
Terus banyak yang salah mengartikan kode spesifikasi busi, Misal Tilisan R dianggap busi Racing, padahal itu busi berhambatan

Mau ngak Pusing ya Pake Diesel ngak mikirin Busi

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Ah...engga jugaUnta_item wrote: Mau ngak Pusing ya Pake Diesel ngak mikirin Busi
Itu sih karena yang desain HDI gagal paham dipasangin pake Busi pemanas segalaimsus2c wrote:Ah...engga jugaUnta_item wrote: Mau ngak Pusing ya Pake Diesel ngak mikirin Busi![]()
Tempohari saya ganti busi untuk mesin DW10TD-HDi, 4 pcs, mana mahal lagi...
tergantung mobilnya gan, klo mobil yg perlu pembakaran besar pake busi iridium lbh efektif, buat cc yg > 1800 ... katanya sih klo yg pembakarannya gak besar alias cc < 1800 gak terlalu efektif, cukup pake busi standar aja... tp ane gak tau ya bener ato gaknya soalnya ane cuma pake iridium di mobil cc gede...coba aja cari2 info di googleJambangan wrote:Bentar lagi waktunya ganti busi nih
Baiknya pake busi standar bawaan beres apa busi iridium yak??
Pengen nyobain busi iridium autolite nih
Pemakaian daily use aja
Mayan kan 40rb-50rb KM baru ganti busi kalo pake iridium
ini ada tulisan mengenai iridium.. http://oto.detik.com/read/2011/12/16/13 ... il-standarJambangan wrote:Mobil ane 1.5 L om
Mungkin pake busi standar aja kali ya. Soalnya pernah dikasih tau om ane ada beberapa mobil yg ga cocok pake iridium. Baru 25rb KM udh rusak businya. Padahal iridium lho
Kayaknya yg iridium utk itu, saat ini ngga ada, Pak.richard t wrote:all sesepuh busi, sekarang ini posisi standar pabrik pakai busi PLKR7B8E , ada yg bisa bantu persamaan nya ke ngk iridum ?
Thanx reply nya Om Imsus2c , di forum ada yg mengatakan bisa dipakai ngk LFR6AIX-11 , NGK ILFR6A , BOSCH FR 6 MPP 332. Yg membuat saya agak ragu, masih ada yg kontra dgn ngk . Bosch spt nya aman2 aja. Tp ada pertanyaan, utk derajat panas nya , standar nya 7 , yg lainnya di 6.imsus2c wrote:Kayaknya yg iridium utk itu, saat ini ngga ada, Pak.richard t wrote:all sesepuh busi, sekarang ini posisi standar pabrik pakai busi PLKR7B8E , ada yg bisa bantu persamaan nya ke ngk iridum ?
http://www.ngkbusi.com/index.php/pfsp/4w
http://www.sparkplug-crossreference.com/
http://www.sparkplugcrossreference.co.uk/search/
bernakah? kalo umur udah tua rasanya mesin kasar..lebih karena faktor worn out di banding busi.imsus2c wrote:Kalau masalah mesin kasar, apa sudah pernah periksa ke BeRes?
Suara mesin kasar, kayaknya bukan dominan dari faktor salah busi
mesin biar kata uda tua kalo kerak2 karbon nya tipis atau minimal, stelan busi benar, supply bensin ok sehh halus2 saja koq.. ohh satu lg, kalo blom bocor kompresi atau katup HLA nya masi bagus yahh..montirangin wrote:bernakah? kalo umur udah tua rasanya mesin kasar..lebih karena faktor worn out di banding busi.imsus2c wrote:Kalau masalah mesin kasar, apa sudah pernah periksa ke BeRes?
Suara mesin kasar, kayaknya bukan dominan dari faktor salah busi
Iya betul, mesin yg sudah pakai HLA dan odo sudah banyak, bisa berpotensi suaranya jadi berisik/kasar.DOHC wrote:mesin biar kata uda tua kalo kerak2 karbon nya tipis atau minimal, stelan busi benar, supply bensin ok sehh halus2 saja koq.. ohh satu lg, kalo blom bocor kompresi atau katup HLA nya masi bagus yahh..montirangin wrote:bernakah? kalo umur udah tua rasanya mesin kasar..lebih karena faktor worn out di banding busi.imsus2c wrote:Kalau masalah mesin kasar, apa sudah pernah periksa ke BeRes?
Suara mesin kasar, kayaknya bukan dominan dari faktor salah busi
Good infomarmut wrote:@ jambangan,
liat di manual book harus pake busi apa. Dan yang paling penting itu nilai panas busi, bukan merk.
Iridium tidak disarankan untuk mesin yang sering idle alias kena macet.
berarti bisa 53rb km masih ok ya..lumayan yaaGodwill wrote:e36 320i ane pake iridium, lbh responsif, lbh laju dan lbh irit bbm tp gak signifikan amat sih bedanya tp lumayanlah.. ane pake trus baru ganti lagi pas di 53ribuan km... itupun msh bisa kok digunakan sebenarnya tp udh gak max pembakarannya
ada sebabnya gan? apa efek buruknya selain businya cepet rusak?marmut wrote:@ jambangan,
liat di manual book harus pake busi apa. Dan yang paling penting itu nilai panas busi, bukan merk.
Iridium tidak disarankan untuk mesin yang sering idle alias kena macet.
Klw ane pemakai busi iridium tp dipake rta" sore ga macet berarti oke yhmontirangin wrote:ada sebabnya gan? apa efek buruknya selain businya cepet rusak?marmut wrote:@ jambangan,
liat di manual book harus pake busi apa. Dan yang paling penting itu nilai panas busi, bukan merk.
Iridium tidak disarankan untuk mesin yang sering idle alias kena macet.
masalahnya skrg jalanan jakarta 75-80% of the time itu macet (normal people driving time, bukan jam 12 dini sampai jam 5 subuh)
Yg penting nilai panas-nya sesuai dengan permintaan mesin (cek manual book).WongZo wrote:Klw ane pemakai busi iridium tp dipake rta" sore ga macet berarti oke yhmontirangin wrote:ada sebabnya gan? apa efek buruknya selain businya cepet rusak?marmut wrote:@ jambangan,
liat di manual book harus pake busi apa. Dan yang paling penting itu nilai panas busi, bukan merk.
Iridium tidak disarankan untuk mesin yang sering idle alias kena macet.
masalahnya skrg jalanan jakarta 75-80% of the time itu macet (normal people driving time, bukan jam 12 dini sampai jam 5 subuh). Jdi kesimpulannya busi biasa lebih bgus bwt macet" an ?