Dear SMers, Om Moderator,
Mau tanya dan mohon bimbingannya, Saya lg berburu SX4 x-over MT 2009 2nd
Nah yang harus kita jeli liat parts apanya dari sang penjual sebagai pertimbangan layak/gress ga itu mobil
Dan minta tips dong dari SMers khususnya yg pernah punya SX4 x-over 2nd biar mobil terasa baru lagi parts apa yg mesti diganti2in.
Many thanks SMers, Om Moderator,
Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita jeli
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed May 28, 2014 12:07
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
- Location: 2000, NSW
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
buat ngecek sih, nubie nyaranin coba tes bawa jalan aja oom..
yg paling gampang ya cek kembangan ban haha
klo ada suara gluduk2 waktu jalan jelek, bisa jadi dr steering rack, bisa di cek udah aus atau msh bagus..karena terkadang sx4 punya penyakit bawaan suara gluduk2 dr arah kaki2 depan
trus klo ac gak dingin, cek filter ac nya, klo kotor..cek evaporatornya..klo kotor juga, bersiin evaporatornya dulu, klo semisal evapnya aus atau bocor, ya ganti..filternya sekalian
jgn lupa cek kompresornya juga
ane cuman bisa kasi info segitu, buat yg udah pernah dandanin sx4 2nd di mari coba tanya suhu ChZ

yg paling gampang ya cek kembangan ban haha
klo ada suara gluduk2 waktu jalan jelek, bisa jadi dr steering rack, bisa di cek udah aus atau msh bagus..karena terkadang sx4 punya penyakit bawaan suara gluduk2 dr arah kaki2 depan
trus klo ac gak dingin, cek filter ac nya, klo kotor..cek evaporatornya..klo kotor juga, bersiin evaporatornya dulu, klo semisal evapnya aus atau bocor, ya ganti..filternya sekalian
jgn lupa cek kompresornya juga
ane cuman bisa kasi info segitu, buat yg udah pernah dandanin sx4 2nd di mari coba tanya suhu ChZ

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
masalah biasa sih di steering rack sma kayak swift, kaki2 juga denger2 juga lemah IMHO CMIIW
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed May 28, 2014 12:07
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
siputKW wrote:buat ngecek sih, nubie nyaranin coba tes bawa jalan aja oom..
yg paling gampang ya cek kembangan ban haha
klo ada suara gluduk2 waktu jalan jelek, bisa jadi dr steering rack, bisa di cek udah aus atau msh bagus..karena terkadang sx4 punya penyakit bawaan suara gluduk2 dr arah kaki2 depan
trus klo ac gak dingin, cek filter ac nya, klo kotor..cek evaporatornya..klo kotor juga, bersiin evaporatornya dulu, klo semisal evapnya aus atau bocor, ya ganti..filternya sekalian
jgn lupa cek kompresornya juga
ane cuman bisa kasi info segitu, buat yg udah pernah dandanin sx4 2nd di mari coba tanya suhu ChZ
makasih omMonSTER_GTR wrote:masalah biasa sih di steering rack sma kayak swift, kaki2 juga denger2 juga lemah IMHO CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
uhuk ada yang manggil saya.
buat oom amri... pertama cek ban. ane 2x beli SX4 dapet ban yang kurang layak, terutama ban belakang. biasanya udah pada botak. dan yang ane temukan juga di SX4 lain taun sama, punya madcat belakang udah botak. terus dulu di BeRes pernah nemu yang lebih parah, 4 - 4nya botak. SX4 CBU 2007
satu set ban original (Turanza ER330) dihargai 1,3jt/pc.
kedua, cek shock belakang, ada bocor apa nggak. punya ane 2010 udah bocor yang belakang kiri soalnya, ya entah faktor pemakaian kali ya. uwkwkw. soalnya udah 67ribu KM jadi sangat wajar lah kalo dah bocor. indikasinya bisa diliat ada rembesan oli apa nggak di shocknya.
ketiga, steering rack bunyi. walaupun ini sebenernya bukan karena rusak, tapi memang penyakit bawaan. jadi jangan kaget kalo tiba-tiba lewat jalan rusak bunyi "klotok-klotok", nggak diganti pun gak masalah sebenernya.
keempat, coba cek AC juga. masih berfungsi normal apa nggak. belt AC dan drive belt dicek juga apa ada bunyi-bunyi mencicit apa nggak. kalo si penjual berkenan, nyalain AC dan lampu-lampu buat memastikan.
di BeRes harga belt ini satu set 500ribu. kalo saran ane sih cari di non-BeRes aja kalo mw berhemat anggaran.
sisanya sih tinggal bersih2 aja, tune up dan spooring/balancing. dah. voila! udah seperti baru lagi
nah, nanti coba ane cari ceklist kemaren dibenerin apa aja, soalnya lupa udah dibuang apa masih ane selipin di buku serpis
saran ane, cari yang ex-pemakai. bukan apa - apa, kadang showroom nggak mau kasih tau kondisi aktual mobilnya.
dan jangan berpatokan odometer rendah, justru menurut saya lebih baik beli yang odometernya agak tinggi. odometer rendah = mobil simpenan = jarang diperhatikan sama pemilik, dan penyakitnya bermunculan semua.
happy hunting oom
buat oom amri... pertama cek ban. ane 2x beli SX4 dapet ban yang kurang layak, terutama ban belakang. biasanya udah pada botak. dan yang ane temukan juga di SX4 lain taun sama, punya madcat belakang udah botak. terus dulu di BeRes pernah nemu yang lebih parah, 4 - 4nya botak. SX4 CBU 2007

satu set ban original (Turanza ER330) dihargai 1,3jt/pc.
kedua, cek shock belakang, ada bocor apa nggak. punya ane 2010 udah bocor yang belakang kiri soalnya, ya entah faktor pemakaian kali ya. uwkwkw. soalnya udah 67ribu KM jadi sangat wajar lah kalo dah bocor. indikasinya bisa diliat ada rembesan oli apa nggak di shocknya.
ketiga, steering rack bunyi. walaupun ini sebenernya bukan karena rusak, tapi memang penyakit bawaan. jadi jangan kaget kalo tiba-tiba lewat jalan rusak bunyi "klotok-klotok", nggak diganti pun gak masalah sebenernya.
keempat, coba cek AC juga. masih berfungsi normal apa nggak. belt AC dan drive belt dicek juga apa ada bunyi-bunyi mencicit apa nggak. kalo si penjual berkenan, nyalain AC dan lampu-lampu buat memastikan.
di BeRes harga belt ini satu set 500ribu. kalo saran ane sih cari di non-BeRes aja kalo mw berhemat anggaran.
sisanya sih tinggal bersih2 aja, tune up dan spooring/balancing. dah. voila! udah seperti baru lagi

nah, nanti coba ane cari ceklist kemaren dibenerin apa aja, soalnya lupa udah dibuang apa masih ane selipin di buku serpis

dan jangan berpatokan odometer rendah, justru menurut saya lebih baik beli yang odometernya agak tinggi. odometer rendah = mobil simpenan = jarang diperhatikan sama pemilik, dan penyakitnya bermunculan semua.
happy hunting oom

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
Sebentar, SX-4 itu FWD... kok bisa ban belakang yang botak ya?
Kalo ane, gegara ban depan botak, ane tukar ban depan ke belakang... Keuntungan ban belakang botak: Gampang skidding di tikungan hanya bermodalkan hand brake...
Kalo ane, gegara ban depan botak, ane tukar ban depan ke belakang... Keuntungan ban belakang botak: Gampang skidding di tikungan hanya bermodalkan hand brake...

Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
jangan - jangan pada melakukan praktek yang sama dengan ente, jadi itu aslinya ban depan botak lalu di tuker ke belakang.madcat015 wrote:Sebentar, SX-4 itu FWD... kok bisa ban belakang yang botak ya?
Kalo ane, gegara ban depan botak, ane tukar ban depan ke belakang... Keuntungan ban belakang botak: Gampang skidding di tikungan hanya bermodalkan hand brake...



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Beli SX4 x-over MT 2009 2nd parts apanya yg harus kita j
perlu ada lesson buat beginner rasanya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Wed May 28, 2014 12:07