ChZ wrote:ini kalo JKW belom di ban bisa panas....
di Indonesia image barang recall adalah : barang jelek, produk gagal. ngga lepas dari mindset orang-orang kita juga. karena kalo dicap barang jelek/produk gagal pasti penjualan hancur.
Padahal recall adalah bentuk tanggung jawab produsen terhadap produknya. serba salah, mau di recall dikira produk gagal, nggak di recall kalo kejadian baru ketauan. dampak nya sama : penjualan drop! akhirnya banyak produsen tutup mulut soal recall.
sebetulnya kalau merek jepang, kompakan, rajin (dan tentunya kalau asosiasi itu bisa push anggotanya, yang kayanya mustahil) recall, lama2 juga orang indo kebiasa. masalahnya sekarang karena ga kebiasa jadilah efek negatif. apalagi khas org indo karakter: melo-dramatic. too much sh*tnetron

dibumbuin pedege yang berprinsip profit taking terus dengan segala cara, jadilah makin kena bumbu kalau recall = mobil gagal. makanya produsen seneng silent recall

malah extreme-nya jangan2 asal ga bahaya banget ya ga usah sekalian ngirit
ingat kasus kecelakaan Nissan Juke terbakar yang menewaskan seorang model 2 tahun lalu?
seingat saya kasus itu bertepatan dengan waktu prinsipal Nissan Motors mengumumkan bahwa Juke ada recall di central lock dan turbonya (untuk versi luar yang pake 1.6Liter turbo). Dan seingat saya waktu itu penyebab si model tewas adalah karena pintunya ngga bisa dibuka....
dan NMI berdalih recall itu hanya berlaku untuk Juke versi luar, lha memang yang turbo versi luar, lha yang central lock?
sejak kasus itu saya mengamati penjualan Nissan Juke drop, padahal mobil ini sempat booming.
CMIIW ya. semua cuma sebatas ingatan saya yang terbatas....
tapi bukannya khas-nya NMI? ga bisa maintain momentum penjualan. sekali launching, pasti booming, abis itu mati sendiri

contoh terbaru: Nissan March, Evalia, Serena 2012, 1 tahun sejak launch selalu masuk 10 besar, sekarang? belasan aja ga kecatet kayanya
kalau sudah mati sendiri, baru panik, facelift, dsb ya ga ketolong

atau x-trail sempet2nya nyalip CR-V dan bikin HPM berbenah luar dalem. sekarang? cuma sejarah. taun depan palingan Xtrail 2014 juga mati sendiri.

mungkin masih berasa sisa2 kejayaan Livina yang sampe sekarang masih lumayan, dan sudah prestasi sendiri, walau pelan2 keliatan banget kegerus habis sama gerombolan ertiga, mobilio, xenia.
tapi ya emang apesnya aja NMI dan cara handle issue kaya juke diatas kurang "smooth", misal: march sampe heboh sama konon pasukan sakit hati dari intern yang katanya konsumsi bbm ga sesuai iklan, sampe masuk MK kalau ga salah. terus juke. padahal juke itu sendiri kan ga jelek2 amat, inget kejadian juke terbang nimpa avanza yg penumpang juke cedera, tapi yang di avanza abis semua, plek rata?. tapi ya dah keburu stigma di masyarakat. konsumen indo kan lebih seneng cerita jelek dari sekitar, sampe ketutup yang bagusnya, baru d beli mobil yang ga ada jelek2nya. contoh: semua toyota itu sukses karena ucapan: resale value, resale value, resale value, baru terakhir spare part kw. hasil kerja keras toyota untuk bikin di mindset konsumen: mobil yg bagus itu ya resale value tinggi, dan banyak spare part kw. fitur, enak dipake, dll itu cuma gimmick
