pilotgaruda wrote:Mungkin pas tahun 2008-an, mpv roti tawar belom booming, apalagi mazda juga belom seberani sekarang. Taun2 itu kan belom rame kaya sekarang..jadi mazda ga pede buat jualan mpv. Dan mitsubishi masih fokus sama pajero sportnya. Dan begitu mulai booming mobil2 roti tawar, kebetulan produk yg mereka punya saat itu ya produk2 lama..
Btw, mesin delica kalo dilihat secara spec, mirip bahkan sama dengan outlander sport. Baik HP maupun Torsi. Tapi kalo spec demikian untuk ngebawa bodi segede gitu menurut oom2 disini gimana?
Torsi outlander maupun delica di 197nm/ berapa rpm ane lupa.
Delica indon enjinya 4J11, not a 4B11 as in OS n lancer EX bro....
4J11 jadi SOHC dgn nextgen - mivec ala PS V6 6B31 juga ada kemiripan i-vtec Honda L15 GE8 dan GK
dulu 4B11 dual continous camphasing kaya VVTI, maju mundurin titik buka valve di 2 cam DOHC...
4J11 jadi SOHC dengan mivec di valve intake, dan mampu ngatur valve lift, lama valve terbuka, juga kapan valve terbuka. ala valvetronic,valvematic n vtec.
kelebihan SOHC juga lower power mechanical loss, friksi lebih rendah juga lebih ringan, karna hanya 1 cam. namun kini sparkplug tidak bisa di pasang tepat di atas head, dan SOHC biasanya inferior di highrev dibanding DOHC *of course its depend on cam-valve lift and duration as well*.
kyanya in the future bnyk yg balik ke SOHC ni
dan soal kuat engganya di body almost 1.7T + ban relatif besar.......... musti TD hehe
yaa jgn berharap banyak
