Santa Fe gen.3 user @SM
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Pernah dibahas tuh Om,
Penyebabnya traksi ban ke jalan yg kurang bagus utk handle power santafe yg gede..
Kl diganti ban yg bagusan harusnya mendingan Om..
Penyebabnya traksi ban ke jalan yg kurang bagus utk handle power santafe yg gede..
Kl diganti ban yg bagusan harusnya mendingan Om..
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed May 14, 2014 6:47
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
ada punya link pembahasannya bos? kalo bole minta bos buat saya baca2 hehextr40rd1n4rym4n wrote:Pernah dibahas tuh Om,
Penyebabnya traksi ban ke jalan yg kurang bagus utk handle power santafe yg gede..
Kl diganti ban yg bagusan harusnya mendingan Om..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
lixiulong wrote:ada punya link pembahasannya bos? kalo bole minta bos buat saya baca2 hehextr40rd1n4rym4n wrote:Pernah dibahas tuh Om,
Penyebabnya traksi ban ke jalan yg kurang bagus utk handle power santafe yg gede..
Kl diganti ban yg bagusan harusnya mendingan Om..
Mengenai Torque Steering, silakan di klik atau di googling saja.imsus2c wrote:Itu Torque Steeringbow125 wrote:Suhu suhu, sdh duq hari makai santafe. Kalau digas spontan setir terasa berat dan goyang goyang susah dikendalikan.
Apa memang begitu?
Kompensasi dan konsekuensi negatif, dari mesin ber-torsi besar tapi lay out nya FWD (penggerak depan)
Memang sih idealnya teknologi saat ini, mobil yg torsi nya besar, harusnya sudah pakai layout AWD, atau minimal RWD
Di link tadi, dijelaskan secara singkat penyebab dan bagaimana mengurangi efeknya
Salah satunya ya pakai ban yg desain dan kualitasnya lebih bagus

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
review dong..ketahanan dan kenyamanan santa fe gen 3 ini..
termasuk boros apa ga, dsb..
dan apa kelemahaannnyaa..
termasuk boros apa ga, dsb..
dan apa kelemahaannnyaa..
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jun 20, 2014 4:15
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Salam Kenal semua pemilik santa fe 2013
saya pengguna santa fe baru sejak bulan april 2014, type crdi 4x4.
para teman2 disini apakah ada yang mempunyai masalah AC blower yang tiba2 gak dingin dan blower anginya berkurang setelah mengendarai selama +- 1jam? klo ada tolong share disini problem solvingnya. karna sudah di tanya ke bengkel HMI Pekanbaru (Riau) belum ada penyelesaian.
Thanks!!
saya pengguna santa fe baru sejak bulan april 2014, type crdi 4x4.
para teman2 disini apakah ada yang mempunyai masalah AC blower yang tiba2 gak dingin dan blower anginya berkurang setelah mengendarai selama +- 1jam? klo ada tolong share disini problem solvingnya. karna sudah di tanya ke bengkel HMI Pekanbaru (Riau) belum ada penyelesaian.
Thanks!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Wah type langka neh 4x4..
Perbedaan interior dan exteriornya apa aja Om?
Dan 4x4 nya full time atau kl diperlukan aja kaya crv gen1?
Maaf banyak tanya, krn ane lmyn naksir modelnya santi yg baru...

Perbedaan interior dan exteriornya apa aja Om?
Dan 4x4 nya full time atau kl diperlukan aja kaya crv gen1?
Maaf banyak tanya, krn ane lmyn naksir modelnya santi yg baru...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
ini mobil asli walau kelas 400jt..bodynya luarnya ga kalah dgn yg kelas 800jtaan..cuman dipakainya dan dalamnya mungkin serupa di kelas 400jt atau malah kurang?
*nyari waktu ah baca thread ini..panjangg bener
*nyari waktu ah baca thread ini..panjangg bener
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jun 20, 2014 4:15
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Beda sama yang 4x2 kebanyakan fitur2 offroad aja om, yang paling asyik cuma tombol start-stop engine, 2 seat memory (driver) dan HU cd/dvd nya ada lcd tapi kecilll banget.. haha.. btw mana nih pengguna santa-fe 2013.. bantuin masalah A/C ane...xtr40rd1n4rym4n wrote:Wah type langka neh 4x4..
Perbedaan interior dan exteriornya apa aja Om?
Dan 4x4 nya full time atau kl diperlukan aja kaya crv gen1?
Maaf banyak tanya, krn ane lmyn naksir modelnya santi yg baru...

-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jun 20, 2014 4:15
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Bener om, santa-fe kalahnya sih interior aja yang kualitas mbl asia, klo dibandingin sama harrier baru fitur2 nya hampir imbang dan kursi baris ke2 santa-fe bisa di maju mundurin, klo kwalitas interiornya memang beda banget, maklum deh selisih harga lebih dari 1unit innova...montirangin wrote:ini mobil asli walau kelas 400jt..bodynya luarnya ga kalah dgn yg kelas 800jtaan..cuman dipakainya dan dalamnya mungkin serupa di kelas 400jt atau malah kurang?
*nyari waktu ah baca thread ini..panjangg bener

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
wah, blm pernah mengalami hal spt ini om (km santi saya udah 50 rb km), sampe hari ini blm mengalami hal spt itu.pterz wrote:Salam Kenal semua pemilik santa fe 2013
saya pengguna santa fe baru sejak bulan april 2014, type crdi 4x4.
para teman2 disini apakah ada yang mempunyai masalah AC blower yang tiba2 gak dingin dan blower anginya berkurang setelah mengendarai selama +- 1jam? klo ada tolong share disini problem solvingnya. karna sudah di tanya ke bengkel HMI Pekanbaru (Riau) belum ada penyelesaian.
Thanks!!
santi saya skrg di indicatornya muncul tanda ABS, sudah di cek di beres PI, abs nya gak ada masalah apa2, jd dibilang sensornya yg rusak, ada yg pernah mengalami hal spt saya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
waduh hyundai hyundai..masa sensornya rusak, ya diganti dulu di test beneran sensor atau bukan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Kayaknya evapnya beku tuh om. Coba pas gak dingin, tombol AC dimatikan tapi blower tetap nyala. Kalo anginnya membesar trus dingin, berarti benar beku. Thermistor di evap rusak, shg AC gak tau kalo evap sdh terlalu dingin.pterz wrote:Salam Kenal semua pemilik santa fe 2013
saya pengguna santa fe baru sejak bulan april 2014, type crdi 4x4.
para teman2 disini apakah ada yang mempunyai masalah AC blower yang tiba2 gak dingin dan blower anginya berkurang setelah mengendarai selama +- 1jam? klo ada tolong share disini problem solvingnya. karna sudah di tanya ke bengkel HMI Pekanbaru (Riau) belum ada penyelesaian.
Thanks!!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
udah ganti sensornya, free of charge, (harganya sekitar 1.7 juta), dan tanda ABS di layar beneran hilang. lumayanlah pelayanannya, uda2 2 kali claim sparepart, dua2nya free dan sparepart tidak nunggu lama. cukup puas.montirangin wrote:waduh hyundai hyundai..masa sensornya rusak, ya diganti dulu di test beneran sensor atau bukan...
hanya ampun2 nunggu antrian di hyundai pondok indah kalo kesiangan dtg, bisa kelarnya sore.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jun 20, 2014 4:15
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Betul banget om, udah saya test matikan tombol AC blowernya masih jalan, sekitar 10-15 menit tombolnya sy nyalain lagi, jadinya dingin kembali dan blowernya jadi normal. sepertinya memang membeku, tapi pihak bengkel hmi sepertinya belum ada teknisi yg handal utk tangani masalah AC. Padahal mobil udah rawat inap 3 malam dibengkel.adityabp wrote:Kayaknya evapnya beku tuh om. Coba pas gak dingin, tombol AC dimatikan tapi blower tetap nyala. Kalo anginnya membesar trus dingin, berarti benar beku. Thermistor di evap rusak, shg AC gak tau kalo evap sdh terlalu dingin.pterz wrote:Salam Kenal semua pemilik santa fe 2013
saya pengguna santa fe baru sejak bulan april 2014, type crdi 4x4.
para teman2 disini apakah ada yang mempunyai masalah AC blower yang tiba2 gak dingin dan blower anginya berkurang setelah mengendarai selama +- 1jam? klo ada tolong share disini problem solvingnya. karna sudah di tanya ke bengkel HMI Pekanbaru (Riau) belum ada penyelesaian.
Thanks!!

Rencananya mo bawa ke bengkel AC aja deh. Thanks bgt masukanya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Aug 11, 2013 16:36
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Salam kenal juga Ompterz wrote:Bener om, santa-fe kalahnya sih interior aja yang kualitas mbl asia, klo dibandingin sama harrier baru fitur2 nya hampir imbang dan kursi baris ke2 santa-fe bisa di maju mundurin, klo kwalitas interiornya memang beda banget, maklum deh selisih harga lebih dari 1unit innova...montirangin wrote:ini mobil asli walau kelas 400jt..bodynya luarnya ga kalah dgn yg kelas 800jtaan..cuman dipakainya dan dalamnya mungkin serupa di kelas 400jt atau malah kurang?
*nyari waktu ah baca thread ini..panjangg bener
Aku pake yg 4x2 September 2013.
Selama ini gak ada masalah apapun fine2 ajah
Dan yg paling bikin aku demen neh boil enak banget tarikannya (Shell/Total) apalagi klo di High way
Rasanya kalo lawannya semuanya msh std kagak pernah aku bisa diasepin mobil sekelas baik jepun ato koreaan lainnya.
Ada yg bilang subby 4ester bisa....ahh aku dah TD subby, hmmm oke.... tp dia tetep gak seenak santa fe buat tarikan, kecuali klo handling memang subby lah jagonya.
interior....yaah buat kelas spt yang montirangin bilang ini masuknya kelas 400jtan kalo menurut aku masih okelah
coba bandingin ama crv fortun dakar ato yg laennya....masih bagusan santy menurut aku pribadi
softpad, plastic lumayan bagus build quality ok (gak ada gap yg horor dan no ratling), jok kulit juga bagus kok...
Fitur....lumayanlah ada cruise control, triptronik, dll
oh iya gimana masalah AC nya sdh beres?
Next time aku kepengen juga share impression , review ato cuman pengalaman pake ajah...
masih aku simpen dulu sambil baca2 review dari suhu2 kahot dimareh....
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Jun 20, 2014 4:15
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Masalah AC nya masih hilang2 timbul om, lum sempat bawa ke bengkel AC sih, klo driving 1 jam masih ok kok..dknee wrote:Salam kenal juga Ompterz wrote:Bener om, santa-fe kalahnya sih interior aja yang kualitas mbl asia, klo dibandingin sama harrier baru fitur2 nya hampir imbang dan kursi baris ke2 santa-fe bisa di maju mundurin, klo kwalitas interiornya memang beda banget, maklum deh selisih harga lebih dari 1unit innova...montirangin wrote:ini mobil asli walau kelas 400jt..bodynya luarnya ga kalah dgn yg kelas 800jtaan..cuman dipakainya dan dalamnya mungkin serupa di kelas 400jt atau malah kurang?
*nyari waktu ah baca thread ini..panjangg bener
Aku pake yg 4x2 September 2013.
Selama ini gak ada masalah apapun fine2 ajah
Dan yg paling bikin aku demen neh boil enak banget tarikannya (Shell/Total) apalagi klo di High way
Rasanya kalo lawannya semuanya msh std kagak pernah aku bisa diasepin mobil sekelas baik jepun ato koreaan lainnya.
Ada yg bilang subby 4ester bisa....ahh aku dah TD subby, hmmm oke.... tp dia tetep gak seenak santa fe buat tarikan, kecuali klo handling memang subby lah jagonya.
interior....yaah buat kelas spt yang montirangin bilang ini masuknya kelas 400jtan kalo menurut aku masih okelah
coba bandingin ama crv fortun dakar ato yg laennya....masih bagusan santy menurut aku pribadi
softpad, plastic lumayan bagus build quality ok (gak ada gap yg horor dan no ratling), jok kulit juga bagus kok...
Fitur....lumayanlah ada cruise control, triptronik, dll
oh iya gimana masalah AC nya sdh beres?
Next time aku kepengen juga share impression , review ato cuman pengalaman pake ajah...
masih aku simpen dulu sambil baca2 review dari suhu2 kahot dimareh....
Memang betul om tarikanya sedappp... padahal campuran biosolar+dex hahaha.. sini susah cari dex spbu, adanya pergalon 20l.

Btw ada yang bisa recommend diesel additive cetane booster yang bagus ga? aku cuma pake STP beli di ace hw.. siapa tau ada yg jual online, lebih murah..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Maaf, nanyain ban & velg lagi. Kira2 ada nggak bengkel yang jual velg baut 5 yang diameter 18, 19 atau 20 (dengan tapak 235)?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Mantabs neh thread all new santa fe...cb bs dishare juga dong di fb santa fe owners club indonesia..soci..hayo banget punggawa ansf disana..termasuk sf dan new santa fe
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Thu Oct 16, 2014 1:10
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
hi all,
saya salah 1 calon pemakai santi nih..
Kemarin baru sign kontrak dengan BCAnya..
cuma sampai skrg masih bingung mao ambil bensin atau solar ( pesan pertama sih bensin )
Saya belum pernah pake mobil bensin sekali pun, 3 mobil di rumah semuanya bensin...
kalau saya baca thread ini,banyakan semua pake diesel ya...
boleh minta masukannya mending bensin atau solar (kalau solar, ud pasti saya isi dengan solar shell)
untuk pemakaian, saya paling pake seminggu 1-2x (sabtu dan minggu saja).
Jadi kalau untuk urusan solar lebih irit, tidak masuk dalam hitungan saya, karena pemakaiannya jarang.
untuk perawatannya lbh mudah bensin atau solar ya? kalau saya baca, solar kl sampai rusak spare partsnya mahal.
untuk penggunaan juga tidak angkut banyak orang, hanya saya / istri / orang tua sesekali
BTW, sekalian nanya,diskon bensin sama diesel sama ya?
ada yang bisa sharing yang baru spk di iims dpt diskon brp...
Thanks
saya salah 1 calon pemakai santi nih..
Kemarin baru sign kontrak dengan BCAnya..
cuma sampai skrg masih bingung mao ambil bensin atau solar ( pesan pertama sih bensin )
Saya belum pernah pake mobil bensin sekali pun, 3 mobil di rumah semuanya bensin...
kalau saya baca thread ini,banyakan semua pake diesel ya...
boleh minta masukannya mending bensin atau solar (kalau solar, ud pasti saya isi dengan solar shell)
untuk pemakaian, saya paling pake seminggu 1-2x (sabtu dan minggu saja).
Jadi kalau untuk urusan solar lebih irit, tidak masuk dalam hitungan saya, karena pemakaiannya jarang.
untuk perawatannya lbh mudah bensin atau solar ya? kalau saya baca, solar kl sampai rusak spare partsnya mahal.
untuk penggunaan juga tidak angkut banyak orang, hanya saya / istri / orang tua sesekali
BTW, sekalian nanya,diskon bensin sama diesel sama ya?
ada yang bisa sharing yang baru spk di iims dpt diskon brp...
Thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Sun Aug 11, 2013 16:36
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Aku pakai diesel
Utk kondisi standard ajah sdh cukup kuat horsepower maupun torque nya
Jadi tarikannya kuat banget dan nikmat ajah.
Kalo yg bensin jujur ajah aku blom coba tapi enginenya kan sama yg dipakai sorento bensin dan aku pernah TD dan aku rasakan halus tapi kalo dibanding yg crdi kalah jauh dong tarikannya, kurang berisi.
Kalo masalah spare parts blom tau sih boil jg baru setaun aku pake.
Tapi pada umumnya diesel engine lbh tangguh dan tahan lama walopun katanya spare partnya mungkin lebih mahal tapi sangat jarang bermasalah dengan catatan perawatannya yg sesuai.
Deni dknee
Sent from my iPad using Tapatalk
Utk kondisi standard ajah sdh cukup kuat horsepower maupun torque nya
Jadi tarikannya kuat banget dan nikmat ajah.
Kalo yg bensin jujur ajah aku blom coba tapi enginenya kan sama yg dipakai sorento bensin dan aku pernah TD dan aku rasakan halus tapi kalo dibanding yg crdi kalah jauh dong tarikannya, kurang berisi.
Kalo masalah spare parts blom tau sih boil jg baru setaun aku pake.
Tapi pada umumnya diesel engine lbh tangguh dan tahan lama walopun katanya spare partnya mungkin lebih mahal tapi sangat jarang bermasalah dengan catatan perawatannya yg sesuai.
Deni dknee
Sent from my iPad using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
mending pake bensin om..
ga pusing takut tertuker nantinya.
anyway
dpt diskon brp om?
ga pusing takut tertuker nantinya.
anyway
dpt diskon brp om?
svein wrote:hi all,
saya salah 1 calon pemakai santi nih..
Kemarin baru sign kontrak dengan BCAnya..
cuma sampai skrg masih bingung mao ambil bensin atau solar ( pesan pertama sih bensin )
Saya belum pernah pake mobil bensin sekali pun, 3 mobil di rumah semuanya bensin...
kalau saya baca thread ini,banyakan semua pake diesel ya...
boleh minta masukannya mending bensin atau solar (kalau solar, ud pasti saya isi dengan solar shell)
untuk pemakaian, saya paling pake seminggu 1-2x (sabtu dan minggu saja).
Jadi kalau untuk urusan solar lebih irit, tidak masuk dalam hitungan saya, karena pemakaiannya jarang.
untuk perawatannya lbh mudah bensin atau solar ya? kalau saya baca, solar kl sampai rusak spare partsnya mahal.
untuk penggunaan juga tidak angkut banyak orang, hanya saya / istri / orang tua sesekali
BTW, sekalian nanya,diskon bensin sama diesel sama ya?
ada yang bisa sharing yang baru spk di iims dpt diskon brp...
Thanks
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Toh sebentar lagi biosolar / premium bisa naik 3000 atau di ban ama pemerintah baru. Jaman BBM subsidi udah akan berakhir.
Mending diesel aja. Lebih kuat, namun halusnya nggak beda jauh ama bensin. Juga lebih irit.
Dan meskipun lebih mahal, tapi nettonya lebih murah. Kenapa ? Karena nilai jual kembali Santi sangat kuat, terutama yang diesel. Contoh, Santi CRD 2012 dulu barunya sekitar 449 juta. Paska 2 tahun, apakah terjun bebas ke 100 juta seperti kata berapa mahasiswa di sini ?
Lihat sendiri para pedagang jual berapa. Mereka lebih tau pasar banding mahasiswa :
390-420 juta. 2 tahun pertama rugi sekitar 50 juta.
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Hyu ... =&keyword=
2 tahun pertama rugi 50 juta parah nggak ? Coba kita lihat fortuner diesel AT 2012, yang dulu barunya 397-422 juta tergantung varian. Hari ini pasarnya berapa ? Silahkan survey sendiri :
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Toy ... =&keyword=
Sekaligus Pajero Sport diesel AT 2012 :
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Mit ... =&keyword=
Tinggal ambil kesimpulan sendiri....
Mending diesel aja. Lebih kuat, namun halusnya nggak beda jauh ama bensin. Juga lebih irit.
Dan meskipun lebih mahal, tapi nettonya lebih murah. Kenapa ? Karena nilai jual kembali Santi sangat kuat, terutama yang diesel. Contoh, Santi CRD 2012 dulu barunya sekitar 449 juta. Paska 2 tahun, apakah terjun bebas ke 100 juta seperti kata berapa mahasiswa di sini ?
Lihat sendiri para pedagang jual berapa. Mereka lebih tau pasar banding mahasiswa :
390-420 juta. 2 tahun pertama rugi sekitar 50 juta.
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Hyu ... =&keyword=
2 tahun pertama rugi 50 juta parah nggak ? Coba kita lihat fortuner diesel AT 2012, yang dulu barunya 397-422 juta tergantung varian. Hari ini pasarnya berapa ? Silahkan survey sendiri :
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Toy ... =&keyword=
Sekaligus Pajero Sport diesel AT 2012 :
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Mit ... =&keyword=
Tinggal ambil kesimpulan sendiri....
svein wrote:hi all,
saya salah 1 calon pemakai santi nih..
Kemarin baru sign kontrak dengan BCAnya..
cuma sampai skrg masih bingung mao ambil bensin atau solar ( pesan pertama sih bensin )
Saya belum pernah pake mobil bensin sekali pun, 3 mobil di rumah semuanya bensin...
kalau saya baca thread ini,banyakan semua pake diesel ya...
boleh minta masukannya mending bensin atau solar (kalau solar, ud pasti saya isi dengan solar shell)
untuk pemakaian, saya paling pake seminggu 1-2x (sabtu dan minggu saja).
Jadi kalau untuk urusan solar lebih irit, tidak masuk dalam hitungan saya, karena pemakaiannya jarang.
untuk perawatannya lbh mudah bensin atau solar ya? kalau saya baca, solar kl sampai rusak spare partsnya mahal.
untuk penggunaan juga tidak angkut banyak orang, hanya saya / istri / orang tua sesekali
BTW, sekalian nanya,diskon bensin sama diesel sama ya?
ada yang bisa sharing yang baru spk di iims dpt diskon brp...
Thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
om JKW, jgn ngarep santa fe 2012 laku 420jt. sini bayarin, ane banyak kenalan pemilik showroom mobkas yg punya santa fe. wong 390jt aja berbulan2 nongkrong!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Thu Mar 31, 2011 15:56
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Kalau cuma weekend car mending ambil bensin aja om.svein wrote:hi all,
saya salah 1 calon pemakai santi nih..
Kemarin baru sign kontrak dengan BCAnya..
cuma sampai skrg masih bingung mao ambil bensin atau solar ( pesan pertama sih bensin )
Saya belum pernah pake mobil bensin sekali pun, 3 mobil di rumah semuanya bensin...
kalau saya baca thread ini,banyakan semua pake diesel ya...
boleh minta masukannya mending bensin atau solar (kalau solar, ud pasti saya isi dengan solar shell)
untuk pemakaian, saya paling pake seminggu 1-2x (sabtu dan minggu saja).
Jadi kalau untuk urusan solar lebih irit, tidak masuk dalam hitungan saya, karena pemakaiannya jarang.
untuk perawatannya lbh mudah bensin atau solar ya? kalau saya baca, solar kl sampai rusak spare partsnya mahal.
untuk penggunaan juga tidak angkut banyak orang, hanya saya / istri / orang tua sesekali
BTW, sekalian nanya,diskon bensin sama diesel sama ya?
ada yang bisa sharing yang baru spk di iims dpt diskon brp...
Thanks
Beda 50jt bisa buat dandanin mobil biar lebih nyaman. Ganti headunit misalnya, atau ganti ban bagusan.
Kecuali kalau weekend selalu dibawa ke luar kota macem ke Bandung.
Kalo gini, torsi diesel yang melimpah mungkin bisa jadi pertimbangan.
Untuk perawatan mobil di 3 tahun / 100.000km rasanya tidak ada yang special.
Justru pertanyaan yang seharusnya ditanya, apa yang terjadi setelah masa garansi habis ?
Jujur saja bengkel Hyundai bisa dibilang masih jauh untuk sampai level Jepang.
Kalau untuk solar, yang penting dikasih diesel berkualitas (Hyundai sarankan DEX), dan ganti filter solar teratur sesuai buku.
Terus kalau habis nyetir biasakan idle sebentar dulu, supaya turbo cooldown.
Yang mahal dari mesin diesel yah turbo dan injector-nya. Turbo saya lihat di ebay bisa 5jt, injector nozzle per unit 3,5jt.
Ganti di beres bisa 2x lipat rasanya.
Re: Santa Fe gen.3 user @SM
Gini aja, toh claim lo nggak bisa di verifikasi. Ane juga bisa bilang kenal pedagang yang pegang fortuner bekas, dan dia bilang berapa bulan juga nggak laku.
Tapi setidaknya, di autobild edisi berapa bulan lalu, yang covernya datsun go+, beneran ada artikel dimana ada 2 pedagang mobkas cerita, mereka ada stok fortuner dan pajero. Ternyata 2 mobil ini butuh 5-6 bulan baru laku ! Dan nilainya, ya tau sendiri. Seperti yang udah di bahas sebelumnya.
Dan 2 pedagang ini namanya jelas, showroomnya jelas. Cuman ane lupa. Jika mau tau saya bisa ambil lagi majalahnya, bahkan saya fotoin artikelnya juga nggak masalah. Saya masih simpan majalahnya.
Nah, sekarang lo claim banyak pedagang yang lo kenal punya stok Santi dan nggak laku laku. Coba kasih ane 2 bukti aja showroomnya dimana. Setau saya stok Santi bekas langka sekali. Lihat di mobil123 aja cuman 1 yang di Jakarta, malah fortuner 2012 bekasnya ada 104 !!!
Rationya 104 : 1 !!! Dan karena nggak semua pedagang iklan di mobil123, seluruh Indonesia rationya lebih beda jauh lagi udah pasti. Maybe 200:1.
Jangan bilang yang cari fortuner bekas itu lebih banyak. Lebih banyak pun, jika patokan penjualan barunya sekitar fortuner sebulan 1000 dan Santi 200 (pernah di laporkan 300 tapi kita konservatif aja assumsi 200 sebulan), ratio salesnya 5:1. Kagak seperti imaginasi orang 1000:1 gitu.
Mau turunkan ke 100 aja masih cuman 10:1.
Jika demand unit bekasnya assumsi juga 5:1, atau 10:1 pun, namun stok bekasnya kita ambil sampel di mobil 123 aja rationya 104 : 1 !!! Artinya jelas, fortuner bekas OVERSUPPLY !!!
Pantesan pedagang yang ngeluh di autobild bilang butuh 6 bulan baru laku !!!
Nah kita monitor iklan 2 Santi ini :
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Hyu ... =&keyword=
Percayalah, nggak sampai sebulan pasti dah laku ! Boro boro 6 bulan !
Mau coba ? Silahkan MARK tanggal hari ini, 17 Oct. Kita monitor tiap minggu. Lihat 2 Santi ini apakah benar 6 bulan pun nggak bakal laku.
Sebelum lo join SM ini, ane udah pernah kasih contoh 2-3 iklan Santi yang di Malang dan di Jakarta, fotonya I masih ingat, toh udah sold out.
Ya, diskusi jangan asbun. Kita pakai contoh, bukti concrete. Tuh 2 contoh iklan bukan hoax, showroom beneran.
Tapi setidaknya, di autobild edisi berapa bulan lalu, yang covernya datsun go+, beneran ada artikel dimana ada 2 pedagang mobkas cerita, mereka ada stok fortuner dan pajero. Ternyata 2 mobil ini butuh 5-6 bulan baru laku ! Dan nilainya, ya tau sendiri. Seperti yang udah di bahas sebelumnya.
Dan 2 pedagang ini namanya jelas, showroomnya jelas. Cuman ane lupa. Jika mau tau saya bisa ambil lagi majalahnya, bahkan saya fotoin artikelnya juga nggak masalah. Saya masih simpan majalahnya.
Nah, sekarang lo claim banyak pedagang yang lo kenal punya stok Santi dan nggak laku laku. Coba kasih ane 2 bukti aja showroomnya dimana. Setau saya stok Santi bekas langka sekali. Lihat di mobil123 aja cuman 1 yang di Jakarta, malah fortuner 2012 bekasnya ada 104 !!!
Rationya 104 : 1 !!! Dan karena nggak semua pedagang iklan di mobil123, seluruh Indonesia rationya lebih beda jauh lagi udah pasti. Maybe 200:1.
Jangan bilang yang cari fortuner bekas itu lebih banyak. Lebih banyak pun, jika patokan penjualan barunya sekitar fortuner sebulan 1000 dan Santi 200 (pernah di laporkan 300 tapi kita konservatif aja assumsi 200 sebulan), ratio salesnya 5:1. Kagak seperti imaginasi orang 1000:1 gitu.
Mau turunkan ke 100 aja masih cuman 10:1.
Jika demand unit bekasnya assumsi juga 5:1, atau 10:1 pun, namun stok bekasnya kita ambil sampel di mobil 123 aja rationya 104 : 1 !!! Artinya jelas, fortuner bekas OVERSUPPLY !!!
Pantesan pedagang yang ngeluh di autobild bilang butuh 6 bulan baru laku !!!
Nah kita monitor iklan 2 Santi ini :
http://www.mobil123.com/mobil-bekas/Hyu ... =&keyword=
Percayalah, nggak sampai sebulan pasti dah laku ! Boro boro 6 bulan !
Mau coba ? Silahkan MARK tanggal hari ini, 17 Oct. Kita monitor tiap minggu. Lihat 2 Santi ini apakah benar 6 bulan pun nggak bakal laku.
Sebelum lo join SM ini, ane udah pernah kasih contoh 2-3 iklan Santi yang di Malang dan di Jakarta, fotonya I masih ingat, toh udah sold out.
Ya, diskusi jangan asbun. Kita pakai contoh, bukti concrete. Tuh 2 contoh iklan bukan hoax, showroom beneran.
montirangin wrote:om JKW, jgn ngarep santa fe 2012 laku 420jt. sini bayarin, ane banyak kenalan pemilik showroom mobkas yg punya santa fe. wong 390jt aja berbulan2 nongkrong!