Gold Pocket wrote:berarti fortuner ini akan selalu menggunakan tarikan 4 roda ya? (mode H 4x4 full time)?
apa keuntunganya menggunakan 4x4 full time macam ini dibanding 4x2?
apa full time 4x4 berarti tidak membutuhkan VSC atau TSC lagi?
seingat saya, di TB 2.8 ada mode H2, H4, L. ini berarti cuman bisa digunakan di medan berat ya?
Betul om.....
Vsc bisa kerja tandem dgn 4fulltime.... Fungsinya berbeda.... 4x4 ningkatin traksi, sedangkan vsc mengkoreksi arah jika terjadi understeer atau oversteer bekerja reactive, sistem 4fulltime preventif.
Tcs bekerja 2 macam, untuk ngurangin output mesin jika overpower dan spin, dan untuk ngerem ban yg hilang traksi guna ngirim torsi ke han yg punya traksi.
Di mode H atau fulltime bisa di setarakan dengan AWD subaru STI atau MT yang mengguakan center diff juga.
Sedangkan subaru yang AT dan CVT berbeda.. Karna center diff diganti multiple plate clutch haldex yg elektronis dengan magnet, dan clutchnya bisa aus.
Betul trailblazer sistem 4x4 nya hanya bisa digunakan di medan offroad. Di aspal bisa di gunakan asal tidak berbelok tajam dan lebih cendrung understeer
Prado juga sama sistemnya seperti fortuner... Bedanya ada versi yg untuk masuk partime locknya diganti tombol tuas untuk hi low saja.
Sebenernya itu lebih baik jadi bisa lowgir di mode fulltime di aspal
Klw ada mode 2H... Jadi bisa dripting ala RWD wkwkwkwk