup kaget mendengar kabar itu..saya salut dengan kedua awak kokpit "Whiskey Alpha"..

ini ada link nya di youtube penuturan Capt AR di acara Kick Andy
https://www.youtube.com/watch?v=NwV7cY8uSCk part 1
https://www.youtube.com/watch?v=jczHc5V9FSc part 2 -end-
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

haristk7 wrote:ATR gw juga liat cuma 1 kayaknya..

kalo Boeing 737 itu ada yang iya, ada yang nggak...tergantung Airlines pas mesen minta apa nggak..Boeing 747 dan 777 sih ada, yang kanan jarang digunain..pernah liat sih QF 747 abis landing roll, vacated runway, yang muterin nosewheel si FO nya..

most company punya SOP yang "have control" buat ground movement itu yang duduk di kiri..
ooh gt ya soalnya emg biasanya kalo lihat temen2 yang pada naruh kamera di kokpit during taxi-takeoff selalu yang duduk di kiri entah itu muter tiller dsb.. Brt ground movement selalu yg di left side ya?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

anak nya AR skrg ada dlm cp. narrowbody

occurrence ini yg bikin HG sbg FO sampai habis career. meski sdh pindah kmn pun
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by A7Corsair »

newrubble wrote:anak nya AR skrg ada dlm cp. narrowbody

occurrence ini yg bikin HG sbg FO sampai habis career. meski sdh pindah kmn pun
Oom Rubble + oom haristk ... bisa lebih spesifik gak penyebabnya apa ?
Kalo mbaca sekilas di atas ... human error kah ?
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

sy tdk bole kasih tau krn ini confidential settlement

thn 2035 baru bisa public disclosure. yg jelas ini design fault. apa nya. ? sy dilarang jelaskan
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Yang saya tahu..

Dual (All) Engine Flameout, mesin kaput total setelah "minum" terlalu banyak air + batu es (hail), melebihi batas kemampuan mesin..mesin nggak bisa direstart juga karena pesawat masih memasuki area heavy turbulence..Aircraft Operation Manual Boeing 737 Classic menyebutkan bahwa untuk engine restart pas lagi terbang, dikasih selisih waktu 3 menit dalam kondisi moderate/heavy rain..sedangkan crew hanya memberi waktu 1 menit (dari situasinya saya agak paham kenapa hanya 1 menit). Kondisi ruang bakar mesin juga suhunya tidak mumpuni untuk menyalakan kedua mesin..

pada saat mencoba engine restart, APU yang menyuplai tenaga listrik juga ikutan kaput, batere yang nyimpan tenaganya...tenaganya kurang, setahu saya ada kesalahan/kekurangan dalam maintanance di battery nya..

lebih jelasnya bisa dibaca disini.. http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_aviat ... 20Solo.pdf
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by A7Corsair »

newrubble wrote:sy tdk bole kasih tau krn ini confidential settlement

thn 2035 baru bisa public disclosure. yg jelas ini design fault. apa nya. ? sy dilarang jelaskan
Waduh ... padahal saya udah 'kemal' banget niy ...
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

engine begini kalau tidak ambil tenaga dari ground power gmn cara nyalain mesin nya ya? Kalau lagi di darat kalau gak salah sebelum nyalain mesin kan ambil dari gpu sebagai "starter"..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Nyalain mesin pesawat itu "mainin" sistem Pneumatik aja..

kalo yang saya paham sih di Boeing 767, Duct Pressure itu harus di angka 20-25 (kalo gak salah 23) PSI deh buat engine start..
Image

sistem ini buat suplai udara ke mesin dan kabin pesawat, kalolagi di udara, buat nyalain mesin dengan terpaksa flow udara yang masuk ke kabin harus di stop dulu dan dialihkan ke mesin untuk bantu engine combustion..begitu dinyalakan baru deh udara bisa dimasukkan ke kabin..

kalo buat 737 sih ada disini http://www.b737.org.uk/pneumatics.htm
The pneumatic system can be supplied by engines, APU or a ground source. The manifold is normally split by the isolation valve. With the isolation valve switch in AUTO, the isolation valve will only open when an engine bleed air or pack switch is selected OFF.

Air for engine starting, air conditioning packs, wing anti-ice and the hydraulic reservoirs comes from their respective ducts. Air for pressurisation of the water tank and the aspirated TAT probe come from the left pneumatic duct. External air for engine starting feeds into the right pneumatic duct. Ground conditioned air feeds directly into the mix manifold.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

*menyimak..menyimak*

Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by A7Corsair »

haristk7 wrote:Yang saya tahu..

Dual (All) Engine Flameout, mesin kaput total setelah "minum" terlalu banyak air + batu es (hail), melebihi batas kemampuan mesin..mesin nggak bisa direstart juga karena pesawat masih memasuki area heavy turbulence..Aircraft Operation Manual Boeing 737 Classic menyebutkan bahwa untuk engine restart pas lagi terbang, dikasih selisih waktu 3 menit dalam kondisi moderate/heavy rain..sedangkan crew hanya memberi waktu 1 menit (dari situasinya saya agak paham kenapa hanya 1 menit). Kondisi ruang bakar mesin juga suhunya tidak mumpuni untuk menyalakan kedua mesin..

pada saat mencoba engine restart, APU yang menyuplai tenaga listrik juga ikutan kaput, batere yang nyimpan tenaganya...tenaganya kurang, setahu saya ada kesalahan/kekurangan dalam maintanance di battery nya..

lebih jelasnya bisa dibaca disini.. http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_aviat ... 20Solo.pdf
Noted ... teng kyu ...
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

haristk7 wrote:Nyalain mesin pesawat itu "mainin" sistem Pneumatik aja..

kalo yang saya paham sih di Boeing 767, Duct Pressure itu harus di angka 20-25 (kalo gak salah 23) PSI deh buat engine start..
Image

sistem ini buat suplai udara ke mesin dan kabin pesawat, kalolagi di udara, buat nyalain mesin dengan terpaksa flow udara yang masuk ke kabin harus di stop dulu dan dialihkan ke mesin untuk bantu engine combustion..begitu dinyalakan baru deh udara bisa dimasukkan ke kabin..

kalo buat 737 sih ada disini http://www.b737.org.uk/pneumatics.htm
The pneumatic system can be supplied by engines, APU or a ground source. The manifold is normally split by the isolation valve. With the isolation valve switch in AUTO, the isolation valve will only open when an engine bleed air or pack switch is selected OFF.

Air for engine starting, air conditioning packs, wing anti-ice and the hydraulic reservoirs comes from their respective ducts. Air for pressurisation of the water tank and the aspirated TAT probe come from the left pneumatic duct. External air for engine starting feeds into the right pneumatic duct. Ground conditioned air feeds directly into the mix manifold.
Kalau gak salah sih APU dulu baru ke Duct Preassure..
Btw kalo gak salah sebelum nyalain mesin no 1, FO biasanya matiin AC supaya suplai udara untuk ground start lebih maksimal, benarkah?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Kalau gak salah sih APU dulu baru ke Duct Preassure..
Btw kalo gak salah sebelum nyalain mesin no 1, FO biasanya matiin AC supaya suplai udara untuk ground start lebih maksimal, benarkah?
iyaa harus nyalain battery ama APU juga, baru abis itu mainin duct pressure..kalo APU nya rusak ? colok pake GPU dan request engine start di gate...1 mesin aja cukup..

ho oh, sebelum engine start, "katup" udara buat ke kabin yang nyembur dari AC ditutup dulu..biar seluruh udara yang mau diisep si mesin lari ke mesin semua untuk membantu pembakaran awal..baru begitu engine start 1 aja, nah itu udah bisa dibuka "katup" nya yang ke kabin..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Nyalain mesin pesawat itu cukup rumit ya..
Battery harus minim brp Volt, sambung APU, duct preassure, buka katup untuk fuel. Matikan AC, ground start tunggu sekian persen rpm baru kasih fuel, pindah ke continues ignition.. Kalau pesawat kecil mungkin gak serumit pesawat besar ya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Nyalain mesin pesawat itu cukup rumit ya..
Battery harus minim brp Volt, sambung APU, duct preassure, buka katup untuk fuel. Matikan AC, ground start tunggu sekian persen rpm baru kasih fuel, pindah ke continues ignition.. Kalau pesawat kecil mungkin gak serumit pesawat besar ya..
rumit atau nggak nya mungkin tergantung sudut pandang kali ya,hehehhe...kebetulan udah pernah ngeliat proses engine start pas di kokpit asli dan di simulator "Level-D Boeing 767" yang sistemnya dibuat 99% mirip ama aslinya..nggak complicated, buat gw sendiri prosesnya menyenangkan untuk mengatur segala jenis tombol dan sistem..apalagi kalo sudah mendengar mesin mulai hidup, gembira rasanya..

_____________________________________________________________________________________________________

Image

akhir2 ini saya lagi demen kitiran, ngeliat ATR ini (yang mungkin banyak orang gak tau Merpati pernah pake ini)..jadi kangen Merpati juga..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Sebetulnya menyenangkan, apalagi overhead check, seru cuma kalau belum terbiasa bakal rumit..

Kalau kata saudara nya alias si Garuda ada di depan nya Merpati pasti berkata, so long brother~~
Oh ya, Merpati punya ATR toh, kirain cuma MA60 aja.. Saya sendiri kangen merpati, dulu ke timur adanya cuma Merpati, Garuda sendiri belum buka jalur penerbangan ke Kupang saat itu, kalau ke barat ya Garuda, Star Air atau Pelita Air Service.. Skrg di bandara pesawat isinya 737-900ER nya Lion Air, bosen liat nya --"
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

Bicara atr sy malah ingat tiga perkara

BAe atp (sampah terbang yg kapapun bisa brubah jadi peti mati)
Pk-mtx
Genduk sri rudati, client sy yg paling pertama

FA dlm most critical situation mmg seharusnya bertindak spt dia (april 1997, flight 106) bukan spt para FA flight 865 pk-gie @ fukuoka yang (dalam video) saling selamatkanndiri, nangis nangis berpelukan sementara surviving px struggling very hard to escape (june 1996). inilah contoh buruk service quality n aircraft maintenance in economic turmoil. aging part life extension with fatal end (disregard manufacturer part replacement notice after 6,000 cycle use). inilah case termudah yg pernah sy handle. Flight ban terlama dlm japs aviation history
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Oh ya, Merpati punya ATR toh, kirain cuma MA60 aja.. Saya sendiri kangen merpati, dulu ke timur adanya cuma Merpati, Garuda sendiri belum buka jalur penerbangan ke Kupang saat itu, kalau ke barat ya Garuda, Star Air atau Pelita Air Service.. Skrg di bandara pesawat isinya 737-900ER nya Lion Air, bosen liat nya --"
hahaha Lion everywhere..belom anaknya Wings Air..dan sekarang ada Batik Air..

banyak foto jadul disini
http://www.indoflyer.net/Forum/tm.asp?m=638562 (kalo gak bisa kebuka, google "indoflyer photo lawas koe)
FA dlm most critical situation mmg seharusnya bertindak spt dia (april 1997, flight 106) bukan spt para FA flight 865 pk-gie @ fukuoka yang (dalam video) saling selamatkanndiri, nangis nangis berpelukan sementara surviving px struggling very hard to escape (june 1996). inilah contoh buruk service quality n aircraft maintenance in economic turmoil. aging part life extension with fatal end (disregard manufacturer part replacement notice after 6,000 cycle use). inilah case termudah yg pernah sy handle. Flight ban terlama dlm japs aviation history
Cockpit Crew reject takeoff after passing V1 speed..after engine failure on number 3..seharusnya, sesuai SOP dimanapun, setelah V1 speed apapun yang terjadi pesawat harus dipaksa Take Off.

Kondisi pesawat ketika Reject Take Off (RTO) itu hidung pesawat sudah mengangkat dengan Ground Speed 158 knots dan Radio Altitude ada di 9 feets. Pada saat ini salah satu fanblade di mesin nomor 3 rontok sehingga N1 (engine compressor) langsung drop mendadak ke 20an%. Konsekuensi setelah RTO dalam kondisi begini ya, keluar landasan...

engine number 3 udah lewat cycle 6000 jam (6128 jam) dan General Electric bilang setelah melewati 6000 jam, fan blade harus diganti dengan yang baru..maintanance neglect..yang saya italic dari om rubble, saya setuju sekali..

PIC nya sih seinget saya kalo gak salah sekarang terbang di Lion Air 737NG fleet..

tentang Bae ATP...seinget saya itu produk yang "agak gagal" dari Bae..sisa operator hampir semuanya di Eropa dan satu di Indonesia (Deraya pake Bae ATP buat Kargo)..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Thk's Bro Harist, membuka kenangan masa lalu dunia penerbangan Indonesia. Dulu kalo gak salah masih ngelihat yang namanya pesawat berbadan pendek nan lebar jadi kelihatan bulet, yap 737-200 dan 737-300.. Foker 100 adalah pesawat yang paling sering di tumpangin kalau pulang ke jakarta naik Pelita Air Service. Btw Kalau gak salah dulu sempat ngelihat pesawat merpati airlines yang L-100, pesawat angkut yang di modif supaya bisa angkut penumpang.

Btw kenangan paling indah adalah, mau balik ke Surabaya gak ada duit buat beli tiket Merpati, akhirnya numpang naik Herculesnya TNI, bayar juga sih 300rb apa yah tahun 1999, lumayan..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Prast84
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Prast84 »

NYoman wrote:Thk's Bro Harist, membuka kenangan masa lalu dunia penerbangan Indonesia. Dulu kalo gak salah masih ngelihat yang namanya pesawat berbadan pendek nan lebar jadi kelihatan bulet, yap 737-200 dan 737-300.. Foker 100 adalah pesawat yang paling sering di tumpangin kalau pulang ke jakarta naik Pelita Air Service. Btw Kalau gak salah dulu sempat ngelihat pesawat merpati airlines yang L-100, pesawat angkut yang di modif supaya bisa angkut penumpang.

Btw kenangan paling indah adalah, mau balik ke Surabaya gak ada duit buat beli tiket Merpati, akhirnya numpang naik Herculesnya TNI, bayar juga sih 300rb apa yah tahun 1999, lumayan..
kalo engine2 sekarang cenderung halus apalagi yg udah masuk classic ato NG
dulu 737-200 bikin kangen suara enginenya yg meraung-meraung ditelinga kadang sampe sekarang pengen naik tuh pesawat lagi.......
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by octafiantos »

haristk7 wrote:
Oh ya, Merpati punya ATR toh, kirain cuma MA60 aja.. Saya sendiri kangen merpati, dulu ke timur adanya cuma Merpati, Garuda sendiri belum buka jalur penerbangan ke Kupang saat itu, kalau ke barat ya Garuda, Star Air atau Pelita Air Service.. Skrg di bandara pesawat isinya 737-900ER nya Lion Air, bosen liat nya --"
hahaha Lion everywhere..belom anaknya Wings Air..dan sekarang ada Batik Air..

banyak foto jadul disini
http://www.indoflyer.net/Forum/tm.asp?m=638562 (kalo gak bisa kebuka, google "indoflyer photo lawas koe)
FA dlm most critical situation mmg seharusnya bertindak spt dia (april 1997, flight 106) bukan spt para FA flight 865 pk-gie @ fukuoka yang (dalam video) saling selamatkanndiri, nangis nangis berpelukan sementara surviving px struggling very hard to escape (june 1996). inilah contoh buruk service quality n aircraft maintenance in economic turmoil. aging part life extension with fatal end (disregard manufacturer part replacement notice after 6,000 cycle use). inilah case termudah yg pernah sy handle. Flight ban terlama dlm japs aviation history
Cockpit Crew reject takeoff after passing V1 speed..after engine failure on number 3..seharusnya, sesuai SOP dimanapun, setelah V1 speed apapun yang terjadi pesawat harus dipaksa Take Off.

Kondisi pesawat ketika Reject Take Off (RTO) itu hidung pesawat sudah mengangkat dengan Ground Speed 158 knots dan Radio Altitude ada di 9 feets. Pada saat ini salah satu fanblade di mesin nomor 3 rontok sehingga N1 (engine compressor) langsung drop mendadak ke 20an%. Konsekuensi setelah RTO dalam kondisi begini ya, keluar landasan...

engine number 3 udah lewat cycle 6000 jam (6128 jam) dan General Electric bilang setelah melewati 6000 jam, fan blade harus diganti dengan yang baru..maintanance neglect..yang saya italic dari om rubble, saya setuju sekali..

PIC nya sih seinget saya kalo gak salah sekarang terbang di Lion Air 737NG fleet..

tentang Bae ATP...seinget saya itu produk yang "agak gagal" dari Bae..sisa operator hampir semuanya di Eropa dan satu di Indonesia (Deraya pake Bae ATP buat Kargo)..
Kebayang histerisnya, udah lewat V1. QZ yang beberapa waktu lalu RTO di low speed, <80kts kalo ga salah, di media online sama forum heboh banget. Seperti biasa, blame yang di kokpit.










Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Turboman »

Feel d Powahhhhh (suaranya)

http://www.youtube.com/watch?v=pEbDlNeMtLM
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Bram
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1154
Joined: Mon Jan 24, 2005 15:17
Location: 'Mbandoenx
Daily Vehicle: BRIO black elegant

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Bram »

ikutan Share aze....
as u can c below @Pics.... :big_cat:

wot mke me impress is BoeinK 747 A300 Airbus GIA...from DPD to CGK dapet tumpangan transit dari Ausi..iku kelas Ekonomi tp Turbulence kga berasa bangets ga ky pke ordinary plane regular :mrgreen:

ada yg tau pic dibawah when I was 3yrs old Goes to MES with Merparti Airlines ...Plane jenis opo yak iku :big_think:

Juz share my Plane Trip I eva Had... :big_smoking:

DOMESTIC

HLP - Halim Perdanakusuma, Jakarta

MES - Polonia, Medan

CGK - Soekarno Hatta, Jakarta

JOG - Adisucipto, Yogyakarta

SUB - Juanda, Surabaya

AMI – Mataram, Lombok

DPS - Ngurah Rai, Denpasar

BDO - Husein Sastranegara, Bandung

BTH - Hang Nadim, Batam



OVERSEAS/International

SIN – Changi airport, Singapore



Next PlanàHonolulu International Airport (HNL)à Saudi Arabia King Abdul Aziz, Jeddah (JED)à Tokyo Narita, Japan (NRT)à New York USA - John F Kennedy (JFK)

Wanna come FLY with me….?!? :big_deal:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Yang Merpati itu Vickers Vanguard

_________________________________________________________

dulu DC10 Garuda PK-GIC (atau GIB, saya agak lupa) juga nyaris overrun pas take off di Paris CDG..pesawat sedang lepas landas menuju Jakarta ketika salah satu roda tanpa sengaja menginjak FOD (Foreign Object Damage) di Runway. Roda meletup dan pesawat langsung swing dan dalam sepersekian koma detik langsung dikoreksi dengan bantuan rudder..sisa 5 knots dari decision V1 speed (go or no-go) dan crew langsung Reject Take Off..dan pesawat berhenti sempurna di ujung landasan..

pesawatnya pas masih zaman livery ini
Image

sungguh malang nasib PK-GIE di Fukuoka, padahal PK-GIE itu dulu jadi pesawat kepresidenan..dan perannya digantikan oleh "Short Lived" MD11ER PK-GIM..sekarang long haul pak presiden pake PK-GPE A330-300..

ini ada video Reject Take Off Airbus A330 yang tertangkap kamera setelah (sepertinya compressor stall, mungkin saya salah) mesin meleduk pas Take Off Run

https://www.youtube.com/watch?v=PS1YAX70edc

dari sudut lain

https://www.youtube.com/watch?v=XRL8MPnXmFw

inilah kenapa tidak boleh abort take off after V1 speed, gak akan cukup sisa landasan yang tersedia..sudah banyak kasus kayak begini..

https://www.youtube.com/watch?v=iBTJMxOe-yM
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"