![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Kemaren iseng2 coba Alphard MZG 2003 punya tulang (paman) ane, sekalian pengen buat reviewnya...

Mohon maaf kalo review & fotonya jelek...

=======================
Alphard generasi pertama yang berkode body ANH10 ini diluncurkan pertama kali tahun 2002 di Jepang, untuk menghadang lawan2nya yaitu Elgrand dari Nissan dan Elysion dari Honda...
Saat itu, Alphard langsung menjadi best seller di Jepang, karena kenyamanan & fitur-fiturnya melampaui kedua pesaing...

Mobil ini mulai masuk ke Indonesia tahun 2003 (which means yg ane review ini angkatan awal bgt) melalui Importir Umum, dan langsung menjadi simbol -horang kayahhhh- di Indonesia, sampai sekarang..

Pada tahun itu, hanya tersedia type MZG dengan mesin 1MZ-FE berkapasitas 3.0L dan berpenggerak 4 roda...
Mulai pada tahun 2004, barulah IU memasukkan type dengan mesin 2.4 FWD...
Buat trim trim nya, sebenernya membingungkan karna spesifikasinya beda2 tergantung pesanan, jd di type yg sama bisa ga ada suatu fitur tertentu yg di alphard lainnya ada/sebaliknya...

Cuma pada dasarnya, pembagian typenya seperti ini (courtesy of bro axala) :
AXL
-Single electric door (kebanyakan AXL di jakarta udh dual electric door...ini bagian dr opsi2 pesanan pabrik dr IU dulu)
-Woodpanel hanya di trim n consol dash n setir
-Jok fabric model sambung/bench
-Tersedia beige n hitam interior
-Ada opsi dual sunroof....kebanyakan IU jakarta dapet ini)
-Ambient light
-Dual airbag
AS
-Semua kelengkapan AXL ditambah =
-Captain seat
-Interior beige/hitam....kebanyakan AS yg dijakarta hitam
-Single electric door(kebanyakan dapet opsi dual electric dr IU jakarta)
-HU TV
-Kadang dapet AFS
-dual sunroof standart
ASG
-Semua kelengkapan AS dilengkapi dengan
-Dual electric door (standart)
-Kadang2 (jarang ) ada yg dapet opsi power lift gate
-Suspension adjuster (seperti MZG)
-Home theatre system
-MZG
Trim terlengkap....semua dr ASG, standartnya =
-Msin 3.0
-Dual electric door
-Dual sunroof
-Electric krey depan n belakang
-Ottoman row2 seat
-Front seat n driver seat heater
-Driver electric seat
-Power back door
-4WD
Unit yg ane test ini type MZG, namun minus pintu geser elektrik yang hanya di kiri (kanan manual), jok yang pake beludru, dan suspension adjuster (set shock keras empuk)...

Pada 2005, alphard ini mendapatkan facelift, dengan letak perbedaan di pintu belakang, dan velg, serta type bermesin 3.0L V6 mendapatkan transmisi 5 speed automatic...
=================
Sebelumnya maaf kalo foto exterior originalnya cuma 1 doang (yg bagian samping), sisanya nyomot dr internet krn kelupaan foto luarnya...


Bagian depan terdapat logo alphard (kebayang kalo dikasih logo toyota, lsg jadi jelek

Overall tampak depannya masih bagus dilihat sampe sekarang...


Di bagian samping, modelnya masih manis dilihat sampe sekarang, belom terlihat tua...

Spion yang besar memudahkan buat melihat ke belakang... namun awas, spion alphard terkenal sering dicongkel oleh tangan tangan syaiton

Velg berukuran 16 inch, dengan desain yang menurut ane cukup membosankan... Diganti pake velg alphard terbaru, langsung ngejreng lagi tampilan alphard lama ini


Bagian belakang, menurut ane udah mulai keliatan usang...

Model lampu seperti itu bikin tampilan alphard ini jadi rada butut, coba dibuat nggak bulet bulet modelnya, pasti lebih bagus...
Spoilernya cukup membuat manis lah...

Overall, dari luar mobil ini terlihat sangat besar... Panjang 4840mm dan tinggi 1935mm, serta wheelbase 2900mm memang nggak boong...

Untuk warna, menurut ane alphard ini paling bagus pake warna silver, warna hitam bagus kalo kinclong, sedangkan alphard ini biasanya udah rada butek itemnya, sedangkan warna lain agak kurang gimana gitu...

=================

Interior didominasi warna beige, dengan campuran warna abu2 gelap di dashboard dan doortrim...
Kabin mobil ini sangat lapaang, enak bener berpindah2 antar jok...


Dashboard bermodel lebar, dengan kombinasi warna abu2 dan beige, serta sentuhan wood panel di trim2nya...
Bahan yg digunakan bagus, dengan softpad di seluruh bagian yg berwarna abu2, dan panelgap rapih ala mobil CBU... Bahkan kualitas dash alphard ini masih lebih bagus drpd adeknya, si alphard gen2...

Di dashboard tengah terdapat head unit yang radionya hanya mampu menangkap frekuensi sampe 90.0 saja

Tombol2nya mudah dijangkau dan dioperasikan, dan tuas transmisi di dashboard membuat ruang antara jok driver dan jok penumpang kosong, sehingga memudahkan buat berpindah2 antar jok...


Doortrim mobil ini berlapis softpad di bagian abu2, dan hard plastic di bagian bawah, serta wood panel & beludru di bagian panel...
Di kedua jok depan terdapat armrest...
Jok mobil ini menggunakan pelapis beludru yang terasa mewah, halus & empuk, tidak seperti fabric mobil2 djelata...

Joknya sendiri sangat nyaman, nggak bikin pegel & mengundang kantuk...

Ruang kakinya lega, nggak ada cerita dengkul mentok...


Di tengah2 jok depan, terdapat tombol kontrol kerai elektrik dan pintu bagasi elektrik...


Nah, ini dia bagian yg paling wenak, yaitu row2nya...

Joknya jenis captain seat, dengan penyangga kaki (apa ya nama benernya) yang disimpan di bagian kolong joknya... Sangat nyaman buat didudukin, dengan beludru mewah, jok empuk, dua armrest, dan penyangga kaki, rileks bener

Legroom super luas, sampe bisa buat duduk bersila... (jadi kalo dipaksain, alphard ini bisa muat 10 orang, dengan 2 di depan, 2 di lantai, 2 di row2, dan 4 di row3

Doortrim sama seperti di depan, dengan softpad di bagian abu2, plastik di bagian bawah, dan wood panel serta beludru di panel...
Kacanya sudah dilengkapi kerai elektrik, berguna bgt pas siang2 atau pengen privasi lebih...

Di tengah2 jok row2, terdapat meja kecil yang bisa dilipat, dengan alas woodpanel dan 2 cup holder...
Di bagian row3, joknya juga nyaman, dengan armrest...

Kacanya sudah dilengkapi kerai elektrik juga, dan legroom masih se-row2 nya apanjah... Masih nyaman bener duduk di row3


Di mobil ini terdapat 2 sunroof, yg terletak di depan dan row2...

Sunroof row2 mobil ini gede bener, wenak buat menikmati bintang2, atau nongol trus dadah2...

Oiya, di pillar2 terdapat lighting yang menyala temaram, keren bgt pas malem...

AC mobil ini cukup baik, dengan climate control dualzone (1 depan, 1 belakang), dan vent AC di samping row2 dan row3...
Hanya saja kalo shade sunroof dibuka pas siang2, ACnya langsung ilang dinginnya

Overall, i like this car's interior, buat daily bikin betah banget...

=============
Mobil ini bermesin 1MZ-FE 3.0L berkonfigurasi V6, dengan power 220hp, persis camry ane, jd udah kenal bgt lah karakter mesinnya...

Bagian yang menarik adalah.......

Yes, ada gardan belakangnya

Mobil ini menganut penggerak AWD, which is berrry gud

Namun sayang, mobil mahal gini kaki2 belakangnya masih torsion beam, yang berarti minus di pengendaliannya...


Start mesin dengan kunci, lalu mesin menyala dengan sangat halus & senyap, persis seperti camry ane...

Disambut dengan speedometer optitron berbacklight putih, dengan desain simple, namun elegan & mudah dibaca...

Posisi mengemudi tinggi khas MPV... Saat melihat ke depan nggak terasa besar, namun saat melihat ke belakang................
Kaca belakangnya kerasa jauh bgt, baru deh kerasa mobil ini besar sekali...

Viewnya bagus, dengan kaca besar2, spion besar, nggak terlalu ribet lah
Cuma moncong sama sekali ngga keliatan, karna modelnya pesek... Jd harus agak penyesuaian sedikit

Engage matic ke D, lalu injak gas... Mobil melaju dengan halus tanpa menyentak2...
Tenaga yg keluar lebih sedikit dari camry ane, bisa dimaklumi, mesin sama namun dengan body & berat yg jauh beda...
Namun mesin V6 ini udah enak bgt buat jalanin nih mobil, nggak boyo kyk di 2.4 nya

Ditambah dengan penggerak AWD, nggak takut ga kuat nanjak or kehilangan traksi... This is great

Mobil ini paling cocok dibawa santai2, dengan posisi mengemudi nyaman, gas & rem halus, serta mesin V6 yang sunyi senyap...
Setir mobil ini ringan, namun minim feedback walaupun powersteering masih hidrolik... Di Lux MPV kyk gini sih ya gapapa, malah bagus setirnya ringan g bikin cape

Transmisi konvensional 4ATnya halus, tidak terasa perpindahan giginya... Karakter transmisinya lebih ke halus sih, responnya nyantai & nggak sama sekali buat ngebut2an...
Suspensi karakternya persis bener camry ane, empuk empuk floaty... Di MPV lux gini malah bagus, guncangan teredam maksimal & penumpang tetap nyaman dibuat...

Namun sayang limbungnya lumayan pas manuver, gara2 kaki2 belakang torsion beam juga sih... Coba full independent, pasti agak lebih manteb

Kekedapan kabin sangat bagus, nggak ada rattling, suara2 dari luar tersaring semua, menghasilkan kabin yang hening, dibantu suara mesin yang nggak kedengeran sama sekali... Gud, persis camry ane, hanya kabin alphard lebih hening dari suara2 luar

Ketika ane naik di row2, baru 30 menit kurang mata tiba2 udah tinggal 5 watt... Bener2 bikin bobok

Overall, ane rasa alphard ini miriiiiiiip banget karakternya ama camry V6 2003 ane, seperti camry cuma digedein...

Karakter mesin transmisi dsbnya sesuai dengan kodrat mobil ini yg condong ke kenyamanan

============
Buat konsumsi BBM, mobil ini berkisar 1:6 dalkot dan 1:9 lukot... Ane rasa wajar buat mesin 3.0L dan body segede gaban gini, beda tipis sama 2.4L nya yg 1:7an dalkot...
Bensin yg digunakan di mobil ini premium aja dr dulu, & ga ada masalah ngelitik, cuma saat diisi pertamax (biasa diisi pertamax pas pemakaian lukot) performanya langsung kerasa beda...

Perawatannya juga simple, tulang ane blg nggak ada penyakit aneh2 selama dipiara oleh tulang ane dr jaman dahulu kala... Cuma servis2 biasa kyk ganti oli, filter2, parts yg udah aus, dsb... Buat kaki2 malah g pernah kesentuh & masih senyap sampe sekarang

Secara keseluruhan, mobil ini worth buat dipake harian atau jalan2 sekeluarga...

Disetir sendiri nggak ribet seperti yg dibayangkan kok, masih enak dikontrol & nggak bikin capek, walaupun harus agak penyesuaian sama dimensi bodynya yang ribetin pas markirin dan.....
Cap alphard yg siapapun yang keluar dari pintu pengemudi dicap supir pribadi...


Walaupun memang paling pas ya disetirin, lalu empunya mobil duduk di row2, menikmati empuknya suspensi, nyamannya jok, besarnya sunroof, lalu tidur......

Harga bekasnya jg sudah lumayan murah, worth buat diburu deh, paket horang kayah murah meriah

Poin plus :
-Fitur lengkap sekali
-Penggerak sudah 4WD
-Image mewah
-Masih nyaman disetir sendiri
-Sangat sangat nyaman buat penumpangnya
-Bantingan empuk
-Pengendalian serba halus
-Kabin sangat lega & senyap
-Mesin V6 cukup bertenaga & sangat halus
-Perawatan nggak aneh2
-Resale value termasuk bagus buat mobil CBU

Poin minus :
-Kaki2 belakang murahan bgt, torsion beam, jd limbung euy

-Spion demen bgt dicolong tangan tangan syaiton

-Parkir agak susah, body gambot bgt
-Kalo demen kesenangan berkendara (bukan kenyamanan), ini bukan mobil yg pas buat anda
============
Sekian review ane, mohon maaf kalo ada salah kata or informasi, makasih udah baca... Monggo kalo ada yg mau ditanyain
