Ceritanya pas hari kamis.... bro suvmania aka bro bondage aka les_elefantes ngajak kopdar pas hari sabtu, sekalian TD GK5 ktnya... Gw lalu mengiyakan ajakan dia (kebetulan lg ad wkt dan urus GK5 yg diSPK bokap) lalu gw telp seles honda langganan dan RSVP unit...
Begitu sampe di diler dgn ipah silver kesayangan yg mulai sakit2an, gw liat bro suvmania blm sampe lalu gw samperin tuh sales sambil menunggu bro suvmania... Dan ga bbrp lama dia dtg lalu kami bertiga masuk ke dlm GK5 RS CVT (sebetulnya si bro suvmania rada kecewa krn ga ad unit TD tranny manual)
Sebelumnya ada bbrp member yg udh meripiu ini Jazz GK5 yaitu:
Om beta adrener: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=21314
Bro ChZ: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... BN_U44xU-o
Baiklah langsung saja ya...
Eksterior
Jujur saja, eksterior cenderung main aman dan rada konservatif, tdk ada breakthrough signifikan spt perubahan jazz GD ke GE8, yg dgn instant merubah si GD3 jadi sangat2 jadul...
Harus diakui emang terjadi kemunduran design pada Ahond, dimana ga seradikal Ahond era 2007-2012 (bbrp member emg udh bersabda drmikian)

Bagian depan sih bagus, sudah menganut bahasa design "Exciting H Design"... Dan Honda untung g menyunat emblem RS di grille depan, makin mirip deh dgn versi jepun (klo gw punya sih tinggal lepas aja kaca film depan samping depan kiri kanan aja


DRL jg udh tersedia di Jazz ini, namun gw lebi prefer ditarok di dlm headlamp aja, kesannya kyk tempelan variasi gt klo ditempel di samping foglamp...

Headlamp cakep, sudah menggunakan LED di projectornya namun segi pancaran masi kalah ama headlamp HID biasa... namun dlm segi estetika cakep


Bagian samping, nah cenderung konservatif, dan kaga jelas garis designnya... Yg plg krusial sih penempatan lobang anak kunci terpisah dgn handle pintu... Emang ga penting2 amat sih tapi sgt mengganggu scr estetika... Hello ahond, ente bisa bikin mbl yg lobang ank kuncinya gabung dgn handle 20 taon lalu masa GK5 terbaru ini terpisah sihhh????
Namun dgn design samping konvensional ini, atapnya yg tidak terlalu melandai kebawah ini malah memberi ruang kepala luas utk para penumpang blkg (akan gw bahas di bagian berikutnya)

Bagian belakang... yaa jelek, spt GE8 hbs ditabrak trus dicat & didempul tanpa dirapiin dulu strukturnya

Velg menggunakan ring 16 inch dibalut dgn ban Bridgestone Turanza 370ER... Design velg sih cakep, tapi velgnya kurang lebar, krg bs mengimbangi spatbor yg udh lebar... Jadinya keliatan aneh spt mobil modifan yg dah diwide body tapi masi pake velg OEM... Solusinya yaa beli velg aftermarket yg lebi lebar ukurannya spy ruang rodanya tampak lebi "padat"

Interior

Yaa, design interior cenderung mengotak dan rada konservatif senada dgn interior, dgn interior lebih mengarah ke pengemudi...

Bahan interior sih ada mengalami penurunan sedikit, piano finish di dash tengah bukan selera gw dan pas gw masuk byk bgt jejak sidik jari yg sgt mengganggu...

Setir mirip design spt di CRV RM dan Sipik FD, sudah ada audio button dan cruise control (yg gw kira mending ga ush dikasih, kasi rem blkg cakram aja) dan utk tipe RS sudah dibalut dgn kulit yg grainnya kasar dan jahitannya terasa asal2an (gw perhatikan di unit TD ad benang yg "ngelotok")

Speedo cantik dgn MID berlatar biru muda di sebelah kanan dan emblem RS di tengah, berbanding terbalik dgn tipe A yg menurut gw malah mirip dgn jazz GD3 i-DSI...



Head unit menggunakan aftermarket merk JVC dan udh support bluetooth, USB DVD dll tp dlm kondisi std blm dikasi kamera mundur (tp dikasi diler koq

Namun lupa kami ubek2 itu HU...

Utk pengaturan aircond masi menggunakan tuas konvensional alias blm menggunakan touchscreen AC panel spt di Siti GM6 namun gw pribadi lebi suka tuas AC spt ini... (maklum anak kampung)

Engine bay
Mesin menggunakan L15Z1 1500 cc dipadu dgn transmisi CVT EarthDreams aka MimpiBumi dgn suara kebangsaan perasan tebu


Oh iya, di engine bay ini kami mendapati adanya dempulan2 di sekeliling ruang mesin... Tapi syukurlah kaga ditemukan kap mesin bagian dalam yg belang warnanya (ato krn udh ditutup peredam panas ya?

Driving experience
1. Me as driver
Engage transmisi ke D, jalankan mobil perlahan trus puter stir... malah kaget ini mbl koq masi enak steernya kyk GE8... Bukannya ahond itu adlh pabrikan yg mulai kehilangan jati diri? Bukannya ahond itu skrg spesialis bikin setir hambar & super ringan? Benak gue waah cakep ini keliatannya... Arahkan mobil ke jalan lurus, lalu coba kickdown... Tidak ada sentakan transmisi as expected from CVT lalu bejek ke 3000-4000 rpm... suara iconic mbl ahond jaman skrg yaitu perasan tebu mulai menyeruak ke dlm kabin...


Malah gw jd senang dgn pemakaian CVT di Jazz ini, berkendara mjd lebi halus meski ad lag transmisi dikit namun g terlalu parah... Tenaga sih cenderung berkumpul di putaran atas, makanya mbl Ahond cenderung lebi boros krn torsi bwhny loyo


Soal handling spt menikung tajam gt kami ga berani coba krn kondisi jalan pas TD (hujan lebat ditambah dgn banjir di bbrp titik jalan yg kami lewati) dan test driver abal2 spt gw mana kuat nyalinya utk berkendara ala pembalap di jln raya...

Konsumsi bbm sekitar 1:8.5 full premium liat dr MID (unit TD & unit customer itu diler kt selesnya diisi bensin selang kuning smua) Cukup boros krn karakter mesin yg tenaganya ngumpul diatas jadi butuh dibejek lebi dalem gasnya..
Bantingan surprisingly nyaman utk ukuran hatchback kecil, yg biasanya bantingannya cukup keras... Dibanding contendernya spt Mazda2 Nagare sih jauh lebi lembut ini apalagi banding GE8 jazz.... Sebuah improvement yg cukup baik dibanding dgn GE8 lama...
Oh iya, jok mobil ini lebi menopang badan dr GE8 lho... Lebih rebah...
2. Me as passenger
Krn pas bro suvmania TD kursi baris ke2 dihuni ama mas2 selesnya maka gw duduk di baris penumpang depan... No further comment...
Namun setelah TD gw ama bro suvmania iseng2 ngubek GK5 MT yg didisplay di showroom, nah disinilah gw kagum dgn akomodasi jazz.. Headroom luas, legroom jg luas, gw yg tingginya 170an dan bro suvmania yg tingginya 165-168an dan sama2 lebar jg ga ngeluh sempit... Bagasinya jg luas & gmpg lg lipet kursi berkat the almighty Ultra Seat...

Namun yg sgt disayangkan peredamannya itu lho, kyk genteng klo pas hujan khas penyakit Ahond..
Conclusion
Honda Jazz RS CVT (GK5) 2014
Sebuah hatchback yg awalnya utk pasar anak muda ababil dan mulai condong ke arah family hatchback...
Mengapa gw sebut family hatchback? Karena akomodasinya sgt mendukung utk keluarga muda yg anaknya baru 1... Utk sebuah family hatchback mbl ini sudah bagus bgt...
Namun ttp ini mbl bakal jadi wishlist para ababil batangan /nonik Indo... (ato udh bergeser ke Yaris ya?)
Btw, bro suvmania aka bondage blm bisa move on dr GE8... Kyknya lagi duduk di atas genteng dengerin lagu Terjebak Nostalgila...eh Nostalgia...



Pros:
-Posisi mengemudi enak
-Manual modenya bagus, spt geared AT
-Fitur komplit
-LED Headlight
-Blinker
-Speedo cantik
-Bantingan lembut
Cons:
-Rem tromol
-Velg kurang lebar
-Finishing krg bagus
-Lobang anak kunci terpisah dr handle pintu
-Design cenderung konservatif
-Overpriced sama spt yaris
-Mesin jadul, blm pake EarthDreams L15 132 HP
-Peredaman
Sekian.. Jika ada yg salah mohon dikoreksi...
