Er3 vs batu makam GL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18
Er3 vs batu makam GL
Dear all,
Setelah sibuk browsing sana-sini, test drive sana-sini, nanya sama sesepuh sini (khususnya om madcat) dan semedi di gunung kawi selama 5 menit, akhirnya pilihan saya menciut di 2 pilihan, yaitu er3 dan new GL.
Pilihan menciut di kedua pilihan itu karena dari yang saya baca kedua tipe itu punya kekedapan kabin yang lebih baik dari avanza dan mobilio. Hal ini sesuai dengan kebutuhan saya yang berencana saya untuk upgrade audio mobil.
Dari hal yang saya baca, kelebihan utama GL adalah kapasitas mobil yang lebih besar dari er3 dan tarikan yang lebih mantap. Benarkah demikian?
Dan yang saya baca, suara ac grand livina berisik sekali. Masihkah demikian? Apakah ada solusi yang murah meriah untuk mengatasi masalah tersebut?
Kebutuhan utama saya dalam ambil mobil sih:
1. Kenyamanan mobil untuk dibawa dalam kota Jakarta (jarang naik tol).
2. Irit BBM.
3. Kekedapan kabin.
Saya tidak ada masalah dengan luas bagasi. Karena memang jarang bawa orang atau barang banyak-banyak.
Kira-kira dengan kebutuhan saya seperti itu, saya cocoknya ambil yang mana yah?
Dan juga mohon masukannya, er3 GX harus saya bandingkan dengan new GL yang tipe mana yah?
Mohon bantuannya.
Setelah sibuk browsing sana-sini, test drive sana-sini, nanya sama sesepuh sini (khususnya om madcat) dan semedi di gunung kawi selama 5 menit, akhirnya pilihan saya menciut di 2 pilihan, yaitu er3 dan new GL.
Pilihan menciut di kedua pilihan itu karena dari yang saya baca kedua tipe itu punya kekedapan kabin yang lebih baik dari avanza dan mobilio. Hal ini sesuai dengan kebutuhan saya yang berencana saya untuk upgrade audio mobil.
Dari hal yang saya baca, kelebihan utama GL adalah kapasitas mobil yang lebih besar dari er3 dan tarikan yang lebih mantap. Benarkah demikian?
Dan yang saya baca, suara ac grand livina berisik sekali. Masihkah demikian? Apakah ada solusi yang murah meriah untuk mengatasi masalah tersebut?
Kebutuhan utama saya dalam ambil mobil sih:
1. Kenyamanan mobil untuk dibawa dalam kota Jakarta (jarang naik tol).
2. Irit BBM.
3. Kekedapan kabin.
Saya tidak ada masalah dengan luas bagasi. Karena memang jarang bawa orang atau barang banyak-banyak.
Kira-kira dengan kebutuhan saya seperti itu, saya cocoknya ambil yang mana yah?
Dan juga mohon masukannya, er3 GX harus saya bandingkan dengan new GL yang tipe mana yah?
Mohon bantuannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Er3 vs batu makam GL
Om mau ambil yg matic apa manual? Karena kalau r3 manual itu kasar suara mesinnya tapi irit banget
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Er3 vs batu makam GL
kalau ertiga selain irit harga spare parts murah murah coba tanya harga busi nissan di dealer GILA......... !!!
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18
Re: Er3 vs batu makam GL
Rencana sih mau ambil manual. Kebetulan ada keluarga yang punya manual, saya nggak ingat suara mesinnya kasar atau halus. Yang jelas suara mesinnya tidak terdengar di kabin saat di-gas. Tidak seperti xenia saya.piggypig77 wrote:Om mau ambil yg matic apa manual? Karena kalau r3 manual itu kasar suara mesinnya tapi irit banget
Cuman yah suara ban-nya itu yang keterlaluan sih masuk ke kabin.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18
Re: Er3 vs batu makam GL
Mohon masukannya kenapa lebih mending ambil GL dibandingkan er3?arton wrote:GL hws
Thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Er3 vs batu makam GL
r3 ini sepertinya dpt review mantep ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 636
- Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
- Location: Jakarta
Re: Er3 vs batu makam GL
Wahh saya merasa malah road noisenya kecil lho. Kalau gas2 gtu ga gtu berisik om cuman kalau udh 3000rpm udh ga enak suaranya.orangsabar wrote:Rencana sih mau ambil manual. Kebetulan ada keluarga yang punya manual, saya nggak ingat suara mesinnya kasar atau halus. Yang jelas suara mesinnya tidak terdengar di kabin saat di-gas. Tidak seperti xenia saya.piggypig77 wrote:Om mau ambil yg matic apa manual? Karena kalau r3 manual itu kasar suara mesinnya tapi irit banget
Cuman yah suara ban-nya itu yang keterlaluan sih masuk ke kabin.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18
Re: Er3 vs batu makam GL
Coba deh om bawa ertiga ke jalanan yang konturnya seperti jalan aspal kemayoran. Nanti langsung berasa deh suara yang saya maksud.piggypig77 wrote:Wahh saya merasa malah road noisenya kecil lho. Kalau gas2 gtu ga gtu berisik om cuman kalau udh 3000rpm udh ga enak suaranya.orangsabar wrote:Rencana sih mau ambil manual. Kebetulan ada keluarga yang punya manual, saya nggak ingat suara mesinnya kasar atau halus. Yang jelas suara mesinnya tidak terdengar di kabin saat di-gas. Tidak seperti xenia saya.piggypig77 wrote:Om mau ambil yg matic apa manual? Karena kalau r3 manual itu kasar suara mesinnya tapi irit banget
Cuman yah suara ban-nya itu yang keterlaluan sih masuk ke kabin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
- Location: Surabaya
Re: Er3 vs batu makam GL
Kalo kriterianya itu saja .... dan manual ...... ane vote GLorangsabar wrote:
Kebutuhan utama saya dalam ambil mobil sih:
1. Kenyamanan mobil untuk dibawa dalam kota Jakarta (jarang naik tol).
2. Irit BBM.
3. Kekedapan kabin.
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Er3 vs batu makam GL
Kalau masalah suara mesin 2 2 nya bukan tipe sura mesin yang memanjakan telinga,,, 2 2 nya tipe membuat sakit di hati karena intake plastik.
Gl built q nya jelek
Sedangkan r3 nvh nya seperti ga pernah di test
Tapi melihat apa yang ditawarkan, grand livina memeiliki teknologi lebih baik dari r3, denga mesin dual vvt (bukan hanya intake, exhaust juga) , cvt gear, damping yang baik.
Gl built q nya jelek
Sedangkan r3 nvh nya seperti ga pernah di test
Tapi melihat apa yang ditawarkan, grand livina memeiliki teknologi lebih baik dari r3, denga mesin dual vvt (bukan hanya intake, exhaust juga) , cvt gear, damping yang baik.
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Er3 vs batu makam GL
vote GL...sama spt rekan2 di atas, mesin lebih kuat (apalagi yg 1.
, peredaman dan teknologinya lebih baik dibanding R3..meski belum pernah piara 22nya, tapi pernah pinjem tes di jalanan dalam kondisi std..kebisingan ban bisa diakali dg ganti ban yg alur airnya sedikit shg suara turbulensi ban saat melaju bisa berkurang..

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: Er3 vs batu makam GL
Vote gl emang busi 100.000 tapo tahan sampe 100.000km atau 3 tahun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18
Re: Er3 vs batu makam GL
Seberapa jauh pengaruh mesin dual vvt tersebut.walid_007 wrote:Kalau masalah suara mesin 2 2 nya bukan tipe sura mesin yang memanjakan telinga,,, 2 2 nya tipe membuat sakit di hati karena intake plastik.
Gl built q nya jelek
Sedangkan r3 nvh nya seperti ga pernah di test
Tapi melihat apa yang ditawarkan, grand livina memeiliki teknologi lebih baik dari r3, denga mesin dual vvt (bukan hanya intake, exhaust juga) , cvt gear, damping yang baik.
Kalau baca tulisan di review grand livina di SM, katanya nggak berasa pengaruhnya.
Yang dimaksud nvh apa yah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Er3 vs batu makam GL
Oot dikit, mobilio gak dilirik sm sekali? Klo blh tau knp?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Er3 vs batu makam GL
kualitas bahan interiornya di bawah 2 rivalnya, om..juga di bantingan suspensinya, keras/sporty dibanding rivalnya..sehingga melelahkan, kurang nyaman buat supir dan penumpangnya. di trit lain sudah ada mobilio ikut dibandingkan...g4ndalf wrote:Oot dikit, mobilio gak dilirik sm sekali? Klo blh tau knp?
Lagian, ini kan bahas R3 vs GL....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Er3 vs batu makam GL
kalo ambil manual mah GL aja om,, tapi kalo mau ambil matic mending si r3
cvtnya si GL bikin gregetan oy,, 


always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38
Re: Er3 vs batu makam GL
Spin diesel? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Er3 vs batu makam GL
Klw manual mh GL aj deh, cmn perlu diperhatiin hrga sparepart, dan pstinya klw dijual lgi agak susah (gak kyk avz/ertiga yg bnyk peminatnya)
.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Er3 vs batu makam GL
busi kalo sampe rusak itu kan pas mobil ga bisa distarter? ato ada efek2 selain itu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Er3 vs batu makam GL
Setuju sama om batumakam inibatumakam wrote:kalo ambil manual mah GL aja om,, tapi kalo mau ambil matic mending si r3cvtnya si GL bikin gregetan oy,,
R3 matic halus banget

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
- Daily Vehicle: Accord_cp2
Re: Er3 vs batu makam GL
R3 matic aj om... GL aku punya di rumah yg model 2010, sparepart mahal... Masa busi satu nya 100 ribu.. --"
Livina power nya kecil om, ga kuat nanjak... Kalo di kota kota oke sih . irit banget...
Livina power nya kecil om, ga kuat nanjak... Kalo di kota kota oke sih . irit banget...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Er3 vs batu makam GL
Kan bisa pake busi yg biasa kok omyeodi wrote:R3 matic aj om... GL aku punya di rumah yg model 2010, sparepart mahal... Masa busi satu nya 100 ribu.. --"
Livina power nya kecil om, ga kuat nanjak... Kalo di kota kota oke sih . irit banget...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Aug 11, 2014 5:18
Re: Er3 vs batu makam GL
Terima kasih semua atas sarannya.
Sampai saat ini belum yang benar-benar membahas keunggulan dan kelemahan GL dibandingkan er3.
Ada yang sudah bahas mesin GL yng lebih baik dari er3, tapi belum jelas kelebihannya dimana. Irit atau top speed?
Ada yang bahas harga busi, cuman tidak jelas seberapa jauh harga part fast moving lainnya. Kalau busi 100rb, saya kira tidak sebanding dengan harga mobil yng sudah sekitar 200 juta.
Juga masalah ac yng berisik bagaimana yah?
Info yng tadi paling jelas yaitu resale value er3 yng lebih baik, thanks @wongzo atas infonya.
Sampai saat ini belum yang benar-benar membahas keunggulan dan kelemahan GL dibandingkan er3.
Ada yang sudah bahas mesin GL yng lebih baik dari er3, tapi belum jelas kelebihannya dimana. Irit atau top speed?
Ada yang bahas harga busi, cuman tidak jelas seberapa jauh harga part fast moving lainnya. Kalau busi 100rb, saya kira tidak sebanding dengan harga mobil yng sudah sekitar 200 juta.
Juga masalah ac yng berisik bagaimana yah?
Info yng tadi paling jelas yaitu resale value er3 yng lebih baik, thanks @wongzo atas infonya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Er3 vs batu makam GL
AC sih bukan berisik yak, tp blowernya kekencengan even di speed plg rendah... Bisa diakalin kalo g demen, dgn pake blower punya livina hatch... 
Mesin GL mainnya rada di hi-rev, topspeed lumayan tinggi... Sedangkan buat nanjak ya dia harus main di rpm tinggi jg, jd terkesan ngeden & ga kuat nanjak...
Kalo irit sih ya GL mah irit om, 1:10 up sampe (ngga tau segini udh irit apa blm, kalo buat ane sih irit)

Mesin GL mainnya rada di hi-rev, topspeed lumayan tinggi... Sedangkan buat nanjak ya dia harus main di rpm tinggi jg, jd terkesan ngeden & ga kuat nanjak...
Kalo irit sih ya GL mah irit om, 1:10 up sampe (ngga tau segini udh irit apa blm, kalo buat ane sih irit)
