Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Pakai earthbeamer kalo kena high xplosiv juga ga akan berfungsi. Theory sy adalah ini retaliation atas malay counter insurgency thd royal sulu force qq agbimuddin kiram batallion follower pas setahun lalu di lahad datu sabah. Empat trnyata bukan dua yg onboard dg stolen passports. Baru dua yg ketauan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Atau teroris cina...baru bbrp waktu yg lalu tusuk2an 29 org mati...mungkin ini kelanjutannya - kebanyakan onboard kan Chinese national, jadi mungkin dikira target yg pas.
Terlepas dr sisi kemanusiaan...kalo ini kerjaan teroris, reputasi 777 akan tetap cemerlang. A beautiful airplane.
Terlepas dr sisi kemanusiaan...kalo ini kerjaan teroris, reputasi 777 akan tetap cemerlang. A beautiful airplane.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Kalo yg diserang flag carrier umumnya aksi itu ada hubungannya dg nationality flag carrier tsb. Kalo majority of px nationals kan baru ketauan kalo ada access ke manifest atau check in data update atau pas onboard. Kalo terrorist cina most likely akan aksi @ air china atau china southern
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
2 orang yang membeli tiket dengan menggunakan paspor atas nama orang lain, membeli tiket dengan kode penerbangan China Southern, karena MH370 ini flight code sharing dengan China Southern
tiket tersebut dibeli sehari sebelum keberangkatan dengan routing yang mirip, di agent yang sama, dan di waktu yang bersamaan (ticket numbernya berurutan)..lokasi pembeliannya kalo gak salah di daerah Pattaya..hanya kebetulan ?
tiket tersebut dibeli sehari sebelum keberangkatan dengan routing yang mirip, di agent yang sama, dan di waktu yang bersamaan (ticket numbernya berurutan)..lokasi pembeliannya kalo gak salah di daerah Pattaya..hanya kebetulan ?
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Hmm, sound interesting..haristk7 wrote:2 orang yang membeli tiket dengan menggunakan paspor atas nama orang lain, membeli tiket dengan kode penerbangan China Southern, karena MH370 ini flight code sharing dengan China Southern
tiket tersebut dibeli sehari sebelum keberangkatan dengan routing yang mirip, di agent yang sama, dan di waktu yang bersamaan (ticket numbernya berurutan)..lokasi pembeliannya kalo gak salah di daerah Pattaya..hanya kebetulan ?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
yg aneh , udah selama ini pesawat juga blum di temukan , kayaknya gak ada harapan deh penumpang selamat
@om vanzmatic : http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=501875 ni om thread yg membahas 3 aliansi di dunia , ane ambil dari forum tetangga , setelah baca pasti om dapat mengambil kesimpulan aliansi mana yg paling besar anggotannya

@om vanzmatic : http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m=501875 ni om thread yg membahas 3 aliansi di dunia , ane ambil dari forum tetangga , setelah baca pasti om dapat mengambil kesimpulan aliansi mana yg paling besar anggotannya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
ngangkat trid lama..kebetulan ada yang minta
kali ini ane akan membahas pesawat Airbus yang populer,Airbus A330 dan Airbus A340. Salah satu pesawat tercantik dan menjadi favorit ane, dan selalu berharap suatu saat ane bisa menerbangkan A330 Garuda


loh kok mirip bener ? cuma beda jumlah mesin ? hehehe, keduanya memang mempunyai struktur airframe yang sama ! (tidak berlaku untuk A340-500/600) keduanya dibuat di Production Plant yang sama dan keduanya mempunyai kokpit yang 95% sama pula
A330 cockpit

A340 cockpit

karena kopitnya sama, keduanya sharing type rating jadi airlines bisa menghemat pelatihan pilot, misalnya pilot Cathay Pacific bulan 1 dia menerbangkan A330, bulan berikutnya dia langsung menerbangkan A340, lalu bulan berikutnya selang seling tanpa harus training lama lagi.
Airbus A330, Twin Engine Widebody Jetliner yang sangat populer dan adik dari A300 ini diciptakan untuk menggantikan DC10 dan L1011 untuk kedepannya, dengan kapasitas penumpang dan jarak jelajah yang sama dan lebih hemat bahan bakar, Airbus berharap pesawat ini akan sukses kedepannya. Pada saat Airbus menggarap A330, versi bermesin 4 yaitu A340 juga sedang dikembangkan, apabila A330 ditujukan untuk Medium Range, maka A340 ditujukan untuk Long Range. Karena keduanya mengadopsi airframe yang sama, maka proyek ini dikabarkan menghemat 500 Juta US$, jumlah yang sangat tidak sedikit pada tahun 1970-1980an.
Tanggal 12 Maret 1987, pesanan A330 pertama datang dari perusahaan Prancis, Air Inter, yang memesan 20 unit A330-300. Kemudian Thai Airways memesan 8 unit A330-300, menjadikannya maskapai Asia pertama yang memesan A330. Northwest Airlines asal USA juga menjadi yang pertama di benua Amerika dengan "memesan" 20 unit A340 dan 10 unit A330 dan karena berbagai alasan mereka baru menerimanya pertengahan tahun 2000an dengan mengganti semua order A340 ke A330. Pada tahun 1994, Airbus A330 resmi masuk operasional Airlines.
Pada awalnya Airbus A330 hanya digunakan di rute jarak pendek hingga menengah saja dengan jarak jelajah maksimum kurang lebih 8000KM, tapi seiring berkembangnya zaman dan A330 sudah ETOPS rated (Extended range Twin Operations, http://en.wikipedia.org/wiki/ETOPS) membuat Airbus tergoda untuk menambah jarak jangkau A330 hingga akhirnya bisa mencapai 13000an KM (untuk A330-200) dan 11000an KM (untuk A330-300), penambahan jarak jangkau diikuti dengan penambahan berat dan pemberian mesin yang lebih bertenaga. Memasuki tahun 2000an A330 menjadi sangat populer, Airlines berlomba untuk memesan A330 dikarenakan keekonomisannya baik untuk rute jarak dekat hingga jarak jauh, maskapai elit macam Emirates, Delta (setelah mengambil Northwest), Lufthansa, Cathay Pacific, Asiana, Swiss, Etihad, dan Qatar mengoperasikan A330 dalam jumlah banyak. A330 menjadi tulang punggung banyak Airlines di dunia, termasuk Garuda Indonesia.
saya akan sedikit memberikan fakta unik mengenai armada A330 garuda, untuk seri 300 PK-GPA/GPC/GPD/GPE/GPF adalah 6 unit A330 yang hanya menggunakan mesin Rolls Royce Trent 768, mesin ini memang memiliki Thrust Rating terendah dibanding mesin Trent 772 yang populer di operator lainnya, tapi keuntungannya adalah biaya perawatan yang lebih rendah. Garuda juga sempat menerima penghargaan dari Airbus mengenai bagusnya reliability armada A330 mereka saat hanya ada 6 unit ini. Untuk seri 200 sendiri, PK-GPI/GPJ/GPH/GPK adalah unit yang ditujukan untuk Hainan Airlines, dengan suatu alasan Hainan tidak jadi mengambil keempat unit tersebut dan Garuda berhasil mendapatkan harga miring untuk keempat unit tersebut, makanya interior dan sistem hiburannya berbeda sendiri dibanding A330 Garuda yang lain. Dari 18 unit A330 yang aktif di Garuda, 6 diantaranya dimiliki sendiri (GPA - GPF) dan pembayarannya baru lunas tahun ini (hampir 20 tahun euy umur mereka ber 6).
sayang kisah kesuksesan A330 tidak menular ke A340, A340 hanya sukses di masa awalnya, menjadi tulang punggung Airlines Eropa untuk menggantikan 747 di rute yang jumlah penumpangnya tidak banyak. Cathay Pacific, Air France, dan Lufthansa menjadi salah satu dari beberapa Airlines yang dari awal hingga saat ini masih setia menggunakan A340, beberapa Airlines lain yang memakai A340 antara lain Virgin Atlantic, Iberia, South African Airways, Kuwait Airways, dan Emirates.
Yang unik dari A340 adalah seri 200 yang memiliki rentang sayap lebih panjang dari panjang bodinya sendiri, A340-200 sendiri sanggup terbang di 13000 - 15000 Kilometer. Sekarang, dengan munculnya Boeing 777-200LR/300ER dan berkembangnya A330, A340 mulai terbunuh, sebagian airlines mengistirahatkan armada A340 dan menggantinya dengan 777 karena lebih irit, Peraturan ETOPS juga turut membunuh A340 karena akibat adanya ETOPS, pesawat bermesin dua boleh terbang di rute yang dulunya eksklusif hanya yang bermesin 4 boleh melewatinya.
Walaupun begitu, A340 memliki keunggulan untuk lepas landas dari "Hot and High Airport". Dulu pada saat South African Airways sedang menseleksi A340 vs 777, kedua pabrikan all out agar produknya laku, akhirnya A340 yang dipilih hanya karena performa lepas landas di Airport drengan elevasi tinggi lebih bagus dari 777, begitu juga dengan Iberia yang memiliki alasan yang sama dengan SAA. Mengenai rute ETOPS, beberapa rute masih lebih prefer menggunakan pesawat bermesin 4 seperti Australia - Amerika Selatan, Australia - Afrika Selatan, dan Afrika Selatan - Amerika Selatan.
Salah satu keluarga A340, yaitu seri 500 mencetak rekor untuk penerbangan komersial terpanjang di dunia, Singapore - Newark selama 18 jam. A340-500 sendiri sanggup terbang 16000 - 17000 Kilometer. Seri 500 dipakai oleh Singapore Airlines (retired), Thai Airways (retired), Arik Air, Emirates, Air Canada, dan Etihad. A340-500 tidak mendulang banyak sukses karena terbunuh oleh 777-200LR yang jauh lebih irit dan jarak jangkau lebih jauh, A340-500 lebih populer sebagai pesawat VIP dan pesawat pemerintahan.
A340-600, merupakan pesawat komersial nomor 2 terpanjang di dunia, saking panjangnya dia dijuluki "pensil terbang" dan gerakan di darat tidak begitu luwes, saya ingat sekali mendengar rekaman ATC New York JFK Ground dengan pesawat A340-600 Iberia "advise you we can't go through taxiway C, Airbus A340-600, Iberia ****" dan dibalas ATC "you can't do anything sir with that plane of yours sir, let me see, yeaps you guys can't go in there, how nice !" dan berujung si A340 harus dibawa jalan sedikit jauh mencari Taxiway yang bisa dilewati pada saat berbelok saking panjang badannya.
A340-600

A340-300 sendiri dikenal dengan Climb Performance yang agak jelek, tidak heran ketika melihat A340 Virgin Atlantic, dengan muatan penuh, yang lepas landas dari Los Angeles menuju London, masih ngos-ngosan di atas Las Vegas berusaha mencapai ketinggian jelajah awal di 29000 kaki, padahal pesawat lain macam 777 dan 747 sudah anteng di ketinggian jelajah awal mereka. Walaupun dengan muatan tidak penuh sekalipun, tetap A340-300 memiliki climbing performance yang tidak sebagus A330, 767, dan 777. Karena hal ini pula ATC di Eropa dan Amerika Utara sering mengejek A340-300 di radio, cukup dengan kalimat "ooh are you guys still climbing ? i thought you guys are leveling off" sudah bisa membuat pilot A340-300 tersinggung sementara pesawat lain dan ATC mentertawai mereka.
Cukup kasihan juga melihat A340 terbunuh A330 dan 777, Airbus pun menutup produksi mereka dan hanya mau membuka kembali juka ada serius yang ingin membeli. A330 sendiri sukses membunuh 767 dan A340-200/300, menjadikannya pesawat yang populer pada saat ini.
A330, walaupun populer untuk angkut penumpang, dia tidak begitu populer untuk angkut barang, terbukti Airlines lebih prefer 767 Freighter, 777 Freighter, dan MD11 Freighter untuk angkut barang

Untuk pilihan mesin, A330 memiliki 3 pilihan mesin, dan dari serinya kita bisa tahu dia menggunakan mesin apa, angka kedua menunjukan pembuat mesin, angka ketiga jenis mesinnya. Contoh:
- A330-243. 4 menandakan Rolls Royce dan 3 menandakan RR Trent 772B
- A330-341, 4 menandakan Rolls Royce dan 1 menandakan RR Trent 768
- A330-303, 0 menandakan General Electric dan 3 menandakan GE CF6-80E1A4
- A330-223, 2 menandakan Pratt Whitney dan 3 menandakan PW4168B
Rolls Royce, Pratt Whitney, dan General Electric masing-masing membuat 3 jenis mesin untuk A330
GE powered A330

PW powered A330

RR powered A330

untuk A340 sendiri, seri 200 dan 300 hanya dibekali mesin Snecma CFM56 (A340-21*/31*) lalu seri 500 dan 600 dibekali mesin Rolls Royce Trent 500 (A340-54*/A340-64*).
Btw, saking populernya A330, Airbus baru saja meluncurkan A330NEO, suatu program Airbus untuk menandingi 787 dengan A330, tersedia A330NEO-800 dan A330NEO-900


sudah berani menyerang Boeing 787
http://www.airbus.com/newsevents/news-e ... e-a330neo/
http://www.airbus.com/newsevents/news-e ... rn_id=3403
yaa segitu dulu aja deh dari ane, mohon maaf kalo ada kekurangan, nanti kalo kurang ane tambahin lagi

kali ini ane akan membahas pesawat Airbus yang populer,Airbus A330 dan Airbus A340. Salah satu pesawat tercantik dan menjadi favorit ane, dan selalu berharap suatu saat ane bisa menerbangkan A330 Garuda



loh kok mirip bener ? cuma beda jumlah mesin ? hehehe, keduanya memang mempunyai struktur airframe yang sama ! (tidak berlaku untuk A340-500/600) keduanya dibuat di Production Plant yang sama dan keduanya mempunyai kokpit yang 95% sama pula
A330 cockpit

A340 cockpit

karena kopitnya sama, keduanya sharing type rating jadi airlines bisa menghemat pelatihan pilot, misalnya pilot Cathay Pacific bulan 1 dia menerbangkan A330, bulan berikutnya dia langsung menerbangkan A340, lalu bulan berikutnya selang seling tanpa harus training lama lagi.
Airbus A330, Twin Engine Widebody Jetliner yang sangat populer dan adik dari A300 ini diciptakan untuk menggantikan DC10 dan L1011 untuk kedepannya, dengan kapasitas penumpang dan jarak jelajah yang sama dan lebih hemat bahan bakar, Airbus berharap pesawat ini akan sukses kedepannya. Pada saat Airbus menggarap A330, versi bermesin 4 yaitu A340 juga sedang dikembangkan, apabila A330 ditujukan untuk Medium Range, maka A340 ditujukan untuk Long Range. Karena keduanya mengadopsi airframe yang sama, maka proyek ini dikabarkan menghemat 500 Juta US$, jumlah yang sangat tidak sedikit pada tahun 1970-1980an.
Tanggal 12 Maret 1987, pesanan A330 pertama datang dari perusahaan Prancis, Air Inter, yang memesan 20 unit A330-300. Kemudian Thai Airways memesan 8 unit A330-300, menjadikannya maskapai Asia pertama yang memesan A330. Northwest Airlines asal USA juga menjadi yang pertama di benua Amerika dengan "memesan" 20 unit A340 dan 10 unit A330 dan karena berbagai alasan mereka baru menerimanya pertengahan tahun 2000an dengan mengganti semua order A340 ke A330. Pada tahun 1994, Airbus A330 resmi masuk operasional Airlines.
Pada awalnya Airbus A330 hanya digunakan di rute jarak pendek hingga menengah saja dengan jarak jelajah maksimum kurang lebih 8000KM, tapi seiring berkembangnya zaman dan A330 sudah ETOPS rated (Extended range Twin Operations, http://en.wikipedia.org/wiki/ETOPS) membuat Airbus tergoda untuk menambah jarak jangkau A330 hingga akhirnya bisa mencapai 13000an KM (untuk A330-200) dan 11000an KM (untuk A330-300), penambahan jarak jangkau diikuti dengan penambahan berat dan pemberian mesin yang lebih bertenaga. Memasuki tahun 2000an A330 menjadi sangat populer, Airlines berlomba untuk memesan A330 dikarenakan keekonomisannya baik untuk rute jarak dekat hingga jarak jauh, maskapai elit macam Emirates, Delta (setelah mengambil Northwest), Lufthansa, Cathay Pacific, Asiana, Swiss, Etihad, dan Qatar mengoperasikan A330 dalam jumlah banyak. A330 menjadi tulang punggung banyak Airlines di dunia, termasuk Garuda Indonesia.
saya akan sedikit memberikan fakta unik mengenai armada A330 garuda, untuk seri 300 PK-GPA/GPC/GPD/GPE/GPF adalah 6 unit A330 yang hanya menggunakan mesin Rolls Royce Trent 768, mesin ini memang memiliki Thrust Rating terendah dibanding mesin Trent 772 yang populer di operator lainnya, tapi keuntungannya adalah biaya perawatan yang lebih rendah. Garuda juga sempat menerima penghargaan dari Airbus mengenai bagusnya reliability armada A330 mereka saat hanya ada 6 unit ini. Untuk seri 200 sendiri, PK-GPI/GPJ/GPH/GPK adalah unit yang ditujukan untuk Hainan Airlines, dengan suatu alasan Hainan tidak jadi mengambil keempat unit tersebut dan Garuda berhasil mendapatkan harga miring untuk keempat unit tersebut, makanya interior dan sistem hiburannya berbeda sendiri dibanding A330 Garuda yang lain. Dari 18 unit A330 yang aktif di Garuda, 6 diantaranya dimiliki sendiri (GPA - GPF) dan pembayarannya baru lunas tahun ini (hampir 20 tahun euy umur mereka ber 6).
sayang kisah kesuksesan A330 tidak menular ke A340, A340 hanya sukses di masa awalnya, menjadi tulang punggung Airlines Eropa untuk menggantikan 747 di rute yang jumlah penumpangnya tidak banyak. Cathay Pacific, Air France, dan Lufthansa menjadi salah satu dari beberapa Airlines yang dari awal hingga saat ini masih setia menggunakan A340, beberapa Airlines lain yang memakai A340 antara lain Virgin Atlantic, Iberia, South African Airways, Kuwait Airways, dan Emirates.
Yang unik dari A340 adalah seri 200 yang memiliki rentang sayap lebih panjang dari panjang bodinya sendiri, A340-200 sendiri sanggup terbang di 13000 - 15000 Kilometer. Sekarang, dengan munculnya Boeing 777-200LR/300ER dan berkembangnya A330, A340 mulai terbunuh, sebagian airlines mengistirahatkan armada A340 dan menggantinya dengan 777 karena lebih irit, Peraturan ETOPS juga turut membunuh A340 karena akibat adanya ETOPS, pesawat bermesin dua boleh terbang di rute yang dulunya eksklusif hanya yang bermesin 4 boleh melewatinya.
Walaupun begitu, A340 memliki keunggulan untuk lepas landas dari "Hot and High Airport". Dulu pada saat South African Airways sedang menseleksi A340 vs 777, kedua pabrikan all out agar produknya laku, akhirnya A340 yang dipilih hanya karena performa lepas landas di Airport drengan elevasi tinggi lebih bagus dari 777, begitu juga dengan Iberia yang memiliki alasan yang sama dengan SAA. Mengenai rute ETOPS, beberapa rute masih lebih prefer menggunakan pesawat bermesin 4 seperti Australia - Amerika Selatan, Australia - Afrika Selatan, dan Afrika Selatan - Amerika Selatan.
Salah satu keluarga A340, yaitu seri 500 mencetak rekor untuk penerbangan komersial terpanjang di dunia, Singapore - Newark selama 18 jam. A340-500 sendiri sanggup terbang 16000 - 17000 Kilometer. Seri 500 dipakai oleh Singapore Airlines (retired), Thai Airways (retired), Arik Air, Emirates, Air Canada, dan Etihad. A340-500 tidak mendulang banyak sukses karena terbunuh oleh 777-200LR yang jauh lebih irit dan jarak jangkau lebih jauh, A340-500 lebih populer sebagai pesawat VIP dan pesawat pemerintahan.
A340-600, merupakan pesawat komersial nomor 2 terpanjang di dunia, saking panjangnya dia dijuluki "pensil terbang" dan gerakan di darat tidak begitu luwes, saya ingat sekali mendengar rekaman ATC New York JFK Ground dengan pesawat A340-600 Iberia "advise you we can't go through taxiway C, Airbus A340-600, Iberia ****" dan dibalas ATC "you can't do anything sir with that plane of yours sir, let me see, yeaps you guys can't go in there, how nice !" dan berujung si A340 harus dibawa jalan sedikit jauh mencari Taxiway yang bisa dilewati pada saat berbelok saking panjang badannya.
A340-600

A340-300 sendiri dikenal dengan Climb Performance yang agak jelek, tidak heran ketika melihat A340 Virgin Atlantic, dengan muatan penuh, yang lepas landas dari Los Angeles menuju London, masih ngos-ngosan di atas Las Vegas berusaha mencapai ketinggian jelajah awal di 29000 kaki, padahal pesawat lain macam 777 dan 747 sudah anteng di ketinggian jelajah awal mereka. Walaupun dengan muatan tidak penuh sekalipun, tetap A340-300 memiliki climbing performance yang tidak sebagus A330, 767, dan 777. Karena hal ini pula ATC di Eropa dan Amerika Utara sering mengejek A340-300 di radio, cukup dengan kalimat "ooh are you guys still climbing ? i thought you guys are leveling off" sudah bisa membuat pilot A340-300 tersinggung sementara pesawat lain dan ATC mentertawai mereka.
Cukup kasihan juga melihat A340 terbunuh A330 dan 777, Airbus pun menutup produksi mereka dan hanya mau membuka kembali juka ada serius yang ingin membeli. A330 sendiri sukses membunuh 767 dan A340-200/300, menjadikannya pesawat yang populer pada saat ini.
A330, walaupun populer untuk angkut penumpang, dia tidak begitu populer untuk angkut barang, terbukti Airlines lebih prefer 767 Freighter, 777 Freighter, dan MD11 Freighter untuk angkut barang

Untuk pilihan mesin, A330 memiliki 3 pilihan mesin, dan dari serinya kita bisa tahu dia menggunakan mesin apa, angka kedua menunjukan pembuat mesin, angka ketiga jenis mesinnya. Contoh:
- A330-243. 4 menandakan Rolls Royce dan 3 menandakan RR Trent 772B
- A330-341, 4 menandakan Rolls Royce dan 1 menandakan RR Trent 768
- A330-303, 0 menandakan General Electric dan 3 menandakan GE CF6-80E1A4
- A330-223, 2 menandakan Pratt Whitney dan 3 menandakan PW4168B
Rolls Royce, Pratt Whitney, dan General Electric masing-masing membuat 3 jenis mesin untuk A330
GE powered A330
PW powered A330

RR powered A330

untuk A340 sendiri, seri 200 dan 300 hanya dibekali mesin Snecma CFM56 (A340-21*/31*) lalu seri 500 dan 600 dibekali mesin Rolls Royce Trent 500 (A340-54*/A340-64*).
Btw, saking populernya A330, Airbus baru saja meluncurkan A330NEO, suatu program Airbus untuk menandingi 787 dengan A330, tersedia A330NEO-800 dan A330NEO-900



sudah berani menyerang Boeing 787

http://www.airbus.com/newsevents/news-e ... e-a330neo/
http://www.airbus.com/newsevents/news-e ... rn_id=3403
yaa segitu dulu aja deh dari ane, mohon maaf kalo ada kekurangan, nanti kalo kurang ane tambahin lagi

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Faboulous...! Mantap banget nih uraian Airbus.... Kalau A330 340 ini cantik nian. tapi liat yg 320... zzz..... beda jenis, tapi untuk short trip, ane lebih suka penampakan 737 dibanding 320. Ibaratnya di mobil, lebih suka liat All new ayla dibanding WagonR kali yah....
Maaf kalau perumpamaan ga tepat.. tapi posting antum bener bener bikin ane.....makin cinta pada pesawat... *hiks..
Maaf kalau perumpamaan ga tepat.. tapi posting antum bener bener bikin ane.....makin cinta pada pesawat... *hiks..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
out of topic ....
m mostly out of topic ...
dinas luar negeri satu instansi pemerintah negara sy dua mggu lalu kirimkan link ttg indo ...isinya political debate dua set capres indo ttg military relations n ada yg menarik ....tentang presence of MBT ...yg sipil bilang unfit n mother's pet yg bekas letjen bilang fit ...for indo terrain condition
sy tggu sampai ahir n tdk ada yg bicara ttg quick n efficient transporter u tiap MBT seberat 60-t itu ...well yg sipil sy tdk komentar krn dia mmg org sipil n yg mlthers pet juga sy tdk salahkan krn most of his lifetime spent under (fmr.) fathers (in-law) underarm ...
ilyushin-76MD langsung ada dlm fikiran sy krn product yg sdh dibuat 1,000 units kurang dikit ini (bkn cuma MD grade sj tapi seluruh il-76/78) punya tiga kali cargo load capacity dibanding c130herky variant manapun trmsk superherky yg ratarata cuma 40-48,000lbs atau kasarnya skitar up to 24tones ...versi india buatan CKD hindustan aircraft industries yaitu il76/78MD-MKI yg sdh pakai thomson-IAI glass head up digital display serta hamilton-sunstrand cockpit system serta bisa gunakan engine rollsroyce trent700 (for jordanian military airlift command) sebagaiganti aviadvigatel ps-90 v2 (empat engines) cuma seharga 40% dari superherky c130j
pada kondisi skrg u angkut tiap units of 60toner MBT dari jawa ke kalimantan or jawa ke celebes ...indo akan sgt tergantung pada commercial cargo ships krn punya tnial tdk ada yg sanggup angkut seberat itu n itu butuh extensive escort effort yg tdk murah krn harus sailing lbh dari tiga hari ....kalo tdk sial kena torpedo saat journey ...even airforce negara sy tdk malu beli ilyushin dari india
nah blm ada calon presiden indo yg terlihat fikir masalah ini u 150 units MBT bikinan rheinmetall-MAN itu. termasuk mother's pet itu
m mostly out of topic ...
dinas luar negeri satu instansi pemerintah negara sy dua mggu lalu kirimkan link ttg indo ...isinya political debate dua set capres indo ttg military relations n ada yg menarik ....tentang presence of MBT ...yg sipil bilang unfit n mother's pet yg bekas letjen bilang fit ...for indo terrain condition
sy tggu sampai ahir n tdk ada yg bicara ttg quick n efficient transporter u tiap MBT seberat 60-t itu ...well yg sipil sy tdk komentar krn dia mmg org sipil n yg mlthers pet juga sy tdk salahkan krn most of his lifetime spent under (fmr.) fathers (in-law) underarm ...
ilyushin-76MD langsung ada dlm fikiran sy krn product yg sdh dibuat 1,000 units kurang dikit ini (bkn cuma MD grade sj tapi seluruh il-76/78) punya tiga kali cargo load capacity dibanding c130herky variant manapun trmsk superherky yg ratarata cuma 40-48,000lbs atau kasarnya skitar up to 24tones ...versi india buatan CKD hindustan aircraft industries yaitu il76/78MD-MKI yg sdh pakai thomson-IAI glass head up digital display serta hamilton-sunstrand cockpit system serta bisa gunakan engine rollsroyce trent700 (for jordanian military airlift command) sebagaiganti aviadvigatel ps-90 v2 (empat engines) cuma seharga 40% dari superherky c130j
pada kondisi skrg u angkut tiap units of 60toner MBT dari jawa ke kalimantan or jawa ke celebes ...indo akan sgt tergantung pada commercial cargo ships krn punya tnial tdk ada yg sanggup angkut seberat itu n itu butuh extensive escort effort yg tdk murah krn harus sailing lbh dari tiga hari ....kalo tdk sial kena torpedo saat journey ...even airforce negara sy tdk malu beli ilyushin dari india
nah blm ada calon presiden indo yg terlihat fikir masalah ini u 150 units MBT bikinan rheinmetall-MAN itu. termasuk mother's pet itu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
- Location: Jakarta
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Nah! Kira2 mas haristk7 bisa jelasin ga pesawat kelas jumbo (B747-8 VS A380 series).
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Kadang saya heran, beda antara pesawat yg satu dengan yg lain itu apa sih? Kok enta pada gampang nyebut ini Airbus, ini Boeing.
Kalo mobil khan relatif gampang dan gamblang beda antara satu merk dengan merk yang lain.

Kalo mobil khan relatif gampang dan gamblang beda antara satu merk dengan merk yang lain.

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
kalo cuma sebagai 'Penumpang' sih gak bakal kerasa bedanya (atau gak mau tauartoodetoo wrote:Kadang saya heran, beda antara pesawat yg satu dengan yg lain itu apa sih? Kok ente pada gampang nyebut ini Airbus, ini Boeing.
Kalo mobil khan relatif gampang dan gamblang beda antara satu merk dengan merk yang lain.



Ane naik pesawat ya gak kerasa perbedaan boeing/airbus,naik ya naik,yg penting cepet dan selamat


*pendapat nubie

always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
kalo ngomongin pesawat sih hobi ane , ane suka pesawat ketika pertama naik pesawat kelas 3 sd , semenjak itu mulai nyari gambar" pesawat sampe ane udah hapal tipe" pesawat cukup di liat dari luar aja , kecuali pesawat" Russia , jujur ane blum terlalu hapal
oiya om haristk , tolong donk bahas boeing 767-400er , species yg langka nih di pasaran , hanya beberapa buah yg aktif terbang saat ini
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
oiya om haristk , tolong donk bahas boeing 767-400er , species yg langka nih di pasaran , hanya beberapa buah yg aktif terbang saat ini

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
ini sama kayak ane... gak bisa bedain mana yang yamaha vario dan honda mio...batumakam wrote:kalo cuma sebagai 'Penumpang' sih gak bakal kerasa bedanya (atau gak mau tauartoodetoo wrote:Kadang saya heran, beda antara pesawat yg satu dengan yg lain itu apa sih? Kok ente pada gampang nyebut ini Airbus, ini Boeing.
Kalo mobil khan relatif gampang dan gamblang beda antara satu merk dengan merk yang lain.
) beda kalo 'penikmat/pengamat' pasti detail2 kecil selalu diperhatikan
Ya mirip mobil sih, bedanya kalo mobil membedakan ciri khas satu dengan yg lain sangat mudah, kalo di pesawat mungkin agak sulit, sangat sulit malah bagi orang awam
![]()
Ane naik pesawat ya gak kerasa perbedaan boeing/airbus,naik ya naik,yg penting cepet dan selamatNah tapi kalo di game simulator agak mudah dibedakan (kebetulan pernah main) mulai dari kecepatan pesawat,akselerasi & handling, sampe kemampuan menanjak di udara baru kerasa kalo make simulator
![]()
*pendapat nubie

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
patttt....maskopat wrote:ini sama kayak ane... gak bisa bedain mana yang yamaha vario dan honda mio...








Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
nahh.. kalau ini pesawat favorit gw
Su-35








Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
kangen ya sama ane?nescafe wrote:patttt....maskopat wrote:ini sama kayak ane... gak bisa bedain mana yang yamaha vario dan honda mio...![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Sejarah singkatB1335AM wrote:Nah! Kira2 mas haristk7 bisa jelasin ga pesawat kelas jumbo (B747-8 VS A380 series).
Pada awalnya proyek pesawat jumbo ini dimulai saat Boeing mengikuti kompetisi untuk membuat C-5 Galaxy. Sebelumnya Boeing telah membuat rancangan pesawat yang lebih besar dari 707. Rancangan awal adalah double decker 250-350 penumpang. Hampir semua airline menerima rencana ini termasuk boss Pan Am, di balik itu Pan Am memiliki rencana agar merekalah yang mencadi launch customer 747, Boeing membaca ini sebagia peluang untuk mencari investor. Dalam surat perjanjian Pan Am berkomitmen untuk membeli 25 pesawat dan Pan Am juga setuju untuk membayar secara bertahap sejak naskah ditandatangani dan melunasi setengah sisa pembelian pesawat sebelum pesawat diserahkan.
Sebuah risk sharing lebih tepatnya untuk proyek jumbo jet ini. Pan Am sendiri tidak bisa berharap banyak karena Boeing sendiri baru mencapai titik impas setidaknya 200an pesawat terjual.
Untuk mesin tiga raksasa pabrik mesin utama dunia yaitu Rolls Royce, GE dan P&W berlomba untuk memberikan yang terbaik agar mesin mereka dipasang di jumbo jet baru ini. Jadwal pengembangan yang pendek membuat GE dan RR mundur dan akhirnya P&W lah yang maju. Proyek ini hampir membuat ketiga perusahaan bangkrut, untung nya masih bisa selamat berkat P&W sebagai suplier mesin.
Banyak sekali masalah saat pembuatan pesawat jumbojet ini, walau beigtu akhirnya lahirlah pesawat ini. Masalah yang paling sering di ributkan waktu itu adalah boros dan sering macetnya mesin JT9D tapi masalah ini telah di rampungkan oleh P&W sebagai engine suplier. Benda yang lebih berat dari udara ini telah mengudara dengan sukses untuk pertamakalinya pada 9 Februari 1969
Boeing 747-100
Seri ini ada beberapa pengembangan, yaitu seri 747-100B dan 747-100SR mampu mengangkut 500an penumpang di gunakan untuk domestik jepang saja. Pada awalnya dek atas 747 digunakan sebagai lounge tetapi beberapa maskapai lebih memilih untuk menggunakan nya sebagai ruang penumpang. Seri 100 dapat terbang 7200km nonstop dengan muatan penuh.
747-100 milik United Airlines

Boeing 747-200
Pertama kali di perkenalkan 1971, memiliki jumlah muatan yang lebih besar serta daya yang lebih tinggi. Ada beberapa seri 200A-B, C dan F
seri C dan F merupakan seri khusus yang bisa di transformasi jadi pesawat kargo. Tapi kebanyakan seri 200 digunakan sebagai pesawat kargo. Oh iya seri ini mampu terbang hingga 10.000km dengan muatan penuh, loncatan yang cukup signifikan. Perbedaan paling mencolok adalah dek atas dengan jendela 10 buah (seri 100 hanya 3 jendela)
Boeing 747-200 milik Pan Am

Boeing 747SP
747SP (atau special performance) adalah pesawat yang di keluarkan boeing untuk menyaingi douglas. Pesawat ini merupakan pesawat yang dapat teebang dengan jarak terjauh sampai akhirnya dikalahkan Airbus A340. 747SP jarang kita lihat karena memang populasinya tidak sebanyak seri derivatif lain nya. Tapi bila pernah ke timur tengah pasti sering melihat pesawat ini, karena jenis ini dijadikan moda transportasi VIP disana. Kecepatan pesawat juga termasuk diatas rata-rata sekitar 980km/h. Ini adalah pesawat dengna bentuk yang sangat jelek, pendek dan tinggi atau biasa kita katakan bantat.
Boeing 747SP milik Iran Air, bantet? iya emang jelek haha

Boeing 747-300
Pesawat ini adalah model 747-200 dengna dek atas yang lebih panjang. Saya agak jarang lihat, yang pernah lihat seri ini adalah Saudi Arabian Airlines yang sering digunakan untuk pesawat pengangkut jamaah haji. Sekali juga lihat milik SQ waktu ke singapur..
Boeing 747-300 milik SQ

Boeing 747-400
Satu-satunya seri lama yang masih di produksi Boeing hingga 747-8 muncul. Perubahan yang paling terlihat perubahan adalah adanya winglet di ujung sayap. Ada dua seri, 747-400M(penumpang) dan 747-400F(kargo). Ada seri 747-400D hanya saya bleum nemu artikelnya kabarnya pesanan khusus jepang. Setelah itu muncul 747-400ER. Oh iya, 747-400 berbeda dari seri derivatif sebelum nya, karena memiliki tangki bahan bakar di bagian ekor yang kalo gak salah digunakan sebagai stabilizer.
Boeing 747-400 milik GIA

Boeing 747 Dreamlifter
Pesawat yang agak aneh hhe, pesawat ini di buat untuk mengangkut komponen-komponen pesawat yang di buat di seluruh dunia untuk di kirim ke amerika (komponen 787). Pesawat sejenis adalah Airbus Beluga namun ukuran Beluga lebih kecil dari Dreamlifter.

Pantat buka nyamping

Boeing 747-8 Intercontinental/Freighter
Pesawat ini awalnya diberi nama 747X dan 747 Advance dan akhirnya berubah menjadi 747-8. Pesawat ini mengikuti rancang bentuk dari 787 Dreamliner. Menggunakan mesin terbaru GE 2B76 yang halus dan irit bahan bakar, menjadikan pesawat ini lebih efisien dari seri sebelumnya di tambah oleh bentuk sayap baru yang memungkinkan gesekan udara lebih kecil dan performa lebih baik. Dibuat untuk menyaingi A380. Pada first flight nya yang keluar pertama adalah seri 747-8 freighter beberapa waktu kemudian 747-8 Intercontinental terbang untuk pertama kalinya dengan warna yang tidak biasa digunakan Boeing yaitu orange.
Boeing 747-8 Intercontinental, cantik bukan?

Boeing 747-8 Freighter

Perbandingan 747-8 Intercontinental dengan Freighter

Ntaran deh lanjut lagi dengan A380, kalau ada salah tolong di koreksi ya =)
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
wuiiihhh.... baru liat yg dreamlifter.... aneh yak...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
747-100 juga ada yang dibuat dengan kaca upperdeck seperti 747-200
sebagian 747-100 dan -200 juga ada yang diberi upgrade "Stretched Upper Deck", dikenal dengan seri 100SUD dan 200SUD, dipakai oleh Air France, KLM, dan JAL..

sebagian 747-100 dan -200 juga ada yang diberi upgrade "Stretched Upper Deck", dikenal dengan seri 100SUD dan 200SUD, dipakai oleh Air France, KLM, dan JAL..

#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
OOT dikit
18 July jam 3.40 sore WIB
rame rame minggirrrrr dari airspace Ukriane....kecuali pesawat2 yg memang rute dari dan ke sana
Airline2 Russia yg ke arah lain aja juga ikutan minggir

18 July jam 3.40 sore WIB
rame rame minggirrrrr dari airspace Ukriane....kecuali pesawat2 yg memang rute dari dan ke sana
Airline2 Russia yg ke arah lain aja juga ikutan minggir

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Dari link di QM...
http://mashable.com/2014/07/17/malaysia ... ked-audio/
1. Apakah status Russia masih berperang dengan Ukraina? atau ada civil war di Ukraina? *ane kudet urusan perang di Eropa Timur*
2. Apakah airspace nya memang dinyatakan tertutup dgn rekomendasi: Jauhi atau ente ane tusbol pake SAM?
3. MAS regulation's violations?

http://mashable.com/2014/07/17/malaysia ... ked-audio/
Yang ane bold...Rebel: Regarding this plane that was downed in the Snizhne-Torez area. It turned out to be a passenger aircraft. It fell near Grabovo. A lot of bodies of women and children. Now the Cossacks are looking at all that.
Rebel: The TV said it was AN-26. A Ukrainian cargo plane. But Malaysia Airlines is written on it. What was it doing on Ukraine’s territory?
Cossack commander: It means they wanted to bring some spies to us. [cencored] them. They should not fly, we are at war here.
1. Apakah status Russia masih berperang dengan Ukraina? atau ada civil war di Ukraina? *ane kudet urusan perang di Eropa Timur*
2. Apakah airspace nya memang dinyatakan tertutup dgn rekomendasi: Jauhi atau ente ane tusbol pake SAM?
3. MAS regulation's violations?

Obey the mahakitteh. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
CATATAN KE PENERBANG atau disebut NOTAM (NOTICE TO AIRMAN) sebelum kejadian
URRV V6158/14 17JUL0000-31AUG2359 EST
DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FRNG FM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:
A100 MIMRA - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B145 KANON - ASMIL,
G247 MIMRA - BAGAYEVSKIY NDB (BA),
A87 TAMAK - SARNA,
A102 PENEG - NALEM,
A225 GUKOL - ODETA,
A712 TAMAK - SAMBEK NDB (SB),
B493 FASAD - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B947 TAMAK - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
G118 LATRI - BAGAYEVSKIY NDB (BA),
G534 MIMRA - TOROS,
G904 FASAD - SUTAG,
R114 BAGAYEVSKIY NDB (BA)-NALEM.
SFC - FL320.
UUWV V6159/14 17JUL0000-31AUG2359 EST
DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FRNG FM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:
A493 LIRSI-LEMBO,
G915 AGNIN-FORMA,
A131 BODRO-FORMA,
A236 LULED-LUMAT,
R371 LUMAT-LEMBO,
R371 BELIB-KUBOK,
G372 BODRO-BELIB,
A97 TUMIT-NALEG,
R363 ANIGI-KUBOK,
R368 SOMUM-KUBOK,
A279 RASAP-KUBOK,
B921 ROGLA-GOBUN,
B110 RASAP-GOBUN,
G476 RASAP-MASOL,
R374 TUMIT-KANON,
B231 TERBUNY NDB (TE)-KANON,
R808 KOROT-KANON,
B145 BUTRI-KANON.
FM SFC UP TO FL200
SFC / FL200
pesawat melaju di jalur udara L980 dan terbang di ketinggian 33000 kaki, di tempat yang aman dan harusnya tidak terjadi apa2..airspace tertutup dari ketinggian 32000 kaki kebawah (hingga permukaan daratan). Di atas 32000 kaki, airspace terbuka bebas untuk semua penerbangan komersial.
http://www.nytimes.com/interactive/2014 ... e#diverted
MAS sama sekali tidak melanggar peraturan, pada saat kejadian Air India 787 dan Singapore Airlines 777 juga sedang di wilayah udara Ukraina dan jaraknya cukup dekat dari 777 MAS
URRV V6158/14 17JUL0000-31AUG2359 EST
DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FRNG FM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:
A100 MIMRA - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B145 KANON - ASMIL,
G247 MIMRA - BAGAYEVSKIY NDB (BA),
A87 TAMAK - SARNA,
A102 PENEG - NALEM,
A225 GUKOL - ODETA,
A712 TAMAK - SAMBEK NDB (SB),
B493 FASAD - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
B947 TAMAK - ROSTOV-NA-DONU VOR/DME (RND),
G118 LATRI - BAGAYEVSKIY NDB (BA),
G534 MIMRA - TOROS,
G904 FASAD - SUTAG,
R114 BAGAYEVSKIY NDB (BA)-NALEM.
SFC - FL320.
UUWV V6159/14 17JUL0000-31AUG2359 EST
DUE TO COMBAT ACTIONS ON THE TERRITORY OF THE UKRAINE NEAR THE STATE BORDER WITH THE RUSSIAN FEDERATION AND THE FACTS OF FRNG FM THE TERRITORY OF THE UKRAINE TOWARDS THE TERRITORY OF RUSSIAN FEDERATION, TO ENSURE INTL FLT SAFETY, ATS RTE SEGMENTS CLSD AS FLW:
A493 LIRSI-LEMBO,
G915 AGNIN-FORMA,
A131 BODRO-FORMA,
A236 LULED-LUMAT,
R371 LUMAT-LEMBO,
R371 BELIB-KUBOK,
G372 BODRO-BELIB,
A97 TUMIT-NALEG,
R363 ANIGI-KUBOK,
R368 SOMUM-KUBOK,
A279 RASAP-KUBOK,
B921 ROGLA-GOBUN,
B110 RASAP-GOBUN,
G476 RASAP-MASOL,
R374 TUMIT-KANON,
B231 TERBUNY NDB (TE)-KANON,
R808 KOROT-KANON,
B145 BUTRI-KANON.
FM SFC UP TO FL200
SFC / FL200
pesawat melaju di jalur udara L980 dan terbang di ketinggian 33000 kaki, di tempat yang aman dan harusnya tidak terjadi apa2..airspace tertutup dari ketinggian 32000 kaki kebawah (hingga permukaan daratan). Di atas 32000 kaki, airspace terbuka bebas untuk semua penerbangan komersial.
http://www.nytimes.com/interactive/2014 ... e#diverted
MAS sama sekali tidak melanggar peraturan, pada saat kejadian Air India 787 dan Singapore Airlines 777 juga sedang di wilayah udara Ukraina dan jaraknya cukup dekat dari 777 MAS
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan
Sebetulnya MAS Airlines udah bener kok, Walaupun diatas medan 'perang' tapi dia sudah memenuhi standard minimum ketinggian (baca penjelasan kak harist dibawah) dan kalau gak salah pada waktu yg hampir bersamaan lewatlah sukhoi superjet milik presiden Rusia si Putin dan ndilalah livery mirip bokmadcat015 wrote:Dari link di QM...
http://mashable.com/2014/07/17/malaysia ... ked-audio/
Yang ane bold...Rebel: Regarding this plane that was downed in the Snizhne-Torez area. It turned out to be a passenger aircraft. It fell near Grabovo. A lot of bodies of women and children. Now the Cossacks are looking at all that.
Rebel: The TV said it was AN-26. A Ukrainian cargo plane. But Malaysia Airlines is written on it. What was it doing on Ukraine’s territory?
Cossack commander: It means they wanted to bring some spies to us. [cencored] them. They should not fly, we are at war here.
1. Apakah status Russia masih berperang dengan Ukraina? atau ada civil war di Ukraina? *ane kudet urusan perang di Eropa Timur*
2. Apakah airspace nya memang dinyatakan tertutup dgn rekomendasi: Jauhi atau ente ane tusbol pake SAM?
3. MAS regulation's violations?


Yg pasti mereka menembak sayap sebelah kanan pesawat

always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....