Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Malaysia and Indonesia to join forces to make Asean car a reality
JAKARTA: Malaysia and Indonesia will soon join forces in the automotive industry to make the Asean car a reality, says Prime Minister Datuk Seri Najib Razak.
He said the project would be a dream come true as newly-appointed Indonesian President Joko Widodo, popularly known as Jokowi, has expressed interest in pursuing the idea mooted by Malaysia.
National car maker, Proton Holdings Bhd, is expected to be involved in the project.
"A feasibility study of a possible joint production of the Asean car by Malaysia and Indonesia will be undertaken and it (the idea) was welcomed by President Jokowi who wants the idea to be pursued further.
"This means Proton and Indonesia will launch the Asean car as a viable project after in-depth studies," he told Malaysian journalists here today at the end of his two-day visit to the Indonesian capital to attend the swearing-in ceremony of President Jokowi.
Saya pribadi "membaca-nya" :
"Produsen mobil Malaysia ingin mengexplorasi pasar Indonesia secara lebih dalam, tapi spt-nya mereka nggak mempunyai kemampuan finansial yg cukup / ingin risk sharing, jadi ingin mencari partner lokal"
siapa yg akan jadi investor utama-nya ? pihak sana atau mrk cari investor besar dr Indonesia ?? Polanya brp banding berapa
Lokasi pabrik dimana ?
(Pernah baca bbrp tahun lalu bahwa industri MobNas mrk ada yg mengalami kesulitan finansial)
Setuju dgn um NR, mrk akan berat lawan PMA PMA Jepun yg beroperasi di ASEAN, yg scr kapital & R&D jauh lebih kuat
misalkan nih, petinggi2 industri otomotif indonesia keluar dari comfort zone mereka lalu bergabung bikin pabrikan mobil, secara skill (teknis dan bisnis) mampu gak?
kendala terbesar mungkin dana dan research kali ya?
mohon pencerahan
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ide sangat bagus dari malaysia asal bisa murah kaya timor dengan spek mirip mirip dan juga suku cadang murah murah seperti filter oli 30 rebu,filter bensin 40 ribu filter udara 30 rebu..................................................
maskopat wrote:misalkan nih, petinggi2 industri otomotif indonesia keluar dari comfort zone mereka lalu bergabung bikin pabrikan mobil, secara skill (teknis dan bisnis) mampu gak?
kendala terbesar mungkin dana dan research kali ya?
mohon pencerahan
kalau mau start bikin mobil sendiri, rasanya akan lebih feasible main di commercial vehicle, start bikin kendaraan komersial ukuran kecil dulu, spt pick-up 4X2 & 4X4 / mini truck / three wheeler people carrier etc
Bermain di sektor passenger vehicle ibarat ikut lomba Gladiator lawan T-Rex dengan tangan kosong.......sangat berat
bisa habis kena hook sana sini di wto...blm lagi kalo mrk smua kirim speculan macam soros n bikin rupiah telempar ke (brp yg belum?) rp.35,000 vs usd 1
dulu sy pernah diminta bantu alm prof komar ke wto trial. we were like a group of idiotics in front of angels of death.
timor murah krn tiga hal
org indo wkt itu tdk tau apa itu murah krn biasa kena apa apa mahal (n skrg juga bgt...byk yg paksa diri naik benz pdhl shockabsorber suntikan punya n they arebdriving car with defauled loan repay)
100% import tax exemption dgn presidential decision (nomor 42 / year 1996) yg bbrp x di lempar lempar plaintiffs (us federal govt.qq gm qq ford) saat wto trial
kia saat itu technically bankrupt n mobil thn 92 sdh nos bbrp thn 30,000 units n sdh di jual MLM masih juga tumpuk di stockyard n tibatiba ada order superbesar dr anak diktator asal mau markup n specdown (FoB timor saat th95 sebetulnya cuma usd 2,000 utk usdm spec) copot ini itu yg dianggap tdkbperlu n jual ke us market sbg replacement parts
newrubble wrote:
kia saat itu technically bankrupt n mobil thn 92 sdh nos bbrp thn 30,000 units n sdh di jual MLM masih juga tumpuk di stockyard n tibatiba ada order superbesar dr anak diktator asal mau markup n specdown (FoB timor saat th95 sebetulnya cuma usd 2,000 utk usdm spec) copot ini itu yg dianggap tdkbperlu n jual ke us market sbg replacement parts
Jadi timor s515/i itu... Mobil NOS sisaan dari jaman dulu trus dijual baru sama om tommy?
Sependapat dengan Om Turbo... kita bikin dulu mobil niaga cc kecil yang reliable dan terjangkau buat di daerah2, buat teknisi bisa gandeng SMK/STM lokal.. penjualan bisa via koperasi ato apapun yang sistemnya memudahkan rakyat....
Waktu IIMS kmarin terlihat Tata sudah menjajaki pasar ini...
Timor. Price mark up dan dispec down. Jenius. Dan booming krn murah. Kasian ya kita ini?
Om rubble.. sy msh inget jaman jaya timor lalu baleno 96/97 keluar dgn angka yg jg menusuk (buat sedan jaman itu) 36 jt (cmiiw, memori kolektif aja). Itu apa si diktator ngga ngamuk2 ke koleganya si om liem? Dagangan anaknya disaingin dagangan kolega/atm abadinya..
Nightster Guy wrote:Timor. Price mark up dan dispec down. Jenius. Dan booming krn murah. Kasian ya kita ini?
Om rubble.. sy msh inget jaman jaya timor lalu baleno 96/97 keluar dgn angka yg jg menusuk (buat sedan jaman itu) 36 jt (cmiiw, memori kolektif aja). Itu apa si diktator ngga ngamuk2 ke koleganya si om liem? Dagangan anaknya disaingin dagangan kolega/atm abadinya..
tdk kuatir krn timor (35juta onroad sohc carby, 37juta onroad dohc einsplitzung) sukses ciptakan captive market (smua govt institution wajip beli timor trmsk 5,000 units per angkatan perang abri) n timor tdk gunakan usd sbg price benchmark jadi beda dg yg lain
mazda323 "lantis pavkage" juga dijual onroad rp.42juta alias lbh murah drpd daewoo nexia (opel/vauxhall astra qq pontiac lemans t) yg rp.45juta onroad. blm lagi mazda mr.90 dgn hadiah di undi per 10unit itu (kalo menang) gratis satu. atau beli 10 gratis 1 tanpa undi
chaotic market saat itu. hanya tommy n oom fritz yg tersenyum. oom william masuk rumahsakit spore n japan
montirangin wrote:kalo dgn malaysia, mending ngalah dan jalan sendiri. jalan mereka memang seperti itu. Kalo menemukan berlian, akan diambil seluruhnya tanpa bagi.
montirangin wrote:kalo dgn malaysia, mending ngalah dan jalan sendiri. jalan mereka memang seperti itu. Kalo menemukan berlian, akan diambil seluruhnya tanpa bagi.
+1
kita ganyang aja sekalian...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
newrubble wrote:
kia saat itu technically bankrupt n mobil thn 92 sdh nos bbrp thn 30,000 units n sdh di jual MLM masih juga tumpuk di stockyard n tibatiba ada order superbesar dr anak diktator asal mau markup n specdown (FoB timor saat th95 sebetulnya cuma usd 2,000 utk usdm spec) copot ini itu yg dianggap tdkbperlu n jual ke us market sbg replacement parts
Jangan2 dulu si Mr. "T" itu dapetin itu Sephia dgn harga borongan jauh di bawah USD 2000 / unit bisa2
Pelat fender body disenderin bisa meleot.......entah itu mobil buat pasar mana sebetulnya......