Kalo boleh tau ... waktu itu misi-nya apa ya ? mBawa barang apa ?newrubble wrote:707-3m1c... combi spec ex pelita (pk-pjq, a7002) sy teringat the flying carpet operation yg indirectly seret indo dlm iran contra scandal
jkt-diegogarcia-jkt-teheran-islamabad-rw.pindi-...-...-jkt
teddy rusdy sbg chief operation indo n capt m.arifin (sblm dia jadi direktur garuda) sbg mission capt pilot
Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Wah om turbo, Vicker Viscount Mandala

kokpit analog

lalu mulai pertengahan tahun 1990an Boeing 737-200 ex Lufthansa berdatangan ke Indonesia dan kemudian terbang bersama Merpati, Bouraq, dan Mandala..


kokpit analog


lalu mulai pertengahan tahun 1990an Boeing 737-200 ex Lufthansa berdatangan ke Indonesia dan kemudian terbang bersama Merpati, Bouraq, dan Mandala..
seinget saya masih ada, bahkan original 747-100 masih ada di Iran Air Force...true classic..707 nya Iran Air yg hasil robahan dari KC stratotanker masih terbang ngga ?
Kalo masih ya itu juga Vintage aircraft
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
iseng-iseng berselancar di forum tetangga..kebetulan om turboman, om octafiantos, dan bbrp member lain mungkin tau yang saya maksud..
nemu ini di forum, kenangan dari zaman dahulu pas Pak Wiweko masih "megang" Garuda.. (pictures not mine, credits goes to original poster on that forum)


Zaman2 pas rute Eropanya banyak sekali nih..London (Gatwick), Frankfurt, Paris CDG, Zurich, Vienna, Brussels, Rome. Trus ada pula yang ke Afrika, Cairo..sekarang pelan-pelan membangun network kembali ke Eropa..
nemu ini di forum, kenangan dari zaman dahulu pas Pak Wiweko masih "megang" Garuda.. (pictures not mine, credits goes to original poster on that forum)


Zaman2 pas rute Eropanya banyak sekali nih..London (Gatwick), Frankfurt, Paris CDG, Zurich, Vienna, Brussels, Rome. Trus ada pula yang ke Afrika, Cairo..sekarang pelan-pelan membangun network kembali ke Eropa..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
yg di bawa the flying carpet mission itu semua arsenal ex abri surplus (soviet n prc military grant)...9,000 ak-56 (chinese ak-47) marines version (ex kko-al), 5,000 rpg-2 (ex pindad modification lengkap dgn thermobaric warhead n starlite telescopic sight), 1,500 fim-92ai + 100 remote launch pad kit (ex iranian surplus...barter dgn 56,000 pieces spare part for f-4, f-5 fighterjets plus 160 spare engines ex usaf surplus))
packing list yg ada di rw.pindi itu sj
yg ex indo itu bukan charity grant tapi dijual ke...
packing list yg ada di rw.pindi itu sj
yg ex indo itu bukan charity grant tapi dijual ke...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
- Location: 2000, NSW
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
apa berkat barter tsb tiger & phantom iran masih bisa terbang meskipun kena embargo, om?
maap OOT om

maap OOT om

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
betul
duit hasil jualan yg US portion u financing contra @ nicaragua...semua detail pro clandestine operation itu masuk logbook tapi backdated 1985 execution
wkt itu islam blm masuk islamophobia krn masih ada communistophobia
duit hasil jualan yg US portion u financing contra @ nicaragua...semua detail pro clandestine operation itu masuk logbook tapi backdated 1985 execution
wkt itu islam blm masuk islamophobia krn masih ada communistophobia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
- Location: 2000, NSW
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
ehehehe ternyata indo jadi perantara..
bentar ane mau studi internet dulu tentang ini, penasaran
makasih om NR insight nya
btw om, yg ex indo itu lari ke david star? cedar tree?
maap OOT lagi om
bentar ane mau studi internet dulu tentang ini, penasaran

makasih om NR insight nya
btw om, yg ex indo itu lari ke david star? cedar tree?
maap OOT lagi om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Ini yg melibatkan peter north ...ups ... oliver north yak ? Dulu santer banget denger namanya ...newrubble wrote:betul
duit hasil jualan yg US portion u financing contra @ nicaragua...semua detail pro clandestine operation itu masuk logbook tapi backdated 1985 execution
wkt itu islam blm masuk islamophobia krn masih ada communistophobia
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Selingan dikit....mudah2 an gak dipentung momod
Boleh nemu di awang2


Boleh nemu di awang2


You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Koleksi cuman segitu, mod? Yakin?
[emoji57] [emoji57] [emoji57]
Ori bro haristk7, sekalian bahas donk turbulence, sekalian kebetulan flight seoul-jakarta kena turbulence...
Thanks...
[emoji106]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
[emoji57] [emoji57] [emoji57]
Ori bro haristk7, sekalian bahas donk turbulence, sekalian kebetulan flight seoul-jakarta kena turbulence...
Thanks...
[emoji106]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Bad weather apa clear air omVanzMatic wrote:Koleksi cuman segitu, mod? Yakin?
[emoji57] [emoji57] [emoji57]
Ori bro haristk7, sekalian bahas donk turbulence, sekalian kebetulan flight seoul-jakarta kena turbulence...
Thanks...
[emoji106]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Ada beda rasa om?octafiantos wrote:[
Bad weather apa clear air om
Sent from my Q10 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Ngga.montirangin wrote:Ada beda rasa om?octafiantos wrote:[
Bad weather apa clear air om
Sent from my Q10 using Tapatalk
Iseng aja nanya. Btw orang awam banyak yang ngga tahu, turbulence bisa kejadian di clear air. Cerah, ngga ada awan, ga ada hujan.
Sent from my R821 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
kemarin itu PK-GPJ A330-200 Garuda rute Seoul Incheon - Jakarta kena Turbulence cukup parah, dan itu sepertinya kena CAT ya (Clear Air Turbulence)..saya lihat fotonya sampai ada tumpahan kopi di langit2 kabin, lalu ada bagian dinding yang retak sepertinya kena hantam suatu benda di kabin..beberapa cabin attendant dan penumpang juga ada yang terluka karena turbulensi ini..
beberapa minggu sebelumnya di seputaran India ada Airbus A380 Singapore Airlines kena turbulence begini juga..hasilnya 14 crew dan belasan penumpang terluka..awal tahun ini, di Utara Jepang ada Boeing 747 Cathay dari San Fransisco kena hantam turbulence mendadak juga..beberapa crew dan penumpang terluka, sama seperti kasus Garuda, ada tempat bagasi diatas yang jebol dan menurut saksi di kabin bisa jebol begitu karena kehantam penumpang yang terlempar..sehari sebelumnya lagi ada United Boeing 737 lagi terbang domestik di USA dan mengalami turbulensi mendadak hingga beberapa penumpang terpaksa masuk rumah sakit..dulu 747-400 Garuda juga mengalami hal yang sama di atas Sumatera, pesawat lagi anteng di 39000 kaki, dari Jeddah di pagi hari yang cerah, tiba2 mendadak anjlok kena CAT hingga sebagian orang di kabin terlempar dan ada yang patah tulang leher..begitu mendarat di Jakarta langsung dikerubungin ama ambulans..
ketiga kasusnya sama, tidak ada warning sama sekali dari kokpit dan tiba-tiba pesawat seperti melorot kebawah secara mendadak..kayak begini ini kenapa kalo dipesawat diminta untuk tetap pasang sabuk pengaman walaupun cuaca cerah..
ini saya ambil dari IATA "Turbulence Management"
tipe turbulensi dilihat dari seberapa kuat goncangan

tipe turbulensi dilihat dari penyebab, yang saya merahin itu yang diduga kuat penyebab turbulensi Garuda di flight sector ICN-CGK

kondisi di dalam pesawat dan tugas cabin attendant


Koordinasi dan Komunikasi Crew menghadapi turbulence, baik yang terdeteksi dari awal atau yang mendadak



pentingnya memakai sabuk pengaman

Clear Air Turbulence itu terjadi pada saat cuaca cerah, terjadi ketika pesawat melintas di area dimana kecepatan angin berbeda-beda dan perbedaan kecepatan tersebut cukup tinggi

CAT ini tidak bisa dideteksi radar pesawat, karena radar pesawat hanya "menangkap" air (awan) di udara..beberapa pilot bilang area ini seperti "ruang hampa udara" karena pesawat kayak kehilangan gaya angkat..Invisible Threat in The Sky
makanya selalu dibilang "keep your seatbelt fasten whenever you are seated or sleep"..memang tidur jadi kurang nyaman..tapi lebih baik nggak nyaman daripada kenapa-kenapa...di Boeing 747-400, Flight Deck Crew yang lagi tidur di "Bunker" juga harus memakai sabuk pengaman..gak mesti di 747, semua crew yang lagi istirahat di bunker yang tersedia di widebody aircraft (777, A340, MD11, dll) juga wajib pake seatbelt pas lagi tidur..
Delta 747-400 Flight Deck crew rest area (right)

Malaysia 777-200ER Flight Deck crew rest area

beberapa kasus CAT
http://edition.cnn.com/2014/02/19/trave ... urbulence/ CX 744 SFO-HKG
http://www.dailymail.co.uk/travel/trave ... 000ft.html SQ A380 SIN-BOM
http://edition.cnn.com/2009/US/08/03/pl ... eref=onion CO 762 GIG-IAH
http://edition.cnn.com/2014/02/18/trave ... urbulence/ UA 737 DEN-BIL
always keep your seatbelt fasten...safe flite..

beberapa minggu sebelumnya di seputaran India ada Airbus A380 Singapore Airlines kena turbulence begini juga..hasilnya 14 crew dan belasan penumpang terluka..awal tahun ini, di Utara Jepang ada Boeing 747 Cathay dari San Fransisco kena hantam turbulence mendadak juga..beberapa crew dan penumpang terluka, sama seperti kasus Garuda, ada tempat bagasi diatas yang jebol dan menurut saksi di kabin bisa jebol begitu karena kehantam penumpang yang terlempar..sehari sebelumnya lagi ada United Boeing 737 lagi terbang domestik di USA dan mengalami turbulensi mendadak hingga beberapa penumpang terpaksa masuk rumah sakit..dulu 747-400 Garuda juga mengalami hal yang sama di atas Sumatera, pesawat lagi anteng di 39000 kaki, dari Jeddah di pagi hari yang cerah, tiba2 mendadak anjlok kena CAT hingga sebagian orang di kabin terlempar dan ada yang patah tulang leher..begitu mendarat di Jakarta langsung dikerubungin ama ambulans..
ketiga kasusnya sama, tidak ada warning sama sekali dari kokpit dan tiba-tiba pesawat seperti melorot kebawah secara mendadak..kayak begini ini kenapa kalo dipesawat diminta untuk tetap pasang sabuk pengaman walaupun cuaca cerah..
ini saya ambil dari IATA "Turbulence Management"
tipe turbulensi dilihat dari seberapa kuat goncangan

tipe turbulensi dilihat dari penyebab, yang saya merahin itu yang diduga kuat penyebab turbulensi Garuda di flight sector ICN-CGK

kondisi di dalam pesawat dan tugas cabin attendant



Koordinasi dan Komunikasi Crew menghadapi turbulence, baik yang terdeteksi dari awal atau yang mendadak



pentingnya memakai sabuk pengaman

Clear Air Turbulence itu terjadi pada saat cuaca cerah, terjadi ketika pesawat melintas di area dimana kecepatan angin berbeda-beda dan perbedaan kecepatan tersebut cukup tinggi


CAT ini tidak bisa dideteksi radar pesawat, karena radar pesawat hanya "menangkap" air (awan) di udara..beberapa pilot bilang area ini seperti "ruang hampa udara" karena pesawat kayak kehilangan gaya angkat..Invisible Threat in The Sky
makanya selalu dibilang "keep your seatbelt fasten whenever you are seated or sleep"..memang tidur jadi kurang nyaman..tapi lebih baik nggak nyaman daripada kenapa-kenapa...di Boeing 747-400, Flight Deck Crew yang lagi tidur di "Bunker" juga harus memakai sabuk pengaman..gak mesti di 747, semua crew yang lagi istirahat di bunker yang tersedia di widebody aircraft (777, A340, MD11, dll) juga wajib pake seatbelt pas lagi tidur..
Delta 747-400 Flight Deck crew rest area (right)

Malaysia 777-200ER Flight Deck crew rest area

beberapa kasus CAT
http://edition.cnn.com/2014/02/19/trave ... urbulence/ CX 744 SFO-HKG
http://www.dailymail.co.uk/travel/trave ... 000ft.html SQ A380 SIN-BOM
http://edition.cnn.com/2009/US/08/03/pl ... eref=onion CO 762 GIG-IAH
http://edition.cnn.com/2014/02/18/trave ... urbulence/ UA 737 DEN-BIL
always keep your seatbelt fasten...safe flite..

Last edited by haristk7 on Wed Nov 05, 2014 4:02, edited 1 time in total.
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
CAT radar is on development
http://www.photonics.com/Article.aspx?AID=54603
Researchers at the DLR Institute of Atmospheric Physics have developed a laser-based instrument to detect and predict clear-air turbulence from a distance. Under the European joint project DELICAT, the new technology is currently being tested by the DLR and its project partners. Courtesy of DLR.
http://www.photonics.com/Article.aspx?AID=54603
Researchers at the DLR Institute of Atmospheric Physics have developed a laser-based instrument to detect and predict clear-air turbulence from a distance. Under the European joint project DELICAT, the new technology is currently being tested by the DLR and its project partners. Courtesy of DLR.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Menyimak.. menyimak..
Baca berulang ulang...
Trima kasih ya bro haristk7 dan mod turbo.. [emoji106] [emoji106]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
Baca berulang ulang...
Trima kasih ya bro haristk7 dan mod turbo.. [emoji106] [emoji106]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Berhub drtd bahasannya pesawat gede2, bejimane klo bahas juga pesawat2 perintis yg ad d pedalaman papua kalimantan baik milik komersial spt susy air, bouraq, das, pelita maupun milik drpd badan misionari. *jd kangen sensasi naek BN-235 milik Dirgantara Air Service eui. baling2 tunggal cm 9/12 penumpang bonus kuping budeg.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Cuman pernah naik nc-212 aviocar deraya ... dari pangkalpinang ke tanjungpandanXous wrote:Berhub drtd bahasannya pesawat gede2, bejimane klo bahas juga pesawat2 perintis yg ad d pedalaman papua kalimantan baik milik komersial spt susy air, bouraq, das, pelita maupun milik drpd badan misionari. *jd kangen sensasi naek BN-235 milik Dirgantara Air Service eui. baling2 tunggal cm 9/12 penumpang bonus kuping budeg.
Tp ini gak termasuk perintis ya ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
hmm perintis
silahkan lihat video video ini, tentang pilot Susi Air..dari acara "Worst Place To Be a Pilot"
https://www.youtube.com/watch?v=XqkjRxzztJQ episode 1
https://www.youtube.com/watch?v=fANLpftuC9A episode 2
https://www.youtube.com/watch?v=SJDKAx_kRak episode 3
https://www.youtube.com/watch?v=6jFsVRQyhlg episode 4
episode berikutnya belom muncul..
silahkan lihat video video ini, tentang pilot Susi Air..dari acara "Worst Place To Be a Pilot"
https://www.youtube.com/watch?v=XqkjRxzztJQ episode 1
https://www.youtube.com/watch?v=fANLpftuC9A episode 2
https://www.youtube.com/watch?v=SJDKAx_kRak episode 3
https://www.youtube.com/watch?v=6jFsVRQyhlg episode 4
episode berikutnya belom muncul..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
CAT memang paling menjengkelkan
Ibarat melewati invisible bad road
Kalao pesawat goyang2 biasa ane ngeliat keluar jendela, berawan......wajar......atau ada dekat2 Cumulo......wajar
kalo cuaca cerah goyang2 ituuuu...........
Ibarat melewati invisible bad road
Kalao pesawat goyang2 biasa ane ngeliat keluar jendela, berawan......wajar......atau ada dekat2 Cumulo......wajar
kalo cuaca cerah goyang2 ituuuu...........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
cat itu sepertinya mengerikan sekali ya
babeh ane pernah ngalamin
katanya jantung dah mau copot saking takutnya
babeh ane pernah ngalamin
katanya jantung dah mau copot saking takutnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
pengalaman turbulensi..saya pernah ngerasain yang agak unik dan yang...14 hours feels like forever..
1. GA974 SIN-AMS sector, 747-400 PK-GSG..kebetulan pas lagi diajak ayah saya ke ruang kemudi, pada saat diatas Turki pesawatnya mendadak goyang yang cukup unik, pesawatnya mendadak mengayun ke kiri dan ke kanan selama 10 detikan..2 relief pilot yang lagi bertugas (termasuk ayah saya) sampai kebingungan "loh goyang apaan ini ? kok mengayunnya begini ?"..
2. GA972 SIN-FRA sector, 747-400 PK-GSI, ntah kenapa setiap kali saya naik PK-GSI ada aja kejadian kurang enak..kali ini mulai dari take off di SIN sampai landing di FRA turbulence nya kacau balau, jarak tempuh 14 jam berasa 24 jam..dulu saya masih kecil dan takut naik pesawat..sepanjang jalan dilaporkan cuaca berawan dan beberapa kali harus menyimpang dari jalur penerbangan akibat cuaca buruk menghindari awan Cumulonimbus, puncaknya diantara India dan Pakistan..saya ingat betul itu, ayah saya yang lagi istirahat masuk ke kabin, ambil kursi di depan saya yang kosong..kemudian PIC berkata "Cabin Crew and Passangers, Fasten Your Seatbelt"..langsung itu 747 kena downdraft mendadak selama 5 detikan dan langsung dihempas keatas kena updraft..saya masih ingat itu suara keempat mesin GE CF6-80C2B1F meraung-raung dengan suara naik turun, autothrottle berusaha keras maintain speed pesawat. Turun naiknya ketinggian cukup menakutkan sampai kabin upperdeck ada yang sedikit histeris dan botol ada yang jatuh di galley belakang.
Setelah agak tenang dan seatbelt sign padam ayah saya nenangin "udah gapapa, itu udah dimatiin seatbelt nya"..tapi ya karena saya gak tau apa2 dan beneran ketakutan..rasanya pengen nangis aja saat itu..besok paginya ketika di hotel ayah saya bilang ini "ini om kopilot yang goyangin pesawatnya yang semalem naik turun"
3. GA152 CGK-BTH 737 Classic. Waktu itu lagi diajak kedepan ama teman ayah saya pada saat mau landing, di radar kelihatan 2 awan Cumulonimbus mau menyatu, masalahnya adalah posisi keduanya ada di kiri kanan flight path..."previous aircraft reporting good ride, just a little bit choppy" kata si ATC, ya sudah ikutin aja masuk ke "Bowling Alley". Bowling Alley adalah kondisi ketika pesawat terbang diantara 2 awan badai. Begitu masuk ke awan di bowling alley, pesawat kehempas lumayan kuat atas dan bawah..kakak saya bilang itu di kabin semua orang udah pada histeris teriak ketakutan..efek awan badainya lumayan kerasa juga..
ayah saya bilang daerah di Asia yang banyak medium/severe turbulence itu ada di sekitaran India, Filipina, Jepang bagian utara, dan di atas Sumatera..beberapa kali pesawat Garuda ada yang kena CAT di atas Sumatera, termasuk 747 Garuda pas ayah saya yang bawa pulang dari JED hingga penumpang ada yang terluka..
1. GA974 SIN-AMS sector, 747-400 PK-GSG..kebetulan pas lagi diajak ayah saya ke ruang kemudi, pada saat diatas Turki pesawatnya mendadak goyang yang cukup unik, pesawatnya mendadak mengayun ke kiri dan ke kanan selama 10 detikan..2 relief pilot yang lagi bertugas (termasuk ayah saya) sampai kebingungan "loh goyang apaan ini ? kok mengayunnya begini ?"..
2. GA972 SIN-FRA sector, 747-400 PK-GSI, ntah kenapa setiap kali saya naik PK-GSI ada aja kejadian kurang enak..kali ini mulai dari take off di SIN sampai landing di FRA turbulence nya kacau balau, jarak tempuh 14 jam berasa 24 jam..dulu saya masih kecil dan takut naik pesawat..sepanjang jalan dilaporkan cuaca berawan dan beberapa kali harus menyimpang dari jalur penerbangan akibat cuaca buruk menghindari awan Cumulonimbus, puncaknya diantara India dan Pakistan..saya ingat betul itu, ayah saya yang lagi istirahat masuk ke kabin, ambil kursi di depan saya yang kosong..kemudian PIC berkata "Cabin Crew and Passangers, Fasten Your Seatbelt"..langsung itu 747 kena downdraft mendadak selama 5 detikan dan langsung dihempas keatas kena updraft..saya masih ingat itu suara keempat mesin GE CF6-80C2B1F meraung-raung dengan suara naik turun, autothrottle berusaha keras maintain speed pesawat. Turun naiknya ketinggian cukup menakutkan sampai kabin upperdeck ada yang sedikit histeris dan botol ada yang jatuh di galley belakang.
Setelah agak tenang dan seatbelt sign padam ayah saya nenangin "udah gapapa, itu udah dimatiin seatbelt nya"..tapi ya karena saya gak tau apa2 dan beneran ketakutan..rasanya pengen nangis aja saat itu..besok paginya ketika di hotel ayah saya bilang ini "ini om kopilot yang goyangin pesawatnya yang semalem naik turun"
3. GA152 CGK-BTH 737 Classic. Waktu itu lagi diajak kedepan ama teman ayah saya pada saat mau landing, di radar kelihatan 2 awan Cumulonimbus mau menyatu, masalahnya adalah posisi keduanya ada di kiri kanan flight path..."previous aircraft reporting good ride, just a little bit choppy" kata si ATC, ya sudah ikutin aja masuk ke "Bowling Alley". Bowling Alley adalah kondisi ketika pesawat terbang diantara 2 awan badai. Begitu masuk ke awan di bowling alley, pesawat kehempas lumayan kuat atas dan bawah..kakak saya bilang itu di kabin semua orang udah pada histeris teriak ketakutan..efek awan badainya lumayan kerasa juga..
ayah saya bilang daerah di Asia yang banyak medium/severe turbulence itu ada di sekitaran India, Filipina, Jepang bagian utara, dan di atas Sumatera..beberapa kali pesawat Garuda ada yang kena CAT di atas Sumatera, termasuk 747 Garuda pas ayah saya yang bawa pulang dari JED hingga penumpang ada yang terluka..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
saya demen pesawat kitiran, karena melihat Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan, saya rasa untuk mempersatukan bangsa kita dalam hal perjalanan ya pake pesawat untuk lebih cepat..kadang saya kagum melihat pilot perintis yang bawa pesawat di Papua dan kawasan Timur Indonesia, nggak ada itu yang namanya serba mewah, semua dikerjakan sendiri..mulai dari cek pesawat, atur penumpang, dll..apalagi kao terbang di airstrip yang gak diaspal alias cuma beralas rumput..Berhub drtd bahasannya pesawat gede2, bejimane klo bahas juga pesawat2 perintis yg ad d pedalaman papua kalimantan baik milik komersial spt susy air, bouraq, das, pelita maupun milik drpd badan misionari. *jd kangen sensasi naek BN-235 milik Dirgantara Air Service eui. baling2 tunggal cm 9/12 penumpang bonus kuping budeg.
tantangannya banyak sekali dan cukup untuk membuat adrenalin terpompa hingga titik maksimal..dulu pernah ada pilot berkata seperti ini "berat rasanya mengantar teman pergi bertugas untuk terbang di Papua, selamat jalan kawan, selamat terbang, saya tidak mau menjemputmu pulang dalam keadaan engkau tertidur di kantung/peti jenazah"
sekarang penerbangan ke kota kecil makin marak, ada Kalstar, Transnusa, Aviastar, Susi Air, Trigana Air, Express Air, MAF, dll..dulu ada Merpati, SMAC, Air Mark, Pelita (Sekarang charter only)..
pesawat kitiran favorit saya itu DHC6, ATR42/72, Dash 8, dan Saab 340



#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Pesawat Kitiran, i like it so much
ATR 72-600, sering bgt naik ini.. Entah kenapa lebih exiting naik pesawat kecil begini..

Cessna Caravan, pernah naik ini 2x pas di papua.. Isinya cuma 8 orang termasuk pilot, waktu itu cuma ada pilot gak ada kopilot, kebetulan sering ketemu sama pilotnya karena memang cuma dia pilot untuk penerbangan ke nabire.. Diajak naik ke kokpitnya, seru juga ngeliatin pilot sedang bekerja.. Sayang nya gak lama setelah itu pilotnya tewas karena nabrak gunung di daerah nabire krn gak kelihatan, kebetulan si pilot memang terkenal nekat..

CN295, Kalo gak salah PTDI ngebuat juga seri ini

Btw bro harist, nose steering (tiller) nya si ATR72 cuma di sisi pilot aja ya, gak ky pesawat besar yg ada di setiap sisi?

ATR 72-600, sering bgt naik ini.. Entah kenapa lebih exiting naik pesawat kecil begini..

Cessna Caravan, pernah naik ini 2x pas di papua.. Isinya cuma 8 orang termasuk pilot, waktu itu cuma ada pilot gak ada kopilot, kebetulan sering ketemu sama pilotnya karena memang cuma dia pilot untuk penerbangan ke nabire.. Diajak naik ke kokpitnya, seru juga ngeliatin pilot sedang bekerja.. Sayang nya gak lama setelah itu pilotnya tewas karena nabrak gunung di daerah nabire krn gak kelihatan, kebetulan si pilot memang terkenal nekat..

CN295, Kalo gak salah PTDI ngebuat juga seri ini

Btw bro harist, nose steering (tiller) nya si ATR72 cuma di sisi pilot aja ya, gak ky pesawat besar yg ada di setiap sisi?

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
ATR gw juga liat cuma 1 kayaknya..
kalo Boeing 737 itu ada yang iya, ada yang nggak...tergantung Airlines pas mesen minta apa nggak..Boeing 747 dan 777 sih ada, yang kanan jarang digunain..pernah liat sih QF 747 abis landing roll, vacated runway, yang muterin nosewheel si FO nya..
most company punya SOP yang "have control" buat ground movement itu yang duduk di kiri..
kalo Boeing 737 itu ada yang iya, ada yang nggak...tergantung Airlines pas mesen minta apa nggak..Boeing 747 dan 777 sih ada, yang kanan jarang digunain..pernah liat sih QF 747 abis landing roll, vacated runway, yang muterin nosewheel si FO nya..
most company punya SOP yang "have control" buat ground movement itu yang duduk di kiri..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"