Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Btw baru coba lagi ecoboost temen, mesin nya termasuk enak tarikan nya, dan saya lupa kalau ini ternyata 3 silinder.
Memang kalau kita bawa mobil dengan turbo harus bener2 tau dimana celah turbo benar2 bekerja kalau tidak yang kita rasakan malah lag. Sama halnya dengan mitsu evo atau mobil2 berturbo lain nya.
Oh ya, sasisnya lumayan gak beda dengan fiesta lama..
Memang kalau kita bawa mobil dengan turbo harus bener2 tau dimana celah turbo benar2 bekerja kalau tidak yang kita rasakan malah lag. Sama halnya dengan mitsu evo atau mobil2 berturbo lain nya.
Oh ya, sasisnya lumayan gak beda dengan fiesta lama..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Yoi bro, ga bs asal bejek... harus hovering rpm dekat sweetspot turbo nya sebelum melepas seluruh kuda di mesin. Lain dengan NA, yang langsung jujur: lemot di low rev atau asma di hi rev.NYoman wrote:Btw baru coba lagi ecoboost temen, mesin nya termasuk enak tarikan nya, dan saya lupa kalau ini ternyata 3 silinder.
Memang kalau kita bawa mobil dengan turbo harus bener2 tau dimana celah turbo benar2 bekerja kalau tidak yang kita rasakan malah lag. Sama halnya dengan mitsu evo atau mobil2 berturbo lain nya.
Oh ya, sasisnya lumayan gak beda dengan fiesta lama..
Anyway, Ecoboost Fiesta benar2 mobil yang menarik dan menyenangkan.
Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
sama om, enak banget malah kalo pake total, giliran ganti shell hadeuh boyonyamontirangin wrote:kalo total bener om. ane juga berasa lebih enak dan lebih irit dibanding shell super. kalo vpower belom coba.poik99 wrote:bukan cuman boros doank kalo saya berasanya mah pake si kerang, malah berasa tarikannya boyo kalo pake vpower, jadi berasa kaya pake pertamax tapi aditifnya beda gitu, padahal jatohnya vpower lebih mahal dibanding per plus
kalo mau coba total pak, tarikannya lebih enak cuman ya itu cari pombensin-nya susah banget


pengen TD ekobos ga sempet2

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Apalagi penasaran TD ekobos manualpoik99 wrote:sama om, enak banget malah kalo pake total, giliran ganti shell hadeuh boyonyamontirangin wrote:kalo total bener om. ane juga berasa lebih enak dan lebih irit dibanding shell super. kalo vpower belom coba.poik99 wrote:bukan cuman boros doank kalo saya berasanya mah pake si kerang, malah berasa tarikannya boyo kalo pake vpower, jadi berasa kaya pake pertamax tapi aditifnya beda gitu, padahal jatohnya vpower lebih mahal dibanding per plus
kalo mau coba total pak, tarikannya lebih enak cuman ya itu cari pombensin-nya susah bangetcuman enak aja ga ngantri sma pake kartu kredit kaga di cas
![]()
pengen TD ekobos ga sempet2



Sumber : Autonetmagz
Gigi 2 aja bisa 100 km/jam di 6000 rpm


There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
wuah napasnya panjang amat itu ecoboost.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Mon Oct 20, 2014 15:40
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Edun eeuyyy
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Ada 1 hal yang ane belum ngerti :
Kenapa FMI nggak jual Ecosport versi 1.0 ecoboost ini di Indonesia, malah jual versi Fiestanya ?
Udah jelas Ecosport jauh lebih laku banding Fiesta saat ini di Indonesia.
http://www.india.ford.com/suv/ecosport/ ... titanium-o
Entah kenapa.
Kenapa FMI nggak jual Ecosport versi 1.0 ecoboost ini di Indonesia, malah jual versi Fiestanya ?
Udah jelas Ecosport jauh lebih laku banding Fiesta saat ini di Indonesia.
http://www.india.ford.com/suv/ecosport/ ... titanium-o
Entah kenapa.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
apa maksudnya?JKW wrote:Ada 1 hal yang ane belum ngerti :
Kenapa FMI nggak jual Ecosport versi 1.0 ecoboost ini di Indonesia, malah jual versi Fiestanya ?
Udah jelas Ecosport jauh lebih laku banding Fiesta saat ini di Indonesia.
http://www.india.ford.com/suv/ecosport/ ... titanium-o
Entah kenapa.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Ini 5 speed manual padahal, versi luar dapet 6 speed (cmiiw)montirangin wrote:wuah napasnya panjang amat itu ecoboost.
Entah spec down transmisi manual yg berguna nih


There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
kalo 6 speed harusnya gigi 2 nya cuman 70-80kmh om sandal.
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Oct 06, 2014 5:01
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Oh gitu ya gan.. OK lah ane akan coba Pertamax Plus untuk ngetest konsumsi BBM di ecoboost ane.. semoga tambah iritkevingrld wrote:Waduh ane juga ngerasa kalo bensin dari "kerang" boros . ane pake pert*mina yg pertamax plus kena 1:12- 1:15 dalam kota . nah giliran ane ganti kerang jadi turun signifikan jadi 1:7 . sekalipun ane bejek(pertamax plus) ane dapet lebih gede dari segitu 1:9 -10 nah kalo kerang ane pake bejek makin nyekek fuel consumptionnya kemaren kena 1:6 !!!

Kalo soal tarikan sih, so far pake Shell Super maupun V-Power sih ok2 aja.. tarikan enak, ya tapi saya belum merasakan dan bandingkan dengan P Plus..
Oh ya, ada 1 hal mengenai Ecoboost A/T PowerShift ini: kalau mesin baru dinyalakan kemudian diajak jalan dengan A/C on, PowerShift nya suka ngelag pindah gigi.. jadi suka pindah nya di RPM 3000 gitu. Dah gitu shifting nya rada jerky, kek ketarik gitu pas shifting. Ini apalagi kalo gas nya ringan (akselerasi santai). Hal ini terjadi sekitar 10 menit awal. Setelahnya, baru normal.. shifting di 2000-2500 rpm dan mulus shifting nya...
Ada yg rasain juga?
Please don't get me wrong, this is a great car. Bawanya enak bener kalau hi speed, handling mantab. Tp transmisi PowerShift ini kalo saya baca artikel2 emang bnyk complaint.. shoulda read more before buying.. haha
Ps. Radiator fan nya ribut bener kalau A/C on...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Betul juga nihmontirangin wrote:kalo 6 speed harusnya gigi 2 nya cuman 70-80kmh om sandal.
Sent from my Ericsson GH 218 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
tapi kalo jalanan macet ribet juga gigi banyak gitu om.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Repot gmn dengan gir banyak? Rasanya gak ada masalah dengan gir banyak..
Yang repot kalo jalanan macet sistem transmisi otomatisnya pakai DSG
Yang repot kalo jalanan macet sistem transmisi otomatisnya pakai DSG
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Gear banyak memang pasti cenderung jerky karena shift terus. Butuh refinement lebih biar bisa alus. Tpi gear dikit powerlossnya besar.
Makanya sedikit pabrikan yg pake gb diatas 6 speed. Yg beneran ane rasa sangat refined ya 8-speed ZF di BMW. Atau 9-speed di rangie.
Makanya sedikit pabrikan yg pake gb diatas 6 speed. Yg beneran ane rasa sangat refined ya 8-speed ZF di BMW. Atau 9-speed di rangie.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
untuk lebi irit terrnyataChZ wrote:Gear banyak memang pasti cenderung jerky karena shift terus. Butuh refinement lebih biar bisa alus. Tpi gear dikit powerlossnya besar.
Makanya sedikit pabrikan yg pake gb diatas 6 speed. Yg beneran ane rasa sangat refined ya 8-speed ZF di BMW. Atau 9-speed di rangie.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Lebih irit apa ini?montirangin wrote:untuk lebi irit terrnyata
Bingung gw
Irit fuel consumption untuk gearbox 6 speed keatas?
Yes dan No
Kalo pindah2 gigi tapi di rpm rendah trus (jauh dari powerband, asumsi mesin bensin no turbo gdi), padahal nyetir agresif, malah boros, karena nafsu gede tenaga kurang (ga cukup torsi)
Tapi kalo shift nya pas, emang irit, karena rasio antar gigi cukup rapat, jadi rpm ga drop banyak
Kalo ane si gear banyak bantu lebih fleksibel milih timing waktu ganti gigi
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
kalo gb dengan gear banyak dan gear sedikit sih baik power delivery dan efisiensinya jelas lebih baik gear banyak. nggak semata-mata lebih irit, untuk akselerasi pun nggak ngos-ngosan karena rasio nya rapet-rapet.KodokPushUp wrote: Lebih irit apa ini?
Bingung gw
Irit fuel consumption untuk gearbox 6 speed keatas?
Yes dan No
Kalo pindah2 gigi tapi di rpm rendah trus (jauh dari powerband, asumsi mesin bensin no turbo gdi), padahal nyetir agresif, malah boros, karena nafsu gede tenaga kurang (ga cukup torsi)
Tapi kalo shift nya pas, emang irit, karena rasio antar gigi cukup rapat, jadi rpm ga drop banyak
Kalo ane si gear banyak bantu lebih fleksibel milih timing waktu ganti gigi
di kecepatan yang sama let's say 100 km/h bisa diraih lebih cepat dan dipertahankan dengan RPM rendah saking banyaknya perbandingan gigi. mobil-mobil Eropa kebanyakan 100 km/h RPMnya nggak lebih dari 2000, makanya FCnya bisa irit apalagi yang diesel. Jadi nggak heran BMW yang Diesel iritnya ampun-ampunan, itu mobil kerjaannya gearshift melulu.
masalahnya kalo TCUnya dudul dan transmisinya less refined kebanyakan gear malah bikin jerky/nyentak-nyentak. apalagi DCT biasanya sulit banget untuk nggak jerky. Cuma DSGnya VW yang sejauh ane nyoba mobil paling halus, itupun DSG VW generasi terbaru ya (Golf TSI MK7) yang MK6 masih jerky cukup parah. DSG Ford masih perlu banyak refinement.
makanya CVT populer karena untuk mobil harian yang dicari smoothness dan power delivery yang baik, jadilah banyak yang "main aman" pake CVT, walaupun response nya kurang baik (lelet), tapi untuk mobil harian smoothness lebih penting daripada response. tapi untuk sekarang sih pabrikan seperti BMW dengan 8-speed dan Mazda dengan SKY-DRIVE 6-speed sudah bisa bikin gb auto yang responnya bisa se-cekatan DCT tapi smooth as CVT.
AFAIK. CMIIW

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
karena gear nya banyak jadi lebih ga terlalu berartKodokPushUp wrote:Lebih irit apa ini?montirangin wrote:untuk lebi irit terrnyata
Bingung gw
Irit fuel consumption untuk gearbox 6 speed keatas?
Yes dan No
Kalo pindah2 gigi tapi di rpm rendah trus (jauh dari powerband, asumsi mesin bensin no turbo gdi), padahal nyetir agresif, malah boros, karena nafsu gede tenaga kurang (ga cukup torsi)
Tapi kalo shift nya pas, emang irit, karena rasio antar gigi cukup rapat, jadi rpm ga drop banyak
Kalo ane si gear banyak bantu lebih fleksibel milih timing waktu ganti gigi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
I use 7G-Tronic from mercs, no prob at all..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Maksudnya?montirangin wrote:karena gear nya banyak jadi lebih ga terlalu berart
Bisa kasih penjelasan ga om, jangan 1 kalimat aja?
Ane yg newbie jadi tambah bingung
Bukannya secara logika, gear tambah banyak, otomatis gearbox jadi lebih berat?
@ChZ
Kecepatan tinggi dengan rpm terendah memang irit
Tapi begitu ada penambahan injakan di pedal gas, kalau tcu nya dodol ga cepet downshift, kan malah bikin boros
Tapi kalau seperti di cerita bro ChZ yg BMW kerjanya shift terus, tentunya ga masalah
Soalnya gerobak ane rajin upshift, tapi males downshift

Oh iya bisa tolong jelaskan pengertian power delivery bro? Newbie ga ngerti bahasa tingkat tinggi gini..

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
ya itu dia oom, yang ane bilang butuh refinement. gimana cara ngebuat si TCU dan ECU mengikuti keinginan pengemudi memilih gear yang tepat. untuk jaman sekarang sih TCU udah pinter, apalagi memanfaatkan advantage dari gearbox dengan gear banyak yang close-ratio tentu downshift dan upshift semakin cepat.KodokPushUp wrote:Maksudnya?montirangin wrote:karena gear nya banyak jadi lebih ga terlalu berart
Bisa kasih penjelasan ga om, jangan 1 kalimat aja?
Ane yg newbie jadi tambah bingung
Bukannya secara logika, gear tambah banyak, otomatis gearbox jadi lebih berat?
@ChZ
Kecepatan tinggi dengan rpm terendah memang irit
Tapi begitu ada penambahan injakan di pedal gas, kalau tcu nya dodol ga cepet downshift, kan malah bikin boros
Tapi kalau seperti di cerita bro ChZ yg BMW kerjanya shift terus, tentunya ga masalah
Soalnya gerobak ane rajin upshift, tapi males downshift![]()
Oh iya bisa tolong jelaskan pengertian power delivery bro? Newbie ga ngerti bahasa tingkat tinggi gini..
power delivery itu gimana ya jelasinnya... ya karena transmisi kan yang menghubungkan mesin dan roda. lha dari mesin - transmisi - roda itu rugi-rugi nya pasti banyak. semakin kecil rugi-rugi ini semakin baik power deliverynya. lha kelemahan dari geared A/T biasa adalah masih menggunakan torque converter, sehingga banyak rugi-rugi akibat slip TC ini membuat power delivery kurang optimal dibanding Manual. Yang sekarang lambat laun sudah disempurnakan dengan perbandingan gigi semakin rapat untuk meminimalisir slip TC dan dikembangkannya juga CVT dan DCT.
AFAIK, CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Oh jadi power delivery itu = transfer tenaga dari mesin ke roda melalui transmisi?
Gejala slip TC itu, jeda antara rpm naik dan tenaga sampai ke roda?
Mantab penjelasannya bro ChZ, saya berminat menjadi murid anda
Gejala slip TC itu, jeda antara rpm naik dan tenaga sampai ke roda?
Mantab penjelasannya bro ChZ, saya berminat menjadi murid anda

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
sorry bro Chz, aku ikutan share penjelasan soal power delivery ya
kalo menurutku, langsung ke intinya: penyaluran tenaga dari engine ke roda(ban).
Torque Converter yg mengalami kondisi slip, penerjemahannya(IMHO):
selisih reaksi antara naiknya rpm dg pergerakan kendaraan(menggelindingnya roda).
CMIIW.
aku msh mikir2 pengaruh rapatnya rasio antar gigi perseneling dg power delivery yg dapat tercipta,
yg mengakibatkan meningkatnya efeiensi penggunaan bahan bakar.
mau cari dolo artikelnya di internet


halo om KodokPushUpKodokPushUp wrote:Oh jadi power delivery itu = transfer tenaga dari mesin ke roda melalui transmisi?
Gejala slip TC itu, jeda antara rpm naik dan tenaga sampai ke roda?
Mantab penjelasannya bro ChZ, saya berminat menjadi murid anda
kalo menurutku, langsung ke intinya: penyaluran tenaga dari engine ke roda(ban).
Torque Converter yg mengalami kondisi slip, penerjemahannya(IMHO):
selisih reaksi antara naiknya rpm dg pergerakan kendaraan(menggelindingnya roda).
CMIIW.
aku msh mikir2 pengaruh rapatnya rasio antar gigi perseneling dg power delivery yg dapat tercipta,
yg mengakibatkan meningkatnya efeiensi penggunaan bahan bakar.

mau cari dolo artikelnya di internet

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
jadi itu bisa nyebabin selip dong? .....