JKW wrote:KPK mau nahan orang juga harus ada alasan.
Gue salah dimana cat ?
Coba silahkan tunjuk.
Malah orang lain nadanya sangat kasar kepada ATPM seperti Nissan, dengan nada brand assasination, udah bukan murni nada complain yang wajar. Moderatornya diam. U juga diam. Begitu sentil dikit bahwa toyota dan honda juga ada masalah serupa dengan build qualitynya, langsung ribut.
Kenapa ? Maunya toyota dan honda di bilang sempurna terus, dan ATPM lain busuk gitu ?
Menurut ane, salah om ya nebak2 org menjelekan nissan tapi tidak brand lain.
Coba deh liat, ane komplain nissan itu ya terkait itu2 aja. Pengalaman pemesanan spk aja. Intinya disitu2. Ga pernah nyasar2 kemobil2nya. Kalo mau mencemarkan ya dari sales, ke mobil brand N yg satu ke yg lain semua komennya jelek semua. Apakah begitu? Di cek dong om. Dari pertama, kalo om liat, komen ga puas ane atas brand ini ya itu, hanya pengalaman pas mau beli nya aja.
Lalu brand H dan T ga ada? Baca dong om, malah ane bilang material crv parah banget..ini ke produk malahan om..justru patut ditanya, kenapa pas komen negatif ke N aja yg om ingat dan ke brand lain om sama sekali tidak ingat. ada apa disitu?
Kalo mau bandingin komen 1 org ke rakyat jogja ya jelas beda. Disini ada bbrp org yg dpt pengalaman jual nya N, bukan mobilnya/produknya itu sendiri ya om. Tolong deh lebih dibaca dengan jelas. Jangan karena emosi om kalo brand tersayang om disentil, tau2 inget2nya kita org jelek2in seluruh yg berhub dengan brand N itu.
lalu masa karena untuk pembenaran, om nanti mau bilang org2 yg komen itu semuanya sama? atau disatu pihak? kalo gitu ya
Nih kira2 begini deh kasus ane terakhir dgn N...
1. Pas SPK. Udah pilih warna, dikonfirm ada. Diskon akan diajuin, dgn klausul lisan, kalo diskon ga disetujuin, dp dibalikkin full tanpa emblem apapun. (ane udah siap dgn komplit dari pengalaman2 sebelumnya, makanya ane terima secara lisan. Biasa ane suruh coret itu kata2 di kertas SPK, "dp tidak balik apabila batal").
2. tau2 diskon ga di approve. Dan si sales jg bilang warna tidak ada. Hanya sisa warna A (ane mau B) dan kalo mau warna B harus tarik dari dealer N lain di luar pulau tapi biaya dikenakan ke konsumen. wtf!
3. ane minta dp balik. Si sales ngeyel oo ga bisa balik pak. Ane bilang kan udah deal dari pertama seperti itu . Lalu dia balikkin bilang kan dikertas ada tulis pak (ane udah tau dari pertama.). Well, you know what...si sales tulis diskon di kertas spk tanpa kata tambahan apapun, artinya ya ane dpt diskon segitu. Ane balikkin aja. Baru dia belaga baik2 kalo itu semua suruhan atasan. dia akan kabarin setelah hub dgn atasannya.
3. Akhirnya ane ditelfon kalo ok dp dibalikkin tapi tolong kirim balik semua kertasnya dulu baru dp diproses. Ha! enak aja mau ambil barang bukti. Ane hanya siap kembaliin kuitansi, bukan kertas spk yang jelas2 tertulis diskonnya dan tidak bisa dipenuhi N ini. Alesan ga bisa. ngotot2an walau dgn santun ya (dari pihak ane maupun si sales).
4. Karena udah ga ada jalan, ane tempuh jalan terakhir, ane bakal sampein kasus ke nissan pusat biar kita tau yg bener siapa dan yg salah siapa. Akhirnya di sales atas nama atasan bilang, atasan udah setuju, kuitansi aja yg dikembaliin dulu dan dp diproses balik. Walau kuitansi ane belum kembaliin karena ane mau pikirkan apakah bagus dikirim balik dgn ane hanya punya fotokopi atau ditahan aja dan langsung kontak pusat. Ane masih belum sempet dan nanti kelanjutannya kalo ane udah kirim ini kuitansi.
btw diantara percakapan itu ada juga si sales bilang, gpp kok pak dp bisa di pakai untuk pesan mobil N lain. Karena dia tau ane juga lagi mau liat xtrail. Dan ane memang pengen pesan ini sebenernya waktu liat di launch pertama. Yg bikin naik darah, pas ane bilang kalo spk bisa kan pake dp yg di spk itu. si sales bilang apa? nanti saya tanyakan dulu ya pak, karena mesti di proses ke pusat dsb dan butuh waktu 2 mingguan. wtf!
*1, 2 ,3 ,4 itu bukan dalam 1 hari. Tapi dalam bbrp hari komunikasi.
om JKW, masih beranggapan alur ini cerita yg dibuat2?