Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak
saya punya unek2 yaitu betapa tidak enaknya berkendara dibelakang kendaraan bemesin 2 tak baik sepeda motor vespa bajai dan bemo. terasa sangat menggangu pemandangan pernapasan yg jelas sangat POLUSI!
4tak lebih irit
4tak gak pake oli samping shingga tidak berasap
4tak pada pemakaian normal tidak perlu buka blok kepala silinder & blok sampai 100.000km sedangkan 2tak harus sering2 untuk menghilangkan kerak2 hasil pembakaran oli samping
dinegara2 maju udah lama melarang produksi motor dua tak ( produsen oli samping dua tak diluar negri pada pindah jualan ke asia)
gp500 udah berubah jadi motogp dan terbukti 4 tak lebih hebat dan anti polusi
malah sebenarnya negara kita udah pernah mo membatasi produksi sepeda motor 2 tak sekitar pertengahan 90 an sehingga suzuki & yamaha buru2 mengeluarkan shogun dan crypton dan kawasaki nongol lagi dengan kaze nya waktu itu padahal pasar 4 tak dan 2 tak udah stabil dan masing2 yaitu honda 4 tak dan suzuki & yamaha di 2 tak cuma mungkin karena tomy suharto mo masukin timor motorcycle yg lisensi cagiva 2 tak kebijaksanaan tadi jadi gak jelas disusul adanya reformasi sehingga tambah gak jelas hingga kini......
terus terang saya mengharapkan kepunahan motor 2 tak.....hehehehe
saya harapkan tanggapan teman2 sekalian terima kasih
Mbakmas Yongis
4tak lebih irit
4tak gak pake oli samping shingga tidak berasap
4tak pada pemakaian normal tidak perlu buka blok kepala silinder & blok sampai 100.000km sedangkan 2tak harus sering2 untuk menghilangkan kerak2 hasil pembakaran oli samping
dinegara2 maju udah lama melarang produksi motor dua tak ( produsen oli samping dua tak diluar negri pada pindah jualan ke asia)
gp500 udah berubah jadi motogp dan terbukti 4 tak lebih hebat dan anti polusi
malah sebenarnya negara kita udah pernah mo membatasi produksi sepeda motor 2 tak sekitar pertengahan 90 an sehingga suzuki & yamaha buru2 mengeluarkan shogun dan crypton dan kawasaki nongol lagi dengan kaze nya waktu itu padahal pasar 4 tak dan 2 tak udah stabil dan masing2 yaitu honda 4 tak dan suzuki & yamaha di 2 tak cuma mungkin karena tomy suharto mo masukin timor motorcycle yg lisensi cagiva 2 tak kebijaksanaan tadi jadi gak jelas disusul adanya reformasi sehingga tambah gak jelas hingga kini......
terus terang saya mengharapkan kepunahan motor 2 tak.....hehehehe
saya harapkan tanggapan teman2 sekalian terima kasih
Mbakmas Yongis
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Re: Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak
Namun ada yang menyebabkan 2 tak tetap ada. Yaitu dari tenaga yang dihasilkan. Dan sebenarnya untuk perawatannya 2 tak lebih mudah lho!!
Meskipun harus sering buka blok silinder/bersihin kerak knalpot, tapi membongkarnya jauh lebih mudah dibanding mesin 4tak. Mungkin untuk orang tua atau orang yang nggak mau repot pasti milih 4tak. Tapi buat anak muda yang masih seneng "lari kencang" pilihannya ke 2tak.


Meskipun harus sering buka blok silinder/bersihin kerak knalpot, tapi membongkarnya jauh lebih mudah dibanding mesin 4tak. Mungkin untuk orang tua atau orang yang nggak mau repot pasti milih 4tak. Tapi buat anak muda yang masih seneng "lari kencang" pilihannya ke 2tak.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
soal perawatan juga saya ngerti sekali saya lulusan STM otomotif kok
waktu masih kuliah saya pake GL pro dan saya merawat yamaha RZR teman saya setiap berapa bulan kami bongkar kop head dan bloknya gampang kok cuma modal kape, kunci2, sama paking baru kami pokoknya mulai dari piston sampe kop head bersih!......kami rutin lakukan itu selama 2 tahun 1991-1993 selama jangka waktu itu temen saya nanya ..mesinmu kok gak dibuka2 sih?...nahh.saya jelaskan membongkar mesin 4 tak memang lebh suit..tapi dalam waktu lama
TIDAK PERLU DIBONGKAR
karena ruang bakar senantiasa bersih...dengan kata lain perawatanya justru lebih mudah dan gak merepotkan cuma perlu ganti oli mesin aja plus sekali2 bersihin karburator...
ya saya ngerti sih....pernah muda juga kok....memang anak2 muda yg seneng lari iini gak pernah mikirin masalah polusi udara sebetulnya yang saya concern disini adalah masalah POLUSI! udara itulah alasan negara2 maju membunuh motor 2 tak.lagian motor 4 tak disini kalah lari ama 2 tak wong mesinya udah ketinggalan zaman banget cuma 2 klep persilinder?!, yamaha ada YEIS honda ada RC valve trus 4 tak honda dan lainya itu mana ada teknologinya? terang aja gak ada larinya dan cuma diminati bapak2, paling tidak kalo mereka pake 4 klep persilinder jamin larinya gak bakal kalah!
trus untuk oli samping perfumed atau scented memang wangi tapi POLUSI!nya gak berkurang! memang mereka berkoar udah sintetislah non smokelah,smokeless lah non polusi lah tapi toh belum ada pembuktian bahwa oli mereka gak berpolusi, toh kalo bisa diciptakan oli 2 tak gak berpolusi ngapain negara maju menyetop produksinya?
jadi marilah kita sukseskan prgram langit biru dengan pelan2 meninggalkan pemakaian motor 2 tak



ya saya ngerti sih....pernah muda juga kok....memang anak2 muda yg seneng lari iini gak pernah mikirin masalah polusi udara sebetulnya yang saya concern disini adalah masalah POLUSI! udara itulah alasan negara2 maju membunuh motor 2 tak.lagian motor 4 tak disini kalah lari ama 2 tak wong mesinya udah ketinggalan zaman banget cuma 2 klep persilinder?!, yamaha ada YEIS honda ada RC valve trus 4 tak honda dan lainya itu mana ada teknologinya? terang aja gak ada larinya dan cuma diminati bapak2, paling tidak kalo mereka pake 4 klep persilinder jamin larinya gak bakal kalah!
trus untuk oli samping perfumed atau scented memang wangi tapi POLUSI!nya gak berkurang! memang mereka berkoar udah sintetislah non smokelah,smokeless lah non polusi lah tapi toh belum ada pembuktian bahwa oli mereka gak berpolusi, toh kalo bisa diciptakan oli 2 tak gak berpolusi ngapain negara maju menyetop produksinya?
jadi marilah kita sukseskan prgram langit biru dengan pelan2 meninggalkan pemakaian motor 2 tak
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed Aug 14, 2002 13:14
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
Nah definisi Polusi tuh apa? Kalau polusi suara, asap, mungkin 2 tax bisa lebih kuantitas dan kualitasnya.
Nah secara kimiawi belum tentu! haru tau dunk kadar CO-nya.
Ini berkaitan dengan efisiensi pembakaran, kalo 2 tax yg rajin diservis belum tentu menghasilkan kadar CO lebih tinggi dari 4 tax.
Masalahnya kan banyak mesin 2 tax (bajaj, bemo or motor) yg jarang diservis sehingga ruang pembakarannya kotor. Akibatnya efisiensi pembakarannya juga rendah, so asap yg ditimbulkan akibat pembakaran yg kurang sempurna juga banyak.
Nah begitu pula dengan mesin 4 tax, meski tidak menghasilkan asap belum tentu di ruang silindernya bersih dari karbon/kerak. Ini bisa menyebabkan inefisiensi yang ujung2nya juga polusi kimiawi.
So ini kembali juga kepada perawatan masing2.
Nah soal perawatan kan jelas 2 tax lebih unggul......so the conclusion is......
Nah secara kimiawi belum tentu! haru tau dunk kadar CO-nya.
Ini berkaitan dengan efisiensi pembakaran, kalo 2 tax yg rajin diservis belum tentu menghasilkan kadar CO lebih tinggi dari 4 tax.
Masalahnya kan banyak mesin 2 tax (bajaj, bemo or motor) yg jarang diservis sehingga ruang pembakarannya kotor. Akibatnya efisiensi pembakarannya juga rendah, so asap yg ditimbulkan akibat pembakaran yg kurang sempurna juga banyak.
Nah begitu pula dengan mesin 4 tax, meski tidak menghasilkan asap belum tentu di ruang silindernya bersih dari karbon/kerak. Ini bisa menyebabkan inefisiensi yang ujung2nya juga polusi kimiawi.
So ini kembali juga kepada perawatan masing2.
Nah soal perawatan kan jelas 2 tax lebih unggul......so the conclusion is......

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
nahh kalo kadar CO ( saya menyesal tidak menyimpan sebuah kompas tahun 1996 yg pernah memuat tabel pengetesan seluruh motor lokal berikut detil racun2 yg dikeluarkan )contoh kadar CO tiger2000 justru lebih tinggi dari yamaha RZR sekalipun TAPI! total racun yg dikeluarkan motor2 2tak tsb jauh lebih tinggi dan lebih berbahaya yaitu berasal dari bekas pembakaran oli samping! kesimpulan saya motor 2tak tetap lebih berpolusi dari 4 tak dan negara2 maju menyetop produksi 2tak dan berubahnya gp500 jadi moto gp juga sudah membuktikan betapa tidak efisien dan berpolusinya motor 2tak.jadi karena negara kita gak maju2 juga masyarakat bermotornya yah saya hanya bisa mengurut dada... contohnya: masyarakat kita juga yg salah selalu takut dengan setelan standar bengkel resmi..pasti pompa olinya distel agak boros dengan asumsi piston&dinding silinder lebih awet padahal akibatnya asap tebal mengganggu pengendara dibelakang serta ruan bakar dan pistonya lebih cepat berkerak ahirnya servis malah lebih sering..makanya hal2 seperti ini harusnya didukung oleh negara, seperti pelan2 mengurangi pembuatan seperda motor 2 tak demi mensukseskan program langit biru misalnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
oh ya ada yg kurang, soal perawatan 2tak kalimatnya salah perawatan 2tak bukan lebih unggul tapi LEBIH MUDAH! jadi lebih disukai orang indonesia yg mau enaknya,gampangnya aja inilah salah satu bukti orang indonesia gak maju2 maunya yg gampang aja...( termasuk saya hahahahahahahaha, wong saya juga indonesia jadi mengeritik diri sendiri juga nih hihihihihi ) kalo perawatan yang lebih unggul sebetulnya justru 4 tak dibanding 2tak asal motornya sama standar, make nya normal 4 tak hanya butuh ganti oli plus sekali2 bersihin karburator & saringan udara mesin gak perlu dibuka sampe 100.000 km lebih! betapa unggulnya!
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Mon Sep 23, 2002 4:56
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Oct 23, 2002 17:50
- Location: surabaya
wah kalo gue mah milih 4 tak............
contohnya gue pilih beli honda sonic daripada honda dash..........
yang gue tau di negara thailand sekarang motor 2 tak udah gak laku dan yang paling booming di sono adalah motor 4 tak.........hahahahahaha
tapi yah itu semua tergantung selera masing2 individu
masalah polusi? wah gak ikut2an, gue bukan anggota green peace sihh

contohnya gue pilih beli honda sonic daripada honda dash..........

yang gue tau di negara thailand sekarang motor 2 tak udah gak laku dan yang paling booming di sono adalah motor 4 tak.........hahahahahaha
tapi yah itu semua tergantung selera masing2 individu
masalah polusi? wah gak ikut2an, gue bukan anggota green peace sihh

ikutan dong
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
- Location: Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Dec 15, 2002 2:34
halo met kenal semua,seneng juga nih ketemu ama forum yg ngebahas mengenai dunia otomotif tapi sayang kenapa cuma forumnya aja linknya mana nih paling dikit screenshotlah biar lebih genahan dikit
anyway,mengenai permasalahan motor 4 tak & 2 tak go rasa kalo di indonesia ngga masalah,soalnya kalo di bilang motor 2 tak tuh biangnya polusi go rasa ngga jugalah,justru yg biangnya polusi tuh yah metromini ama kopaja itu biangnya polusi.lagipula polisi eh... polusi di indonesia tuh dah ngga tau deh (males mikirin polusi),kalo ngga mau kena polusi yah naek mobil lah pake ac.
dulo sih emang gua lebih prefer motor 2 tak macam RG yah karena larinya juga kencengan motor gua di banding ama NSR temen gua,tapi sekarang aneh juga yah kenapa sih motor suzuki fxr yg baru itu dia pake 4 tak?
jadi ngga niat deh belilagi.
anyway,mengenai permasalahan motor 4 tak & 2 tak go rasa kalo di indonesia ngga masalah,soalnya kalo di bilang motor 2 tak tuh biangnya polusi go rasa ngga jugalah,justru yg biangnya polusi tuh yah metromini ama kopaja itu biangnya polusi.lagipula polisi eh... polusi di indonesia tuh dah ngga tau deh (males mikirin polusi),kalo ngga mau kena polusi yah naek mobil lah pake ac.
dulo sih emang gua lebih prefer motor 2 tak macam RG yah karena larinya juga kencengan motor gua di banding ama NSR temen gua,tapi sekarang aneh juga yah kenapa sih motor suzuki fxr yg baru itu dia pake 4 tak?
jadi ngga niat deh belilagi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
loh jangan salah mas.....jangan liat asap hitamnya itu....polusi asap solar tetap lebih rendah daripada bensin, bahkan gas sisa pembakaran solar itu cenderung mengendap kebawah,sedangkan bensin polusinya tetap mengambang di atmosfir.......
suzuki FXR itu mesinya udah DOHC 4 valve,kompresi tinggi larinya kuenceng bangeet
suzuki FXR itu mesinya udah DOHC 4 valve,kompresi tinggi larinya kuenceng bangeet
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Sun Dec 15, 2002 2:34
ooo begitu yah kirain asep hitam itu lebih bahaya daripada asep bensin.
tapi begini masih mengenai permasalahan motor 2 tak,sekarang ada ngga kira² motor 4 tak yg bisa ngalain motor 2 tak(khusus bebek)?jawabannya jelas ngga ada kalo liatnya di sini,
sama kalo boleh tau suzuki yg fxr itu kan 4 tak tuh,kok bisa kenceng sih?
terus terang gua masih bener² buta sama mesin 4 tak
tapi begini masih mengenai permasalahan motor 2 tak,sekarang ada ngga kira² motor 4 tak yg bisa ngalain motor 2 tak(khusus bebek)?jawabannya jelas ngga ada kalo liatnya di sini,
sama kalo boleh tau suzuki yg fxr itu kan 4 tak tuh,kok bisa kenceng sih?
terus terang gua masih bener² buta sama mesin 4 tak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Dec 13, 2002 8:53
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Mungkin kalu ngomongin polusi, yg paling baek emang motor listrik deh. Aprilia udah punya skuter Mojito yg gak kentut......



Lebih jelasnya liat aja disini
http://www.aprilia.com/ridezone/ing/models/fuellfr.htm



Lebih jelasnya liat aja disini
http://www.aprilia.com/ridezone/ing/models/fuellfr.htm
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
salam temen2
wah kalo me di zaman yg susah ini lebih suka naik tunggangan 4 tak tuh
lebih irit maklum lah bensin mahal kalo naik 2 tak bisa kedodoran di bensin

wah kalo me di zaman yg susah ini lebih suka naik tunggangan 4 tak tuh





1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Yongis_CD wrote:suzuki FXR itu mesinya udah DOHC 4 valve,kompresi tinggi larinya kuenceng bangeet
wah me kurang percaya tuh ma suzuki FXR soal larinya kalo me beling larinya suzuki FXR masegh kala ma suzuki Satrianya


1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
lagain kalo me pikir suzuki masegh bluum jago soal motor 4 tak masegh jagoan honda dan yamaha kalo soal 4 tak
disamping itu masegh jarang sekali mechanic suzuki FXR yg bener menguasai mesinya
me pernah iseng2 jalan liat 2 n tanya2 soal mesin FXR ma mekanik motor n kebanyakan bilang tenaganya masegh kendor tuh
oh ya bagi penggemar suzuki jangan marah me juga penggemar suzuki me pakai new shogun karena buat 4 tak keluaran suzuki shogun yg terbaik

disamping itu masegh jarang sekali mechanic suzuki FXR yg bener menguasai mesinya


oh ya bagi penggemar suzuki jangan marah me juga penggemar suzuki me pakai new shogun karena buat 4 tak keluaran suzuki shogun yg terbaik


1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Numpang ngobrol
Halo all Biker's.....
Salam kenal dari Bro mickey, menurut saya motor 2 tak tuh masih lama beredar di Ind mungkin sekitar 6 or 7 thn lagi jadi saran saya untuk penggemar 4 tak yah tunggu aja deh sekitar 6 or 7 thn lagi baru bisa dimulai program langit biru itu dan untuk penunggang 2 tak jangan sedih di tuding sebagai penghambat program langit biru, rawatlah motor anda sebaik mungkin sehingga tidak terlalu banyak menyumbang racun di udara negri ini. (kalo perlu beli 2 tak yg pake catalik converter)
Salam kenal dari Bro mickey, menurut saya motor 2 tak tuh masih lama beredar di Ind mungkin sekitar 6 or 7 thn lagi jadi saran saya untuk penggemar 4 tak yah tunggu aja deh sekitar 6 or 7 thn lagi baru bisa dimulai program langit biru itu dan untuk penunggang 2 tak jangan sedih di tuding sebagai penghambat program langit biru, rawatlah motor anda sebaik mungkin sehingga tidak terlalu banyak menyumbang racun di udara negri ini. (kalo perlu beli 2 tak yg pake catalik converter)