![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Mohon di info donk apa aja yg harus di check dan pr2 yg biasanya ada di e30, dan pasaran harga yg wajar soalnya lihat e30 yg kondisi antik harganya udah ga masuk akal, udah sama kaya e36 e39 dan e46 bahkan.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
thx om infonya, betul harga body partnya mahal yah, makanya sy pikir drpada ambil yg kondisi bahan/non ori trus balikin ke standar lagi pasti keluar duitnya lebih banyak.octafiantos wrote:ane sempet pake e30 m40 selama 2 taun.
ngecek mobil ya wajar seperti ngecek mobil sedan bergardan pada umumnya. bodi dan elektrik juga wajar aja karena ngga aneh-aneh. perhatian khusus di bodi monokok/sasis untuk pegang arm kontrol bagian kiri terutama, kanan agak jarang rusak. pertama udah tua rawan karat. dan aslinya ga boleh pake dongkrak botol tanpa alas, kadang penyok lama2 platnya rusak. tambah kena air dan terperangkap bikin keropos.
perhatian khusus paling pada idle non-ac dan idle dengan ac ngga naik turun. komponen ngatur idle dan bbm di e30 rada rumit. ada 3 komponen afm=sensor udara, icv=idle control valve dan tps=throttle position sensor sebaiknya sehat semua. kalo afm rusak, biasanya gejalanya ngayun, kalo tps dan icv rusak, bisa mati mendadak kalo posisi lepas gas.
pasaran wajar kondisi wajar 28-35 untuk 1990-1991.
di atas 35 harusnya udah mulai bagus mulus tingkat orisinalitasnya bagus. misal kain sobek minor, kain doortrim utuh, setir utuh dst. btw, kalo buat mainan sih ok, tapi kalo bukan mainan sih nggak ekonomis. part murah tapi slow moving part dan printilannya harganya udah ga wajar, llebih mahal dari e36.
nyebutnya apa ya tepatnya, kalo slow moving kan buat part.Dre wrote: thx om infonya, betul harga body partnya mahal yah, makanya sy pikir drpada ambil yg kondisi bahan/non ori trus balikin ke standar lagi pasti keluar duitnya lebih banyak.
iya om body part maksud sy lis2 bemper dan lampu2 dan juga part interior kayak jok kain, door trim, plafon aslinya.octafiantos wrote:nyebutnya apa ya tepatnya, kalo slow moving kan buat part.Dre wrote: thx om infonya, betul harga body partnya mahal yah, makanya sy pikir drpada ambil yg kondisi bahan/non ori trus balikin ke standar lagi pasti keluar duitnya lebih banyak.
misalnya kaya joint steer, itu kan seumur idup mobil (15 tahun baru rusak). nah yang beginian mahal banget. adanya part asli, kampakan, atau repair kit. part model gini banyak itemnya di e30, waktunya ganti semua.
kalo part elektrik bangsa lampu utama, fog lamp itu mahal.
foglamp malah sakign ajaibnya bisa hampir 3x foglamp e36. kalo lampu belakang, lampu sen, yang gampang pecah, itu lebih murah (meskipun tetep lebih murah e36 kalo hanya dikomparasi harga). kalo bodi part bangsa jenggot bemper, lis bemper, air scoop bemper, belalai air scoop buat dinginin cakram dll itu mahal.
tergantung sih om preferensinya gimana, karakter buildernya mau gimana. restorasi atau jadi.
kalo model ane sih lebih mending cari di range 30-50, 30 bahan ori baik layak direstorasi. 50 ori bagus banget minim restorasi. karena e30 harga 50 juga nyimpen pr akibat usia. 50+ menurut ane sih ga masuk akal. kebetulan ane demen e30 dan sampe sekarang masih sering ngintip e30 baik di web maupun sorum, bengkel, yang offline gitu. barang 50-80 bahkan 100+ malah banyak sulapan, modal repaint tambah barang tuner ditempel-tempelin ke mobil.
rada pasaran sih segitu om.octafiantos wrote:Kemarin ditawarin 89 minta 30. Jok sih utuh kalo di foto, bodi agak kusem. Tapi untuk saat ini lagi ga minat bangun mobil jadi ga nanya serius.