Share pengalaman:
Dulu waktu kerja di Muara Teweh Kalteng, sering pulang pergi Tabalong, Kalsel pake Jeep XJ.
Karena sibuk di hutan, si media playernya XJ yang rusak belum diperbaiki, sementara pake HP ama earphone dulu dengerin mp3, buat nemenin perjalanan.
Suatu ketika di tengah perjalanan, kira-kira 30an km sebelum kota kecil Ampah, jam 9an malam, kok terdengar ada sayup2 suara serem, hi ...hi....hi .......
Mendadak, kaget campur takut mulai menyerbu pikiran, buat tenanging diri, langsung cek spion tengah, kanan dan kiri, sapa tau ada yang "nyangkut", ternyata gak ada siapa2.
Karena masih ada suara hi ...hi....hi...., langsung bejek gas, belokan serasa jalan lurus, jalan Trans Borneo yang berlubang itu serasa tol JORR.
Suara tadi sudah tidak terdengar lagi, tapi si XJ tetap dipacu kencang, pengen cepat sampai di tempat istirahat di Ampah.
Kira-kira 20an km sebelum Ampah, kemudian kerasa rpm mesin naik tinggi tiap mau pindah transmisi.
Bingung juga kenapa, soale si XJ ini transmisnya AT, tiap mau pindah gigi selalu naik tinggi rpmnya.
Dalam hati, kenapa ni transmisi? Coba switch ke 1-2, pas mau ke 3, rpm naik lagi.
Semakin bingung, bejek gas lagi pake D, kepikiran biar sampe warung tempat istirahat.
Sepanjang jalan makin panik dan bingung, sambil berdoa semoga aman sampe di tujuan.
Setelah tiba di Ampah, si XJ langsung dicarikan parkiran yang aman, matikan mesin, langsung pesan dan tenggak minum dingin.
Sambil duduk di warung, perhatikan bagian depan si XJ, kok keliatan ada yang netes ke tanah.
Cepat-cepat ambil senter, buka engine hood, kaget, ruangan mesin penuh oli.
Coba pegang olinya, warna merah bening, oli transmisi rupanya, wah tewas ni transmisi.
Tengah malam telpon bengkel di Tanjung, Pak Tua yang kebetulan pake XJ juga, untung masih diangkat, kata Pak Tua, coba idupin dulu, biar tau bocornya dimana.
Setelah dihidupkan, trans ke N, keliatan di ruang mesin oli muncrat dari pipa aluminium yang kejepit, rupanya pipa ini adalah pipa oli pulang dari intercooler transmisi.
Pipa ini terjepit antara gerakan naik turun lower arm XJ yang bertabrakan dengan pinggiran mesin, jadi teringat tadi lubang dalam serasa jalan tol, sehingga travel naik turun arm itu melewati batas, ditambah posisi pipa aluminium itu gak terikat di tempatnya.
Kepaksa si XJ ditinggal di warung, kembali ke Tanjung pake mobil travel yang singgah.
Besoknya kembali bawa gergaji besi, hose high press dan temp, klem 4 buat ama oli merk Jumbo 8lt (cuma oli ATF ini yang tersedia di toko, udah DEXRON III).
Potong pipa yang kejepit sambung pake hose, klem, isi oli 7lt, idupin mesin, yo ho, gak ada bocor.
Amati setengah jam, gak ada tetesan, siap-siap kembali ke rumah, gas pol lagi, gak ada beda rasanya ama yang sebelumnya, normal sampe sekarang.
Malam sebelumnya, pas sampe rumah, tengah malam, cerita ama istri.
Ketauan kalo yang hi ....hi..... itu suara Kaka di lagunya Slank, album pertama, "Memang".
Kesimpulan:
- Kenali mobil dan gejala kerusakan mobil,
- Kalo ada trouble, jangan dipaksakan, berhenti, liat situasi, konsultasi kemudian putuskan mau lanjut ato stop. Kebayang di pengalaman saya di atas, kalo terlalu lama jalan, bisa kebakar ruang mesin, apalagi oli transmisi terkenal panas,
- Kenali lagu-lagu yang kesimpan di drive, jangan seperti saya, Slankers, tapi gak ingat kalo ada suara Kaka yang seram di awal lagu album pertama Slank
- Perbaiki kerusakan mobil as soon as possible, jangan ditunda,
- Ternyata emang bener kata-kata om anginlumpur kalo trans matic XJ bandel, asal oli gak kurang.
ovation wrote:Mmmm, ini kejadian pas masih sma dulu di semarang, jaman mobil blon wajib ada safety belt.
Waktu itu mobil hardtop bokap baru abis ganti kaca film, dari sebelumnya skkb entah 40% atau 60% diganti jadi 80%.
Malem itu ane nekat jalan-jalan menikmati hujan lebat plus banjirnya kota semarang pake hardtop bokap, sok belagak offroad, padahal skill nyetir ya baru so-so gitu deh...
Kesimpulan:
- jangan banjir-banjiran
- gunakan seatbelt/safety belt mobil anda kalo pas banjir-banjiran. kalo gada ya pasang
- jangan sok-sok yakin kalo baru pertama kali pk kaca samping 80%
- apa lagi ya... ya pokoke jangan banjir-banjiran dah..