coba aja di http://www.shoei.com dan http://www.araihelmet.comgehu10 wrote:pengen juga donk kalo helm arai murah n bagus mah...ada yg tau website nya arai atau shoei ga??
Helm yg menurut lo terbaik.....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
klo untuk motor dan perlengkapannya paling banyak sih di Saitama dekat markas pusat HRC, Mito (Chiba Ken), Oyama(Tochigi ken) atau Suzuka. klo Tokyo bisa di cari di daerah Ueno motor Park dekat taman sakura Ueno tapi hati2 banyak copet di Ueno. Kebanyakan pelakunya orang asing bukan orang jepang dan ada juga orang indo yang begitu. bukannya menjelekan orang sendiri tapi itu lah kenyataannyagauss wrote:Bro Handy... kalo boleh tau... nyari helm 2nd di Jepang itu di kota mana ya? Kalo punya alamatnya lebih bagus deh...Handy wrote: klo di jepang sih gw pernah dapat shoei X-11 hitam mulus cuma 5000yen cuma sayang ukuran L ngak masuk ke kepala gw. asli tuh helm mulus bgt klo di bilang 95% spt baru cuma di visornya ada sedikit baret. ada lagi Arai PROFILE abu-abu juga mulus banget luar dalam 12000yen, lagi-lagi ukuran ngak pas M. dan yang terakhir pernah ambil AGV dari tempat pembuangan electronic cuma busanya udah lumayan hancur jadi gw buang lagi, padahal udah sempat gw bawa pulang ke apartment.
Soalnya ada sister-in-law gw lagi jalan2 ke jepun sono... siapa tau bisa bawain barang sebiji
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
saya pake shoei NR-8
beli di astoria 2,4 tp thn 2002 hehehe uda bangkot
enak ga sempit tp ga goyang
trus tali helmnya model ikat spt yg di motogp
pertama saya bingung koq model ikat gini apa kuat ya krn biasanya helm kan talinya model click on gt kan.
ternyata setelah dicoba ditarik2 lebih kuat yg model ikat bros..
dulu pake agv agak jepit pipi (soalnya pake kacamata nih)
pake kaca yg gelap (hitam pekat) jd jln malem hrs dibuka kacanya.
menurut saya agv uda cukup ok bros
uda pernah di test (jatuh 4 kali )
saya beli shoei gara2 temen pernah kecelakaan lg jalan 180km/jam nabrak 5 vespa yg lg parkir
badan babak belur tp kepala ga lecet dikit pun.
Lgsg besoknya saya cari tuh helm shoei
sekian dulu semoga bermanfaat
yang penting ride safely bros..
selalu asah skill safety riding biar aman di jalan
beli di astoria 2,4 tp thn 2002 hehehe uda bangkot
enak ga sempit tp ga goyang
trus tali helmnya model ikat spt yg di motogp
pertama saya bingung koq model ikat gini apa kuat ya krn biasanya helm kan talinya model click on gt kan.
ternyata setelah dicoba ditarik2 lebih kuat yg model ikat bros..
dulu pake agv agak jepit pipi (soalnya pake kacamata nih)
pake kaca yg gelap (hitam pekat) jd jln malem hrs dibuka kacanya.
menurut saya agv uda cukup ok bros
uda pernah di test (jatuh 4 kali )
saya beli shoei gara2 temen pernah kecelakaan lg jalan 180km/jam nabrak 5 vespa yg lg parkir
badan babak belur tp kepala ga lecet dikit pun.
Lgsg besoknya saya cari tuh helm shoei
sekian dulu semoga bermanfaat
yang penting ride safely bros..
selalu asah skill safety riding biar aman di jalan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
tadi gw baru liad harga2 helm shoei...
buset edun2 harganya euy..30rb yen ++
berarti kalo mo yg 5000 yen mah kudu eli yg bekas ya bro handy?
buset edun2 harganya euy..30rb yen ++
berarti kalo mo yg 5000 yen mah kudu eli yg bekas ya bro handy?
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
¥30000 yang type biasa klo X-11 ¥60000. dulu sih gw biasa ke toko NANKAI Speed Shop itu seperti indomart tapi yang di jual perlengkapan motor tentunya. klo yg ¥5000 itu di recycle shop yg khusus jual barang bekas, tapi barangnya masih bagus dan kondisinya ada yg seperti baru.gehu10 wrote:tadi gw baru liad harga2 helm shoei...
buset edun2 harganya euy..30rb yen ++
berarti kalo mo yg 5000 yen mah kudu eli yg bekas ya bro handy?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
walah...gimana ya..kira2 sodara gw bisa ga ya pilihin yg masi bagus helmnya...
oh iya trus nti kalo dikirim ke sini nya dapet pajak lagi ga??
oh iya trus nti kalo dikirim ke sini nya dapet pajak lagi ga??
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Fri Jan 19, 2007 4:25
- Location: Diatas Kymco Trend SR 125 CC
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Fri Jan 19, 2007 4:25
- Location: Diatas Kymco Trend SR 125 CC
nih di ambil dari milis tetangga....ternyata helm yg dijual di indo mengerikan juga
[QUOTE=Unregistered]Sorry, nambahin tulisan yg kemaren, mudah2an bisa tambah cerah...
Sertifikasi Helm.
A. Snell
Saat ini sertifikasi Snell dianggap sebagai tolok ukur kualitas helm. Snell memberikan standar tertinggi untuk pengujian helm.
Snell mengeluarkan sertifikasi untuk produk-produk helm (segala macem helm ; helm sepeda, helm gokart, dll) yang beredar di pasar US. Sertifikasinya sangat spesifik untuk Merk tertentu, type tertentu, dan size tertentu. Beberapa merk dan type helm yang ada dalam certified product listnya Snell (yg mungkin ada di pasaran Indonesia aja) :
AGV : 00F3 ;
Arai : Astral-X, Astro-TR, Chaser, Classic-LE2, Classic/c, Condor, Corsair, GP-5X, Omni-J, Quantum-2, Rapide-Ov, Rapide-SR, RX-7 Corsair, RX-7RC, Signet-II, SZ-F, SZ-Ram 3, SZ/c, SZ/m, Tour-X, Vcross-3, Viper-GT, VX-3, XD, XD-Motard.
Bell : Racestar 5, Moto 7R, Moto 7, Moto 8, Moto Jr, SC, SC-X, Sprint.
G-Force Racing Gear : Force One/Graphics, GF 650
HJC Corporation : AC-11, AC-11 Carbon, AC-11J, AC-11J Carbon, AC-11N, AC-12, AC-12 Carbon, AC-3, AC-X3, AC-X3 Carbon, CL-15, CL-31, CL-SP, CL-X5, CS-5, FG-12, Force Carbon, FXRG, HQ-1, Intake.
Shoei Co., Ltd.: J-Wing, PLATINUM-R (hanya untuk ukuran L), RF-1000, TZ-R, V-MOTO, VFX-DT, X-9, X-Eleven, XR-1000.
Helm-helm “lulusan†Snell akan diberi label / decal, tergantung kelas sertifikasinya. Ini conto untuk helm sepedamotor (standard 2005):
B. DOT (Department of Transportation) US
Sebenarnya DOT tidak mengeluarkan List of Approved Product. Namun NHTSA (National Highway Traffic Safety Association, salah satu bagian dari DOT) memiliki list hasil test standard FVMSS 218 (standar DOT untuk helm) untuk setiap Fiscal Year. Merk yang lolos test DOT berhak mencantumkan sticker kecil DOT pada produknya. US DOT sendiri mengakui banyak sticker DOT yang dipalsukan (itu di Amrik, apalagi di Indonesia…hehehe.. ).
Untuk ngecek apa helm kita DOTnya beneran apa nggak, yang paling gampang adalah memeriksa Labeling nya. Helm lulusan DOT harus ada :
(1) Nama pabrik/identifikasinya.
(2) Model
(3) Size
(4) Tahun dan bulan pembuatan. Bisa dg format lengkap MMMM YYYY (missal June 1990), atau angka M/YY (misal 6/90 )
(5) Simbol / sticker/tulisan DOT. Simbol ini harus kelihatan di bagian luar helm, dg warna yang kontras dg background. Tinggi huruf minimal 1 cm tertulis secara horizontal minimum 2.9 cm, dan maksimum 3.5 cm dari pinggir helm.
(6) Instruksi untuk pembeli, yang tulisannya (gua kutip aslinya) :
(A) "Shell and liner constructed of (identify type(s) of materials)"
(B) "Helmet can be seriously damaged by some common substances without damage being visible to the user. Apply only the following: (Recommended cleaning agents, paints, adhesives, etc., as appropriate)"
(C) "Make no modifications. Fasten helmet securely. If helmet experiences a severe blow, return it to the manufacturer for inspection, or destroy it and replace it."
(D) Any additional relevant safety information should be supplied at the time of purchase by means of an attached tag, brochure, or other suitable means
Jadi, kalo helm nya cuman ditulisin DOT tanpa ada embel2 yang lain, mungkin maksudnya DOT bayi hehehe…
Kalo mau beli helm DOT musti bawa penggaris tuch, buat ngukur tulisannya.
C. E2205 atau ECE 22-05
European Standard. Semua helm yang dijual di Inggris harus lewat sertifikasi ini, atau standar yang lama BS 6658. Helm ECE 22-05 ditest oleh BSI (British Standard Institute). BSI 6658 dan ECE 22-05 termasuk standard tertinggi, dapat disamakan dengan Snell M-2000, dan dianggap lebih tinggi dari standard DOT maupun standar Eropa CE yang lebih tua lainnya. Sticker ECE 22-05 biasanya ada di bagian belakang helm, termasuk identitas batch number.
D. AS 1698 (1988)
Standard Australia. Hampir sama dengan standard Snell, maupun ECE-22
E. NZS 5430 : 1992
Standard New Zeland. Sama dengan AS 1698.
F. JIS T8133
Standard Jepang. Gua nggak tau banyak apa isinya (basa jepang sich.. gua kagak ngerti...)
G. SNI (Standar Nasional Indonesia)
No comment.
Di daerah Kalimantan, Helm standar = helm yang ada stickernya SNI.
H. EN-3
Ada sebuah toko di Jakarta yang nawarin gua Helm yang katanya standard Eropa EN-3. Dia BOHONG, standar EN-3 adalah standar eropa untuk Fire Extinguisher (Pemadam Api). Positive thinking aja, mungkin maksudnya ada stickernya E3. Kalo ini benar (ada stickernya E3), itu berarti helm lulusan ECE 22-05 (sticker symbol ECE tulisannya memang E3).
Ada on-line store (di Indonesia) yang menjual helm merk INK, katanya sertified by Snell dan DOT, (dijual seharga Rp. 315.000,-). Itu juga bo'ong. Tidak ada merk INK dalam list yang dikeluarkan Snell (per 1 Maret 2006) ataupun list FVMSS 218 tahun 2005. (sorry buat yang fanatik INK).
Sekedar buat guidance aja, pake helm juga perlu merhatiin usia helmnya. Snell merekomendasikan umur helm 5 tahun udah musti ganti, alasannya materialnya mungkin udah berkurang kekuatannya. Kayanya itu juga yang membuat DOT minta date of manufacturenya dicantumin, jadi ketauan kapan bikinnya. Jadi, hati-hati juga kalo beli helm diskon model lama, mungkin dia udah gak sekuat helm yang baru dibikin. Jangan kaya temen gua yang begitu membangga-banggakan helm Arai-nya yang udah berumur lebih dari 10 tahun.
Gimana kalo kita cuma bisa beli helm yang tdk tersertifikasi ? Ada sebuah “rule of thumb†dari logika sederhana aja. Kalo helm kita gak bisa nahan benturan keras, jangan benturkan dengan keras… hehehe ya nggak ? Maksud gua gini. Impact severity berhubungan langsung dengan kecepatan. Jadi, kalo helm kita kira-kira kemampuannya pas-pasan, hindari benturan keras dengan cara KURANGI KECEPATAN. Siapa tahu kalo kita jatuh “slow motionâ€Â, benturan yang kita dapet gak terlalu keras, sehingga helm yang kita beli di pinggir jalanpun mudah-mudahn bisa nolong kepala kita. (Tapi, jangan dibalik, gua sama sekali tidak bilang “Anda boleh ngebut kalo helm anda bagusâ€Â, lho…)
Mudah2an ini bisa membuat tambah cerah..
Sebenernya ada beberapa gambar2 (symbol2 sertifikasi) yg pengin saya attach disini, tapi gua gak bisa kasih attachment, jadi sorry dech, ngomong doang tanpa gambar… (kalo perlu banget bisa japri, ntar gua kirimin…)
Sukses selalu Honda-Tiger Club (sayang gua gak punya cukup duit buat beli tiggy... )
Be careful out there..
Think Safety, Ride Safely.. (bisa dijadiin jargon safety nggak ?)
Cheers,
Anto[/QUOTE]
[QUOTE=Unregistered]Sorry, nambahin tulisan yg kemaren, mudah2an bisa tambah cerah...
Sertifikasi Helm.
A. Snell
Saat ini sertifikasi Snell dianggap sebagai tolok ukur kualitas helm. Snell memberikan standar tertinggi untuk pengujian helm.
Snell mengeluarkan sertifikasi untuk produk-produk helm (segala macem helm ; helm sepeda, helm gokart, dll) yang beredar di pasar US. Sertifikasinya sangat spesifik untuk Merk tertentu, type tertentu, dan size tertentu. Beberapa merk dan type helm yang ada dalam certified product listnya Snell (yg mungkin ada di pasaran Indonesia aja) :
AGV : 00F3 ;
Arai : Astral-X, Astro-TR, Chaser, Classic-LE2, Classic/c, Condor, Corsair, GP-5X, Omni-J, Quantum-2, Rapide-Ov, Rapide-SR, RX-7 Corsair, RX-7RC, Signet-II, SZ-F, SZ-Ram 3, SZ/c, SZ/m, Tour-X, Vcross-3, Viper-GT, VX-3, XD, XD-Motard.
Bell : Racestar 5, Moto 7R, Moto 7, Moto 8, Moto Jr, SC, SC-X, Sprint.
G-Force Racing Gear : Force One/Graphics, GF 650
HJC Corporation : AC-11, AC-11 Carbon, AC-11J, AC-11J Carbon, AC-11N, AC-12, AC-12 Carbon, AC-3, AC-X3, AC-X3 Carbon, CL-15, CL-31, CL-SP, CL-X5, CS-5, FG-12, Force Carbon, FXRG, HQ-1, Intake.
Shoei Co., Ltd.: J-Wing, PLATINUM-R (hanya untuk ukuran L), RF-1000, TZ-R, V-MOTO, VFX-DT, X-9, X-Eleven, XR-1000.
Helm-helm “lulusan†Snell akan diberi label / decal, tergantung kelas sertifikasinya. Ini conto untuk helm sepedamotor (standard 2005):
B. DOT (Department of Transportation) US
Sebenarnya DOT tidak mengeluarkan List of Approved Product. Namun NHTSA (National Highway Traffic Safety Association, salah satu bagian dari DOT) memiliki list hasil test standard FVMSS 218 (standar DOT untuk helm) untuk setiap Fiscal Year. Merk yang lolos test DOT berhak mencantumkan sticker kecil DOT pada produknya. US DOT sendiri mengakui banyak sticker DOT yang dipalsukan (itu di Amrik, apalagi di Indonesia…hehehe.. ).
Untuk ngecek apa helm kita DOTnya beneran apa nggak, yang paling gampang adalah memeriksa Labeling nya. Helm lulusan DOT harus ada :
(1) Nama pabrik/identifikasinya.
(2) Model
(3) Size
(4) Tahun dan bulan pembuatan. Bisa dg format lengkap MMMM YYYY (missal June 1990), atau angka M/YY (misal 6/90 )
(5) Simbol / sticker/tulisan DOT. Simbol ini harus kelihatan di bagian luar helm, dg warna yang kontras dg background. Tinggi huruf minimal 1 cm tertulis secara horizontal minimum 2.9 cm, dan maksimum 3.5 cm dari pinggir helm.
(6) Instruksi untuk pembeli, yang tulisannya (gua kutip aslinya) :
(A) "Shell and liner constructed of (identify type(s) of materials)"
(B) "Helmet can be seriously damaged by some common substances without damage being visible to the user. Apply only the following: (Recommended cleaning agents, paints, adhesives, etc., as appropriate)"
(C) "Make no modifications. Fasten helmet securely. If helmet experiences a severe blow, return it to the manufacturer for inspection, or destroy it and replace it."
(D) Any additional relevant safety information should be supplied at the time of purchase by means of an attached tag, brochure, or other suitable means
Jadi, kalo helm nya cuman ditulisin DOT tanpa ada embel2 yang lain, mungkin maksudnya DOT bayi hehehe…
Kalo mau beli helm DOT musti bawa penggaris tuch, buat ngukur tulisannya.
C. E2205 atau ECE 22-05
European Standard. Semua helm yang dijual di Inggris harus lewat sertifikasi ini, atau standar yang lama BS 6658. Helm ECE 22-05 ditest oleh BSI (British Standard Institute). BSI 6658 dan ECE 22-05 termasuk standard tertinggi, dapat disamakan dengan Snell M-2000, dan dianggap lebih tinggi dari standard DOT maupun standar Eropa CE yang lebih tua lainnya. Sticker ECE 22-05 biasanya ada di bagian belakang helm, termasuk identitas batch number.
D. AS 1698 (1988)
Standard Australia. Hampir sama dengan standard Snell, maupun ECE-22
E. NZS 5430 : 1992
Standard New Zeland. Sama dengan AS 1698.
F. JIS T8133
Standard Jepang. Gua nggak tau banyak apa isinya (basa jepang sich.. gua kagak ngerti...)
G. SNI (Standar Nasional Indonesia)
No comment.
Di daerah Kalimantan, Helm standar = helm yang ada stickernya SNI.
H. EN-3
Ada sebuah toko di Jakarta yang nawarin gua Helm yang katanya standard Eropa EN-3. Dia BOHONG, standar EN-3 adalah standar eropa untuk Fire Extinguisher (Pemadam Api). Positive thinking aja, mungkin maksudnya ada stickernya E3. Kalo ini benar (ada stickernya E3), itu berarti helm lulusan ECE 22-05 (sticker symbol ECE tulisannya memang E3).
Ada on-line store (di Indonesia) yang menjual helm merk INK, katanya sertified by Snell dan DOT, (dijual seharga Rp. 315.000,-). Itu juga bo'ong. Tidak ada merk INK dalam list yang dikeluarkan Snell (per 1 Maret 2006) ataupun list FVMSS 218 tahun 2005. (sorry buat yang fanatik INK).
Sekedar buat guidance aja, pake helm juga perlu merhatiin usia helmnya. Snell merekomendasikan umur helm 5 tahun udah musti ganti, alasannya materialnya mungkin udah berkurang kekuatannya. Kayanya itu juga yang membuat DOT minta date of manufacturenya dicantumin, jadi ketauan kapan bikinnya. Jadi, hati-hati juga kalo beli helm diskon model lama, mungkin dia udah gak sekuat helm yang baru dibikin. Jangan kaya temen gua yang begitu membangga-banggakan helm Arai-nya yang udah berumur lebih dari 10 tahun.
Gimana kalo kita cuma bisa beli helm yang tdk tersertifikasi ? Ada sebuah “rule of thumb†dari logika sederhana aja. Kalo helm kita gak bisa nahan benturan keras, jangan benturkan dengan keras… hehehe ya nggak ? Maksud gua gini. Impact severity berhubungan langsung dengan kecepatan. Jadi, kalo helm kita kira-kira kemampuannya pas-pasan, hindari benturan keras dengan cara KURANGI KECEPATAN. Siapa tahu kalo kita jatuh “slow motionâ€Â, benturan yang kita dapet gak terlalu keras, sehingga helm yang kita beli di pinggir jalanpun mudah-mudahn bisa nolong kepala kita. (Tapi, jangan dibalik, gua sama sekali tidak bilang “Anda boleh ngebut kalo helm anda bagusâ€Â, lho…)
Mudah2an ini bisa membuat tambah cerah..
Sebenernya ada beberapa gambar2 (symbol2 sertifikasi) yg pengin saya attach disini, tapi gua gak bisa kasih attachment, jadi sorry dech, ngomong doang tanpa gambar… (kalo perlu banget bisa japri, ntar gua kirimin…)
Sukses selalu Honda-Tiger Club (sayang gua gak punya cukup duit buat beli tiggy... )
Be careful out there..
Think Safety, Ride Safely.. (bisa dijadiin jargon safety nggak ?)
Cheers,
Anto[/QUOTE]
--------Salam Standard-------
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Dec 11, 2006 3:06
- Location: jakarta selatan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Fri Jan 19, 2007 4:25
- Location: Diatas Kymco Trend SR 125 CC
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
kl kantong pas2an gak usah dipaksain beli helm yg mahal...
kl bawa motor gak ngebut2 amat, dan kl jatuh jg gak bakalan sampe bocor kepala mending beli helm yg middle level aj, cth: agv lokal.
kl make nsr, ninja, aprilia.... nih....! cocok tuh make ARAI.... bela2in dah nabung buat beli helm high level
kl bawa motor gak ngebut2 amat, dan kl jatuh jg gak bakalan sampe bocor kepala mending beli helm yg middle level aj, cth: agv lokal.
kl make nsr, ninja, aprilia.... nih....! cocok tuh make ARAI.... bela2in dah nabung buat beli helm high level
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
- Location: Jakarta
kalo 5 tahun harus ganti.. mending beli helm yang 300an aja, bisa gonta-ganti terus tiap tahun. daripada beli helm yang jutaan? cuma bisa beli satu, buat selamanya?
yang penting bukan helmnya, tapi lebih penting bagaimana menghindari/mencegah kecelakaan itu terjadi. ya.. harus safety riding lah, peka terhadap lingkungan.
yang penting bukan helmnya, tapi lebih penting bagaimana menghindari/mencegah kecelakaan itu terjadi. ya.. harus safety riding lah, peka terhadap lingkungan.
semoga selamat sampai duluan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
kalo AGV lokal tuh yg 500rb an ya?? kalo yg itu ada yg ukuran XL ga di kota laen?? di bandung susah nyarinya nih...parah...
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Jan 05, 2006 7:47
- Location: zoorabaya....city of heroes....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Keknya sudah ada yg bahas masalah ini deh... (termasuk gw)... hehhee...swift wrote:agv lokal yang versi rossi 2001 bos?masih ada kok di lumpia city.di helmnya kok ketulis made in italy ya plus alamat dealer agv di luar sono tapi kok kagak ada safety licensenya?lalu kok lokal?binun....
coba baca2 di thread2 lama deh..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
- Location: Depok
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 555
- Joined: Fri Nov 03, 2006 15:39
- Location: BanDoEnK!!!
wah bahay tuh banyak yg maling helm...kalo gw sih parkir motor trus helmnya gw iketin pake rante yg biasa dipake buat ngiketin sepeda ke tiang gitu...kira2 bisa dicolong ga ya??
soalnya kalo jadi besok gw mo beli helm baru nih...
ada saran beli helm di bandung yg tersedia semua ukuran di mana??
soalnya kalo jadi besok gw mo beli helm baru nih...
ada saran beli helm di bandung yg tersedia semua ukuran di mana??
C'mon, give me your hand!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!
Let's cut loose until we reach our limit
So we can reach the horizon
Ooh! Clash! Into the rolling morning light
Flash! I'm in the coolest driver's high
Towards the best finale!! Yeah..!!